Kalimantan Timur

10 Wisata Pantai di Samarinda Lagi Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Samarinda, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits untuk Liburan atau Berakhir Pekan Bersama Orang Tercinta.

Samarinda merupakan salah satu daerah di Kalimantan Timur yang sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi ini.  Kota ini memiliki keindahan alam yang mempesona dan menakjubkan. Tak heran jika tempat ini sering menjadi tempat tujuan wisata ketika memasuki masa Liburan.

Salah satu objek wisata di Samarinda yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai. Daerah ini menawarkan beberapa pantai yang eksotis yang sangat pas dijadikan tujuan liburan. Yuk simak ulasan berikut.

1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Image Credit: Cronustravel.blogspot.com

Tempat wisata ini terletak di selat Makassar yang masih dalam wilayah Bontang. Perjalanan dari Samarinda ke Pulau Beras Basah menempuh waktu sekitar 3 jam. Keindahan Panorama pantai yang ada di sini masih alami, yaitu berupa hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna kebiru biruan. Di pantai ini, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, diving dan snorkeling. Keindahan karang karang yang ada di bawah laut pastinya akan membuat Anda semakin takjub.

Pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah dimana berdasarkan legenda yang ada di masyarakat sekitar bahwa dahulu kala di tempat ini terdapat kapal yang sedang berlabuh. Sayangnya, kapal tersebut tidak bisa melanjutkan perjalan dikarenakan ombak yang cukup besar. Kemudian awak kapal menurunkan muatan berupa beras yang cukup banyak di pulau ini, sehingga beras beras tersebut menjadi basah. Dan akhirnya tempat ini kemudian diberi nama Pulau Beras Basah.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

2. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah Merah

Image Credit: Ksmtour.com

Jika berkunjung ke Samarinda, jangan lupa untuk mampir ke pantai tanah merah. Pergi ke pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan pantai khas Kalimantan Timur yang indah. Pasirnya yang berwarna putih dipadukan dengan birunya warna laut dan langit yang ada di sana, pastinya akan membuat Anda terpesona. Selain panorama pantai yang bisa Anda nikmati, tempat ini juga dihiasi dengan pohon pohon cemara sehingga tampak lebih cantik dan teduh.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pantai Tanah Merah menjadi pantai andalan masyarakat Kalimantan Timur. Salah satu kegiatan yang menarik dilakukan di pantai ini adalah berkemah dan melihat indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang tidak kalah seru, yaitu memancing ikan yang ada di sana. Menikmati keindahan pantai sembari menikmati kuliner yang ada di tempat ini pastinya sangat menyenangkan bukan?

Lokasi: Jl. Samboja – Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kartanegara.

3. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat

Image Credit: Twitter.com @Kalimantaners

Pantai yang tidak kalah menarik adalah pantai Ambalat. Ambalat sendiri merupakan singkatan dari Ambarawang laut. Keunikan dari pantai ini adalah pasirnya yang warnanya berbeda dengan di tempat lain. Di pantai ini Anda akan menemukan pasir pantai yang berwarna kecoklatan, dengan pohon pinus di sekitarnya yang membuat suasana di sekitar pantai semakin sejuk. Pastinya dengan suasana tersebut, Anda akan semakin betah untuk menghabiskan waktu di pantai ini.

Lokasi: Amborawang, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

4. Pantai Pangempang

Image Credit: Kompasiana.com

Pantai pangempang merupakan salah satu pantai yang cukup hits untuk dikunjungi. Pesona keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lain. Suasana pantai yang sejuk dengan angin yang semilir ditambah hamparan pasir yang putih, pastinya sangat cocok untuk menyegarkan pikiran anda. Di tempat ini, Anda bisa menyewa kapal untuk mengelilingi pantai. Dan yang tidak kalah menarik adalah mendirikan tenda di tepi pantai sembari menikmati pemandangan lautnya.

Lokasi: Tanjung Limau, Pangempang, Muara Badak, Sambera Baru, Kec. Marang Kayu, Kab. Kutai Kartanegara.

