Kalimantan Barat

15 Wisata Kuliner di Pontianak yang Wajib Anda Coba

Bicara soal wisata kuliner di Pontianak pastinya beragam dengan cita rasa terbaik. Hinga sekarang traveller bisa menikmati daftar kuliner terbaik di Pontianak yang tersedia lengkap setiap gerai makan. Namun, traveller pemula mungkin belum tahu apa saja wisata kuliner terbaik paling banyak dikunjungi traveller saat liburan ke Pontianak.

Cita rasa kuliner Pontianak cukup mendunia, hingga akhirnya traveller bisa rasakan seperti apa pengalaman terbaik mencari serta mencicipi beberapa porsi menu kuliner yang kerap kali dimanfaatkan sebagai kunjungan tepat saat momen liburan.

Selain mengunjungi tempat wisata di Pontianak, tentu ada beberapa hidangan kuliner wajib bagi wisatawan yang sekarang benar-benar sering dijadikan tujuan utama. Meskipun jumlah kuliner terbaik dan terpopuler di Pontianak cukup banyak, namun kali ini akan kita ulas dalam 15 rekomendasi wisata kuliner lezat di Pontianak sebagai berikut.

1. Kwetiau Apollo

Kwetiau Apollo

Image Credit: Cakrawalakita.com

Saat Anda jalan-jalan ke Pontianak jangan sampai lupa kunjungi satu kuliner bernama Kwetiau Apollo. Ternyata masyarakat Pontianak mengenal gerai dan menu makanan Kwetiau Apollo sejak tahun 1968. Untuk itu, ada banyak cita rasa bisa dirasakan ketika Anda mencicipi kwetiau apollo tersebut.

Menu andalan kwetiau apollo memiliki ciri khas paduan cuka ikan dan kecap manis serta sambal spesial. Kemudian beberapa menu seperti kwetiau goreng dan kwetiau siram sapi bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau. Tidak hanya menyajikan kwetiau saja, namun hidangan chincese food, dan nasi goreng serta bihun goreng juga tersedia.

Lokasi gerai Kwetiau Apollo berada di Jl, Patimura No 63 Darat Sekip, Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Jam buka mulai pukul 09.00-21.00.

2. Bubur Pedas Pontianak

Bubur Pedas Pontianak

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Bila Anda mencari kudapan ringan dengan citara rasa terbaik di Pontianak cobalah hidangan bubur pedas. Masyarakat Pontianak sudah mengenal bubur pedas sebagai cita rasa khas dengan komposisi bahan terbaik. Meskipun punya arti bubur dengan rasa pedas, tetapi dari sisi rasa tidak terlalu pedas.

Justru kudapan satu ini disajikan dengan paduan menu pendamping mulai dari kacang panjang, jagung merah, cambah, daging ayam, ikan teri, hingga jagung muda. Sedangkan bahan bubur terbuat dari olahan beras sangrai yang dipadukan dengan parutan kelapa tua. Jadi aroma dan rasa bubur pedas Pontianak ini terbilang unik dan hanya ada di Pontianak saja.

Anda bisa kunjung gerai Bubur Pedas Pak Ngah untuk mencicipi hidangan khas Pontianak ini. Lokasi gerai Bubur Pedas Pak Ngah berada di Sungai Jawi Luar, Pontianak. Jam buka mulai pukul 09.00-22.00.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

3. Burung Punai

Burung Punai

Image Credit: Airyrooms.com

Kuliner satu ini terbilang unik karena diolah menggunakan daging burung yang hanya ada di daerah Pontianak. Burung Punai hampir mirip seperti burung merpati, dengan warna bulu hijau dan paruh berwarna merah.

Pengolahan burung punai ini terbilang mudah yakni dengan dibakar ataupun digoreng. Hal menarik membuat cita rasa burung punai ini enak disantap adalah kualitas bumbu rempahnya.

Anda bisa kunjungi gerai Resto Pondok Pengkang yang berlokasi di Jl Raya Peniti, Peniti Luar Siantan Pontianak. Untuk jam buka resto mulai pukul 09.00-23.00.

4. Chai Kue Tian Mei Li

Chai Kue Tian Mei Li

Image Credit: Okezone.com

Dari nama kuliner satu ini cukup susah dilafalkan. Akan tetapi pada aspek rasanya terbilang unik. Chai Kue atau biasa disebut kue tepung beras memiliki cita rasa menarik. Chai Kue dijual di Pontianak dengan beberapa toping mulai dari kucai, bengkoang, kacang, rebung dan talas.

