Kalimantan Barat

5 Wisata Pantai di Singkawang Lagi Hits Dikunjungi

Ingin Liburan di Singkawang? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Singkawang, Kalimantan Barat. Objek Wisata Bahari Terindah dan Kekinian yang Paling Hits Disinggahi oleh Wisatawan.

Singkawang memiliki garis pantai yang cukup panjang, menjadikan potensi wisata lautnya begitu indah. Tidak perlu diragukan lagi soal pesona alamnya yang mengagumkan. Pengunjung yang pernah bertandang kesini pasti mengacungkan dua jempolnya.

Posisi kota Singkawang cukup jauh dari kota Pontianak, namun masih bisa ditempuh. Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau sahabat, coba kunjungi rekomendasi pantai di Singkawang berikut.

1. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung

Image Credit: Travsharing.com

Padatnya hiruk pikuk kota serta aktivitas yang menjemukan, pasti membuat anda jenuh. Anda akan merasakan penat berkepanjangan, bahkan sampai pikiran stres. Jika sudah berada di titik tersebut yang anda butuhkan adalah hiburan. Lalu apa hiburan yang tepat? Berkunjunglah ke Pantai Batu Burung, sebuah pantai di kota Singkawang daerah Kalimantan Barat. Pantai ini direkomendasikan untuk anda yang butuh doping, agar fresh kembali saat beraktivitas.

Pantai terletak di daerah Singkawang Selatan, tepatnya di Jalan Malindao Sedau. Pemandangan pantai sangat menarik bahkan di pertama melihat, anda akan jatuh hati. Banyak yang menamai pantai dengan sebutan kampung nelayan, sebab aktivitas nelayan hilir mudik sekitar pantai. Hal yang menjadikan pantai menarik ialah keelokan batu-batu granit, yang berserakan di pinggir pantai. Tumpukan batuan ini selalu menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Pada siang hari menjelang sore anda akan melihat burung-burung pantai, yang bertengger diatas batuan. Hamparan pasir pantai tidaklah luas seperti pantai lainnya, namun tetap menggoda para wisatawan. Air laut Pantai Batu Burung berwarna biru jernih sehingga akan terlihat ikan, yang berenang di kedalaman. Jika anda ingin melihat biota lautnya lebih jelas tersedia fasilitas untuk snorkeling. Pengunjung pun juga bisa menikmati sensasi memancing di perkampungan nelayan.

BACA JUGA:  Wisata Istana Kadriah, Tempat Bersejarah di Pontianak

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

2. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Image Credit: Iklankalbar.com

Pesona pantai terletak pada keindahannya, yaitu pesisir pantai yang unik. Sepanjang bibir pantai tersebut dipenuhi dengan pohon kelapa, dengan buah yang tumbuh banyak. Hamparan pasir berwarna putih, dan bentuknya cukup landai. Pantai dikelilingi oleh perbukitan yang berjajar rapi, dan hijau alami. Sehingga udara pantai masih terasa sejuk dan semilir angin terasa mendamaikan hati.

Akses menuju Pantai Kijing cukup mudah untuk dijangkau, karena tidak jauh dari pusat kota. Diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam apabila berangkat dari kota Pontianak. Atau sekitar 1 jam jika pergi dari kota Singkawang. Jalur ke arah pantai sangat aman jika ditempuh dengan roda empat, ataupun roda dua. Dari arah jalan raya anda sudah bisa melihat posisi pantai, serta keindahan yang nampak dari kejauhan.

Menjelang siang hari pengunjung bisa bersantai dibawah rindangnya pohon kelapa. Sambil menikmati segarnya es kelapa, yang dijual oleh warung-warung di tepian pantau. Kemudian pada saat sore hari, anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari arah ufuk barat. Pesonanya semakin meningkat kala semburat senja memantul ke lautan, menciptkan warna air laut yang keorangenan. Suasana senja seperti ini sangat cocok untuk berswa foto, menghasilkan gambar siluet.

Lokasi: Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak.

3. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura

Image Credit: Deviantart.com

Kota Singkawang memang terkenal dengan wisata pantainya yang mempesona. Tidak heran apabila pengunjung berebut datang kesini. Setiap akhir pekan atau liburan tidak pernah sepi oleh datangnya wisatawan. Kondisi pantai yang masih bersih membuat para pengunjung selalu nyaman, dan betah berlama-lama disini. Pengelola pantai benar-benar menjaganya dengan baik, sehingga tidak ada pencemaran akibat sampah pengunjung.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Wajib Anda Coba

Dinamakan Pantai Kura-kura karena memang keberadaan kura-kura, menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan di pulau ini kelestarian kura-kura dijaga ketat, dan terdapat tempat penangkarannya. Pantai memiliki ciri khas tumpukan batuan yang tersebar sepanjang pantai. Batuan tersebut terhampar mulai dari pinggir pantai hingga mendekati lautan. Perpaduan laut dan batuan inilah yang menjadikan pesona pantai tidak ada duanya.

