Kalimantan Timur

8 Wisata Pantai di Balikpapan Lagi Hits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Balikpapan terkenal dengan kota pelabuhan serta wisata pantainya. Oleh karena itu sepanjang jalan dihiasi pantai dan laut, menjadi pemandangan biasa. Secara geografis kota Balikpapan didominasi oleh perbukitan, berupa 12 persen daerah datar dan sisanya pesisir pantai. Tidak melulu wisata pantai tapi ada juga wisata kuliner, hingga wisata budaya.

Namun tujuan liburan terbaik pengunjung pasti ke pantai-pantai, yang mempunyai daya tarik tersendiri. Berikut 8 rekomendasi pantai di Kota Balikpapan yang patut Anda kunjungi Ketika liburan.

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Image Credit: Ksmtour.com

Konon pantai ini merupakan tempat pertama, untuk pengeboran minyak di Indonesia. Kini pantai Melawai sering digunakan untuk pelabuhan. Setiap hari akan terlihat kapal-kapal besar pengangkut minyak, lalu-lalang sekitar pantai. Namun aktivitas tersebut tidak merusak pemandangan pantai. Pengunjung tetap bisa berjalan menyusuri pinggiran pantai, sambil menikmati elusan ombak kecil di kaki. Pasir yang lembut membuat pengunjung nyaman, berjalan tanpa alas kaki.

Suasana pantai yang syahdu menjadi daya tarik utama wisata ini. Menjelang petang dari bibir pantai bisa melihat jelas, matahari yang hendak terbenam. Semburat jingganya akan memantul ke air laut, sehingga keseluruhan suasana berubah jadi orange. Pengelola juga menyediakan arena olahraga khusus air. Wahana tersebut bisa anda mainkan bersama keluarga, atau sahabat. Soal fasilitas pantai tidak perlu khawatir, karena sekeliling terdapat cafe dan penginapan.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan

Image Credit: Maringetrip.com

Pantai ini berlokasi di jalan Sepinggan Raya 1, dan berada di tengah daerah yang sedang berkembang. Wisata pantai sering dikunjungi karena tempatnya teduh, dan sepanjang bibir pantai dikelilingi pohon-pohon besar. Para pengunjung tidak akan merasa kepanasan, apalagi Kalimantan identik dengan udara panas. Jika berkunjung di pagi hari anda akan melihat matahari terbit, yang muncul dengan cantiknya. Belum lagi udara pagi yang masih terasa alami dan merefresh pikiran.

BACA JUGA:  23 Minuman & Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba

Saat menjelang siang hari anda bisa menyusuri pinggi pantai, sambil menikmati panorama alam. Tidak perlu khawatir kaki terluka karena pasir lembut, akan menyapa kaki anda. Untuk aktivitas air anda bisa mencoba beragam olahraga. Namun kebanyakan pengunjung kurang tertarik, dan lebih menikmati semilir angin dan suasana pantai yang asri. Tunggulah sampai menjelang petang menyapa. Anda akan melihat kecantikan pantai, yang berpadu dengan matahari tenggelam.

Lokasi: Jl. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Image Credit: Pegipegi.com

Bagi anda yang senang berlibur berasama keluarga atau teman, pantai Lamaru adalah pilihan yang tepat. Pantai ini menawarkan kenyamanan dan keamanan, poin daya tarik dari pantai Lamaru. Salah satu kelebihan pantai ialah kelandaian tanah yang dumiliki. Ditambah dengan pasir putih seakan memenuhi pantai. Serta kedangkalan air laut hingga beberapa pulu meter saja. Bibir pantainya pun sangat luas sehingga bisa bebas, bermain sepak bola atau voli pantai.

Tidak perlu khawatir jika mengajak putra-putri anda bermain di laut. Hal ini karena kondisi gelombang sangat bersahabat. Dengan arus yang kecil sehingga aman, untuk anak-anak berenang di laut. Namun tetap tidak boleh lepas pengawasan, takutnya anak terbawa arus laut. Jika anda menyapukan pandangan sedikit ke pinggir pantai, akan terlihat hal unik Pantai Lamaru. Umumnya pantai dikelilingi pohon kelapa, namun disini tersaji deretan pohon cemara.