Untuk harga Chai Kue Tian Mei Li juga terjangkau, jadi ramah dikantong Anda. Sedangkan nama gerai yang bisa dikunjungi yakni Chai Kue Tian Mei Li yang berlokasi di Jl. Khatulistiwa, Pontianak. Jam buka gerai dimulai pada pukul 08.00-16.00.

5. Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting

Image Credit: Pegipegi.com

Bagi pecinta kuliner berbahan mie cobalah hidangan bakmi kepiting. Hidangan satu ini menjadi satu menu khas Pontianak dengan harga terjangkau. Beberapa olahan bakmi goreng dengan toping sawi, bakso, dan potongan daging ayam sudah bisa dinikmati di banyak gerai.

Kemudian tesktur mie terlihat kenyal dan berukuran kecil dengan paduan rasa asin dan manis lebih dominnan. Ada banyak restoran menyajikan bakmi kepiting dengan cita rasa berbeda-beda. Jadi Anda dapat kunjungi gerai Bakmie Kepiting Ju Hui berlokasi di Jl. Budi Karya no 7-8 Benua Melayu Darat, Pontianak.

6. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan

Image Credit: Ksmtour.com

Daftar kuliner terpopuler di Pontianak menghadirkan cita rasa menarik salah satunya Lek Tau Suan. Dari hidangan satu ini menghadirkan cita rasa menarik dengan komposisi bubur kacang hijau dengan topping cakue. Hasil perpaduan unik tersebut ternyata memberi minat tinggi di masyarakat. Jadi jajanan satu ini pasti banyak dicari pecinta kuliner saat berkunjung ke Pontianak.

Anda dapat membuat hidangan satu ini sendiri di rumah, atau bisa langsung mengunjungi lokasi gerainya yang ada di sepanjang jalan Gajahmada, Pontianak. Harga Lek Tau Suan ini terbilang murah, jadi Anda wajib mencicipi hidangan unik asal Pontianak ini.

7. Sagu Gunting

Sagu Gunting

Image Credit: Putratravel.net

Hidangan satu ini sangat spesial bahkan menjadi jajanan khas Pontianak yakni Sagu Gunting. Es khas Pontianak ini dibuat dari bahan tepung beras dan tepung kanjing dipotong tipis seperti mie. Kemudian penyajiannya ditambah dengan ketan hitam, bongko, dan mutiara. Sehingga dari rasa es satu ini terbilang unik dan sangat menarik untuk dicoba.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kayong Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Es sagu gunting dikenal sebagai jajanan khas sejak zaman dulu. Jadi penjualnya biasa menjajakn meun hidangan menggunakan gerobak kaki lima. Jadi Anda dapat kunjungi gerai Ceu Hun Tiau Atong berlokasi di sekitar Jalan Waru, Pontianak.

8. Bubur Pesawat

Bubur Pesawat

Image Credit: Jordydhankaa.blogspot.com

Pastinya Anda tertarik dengan hidangan bernama bubur pesawat. Meskipun namanya menarik, tetapi dari sisi rasanya cukup menggoda selera. Beberapa bahan seperti babi kecap, bubur polos, ayam rebus, telur kecap, telur asin, sayur asin, dan masih banyak lainnya.

Untuk Anda yang menghindari makanan Haram bisa memilih bahan kecuali lidah babi ataupun daging babi. Lokasi gerai bubur pesawat berada di Jl. H. Agus Salim No 166, Benua Melayu Darat Pontianak.

9. Kwe Cap dan Kwe Tia Teng

Kwe Cap dan Kwe Tia Teng

Image Credit: Borneofrenzyfood.blogspot.com

Sajian menu khas Pontianak bernama Kwe Cap dan Kwe Tia Teng ini masuk kategori hidangan non Halal. Jadi bagi Anda yang menghindari makanan Haram sebaiknya jangan konsumsi makanan satu ini.

Cita rasa hidangan terdiri dari usus, telur puyuh, tahu, daging, dan kulit babi kemudian disiram kaldu spesial akan menambah citarasa lebih lezat. Harga hidangan satu ini terbilang murah, dan Anda bisa temukan gerainya di Jl. Veteran No 37 Benua Melayu Darat, Pontianak.

10. Es Krim Petrus

Es Krim Petrus

Image Credit: Novry.biz

Menu es krim pasti banyak diminati pecinta kuliner. Menariknya lagi Kota Pontianak memiliki menu es krim petrus dengan penyajian di dalam batok kelapa. Es krim petrus ini memiliki cita rasa lebih lembut, kemudian rasanya dapat menghilangkan gerah setelah jalan-jalan.