Jika ingin melihat keindahan pantai secara menyeluruh, anda bisa naik ke atas bukit dekat kawasan pantai. Atau bisa melihat dari kejauhan melalui pintu masuk pantai Kura-kura. Pemandangan saat siang hari memang membuat pengunjung terpesona, namun malam hari lebih memukau. Karena wilayah ini belum terjangkau listrik sehingga akan terlihat sangat gelap. Namun pengunjung tetap bisa ke pantai berbekal lampu minyak, cahaya lampu inilah yang memantul ke laut sehingga terlihat lebih indah.

Lokasi: Karimunting, Kec. Raya Kepulauan River, Kab. Bengkayang.

4. Palm Beach

Palm Beach

Image Credit: Mysingkawang.com

Jika berlibur bersama keluarga atau para sahabat, pasti lebih asyik liburan dengan banyak aktivitas. Maka jawabannya datanglah ke Palm Beach, lalu anda dan rombongan akan menikmati beragam kegiatan air yang seru. Pengelola memang menyediakan beberapa wahana yang menyenangkan. Tujuannya agar waktu liburan ini dapat membuat momen sebanyak-banyaknya. Dan Palm Beach menjadi rekomendasi wisata pantai nomer satu, yang ada di Singkawang.

Panorama alam yang ditawarkan oleh pantai, merupakan paket lengkap segala keindahan. Deburan ombaknya tenang, hamparan pasir putih yang lembut, dan pepohonan rimbun semakin menambah syahdu suasana. Pengunjung bebas ingin berenang di tepian laut, atau melakukan aktivitas snorkeling. Namun bebas bukan berarti tidak menjaga diri, khususnya anak-anak. Sebagai pengaman sewakan ban atau pelampung agar tidak tenggelam, dan selalu awasi dari jauh.

Jika pantai lain hanya punya fasilitas standar, maka Palm Beach punya arena khusus untuk pecinta tantangan offroad. Wisatawan bisa mengelilingi kawasan pantai dengan sensasi berbeda, dan menjajal trek offroad. Terkadang arena juga kerap diajdikan tempat untuk penyelenggaraan, sebuah kompetisi offroad. Tidak berhenti sampai disitu, area yang luas juga menyediakan hotel, kantin, kolam renang, taman bermain anak, dan area untuk volly pantai.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

5. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Image Credit: Pariwisata.singkawangkota.go.id

Bisa dibilang taman wisata ini multi objek wisata, dan didukung oleh lahannya yang luas. Anda akan menjumpai 3 objek wisata sekaliigus yaitu pantai, taman bermain, dan kebun binatang. Ketiga daya tarik tersebut merupakan perpaduan antara wisata alami, dan wisata modern. Lokasi wisata berada sekitar 8 km dari kota Singkawang, tepatnya di tekuk Ma’jantuh atau teluk Karang. Untuk pengunjung dari luar daerah harus ke kota Pontianak dulu, baru ke Singkawang.

Di dalam Sinka Island Park anda bisa menikmati pemandangan Pantai Bajau. Wisata pantai yang sangat menarik dengan bebatuan, yang berbaur dengan air laut. Tidak ada ombak menegangkan disini, adanya deburan yang tenang dengan angin sepoi-sepoi. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat kolam renang dengan ukuran besar, dilengkapi seluncuran untuk orang dewasa dan anak-anak. Jika ingin bersantai di tepi pantai tersedia pondokan, untuk menyantap bekal sambil menikmati panorama.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Itulah 5 wisata pantai terindah di Singkawang yang bisa dijadikan tujuan liburan terbaik Anda. Jika anda sedang berkunjung ke Pontianak, jangan lupa mampir sebentar ke kota Singkawang. Waktu tempuhnya hanya sekitar 3 jam dari pusat Pontianak, lalu anda bisa menikmati banyak wisata pantai disini. Rata-rata masih alami dan belum banyak perubahan, sebab lokasi pantai masih tersembunyi. Tapi ada juga yang sudah diubah menjadi wisata khas Singkawang, contohnya Sinka Island Park.