Kalimantan Timur

15 Wisata Kuliner di Samarinda yang Wajib Anda Coba

Wisata kuliner di Samarinda tidak akan puas rasanya jika hanya sehari. Pasalnya, banyak makanan enak dan ngangenin banget. Tidak hanya mengenai rasa saja, namun juga moment dan lokasi yang tidak seperti biasa. Banyak nuansa tambahan yang membuat sajian terasa lebih enak dan lezat sehingga acara makan bisa lebih menyenangkan.

Bagi Anda yang sedang berada di kota ini, berikut 15 rekomendasi wisata kuliner di Samarinda yang wajib Anda coba.

1. Rumah Makan Pondok Borneo

Rumah Makan Pondok Borneo

Image Credit: Nendenrahmawati.wordpress.com

Sajian yang sangat terkenal di rumah makan ini ialah kepiting soka dengan campuran telur asin. Rumah makan ini menjadi serbuan para wisatawan yang sedang berkunjung ke Samarinda. Pasalnya, rasa kepiting yang disajikan sangat lezat dan nikmat. Daging kepitingnya sangat gurih dan lembut.

Sebenarnya masih ada menu lain yang bisa Anda cicipi, seperti ikan, ayam atau tahu. Semua olahan tersebut sangat enak dan lezat karena rumah makan ini cukup legendaris. Terletak di Jl. KH. Abdul Hasan No. 5 Pasar Pagi Samarinda. Buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Lokasi: Jl. Mayor Jendral Sutoyo No.15A, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

2. Ayam Goreng Banjar

Ayam Goreng Banjar

Image Credit: Garnesia.com

Sekilas ayam goreng sama dengan ayam pada umumnya, hanya saja untuk sambal pendampingnya sangat lezat dan bikin nagih. Jika Anda tidak suka ayam maka bisa pesan menu lain seperti tahu, tempe atau lele. Aneka makanan tersebut juga ada di rumah makan ini.

Apabila semua makanan tersebut tersaji bersama sambal yang khas dari rumah makan ini maka dapat dipastikan akan lahap dan terus nambah. Namun bagi Anda yang kurang sambal, bisa coba saja ayam bakarnya. Meski tanpa sambal tetap enak dan lezat. Terletak di Jl. KH. Abdul Hasan No. 54 Pasar Pagi Samarinda. Buka dari jam 13 siang hingga tengah malam. Lokasinya berdekatan dengan rumah makan pondok borneo.

Lokasi: Jl. KH. Abul Hasan No.54, Ps. Pagi, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

3. Alaya Food Festival

Alaya Food Festival

Image Credit: Alaya.co.id

Wisata kuliner yang satu ini akan sangat memanjakan lidah Anda. Pasalnya, ada beragam menu yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari kudapan hingga makan berat ala Samarinda semua ada di sini. Alaya food festival memang sengaja dibuka untuk umum agar semua orang bisa mencicipi aneka menu berbeda setiap hari. Mulai dari olahan ikan, ayam, tahu atau tempe. Semua masakan tersebut tersaji dalam kuliner khas Kalimantan Timur.

Ada juga beberapa kudapan seperti pempek atau tahu gejrot. Ada juga ragam es dan minuman segar. Pada malam hari, banyak juga yang pesan es karena cuaca di Samarinda cukup panas dan berkeringat. Terletak di Sungai Pinang Samarinda. Buka dari jam 5 sore hingga tengah malam. Cocok dijadikan tempat nongkrong sejenak selama perjalanan.

BACA JUGA:  Kebun Raya Balikpapan, Wisata Edukasi Terbaik di Kalimantan

Lokasi: Komplek Perum Alaya, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

4. Coto Makassar Merannu

Coto Makassar Merannu

Image Credit: Garnesia.com

Samarinda juga ada coto makassar yang dikenal sangat lezat dan enak. Terutama coto makassar merannu ini. Terbuat dari daging sapi pilihan yang diolah dengan bumbu komplit sehingga terasa mantap dan nikmat.

Coto makassar ini berbeda dari coto pada umumnya karena kuahnya gurih dan kental. Rasa gurih berasal dari kaldu sapi sehingga bukan hanya micin saja yang terasa. Inilah yang membuat coto makassar meranu menjadi terkenal. Kuah dan bumbu rempahnya sangat enak dan lezat.