Beberapa komposisi di es krim petrus terdiri dari kacang merah, cincau, mutiara, dan rumput laut. Harga satu porsi es krim petrus sangat terjangkau, kemudian Anda bisa kunjungi gerai Es Krim Angi berada di Jl. Karel Satsuit Tubun No 8 Akcaya, Pontianak Selatan.

11. Seafood dan Sweke

Seafood dan Sweke

Image Credit: Rri.co.id

Mencari hidangan unik sekaligus beri rasa lezat di Pontianak tidaklah sulit. Ada menu hidangan terbiak di Rumah Makan Borneo Pontianak yakni sweke dan hidangan seafood. Bagi pecinta seafood cobalah mampir ke gerai RM Borneo yang lokasinya di Jl. Dr, Setia Budi No 4, Benua Melayu Darat, Pontianak.

BACA JUGA:  Menikmati Lautan Awan di Bukit Penjamur Bengkayang

Susana nyaman dan pelayanan lebih cepat hingga pengolahan makanan lebih berkualitas membuat RM Borneo ini dikenal masyarakat Pontianak sampai luar daerah.

12. Sapo Tahu Seafood

Sapo Tahu Seafood

Image Credit: Sksk.info

Hidangan sapo tahu seafood menjadi pilihan tepat saat Anda berkunjung ke Pontianak. Hidangan ini banyak dipilih pecinta kuliner karena mudah ditemukan di Pontianak. Sedangkan rasanya juga sangat menarik untuk memanjakan lidah Anda.

Anda dapat menjumpai hidangan sapo tahu seafood di gerai Restoran Gajah Mada berlokasi di Jl. Gajah Mada No 202 Benua Melayu Darat, Pontianak. Untuk jam buka pukul 10.00-21.00.

13. Nasi Ayam Afu

Nasi Ayam Afu

Image Credit: Wisatakulinerpontianak.wordpress.com

Cukup banyak pecinta kuliner mencicipi hidangan khas Pontianak salah satunya nasi ayam afu. Namun, hidangan ini tidak halal karena terdapat toping daging babi panggang, dan babi manis.

Namun Anda tak perlu kecewa, sebab hidangan ini bisa disajikan tanpa toping daging babi. Cukup dengan nasi campur daging ayam dan telur kecap saja sudah mewakili cita rasa nasi ayam afu. Hidangan ini biasanya disajikan bersama saus tauco yang membuat rasanya semakin nikmat. Kunjungi gerai Nasi Ayam Afu berlokasi di Jl. Gajah Mada No 46, Benua Melayu Darat. Jam operasional gerai pada pukul 07.00-20.30.

14. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Image Credit: Netralnews.com

Bila ingin mencicipi hidangan sederhana namun memberi cita rasanya menarik cobalah menu soto pangkong. Hidangan sotong pangkong terdiri dari olahan cumi kering dan sambal kacang.

Rasa gurih dari sambal kacang, kemudian empuknya daging cumi kerijng akan membuat lidah Anda bergoyang. Sedangkan untuk harga sotong pengkong tidaklah mahal, jadi saat Anda liburan ke Pontianak jangan lupa cicipi hidangan satu ini sebagai menu utama.

15. Kopi Sepok

Kopi Sepok

Image Credit: Omiyago.com

Penikmat kopi di seluruh Indonesia pastinya mengenal dengan daftar jenis biji kopi terpopuler. Kini di Pontianak tersedia kopi khas Pontianak dengan aroma khas dan rasa terbaik.

Menariknya lagi pecinta kopi nusantara bisa langsung membeli kemasan biji kopi yang pengolahannya dilakukan secara modern. Cara pengolahan tradisional dan alami menghasilkan cita rasa kopi terbiak asal Pontianak. Anda bisa temukan Sepok Kopi yang ada di berbagai gerai makan. Sedangkan harganya pun tergolong masih terjangkau, sehingga layak jadi pilihan tepat saat liburan ke Pontianak.

Deretan daftar hidangan makanan khas di Kota Pontianak pasti punya cita rasa berbeda-beda. Maka dari itu Anda pun bisa mencicipi satu per satu hidangan terbaik yang kemudian bisa menambah pengalaman dan sensasi liburan Anda di Pontianak. Jangan lupa untuk terus jelajahi beragam hidangan kuliner lain dan beberapa tempat kuliner terpopuler di Pontianak sampai akhirnya bisa menikmati sajian khas dan unik di Pontianak.