Kalimantan Barat

10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Wajib Anda Coba

Apa yang pertama kali akan kamu cari saat berwisata ke sebuah tempat baru? pasti kamu akan mencari destinasi wisata yang sesuai dengan keinginanmu. Dari wisata alam yang memacu adrenalin sampai wisata untuk keluarga yang menyenangkan. Jika akhir-akhir ini kamu ada rencana untuk liburan, cobalah mampir ke daerah-daerah bagusu di Indonesia, salah satunya adalah Singkawang. Kota yang mempunyai sejuta pesona keindahan dan mendapat julukan Little Hong Kong-nya Indonesia. Yang pasti jangan sampai melewatkan sensasi rasa kuliner Singkawang juga ya.

Singkawang adalah salah satu kota yang ada di Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 145km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibukota dari provinsi Kalimantan Barat, Singkawang adalah sebuah tempat yang dijadikan sebagai tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Sebagai salah satu kota dengan penduduk paling heterogen di Indonesia, Singkawang memiliki keberagaman budaya dan adat istiadat yang menarik untuk diperhatikan.

Untuk kulinernya sendiri jangan ditanya lagi, sajian wisata kuliner di Singkawang identik dengan budaya Tionghoa hingga suku melayunya. Nah untuk kamu yang tertarik untuk berpetualang dengan kekayaan cita rasa kuliner di Singkawang, sejumlah sajian di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi yang pas untuk dicoba. Setelah lelah dengan aktivitas wisata seharian kamu bisa mampir dan menghilangkan lelahmu.

1. Mie Tiaw Asuk

Mie Tiaw Asuk

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Tempat makan yang ada di Jl. Yos Sudarso, Singkawang Barat ini selalu ramai dengan wisatawan yang ada di Singkawang ataupun masyarakat lokalnya sendiri. Jangan salah fokus dengan kata ‘ASUK’ ya. Yang dimaksud Asuk disini adalah paman dalam bahasa lokal singkawang, jadi arti dari mie tiaw asuk adalah paman yang pintar memasak dan cekatan dengan spatulanya. Sajian ini dibuat dari sajian mie pipih dengan campuran telurnya, masih ada tauge, bumbu kecap dan perasan jeruk nipis. Spesialnya lagi masih ada tambahan seafood seperti potongan udang dan daging sebagai tambahan.

Untuk harga sendiri, mie tiaw asuk ini hanya dibandrol seharga 13rbu per porsinya. Murah sekali kan untuk mendapatkan satu piring kebahagiaan yang hakiki. Untuk rasa sendiri tak perlu diragukan lagi, kuliner ini sudah menjadi menu wajib untuk wisatawan yang berkunjung ke Singkawang. Melihat tampilannya saja pasti sudah ngiler dan buru-buru ingin merasakannya. Mie tiaw asuk dimasak langsung di bagian depan kedainya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung saat menunggu makanannya datang.

2. Choi Pan

Choi Pan

Image Credit: Pergikuliner.com

Cemilan lembut dengan beragam rasa ini juga wajib kamu coba. Choi pan adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dengan berbagai isian, ada yang berisi rebung, bengkoang, keladi, kacang, kucai, dan lain-lain. Penyajiannya juga menggunakan taburan bawang putih goreng dan minyak wijen diatasnya sehingga membuat perbedaan tekstur makanan saat dimakan.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Betang - Rumah Adat Suku Dayak

Choi pan biasa disantap dengan sambal sebagai pendamping yang cocok untuk cocolannya. Kuliner khas Singkawang ini menjadi cemilan favorit wisatawan dan biasa diborong karena harganya yang murah, hanya 1000 rupiah per pcsnya saja. Jika kamu hanya membeli satu pcs saja, maka satu menit selnajutnya kamu akan mengambil lagi dan lagi. Menikmati Choi pan tidak cukup hanya satu suapan saja.

3. Bubur Pekong

Bubur Pekong

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Untuk kamu yang tidak bisa memulai aktivitas sebelum sarapan, kuliner bubur pekong adalah pilihan yang tepat. Sedikit berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur pekong memiliki isian ikan teri goreng, irisan daging sapi, lobak, kacang goreng, dan emping yang mais gurih. Kemudian untuk kuahnya sendiri bubur pekong juga menggunakan siraman kuah kaldu sapi yang membuatnya gurih dan nagih sekali.