Lokasi: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

4. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Sewakost.com

Objek wisata pantai satu ini yang paling ramai, dan dipadati oleh wisatawan setiap hari. Hal tersebut bukan sesuatu yang mengherankan, sebab pemandangan lautnya sangat eksotis. Berada sekitar 9,5 kilometer dari Bandara Internasional Sepinggan, atau 20 kilometer dari pusat kota. Wisata pantai dikenal memiliki fasilitas memadai, yang cukup memuaskan para pengunjung. Dengan air laut yang jernih, gelombang yang tenang, serta pasir putih dan lembut.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Kondisi pantai mirip pantai Lamaru, dengan tingkat kedangkalan laut yang rendah. Jadi aman untuk berenang, atau bermain di laut. Jika anda ingin permainan yang memicu adrenalin, tersedia speedbooat, jetski hingga banana boat. Tersedia pula fasilitas net dan bola, bagi yang ingin bermain sepak bola dan voli pantai. Pengunjung juga akan diajak berkeliling kawasan, menggunakan perahu yang disediakan.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

5. Pantai Monpera

Pantai Monpera

Image Credit: Flickr.com @Rizky Pratama Adhi

Pantai ini sering dikunjungi untuk berakhir pekan, karena letaknya di tengah Kota Balikpapan. Di sekitar wisata berdiri patung besar, untuk mengenang jasa pejuang Kalimantan Timur. Untuk memasuki kawasan wisata cukup membayar retribusi parkir. Untuk roda dua 2 ribu dan roda empat 5 ribu. Di pantai Monpera tidak ada penyewaan peralatan renang, atau wahana banana boat. Mereka hanya disewakan saat hari libur, atau weekend.

Namun tidak perlu khawatir anda tetap menikmati serunya pantai. Karena tersedia taman yang rindang, dengan deretan pepohonan hijau. Jika anda tidak membawa bekal dan perut kelaparan. Di sekitar area terdapat pedagang kaki lima. Mereka menyediakan aneka makanan dan minuman, mulai dari bakso, es kelapa muda dan lainnya. Waktu yang tepat untuk menikmati pantai, ialah saat sore hari. Sambil merasakan semilir angin di pinggir pantai.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

6. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

Image Credit: Pegipegi.com

Balikpapan diklaim sebagai kota tersibuk setelah Samarinda.Aktivitas masyarakat juga sangat padat, setiap hari hiruk pikuk kota tidak berhenti. Maka dari itu warganya perlu rehat sebentar, dari kesibukan tersebut. Tempat yang sering dituju ialah Pantai Banua Patra, yang mudah dijangkau transportasi apapun. Posisi pantai tepat menghadap barat, sehingga cocok untuk melihat sunset yang mempesona.

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Air di Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

Meskipun pantai tidak terlalu panjang, namun anda tetap bisa menikmati pesonanya. Di pinggir pantai terdapat warung-warung lesehan. Mereka menjual makanan mulai dari ringan, hingga berat. Anda pun bisa mengunjungi pantai kapan saja, misalkan selepas pulang kerja. Menyempatkan mampir sebentar ke pantai Banua Patra, sambil melihat sunset dan menyantap camilan sore. Pantai tidak direkomendasikan untuk berenang, karena fasilitasnya tidak menunjang.

Lokasi: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Pantai Batu

Pantai Batu

Image Credit: Youtube.com (Arie Wijianto)

Beberapa pantai di kota Balikpapan masih belum tercium wisatawan. Sehingga pengunjung yang datang masih jarang. Alhasil suasana pantai sepi dan nyaman untuk menenangkan diri, maka pantai Batu bisa menjadi pilihan. Lokasi pantai cukup mudah untuk dicapai, tapi disarankan pakai kendaraan pribadi. Waktu yang tepat melihat horizon pantai ialah saat pagi hari, dan sore hari. Pantai pasir juga sangat lembut sehingga tidak menusuk kaki, saat berjalan di pinggir pantai.

Lokasi: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Image Credit: Godiscover.co.id

Wisata pantai ini sangat cantik dan berhasil menggoda traveller. Saking mempesonanya sampai digandrungi kawula muda. Banyak dari mereka yang menghabiskan akhir pekan di pantai ini. Waktu kunjung yang tepat ialah saat sore hari, sambil menanti momen matahari terbenam. Di sekitar area pantai juga tersedia wisata kuliner, dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu fasilitas permainannya juga memadai, seperti banana boat dan flying fox.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

Berkunjung ke Balikpapan memang belum afdol, jika belum ke pantai rekomendasi. Wisata pantainya menyuguhkan pesona yang luar biasa. Dijamin anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke pantai-pantai tersebut. Segala aktivitas air yang anda inginkan pun tersedia, atau ingin bersantai di pinggir pantai juga bisa. Jangan lewatkan panorama sunset, yang selalu dinantikan pengunjung. Jadi, sudahkan tertarik mengunjungi?