Lokasi: Jl. Donald Isaac Panjaitan No. 17, RT. 17, Mugirejo, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

5. Rumah Makan Bemo

Rumah Makan Bemo

Image Credit: Travelingyuk.com

Berikutnya ada rumah makan bemo yang unik dan menarik. Nama rumah makan ini memang mengundang daya tarik tersendiri. Tidak hanya nama saja namun juga beragam menu yang ada di rumah makan ini enak dan lezat. Terkenal dengan sajian masakan asia yang dibandrol dengan harga cukup terjangkau.

Sebenarnya menu yang disajikan hanyalah menu rumahan ala orang asia namun rasa dan bumbunya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Terletak di Jl. Gunung Arjuna No. 1A-B, Samarinda Ulu. Buka dari jam 10 pagi hingga jam 11 malam.

Lokasi: Jl. Gunung Arjuna No. 1A-B, Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

6. Hary Crab Samarinda

Hary Crab Samarinda

Image Credit: 2Pos.asia

Kota Samarinda memang terkenal akan hasil laut yang sangat banyak dan melimpah. Tidak heran jika olahan kepiting yang satu ini juga menjadi ciri khas yang ada di Samarinda. Harry crab adalah salah satu rumah makan yang menyediakan olahan kepiting dengan sangat enak dan lezat. Kepiting ini dibuat dengan bumbu pilihan sehingga rasanya sangat pas dan lezat.

Meski namanya harry crab namun menu yang tersaji tidak hanya kepiting saja, masih ada menu lain seperti ikan atau kerang yang tak kalah lezat. Terletak di Jl. Kulintang No. 14, Dadi Mulya, Samarinda Ulu. Buka dari jam 5 sore hingga jam 10 malam.

Lokasi: Jl. Kulintang No.41, Dadi Mulya, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

7. Depot Suki Kita

Depot Suki Kita

Image Credit: Garnesia.com

Tidak hanya masakan ala nusantara saja yang ada di Samarinda, namun juga masakan ala Jepang dapat tersaji dengan enak dan lezat. Contohnya depot suki kita ini menjadi salah satu masakan Jepang yang tidak diragukan lagi. Meski letaknya berada di Samarinda namun rasa dan olahannya sangat khas dengan rasa Jepang.

Bagi Anda yang suka dengan olahan Jepang silakan saja datang ke depot suki kita ini. Dijamin Anda akan terus ketagihan dan ingin datang lagi. Buka dari pukul 10 pagi hingga pukul 11 malam.

BACA JUGA:  Bontang Kuala, Wisata Maritim Unik Andalan Bontang

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.23, Temindung Permai, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

8. Raja Kepala Ikan

Raja Kepala Ikan

Image Credit: Garnesia.com

Salah satu rumah makan yang cukup terkenal yakni adanya raja kepala ikan. Rumah makan ini menyajikan beragam kepala ikan dengan bumbu dan rempah khusus sehingga cocok untuk semua lidah. Baik itu lidah penduduk lokal maupun lidah pendatang. Olahan yang memiliki rasa khas masakan Indonesia ini mampu menghipnotis semua penikmat sehingga akan terus datang jika ke Samarinda. Buka pukul 8 pagi hingga pukul 11 malam.

Lokasi: Jl. Awang Long, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

9. Rumah Makan Buaya

Rumah Makan Buaya

Image Credit: Wisatadestinasi.com

Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyajikan aneka olahan dari daging buaya. Jika Anda merasa tertantang dengan kuliner ekstrem yang satu ini silakan saja coba datang dan pilih aneka menu yang ada. Banyak orang yang suka dengan daging buaya ini karena rasanya yang kenyal dan penuh. Daging buaya mirip dengan daging sapi, hanya saja tekstur dan bentuknya agak berbeda. Buka dari jam 5 sore hingga jam 11 malam.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Bandara, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

10. Sup Ikan Akmal

Sup Ikan Akmal

Image Credit: Phinemo.com

Rumah makan ini menyajikan beragam menu olahan ikan yang dibuat sup. Ada beberapa ikan yang bisa Anda pilih sesuai selera. Tidak hanya sup saja, namun juga olahan ikan bakar menjadi menu andalan lainnya yang tak kalah enak.

Sup ikan Akmal ini sangat populer dan laris manis, jadi jangan heran jika belum jam tutup sudah kehabisan. Pastikan Anda kebagian sup ikan agar tidak penasaran dengan rasa dan khas makanannya ya. Bisanya, penduduk lokal sudah sangat mengenal rumah makan ini dengan sangat baik.