5. Pantai Nipah-Nipah

Pantai Nipah-Nipah

Image Credit: Travel.detik.com

Pantai Nipah Nipah merupakansalah satu pantai yang cukup populer dan paling sering dikunjungi oleh para pelancong. Tidak hanya menikmati keindahan pantai di siang hari yang cerah, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam ketika memasuki waktu senja. Selain itu, di tempat ini juga sering diadakan berbagai pagelaran yang penting. Pastinya akan semakin menyenangkan jika Anda bisa mengunjungi pantai bersamaan dengan adanya pagelaran tersebut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Coastal Road, Nipah-nipah, Kec. Penajam Paser Utara, Kab. Penajam Paser Utara.

6. Pantai Panrita Lopi

Pantai Panrita Lopi

Image Credit: Klikkaltim.com

Liburan sekeluarga dengan mengunjungi pantai, pastinya akan sangat menyenangakan apalagi jika lokasi yang dituju adalah Pantai Panrita lopi. Dari Samarinda menuju pantai ini, Anda akan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Dinamakan Pantai Panrita Lopi diambil dari kabupaten di daerah Sulawesi Selatan. Dimana pengelola pantai ini juga berasal dari tempat yang sama, dan menjadi keinginan mereka agar masih mengingat darimana tempat mereka berasal.

Awalnya pantai ini merupakan hutan belantara yang kemudian dikelola menjadi tempat wisata. Selain keindahan pantai yang bisa Anda saksikan sebagaimana di tempat lain, Anda juga akan disajikan dengan pemandangan hutan bakau yang masih alami dan kera kera yang bergelantungan di pepohonan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menginap di sekitar pantai untuk menyaksikan indahnya pemandangan di malam hari berupa indahnya ribuan bintang yang menghiasi langit.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Semberah, Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara.

7. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Image Credit: Salamisimon1.blogspot.com

Pantai Kemala menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Psalanya, selain keindahan pantai dengan pasirnya yang lembuh ditambah lagi air pantai yang jernih, pantai ini juga memiliki nuansa yang tidak jauh berbeda dengan pantai yang ada di Bali. Pastinya Anda akan betah jika berlama lama di pantai ini bersama keluarga atau teman. Apalagi di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan kuliner seafood yang lezat.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Lamaru memiliki suasana yang menyejukkan dengan angin pantai yang sepoi sepoi. Tempat wisata ini sangat cocok digunakan untuk bersantai santai sambil menatap indahnya pasir putih dan ombak di pantai ini. Adanya pohon pohon pinus membuat kondisi pantai menjadi lebih sejuk. Pastinya pemandangan yang menarik ini sangat cocok untuk spot foto. Pastikan membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sangatta, Kutai Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

9. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Manggar Segara Sari memiliki pesona alam yang bisa membuat Anda ketagihan. Karena keindahan pantainya yang eksotis, tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke pantai ini. Fasilitas yang ada di disini juga cukup lengkap untuk kegiatan rekreasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Pantai Manggar Segara Sari berada di desa Manggar dan Teritip.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

10. Pantai Biduk Biduk

Pantai Biduk Biduk

Image Credit: Mdcahya.wordpress.com

Pantai ini menjadi berada di daerah Berau, Kalimantan Timur. Pantai Biduk biduk menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi, karena panorama keindahan alam yang pastinya membuat Anda menjadi ketagihan. Di tempat ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik mulai dari berjemur, renang, hingga camping. Dan yang tidak kalah menarik adalah, berbagai warung kuliner di sekitar pantai yang menyajikan seafood dyang diolah dengan bumbu khas di daerah ini.

Lokasi: Labuan Kelambu, Kec. Biduk-biduk, Kab. Berau.

Itulah 10 rekomendasi pantai di Samarinda yang lagi hits dikujungi wisatawan. Keindahan pantai dengan hamparan pasir putih ditambah birunya ombak lautan pastinya menjadi sebuah pemandangan yang mempeseno. Menikmati liburan dengan mengunjungi pantai, bisa menjadi slah satu amunisi untuk menyegarkan pikiran. Apalagi jika melakukannya bersama keluarga, pastinya liburan Anda akan sangat menyenangkan bukan? Jangan lupa untuk membawa barang barang penting sebelum mengunjungi pantai, seperti kamera dan baju ganti.