Kalimantan Tengah

Keseruan Wisata Susur Sungai Kahayan di Palangkaraya

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.
MapCek Lokasi

Berkunjung ke kota Palangkaraya, maka Anda pun nantinya tak akan kehabisan ide untuk berwisata. Hal ini dikarenakan terdapat banyak destinasi wisata unik yang bisa untuk Anda coba. Salah satunya adalah wisata susur Sungai Kahayan yang sangat seru dan menyenangkan. Seperti apa keseruan yang nantinya akan Anda dapatkan? Simak ulasan berikut ini bagi Anda yang penasaran.

Sekilas Mengenai Sungai Kahayan di Palangkaraya

Sekilas Mengenai Sungai Kahayan di Palangkaraya

Image Credit: Backpackerborneo.com

Sungai satu ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Kalimantan. Hal ini dikarenakan memiliki luas yang mencapai 81,64 km2. Dimana memiliki panjang yakni 600 km dan juga lebar sebesar 500 km, yang ditambah dengan kedalaman yang mencapai 7 kilometer. Sungai Kahayan pun juga sering kali disebut dengan sungai Baiju Besar atau sungai Dayak Besar.

Sungai yang membelah kota Palangkaraya ini pun memiliki bentuk yang cukup unik. Hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai teluk yang menjorok ke dalam. Tak hanya keunikannya saja yang membuat wisata susur sungai Kahayan ini diminati oleh banyak orang. Hal ini melainkan karena memiliki pemandangan dan suasana kehidupan suku Dayak yang bisa Anda saksikan ketika melakukan susur sungai tersebut. Sehingga Anda pun wajib mencobanya ketika sedang berada di Palangkaraya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Sungai Kahayan

Rute Menuju Lokasi Wisata Sungai Kahayan

Image Credit: Mongabay.co.id

Wisata susur sungai ini terletak di tengah kota Palangkaraya. Hal ini tentu saja akan membuat Anda tidak sulit untuk bisa datang dan menikmati keseruannya. Untuk Anda yang merupakan warga asli kota Palangkaraya, pastilah Anda telah akrab dengan destinasi wisata satu ini. Namun, bagi Anda yang berasal dari luar kota, maka Anda pun tak perlu khawatir, karena rute yang harus Anda tempuh untuk menuju lokasi satu ini cukuplah mudah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lamandau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bagi Anda yang baru saja sampai di kota Palangkaraya, terutama bagi yang berasal dari luar pulau Kalimantan maka Anda pun dapat melakukan perjalanan dari Bandara Tjilik Riwut menuju ke alun alun. Untuk ke alun alun ini nantinya akan membutuhkan waktu yakni sekitar 30 menit saja. Ketika telah sampai ke alun alun maka Anda pun akan bisa sampai ke tempat susur sungai dalam waktu 10 menit saja.

Objek Wisata yang Ditawarkan di Sungai Kahayan

Objek Wisata yang Ditawarkan di Sungai Kahayan

Image Credit: Destinasian.co.id

Wisata susur sungai ini bukanlah sembarang wisata yang bisa untuk Anda temukan di banyak tempat. Hal ini dikarenakan ketika Anda menjelajahi wisata ini maka Anda pun akan membelah suasana hutan gambut dan juga berlayar di atas sungai yang memiliki air yang jernih. Tentu saja hal ini pun akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan dan sangat unik.

Ketika berwisata susur sungai ini, maka akan ada bebarapa rute yang bisa untuk Anda nikmati. Nantinya, Anda pun akan ditawarkan berbagai macam rute oleh pengelola dari wisata ini. Saat Anda melakukan perjalanan dengan salah satu pilihan rute, maka Anda pun nantinya akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yakni berupa rumah rumah apung dari warga yang berada di sekitar sungai.

