Kalimantan Barat

10 Wisata Pantai di Pontianak Lagi Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Pontianak, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Bahari Terbaru yang Eksotis, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Pontianak.

Jika membahas tentang wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Hal tersebut disebabkan wilayah negara, yang berada di garis khatulistiwa. Terutama kota Pontianak yang letaknya tepat di khatulistiwa. Menjadikan kota tersebut menyimpan potensi wisata yang cukup besar.

Tidak hanya pesona hutannya saja, tapi juga sungai-sungai besar yang mengalir. Terlebih lagi wisata pantai di Pontianak yang memukau dan diminati banyak pengunjung. Simak ulasannya.

1. Pantai Sungai Kinjil

Pantai Sungai Kinjil

Image Credit: Youtube.com (BIAK KALBAR)

Menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan ke pantai, memang ada kesenangan tersendiri. Apalagi jika bersama keluarga atau para sahabat, sepertinya destinasi pantai tidak pernah terlewatkan. Cobalah sesekali berkunjung ke pantai Sungai Kinjil, letaknya berada di Kabupaten Ketapang. Pantai ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Deburan ombaknya tenang dan tidak menggebu, jadi cocok untuk liburan saat sedang jenuh.

Perjalanan ke pantai juga tidak terlalu jauh dari kota, cukup menempuh waktu 30 menit sampai 1 jam saja. Begitu masuk ke kawasan anda akan disuguhi deretan warung penjaja makanan. Liburan anda semakin menyenangkan sembari menikmati es kelapa muda, dan duduk di pondokan pinggir pantai. Rimbunya pepohonan menjadi spot ternyaman saat siang hari. Tunggulah hingga sore datang maka akan melihat view matahari tenggelam.

Lokasi: Kinjil Pesisir, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Tritamarentcar.com

Letaknya berada di Kota Singkawang dengan jarak cukup jauh, dari kota Pontianak. Keindahan pantai sepanjang 3 kilometer ini tidak ada habisnya, mulai dari air yang bersih hingga pasir yang halus. Kawasan pantai menghadap langsung ke perairan Natuna, dan bibir pantai yang bisa melihat gugusan pulau. Panorama pantai ini bisa anda nikmati dengan membayar tarif masuk, sebesar 10 ribu per orang.

BACA JUGA:  Pancur Aji, Destinasi Air Terjun yang Hits di Kalimantan Barat

Di pantai ini anda bisa melakukan beragam aktivitas seperti berenang, voli pantai, dan memancing. Daya tarik ombak yang besar biasanya dipakai untuk kegiatan berselancar. Selain itu terdapat kampung nelayan tidak jauh dari pantai. Pengunjung bisa melihat secara langsung aktivitas para nelayan, mulai dari menyiapkan kapal hingga perlengkapan untuk melaut. Terlebih bila datang di sore hari maka anda akan menyaksikan, panorama matahari tenggelam.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

3. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Ingin suasana pantai yang tenang? Cobalah berkunjung ke pantai Kijing yang lokasinya cukup tersembunyi. Masih jarang pengunjung yang datang kesini, jadi kondisi pantai masih sangat bersih. Belum lagi udara pantai yang masih terasa alami dan sejuk, cocok untuk menenangkan pikiran sejenak. Untuk menuju wilayah pantai pengunjung disarankan memakai kendaraan pribadi. Karena jarak dari lokasi utama menuju area wisata cukup jauh, dan tidak ada angkutan umum.

Memasuki kawasan pantai anda akan bertemu dengan pemandangan khas pantai. Berupa hamparan pasir putih, dan deburan ombak yang bergulung. Di sisi kanan anda akan menemukan area track, untuk balapan motor yang ditumbuhi pohon kelapa. Sedangkan sebelah kiri adalah wilayah perbukitan, dengan deretan warung penjual makanan dan minuman. Sehingga jika anda mengambil foto disini hasilnya akan terangkum bagus dalam gambar.

Lokasi: Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak.

4. Pantai Sawi

Pantai Sawi

Image Credit: Serumpunmelayukendawangan.blogspot.com

Jika anda sedang mencari destinasi alam yang masih perawan dan alami. Tidak ada salahnya anda mencoba berkunjung ke pantai ini. Pulau tidak berpenghuni ini awalnya belum banyak yang tahu. Namun semenjak acara Sail Karimata 2016, pantai Sawi mulai tenar dan dipenuhi pengunjung. Letak pantai berada di sebelah selatan kota Pontianak, jadi perlu menempuh perjalanan sekitar satu hari. Atau yang lebih singkat sekitar 30 menit dengan menggunakan pesawat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kapuas Hulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sei Tengar, Kec. Kendawangan, Kab. Pontianak.

5. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok

Image Credit: Pontianakpost.co.id

Pantai berlokasi di Desa Sutra tepatnya Kabupaten Kayong Utara, dan berjarak 10 menit dari pusat kota Sukadana. Pantai memiliki panorama yang indah, dilengkapi dengan pasir putih dan deburan ombaknya tenang. Kondisi tersebut membuat pengunjung betah berlama-lama di sekitar pantai. Posisi pantai cukup strategis menghadap ke Teluk Sukanda di arah barat, dan sangat pas untuk menikmati matahari terbenam. Di sekitar area tersedia fasilitas berupa area parkir, hingga penginapan.

Lokasi: Sutera, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

6. Pantai Lemukutan

Pantai Lemukutan

Image Credit: Daengpajoka.com

Keindahan pantai yang alami dan suasan masyarakat yang ramah, bisa anda dapatkan di Pulau Lemukutan. Anda akan merasakan udara yang masih sejuk, dan sensasi tenang sebab jauh dari riuhnya kota. Untuk mencapai lokasi pantai anda harus naik kapal atau motor air, dari dermaga Teluk Suak. Selama perjalanan anda akan menjumpai hamparan laut indah, dan jejeran perbukitan.

Hal yang unik dari wisata pantai ini ialah warna air laut yang berubah-ubah. Mulai dari cokelat, hijau, biru, hijau tua, lalu menjadi biru bening. Pengelola pantai juga menyediakan wisata bawah air. Pengunjung bisa menyelam atau snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang. Tidak perlu khawatir jika terlalu asyik bermain, karena sekitar pantai terdapat penginapan.

Lokasi: Bangka Belitung Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

7. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura

Image Credit: Lenterageosfer.blogspot.com

Jarak tempuh dari kota Pontianak menuju pantai Kura-kura kurang lebih 110 kilometer. Jika dihitung waktunya akan menghabiskan lebih dari 3 jam, bila keadaan lancar. Posisi pantai berada di balik bukit kecil, sehingga agak susah menemukannya.

Dilengkapi hamparan pasir putih dan deburan ombak yang tenang. Cocok bagi anda yang ingin berjemur dan berenang di lautan. Jika cuaca tidak mendung dari tepian pantai anda bisa melihat pulau, yang letaknya di seberang.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Lokasi: Tanjung Gandul, Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

8. Pantai Batu Nenek

Pantai Batu Nenek

Image Credit: Mytrip.co.id

Ketika anda berdiri di tepian pantai akan melihat gugusan bebatuan raksasa. Mereka terhampar begitu saja di beberapa titik pantai. Dihiasi air laut yang biru dan jernih saat matahari memantul, seperti ada kristal di dalam lautan.

Panjang pantai terhampar hingga ke Tanjung Datuk, dan sepanjang itu dipenuhi oleh bebatuan. Banyak yang mengatakan bahwa susunan pantai nyaris serupa, dengan pemandangan pulau Belitung.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

9. Pantai Air Mata Permai

Pantai Air Mata Permai

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Wisata pantai ini termasuk yang terindah di Pontianak, karena selain pasirnya yang putih juga dilengkapi vegetasi flora dan fauna. Jenis tumbuhan yang paling menonjol adalah hutan bakau, yang masih terpelihara dengan baik. Dan juga kawasan pantai merupakan habitat asli burung pantai yang eksotik. Anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga pantai, camping, dan outbond. Saat sore hari dapat menyaksikan suasana matahari terbenam.

Lokasi: Sungai Awan Kanan, Kec. Muara Pawan, Kab. Ketapang.

10. Pantai Pasir Mayang

Pantai Pasir Mayang

Image Credit: Getaway.id

Daya tarik dari pantai bukan hanya pasir yang putih, tapi juga susunan batu-batu besarnya menarik. Banyak masyarakat yang berkunjung kesini khususnya para remaja. Karena lokasi pantai yang instagramble, dengan background pantai serta bebatuan.

Belum ada pembangunan wisata di pantai ini, jadi suasanya masih alami dan tenang. Untuk anda yang sedang jenuh aktivitas kota, segera mampir ke Pantai Pasir Mayang.

Lokasi: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

Itulah 10 rekomendasi pantai di Pontianak yang paling hits dikunjungi wisatawan. Berkunjung ke Kota ini tidak melulu melihat hiruk pikuk jalan. Jika mau singgah sejenak ada banyak wisata alam yang layak dikunjungi. Terutama wisata pantainya yang tidak bisa dilewatkan. Ada beberapa rekomendasi pantai yang bisa dikunjungi, mulai yang dekat pusat kota hingga jauh dari kota. Semua destinasi pantai menawarkan panorama alam yang menajubkan, dan juga suasana senja di Khatulistiwa yang menyenangkan.