Lokasi: Jl. A. Wahab Syahranie No.48, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

11. Gado-Gado Kemuning

Gado-Gado Kemuning

Image Credit: Kulinerwicida.blogspot.com

Makanan yang satu ini memang mirip dengan gado-gado pada umumnya. Hanya saja, bumbu kacang yang tersaji sangat enak dan gurih sehingga banyak orang yang rela antri lama demi mendapatkan makanan yang satu ini. Konon katanya, bumbu kacang ini terbuat dari sisa kacang mede sehingga rasanya sangat enak dan lezat. Ada juga yang cerita bahwa ada campuran kacang mede dan kacang tanah berkualitas sehingga rasanya bisa lezat dan bikin nagih.

Entah mana yang benar pastikan Anda cicipi terlebih dahulu agar bisa menilai. Namun Anda hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp. 12. 000,- saja untuk mendapatkan satu porsi. Jadi, benarkah bumbu kacangnya berasal dari kacang mede? Silakan datang ke Jl. Kemuning untuk mendapatkan makanan lezat ini.

Lokasi: Jl. Kemuning, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

BACA JUGA:  21 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Rumah Makan Acil Inun

Rumah Makan Acil Inun

Image Credit: Twitter.com @Arieparikesit

Menu yang paling populer di rumah makan ini ialah nasi beekepor. Olahan yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan ikan asin dan aneka rempah pilihan. Tidak heran jika rasa dan aromanya sangat menggoda. Biasanya nasi ini berdampingan dengan sayur gangan asam kukar dan sambal. Sayur gangan ini terbuat dari ubi dan ikan khas kalimantan timur. Tidak pas rasanya jika belum menyantap sajian khas yang satu ini.

Lokasi: Jl. Kadrie Oening No.100, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

13. Kedai Sabindo

Kedai Sabindo

Image Credit: 2Pos.asia

Rumah makan ini memiliki nama asli Sabah Indonesia, hanya saja penduduk sekitar lebih mudah menyebut dengan kedai Sabindo. Kedai ini menyedia menu ala Malaysia, yakni ada nasi goreng pattaya, roti canai dan roti tisu. Aneka menu tersebut sangat cocok dengan lidah Samarinda. Jadi tidak heran jika kedai ini sangat terkenal.

Orang Samarinda memang cocok dengan lidah Malaysia karena masih berdekatan. Orang Malaysia juga banyak yang datang ke Samarinda untuk berlibur atau bertemu saudara. Kedai ini sangat legendaris sehingga  menjadi incaran para pelancong. Terletak di Simpang Darmo Permai Utara No. 5 Samarinda. Buka dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Lokasi: Jl. Letnan Jend. Suprapto No.5D, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

14. Depot Anggrek

Depot Anggrek

Image Credit: Garnesia.com

Menu lain yang tak kalah dengan sup ikan yakni sup buntut. Di depot Anggrek ini tidak hanya ada menu sup buntut yang menjadi andalan namun juga ada aneka pempek dan minuman segar. Sup buntut di sini sangat lezat dan gurih. Kuahnya yang bening membuat orang suka melihat, dan ketika sendok masuk ke mulut ada rasa kental yang tidak begitu eneg.

Siapa saja yang suka dengan olahan daging pasti akan suka juga dengan sup buntut satu ini. Tidak hanya sup buntut saja yang ada di rumah makan ini, namun juga ada hidangan lain seperti sup ikan, ayam atau lele goreng. Buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, No 22, Karang Mumus, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

15. Soto Banjar Amado

Soto Banjar Amado

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Olahan daging satu ini akan membuat lidah Anda terus bergoyang. Tidak hanya kuahnya yang gurih dan segar, namun juga daging ayam yang lembut membuat soto ini menjadi lebih nikmat. Rumah makan ini tidak hanya menyediakan soto saja, namun juga ada sate dan ayam goreng. Tidak ketinggalan es kopyor yang ada gula arennya, sangat lezat dan nikmat.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.43, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

Itulah 15 wisata kuliner di Samarinda yang lezat dab wajib Anda coba. Kurang lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Samarinda tanpa mencicipi aneka kuliner khas yang ada. Banyak olahan ikan, daging dan sayur yang bisa menambah daya tahan tubuh selama perjalanan. Menyantap aneka menu di Samarinda juga dapat menjadi moment penting yang cukup berharga.