Tentu saja pemandangan tersebut tak akan bisa dengan mudah untuk Anda temukan di tempat lain dan berbeda dengan rumah pemukiman bagi warga di kota. Selain itu, Anda pun juga akan menemukan banyak kelotok kelotok yang merupakan perahu milik warga yang sedang beraktifitas. Hal ini pun akan menjadi salah satu keindahan yang wajib untuk Anda saksikan ketika melakukan wisata susur sungai di Sungai Kahayan ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Murung Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sepanjang perjalanan menuju ke Pulau Kaja, maka nantinya Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yakni berupa konservasi orang utan yakni Nyaru Menteng. Ketika Anda berada di lokasi satu ini, maka biasanya Anda pun akan diberikan waktu selama beberapa saat untuk masuk dan melihat berbagai macam binatang khas dari Pulau Kalimantan. Salah satunya adalah Macaca Fascicularis yang merupakan monyet abu abu dengan ekor yang panjang bergelantungan.

Selain itu, di konservasi ini maka Anda pun juga bisa melihat berbagai macam binatang lainnya, seperti lutong, uwa uwa, biawak dan juga bekantan. Dengan melakukan wisata susur sungai maka Anda pun bisa mendapatkan berbagai macam aktifitas dan pemandangan menarik yang jarang dan bahkan hampir tidak bisa untuk Anda temui di tempat lainnya.

Setelah berhenti sejenak di Pulau Kaja, maka nantinya perjalanan susur sungai pun dilanjutkan ke Makam Keramat. Dimana di dalam makam tersebut terdapat Sapundu yakni tiang yang digunakan untuk mengikat hewan kurban ketika terdapat upacara tiwah. Upacara ini sendiri merupakan upacara kematian. Selain itu, disini pun Anda juga akan bisa melihat tempat pengumpulan tulang belulang dari masyarakat suku Dayak.

Ketika Anda melakukan perjalanan wisata susur sungai ini, maka Anda pun juag akan bisa untuk melihat berbagai macam jenis kayu yang ada di hutan Kalimantan. Mulai dari kayu ulin hingga kayu Balngeran. Sehingga bagi Anda yang melakukan wisata satu ini, maka Anda pun akan bisa untuk mendapat banyak sekali pengalaman dan edukasi mengenai keadaan alam dan budaya yang ada di pulau Kalimantan. Untuk itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba wisata satu ini.

Tarif Menikmati Wisata Susur Sungai Kahayan

Tarif Menikmati Wisata Susur Sungai Kahayan

Image Credit: Mediacenter.palangkaraya.go.id

Bagi Anda yang ingin untuk memasuki kawasan wisata dari susur sungai ini, maka Anda pun tak akan dikenakan biaya. Namun, untuk Anda yang ingin menikmati berbagai macam paket wisata dari susur sungai ini terdapat beberapa paket yang bisa untuk Anda pilih. Untuk paket regular dengan menyusuri sungai selama 3 sampai 4 jam, dengan menggunakan perahu kecil atau kelotok maka Anda pun akan dikenakan biaya yakni sebesar 75 ribu rupiah per orang.

BACA JUGA:  Taman Nasional Sebangau, Wisata Hutan Gambut Unik di Kalimantan Tengah

Dengan menggunakan perahu jenis ini, maka nantinya akan bisa memuat sekitar 20 orang. Sehingga Anda pun bisa melakukan wisata susur sungai bersama dengan sahabat maupun keluarga anda. Atau bagi Anda yang ingin lebih privat maka Anda pun bisa menyewa kapal yang lebih sedikit yakni dengan fasilitas 8-9 orang saja dengan biaya yakni 250 ribu selama 1 jam.

Untuk Anda yang ingin menikmati fasilitas mewah, maka hal tersebut pun juga bisa untuk Anda lakukan. Dimana paket ini membutuhkan biaya yakni sekitar 10 hingga 15 juta rupiah. Disini nantinya Anda akan menggunakan kapal besar, dimana di dalamnya terdapat fasilitas seperti, restoran, kamar mandi, kamar tidur dan juga snack bar bahkan ruang karaoke keluarga. Sehingga Anda pun bisa memilih fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tak hanya itu saja, Anda pun juga bisa untuk memilih beberapa paket lain yang disediakan mulai dari paket wisata memancing dengan kapal wisata atau paket susur sungai untuk ke perkampungan suku Dayak, serta paket lain. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata bagi Anda yang sedang berada di kota Palangkaraya. Selain berwisata maka Anda pun bisa mengenal lebih jauh budaya yang ada di Kalimantan.