Bubur pekong memang bisa dengan mudah ditemui di Singkawang, namun karena rasanya yang enak dan bikini ketagihan, biasanya kamu harus antri untuk dapat merasakan kelezatan bubur pekong ini. Tempat yang paling direkomendasikan untuk menikmati bubur pekong ini ada di Jl. Niaga Melayu Singkawang Barat. Untuk harga sendiri kamu cukup merogeh kocek 18ribu saja sudah cukup untuk menikmati the hangat dan bubur pekong penuh kelezatan ini.

4. Bubur Tahu Pasar Turi

Bubur Tahu Pasar Turi

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Selain kepiting yang menjadi kuliner terkenal di Kalimantan, Singkawang juga terkenal dengan produksi tahunya yang diolah menjadi beragam kuliner menarik, salah satunya adalah bubur tahu yang ada di Pasar Turi. Jangan membayangkan bubur tahu yang hambar dan tidak ada rasanya, karena bubur tahu ini sendiri memiliki tekstur yang lembut dan rasa kuahnya yang manis. Kamu bisa menikmatinya saat masih dalam keadaan hangat dengan kuah dari rebusan jahe. Kuliner ini biasanya dijajakan dengan gerobak.

Jajanan bubur tahu ini bisa dengan gampang kamu temui di Pasar Turi. Selain rasa yang enak harganya pun sangat murah, hanya 5000 per porsi saja. Jika kebetulan kamu sedang tidak enak badan saat liburan ke Singkawang cobalah menyantap bubur tahu untuk memberikan efek segar dan bisa kembali ke kondisi fit lagi. Bubur tahu juga ccok disantap saat keadaan hujan yang dingin.

5. Limun Khas Singkawang

Limun Khas Singkawang

Image Credit: Okatravelblog.wordpress.com

Singkawang juga mempunyai soft drink yang bisa membuatmu serasa kembali ke masa kecil. Limun khas Singkawang ini masih dikemas dalam botol kaca dengan sticker ala tionghoa. Limun khas Singkawang juga tersedia dalam tiga rasa, ada rasa jeruk, pisang ambon, dan sarsaparilla. Kalau kamu tidak ingin meminumya dalam botol kamu bisa membawa tempat sendiri.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Barat Paling Hits Dikunjungi

Minuman enak ini sudah terkenal sejak dahulu, wisatawan yang datang ke Singkawang wajib banget mecoba soft drink khas Singkawang ini. Lidah kamu akan bergoyang dan serasa bernostalgia saat mecoba minuman khas Singkawang satu ini. Untuk harga limun khas Singkawang ini hanya dibandrol 13 ribu dengan botolnya, dan 8000 untuk tanpa botolnya, tertarik mencoba datang langsung ke Singkawang ya.

6. Bubur Paddas

Bubur Paddas

Image Credit: Tribunnews.com

Untuk kamu yang berekspetasi lebih dengan kepedasan bubur Paddas pasti akan kecewa, pasalnya tidak seperti namanya paddas. Bubur ini memiliki rasa yang rasanya gurih dans edikit asam karena perasan jeruk asam dan jeruk kecil yang di campurkan ke bubur. Namun walaupun tidak sepedas namanya, bubur ini tetap memiliki rasa khas yang hanya ada di Singkawang. Rasa khas Singkawang ini di dapat dari campuran kaldu, jagung, pakis, kangkung, toge, dan ditaburi kacang dan ikan teri yang membuatnya terasa lebih gurih.

Bubur paddas secara tampilan memang mirip dengan bubut tinutuan khas Manado yang banyak menambahkan sayuran hijau. Namun sayangnya bubur paddas tidak banyak dijumpai di warung atau rumah makan pinggir jalan karena menu ini memang khas rumahan. Santaplah dengan es kelapa atau es shanghai yang segar, pas sekali dengan cuaca Sngkawang yang panas.

7. Mie Kering Haji Aman

Mie Kering Haji Aman

Image Credit: Pinterest.com @Endahkurniawira

Singkawang memang kota yang penuh dengan etnis tionghoa jadi agak susah untuk mencari bakmi atau mie yang halal, jadi untuk kalian yang ingin mrnyantap bakmi yang pasti halal, cobalah mie kering haji aman yang sudah terkenal sejak awal buka tahun 2010. Mie kering Hj. Aman sendiri sudah tidak asing bagi masyarakat lokal singkawang, bakmi kering ini bisa juga ditambahkan dengan bakmi kering, daging sapi, potongan daging ayam, tahu, toge, cakwe, dan suwiran telur dadar.

Namun jika toping spesial dirasa berlebihan kamu bisa memesan bakmi kering dengan toping normal seharga 18 ribu saja per porsi. Dan jika kamu tidak terlalu suka mie yang kering kamu bisa meminta untuk disajika dengan semangkok kuah kaldu yang lezat untuk disiram ke atas bakmi dengan tekstur kering.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sintang Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Bakso 68

Bakso 68

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Ini dia makanan idola yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Singkawang. Untuk mendapatkan makanan yang enak ini, kamu harus siap mengantri dengan antrian yang panjang, tidak perlu takut nyasar karena kuliner ini sudah terkenal di telinga wisatawan dan amsmyarakat lokal Singkawang sendiri. Untuk harga juga masih relevan dan nggak bikin kantong bolong. Bakso 68 juga sudah terjamin kehalalannya, jangan lupa untuk mampir ya untuk mencicipi bakso 68. Bakso ini berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 68.

9. Kopitiam Rusen

Kopitiam Rusen

Image Credit: Tribunnews.com

Singkawang sendiri terkenal dengan banyaknya etnis tionghoa, ini berpengaruh pada kulinernya termasuk minuman seperti kopi. Salah satu coffea shop kekinian yang ada di Singkawang adalah kopitiem rusen. Kedai kopi di Singkawang sendiri jumlahnya ada banyak sekali sudah tidak terhitung lagi, namun kopitiam rusen adalah salah satu kedai kopi yang kekinian dan tidak emninggalkan sisi tradisionalnya.

Untuk kamu penyuka kopi dan penikmat senja boleh banget mencoba datang ke tempat ini sekedar melepas lelah dan menikmati cemilan ringan. Kopitiam rusen berada di bangunan dua lantai dengan pemandangan langsung ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya dan City View Singkawang yang unik. Jenis menu kopi yang ada disini beragam, mulai dari kopi hitam sampai ke kopi Vietnam. Untuk kamu yang sekalian ingin makan siang juga bisa,ada berbagai menu berat untuk menemani makan siangmu.

10. Kopi pangkong

Kopi pangkong

Image Credit: shopee.co.id @lennyxiao

Jika dibandingkan dengan kedai kopi yang kekinian kedai kopi ini lebih sederhana bahkan tidak mewah. Tapi jangan salah untuk rasanya warung kopi ini salah satu terbaik yang ada di Singkawang.  Banyak masyarakat lokal yang setiap hari memenuhi warung kopi ini, sekedar bertukar cerita, melepas sebentar rasa lelah. Ada juga turis mancanegara dan domestic yang mencoba kopi di warung kopi ini. Warung kopi angkong memiliki kualitas kopinya yang ada di atas rata-rata, namun harga sangat merakyat sekali, hanya dengan 3000 rupiah saja kamu sudah bisa ngopi nikmat di sini.

Selain kuliner yang yummy dan unik, Singkawang juga mempunyai wisata sejarah yang banyak. Karena mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa yang memeluk Buddha dan Khonghucu membuat banyaknya bangunan vihara atau kelenteng yang ada disana. Tak heran Singkawang juga memiliki julukan dengan Kota Seribu Klenteng dan Hongkongnya Indonesia.

Beberapa alternatif kuliner diatas bisa sudah terjamin halal dan aman dikonsumsi untuk kamu yang Islam. Memang cukup sulit untuk mendapatkan makanan halal di Singkawang jadi kamu bisa menggunakan 10 rekomendasi kuliner khas yang unik dan lezat yang tidak bisa kamu jumpai di kota lain.