Kalimantan Tengah

10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Palangkaraya merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini tidak hanya menyuguhkan beragam pemandangan yang indah namun juga sejarah dan peradaban yang indah. Dari masa ke masa kota ini selalu menyajikan menu yang akan membuat orang lapar sekaligus rindu. Tiap sudut kota juga menyisakan tangis dan tawa bagi tiap orang yang mengenangnya. Sungguh, kota yang indah dan permai.

Datang dan berkunjung ke Palangkaraya kurang ajib rasanya jika tidak mencicip hidangan khas yang bisa membuat lidah bergoyang. Kota ini tidak hanya terkenal akan hasil ikan saja, namun juga ada beragam olahan unik yang tidak ada di kota lain. Kurang asik rasanya jika belum mencoba hidangan yang ada di kota ini. Berikut ini ada 10 wisata kuliner di Palangkaraya yang wajib Anda coba.

1. Kalumpe

Kalumpe

Image Credit: Reservasiku.com

Menu yang satu ini adalah sebuah sayur singkong dengan kuah santan kental. Jika biasanya, daun singkong itu direbus kemudian diiris, namun dengan masakan yang satu ini justru ditumbuk. Setelah ditumbuk, daun singkong yang sudah direbus itu disiram dengan kuah santan panas. Kemudian diberi taburan ikan goreng, kacang, dan bawang goreng. Bumbu kuah santan terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai dan kayu manis. Tidak heran jika warnanya yang kuning begitu sangat menggoda.

Orang Palangkaraya biasa menyebut menu ini sebagai karuang. Nama kalumpe atau karuang itu sama saja karena keduanya memiliki rasa yang sama. Menu yang satu ini cocok dengan sambal merah dan nasi putih hangat. Jangan lupa minum es teh atau es jeruk sebagai pelengkapnya. Karena kalumpe ini akan membuat Anda merasa ketagihan dan ingin nambah terus.

2. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang

Image Credit: Masakantradisional.com

Nama ini diambil dari bahasa Dayak yang berarti telur kelelawar. Meski namanya cukup ekstrim, namun makanan ini terbuat dari bahan aman dan halal. Bentuknya mirip dengan biji salak yang terbuat dari singkong. Hanya saja untuk hintalu karuang ini bulatannya terbuat dari ketan. Kemudian kuahnya terbuat dari gula aren dan santan. Jika biji salak biasanya, kuahnya berupa bubur encer yang terbuat dari kanji. Rasa yang ada dalam menu ini manis, legit dan kenyal. Anda pasti penasaran dengan kudapan lezat yang satu ini.

Apabila udara dingin dan sejuk, menu ini cocok sebagai pelengkap. Terutama ketika turun hujan saat sore hari. Tentu akan menjadi hidangan hangat yang bisa membuat suasana lebih romantis. Biasanya, menu ini terdapat di pasar tradisional atau di warung khusus.

BACA JUGA:  7 Rumah Adat Khas Kalimantan Tengah

3. Lontong Banjar

Lontong Banjar

Image Credit: Pesona.travel

Rumah makan yang menyediakan lontong sangat banyak sekali. Namun yang memberikan cita rasa khusus yang hanya ada di Palangkaraya ini. Rumah makan Venny merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan menu lontong banjar dengan sangat lezat sekali. Tidak hanya pulen dan gurih, namun lontongnya juga tidak begitu lengket sehingga saat mengunyah bisa pas dilidah.

Biasanya, lontong ini diberi kuah santan dengan tambahan telur pedas dan ayam lembek. Sayur pelengkap bisa pilih mulai dari sayur nangka hingga sayur asem semua ada. Tidak hanya lontong banjar saja yang nikmat di rumah makan ini. Masih ada roti jadul, nasi kuning dan bubur mutiara. Lengkap dan komplit deh. Silakan saja datang ke Jl. Dharmo Sugondo No. 77 untuk bisa membuktikan rasa dan pesonanya.

4. Guang Wei

Guang Wei

Image Credit: Mytrip.co.id

Berikutnya ada rumah makan guang wei yang menyediakan menu China non halal. Aneka menu yang ada di sini sangat enak dan beragam. Mulai dari menu rica-rica anjing, bakpao babi, dan iga babi. Perpaduan bumbu dan pengolahannya sangat bagus dan baik sehingga daging tidak bau atau keras. Jika biasanya daging anjing itu keras dan kaku, maka di rumah makan bisa empuk dan lembut. Mirip seperti daging babi yang olahannya pas.

Meski olahannya berupa makanan China namun ada juga aroma Kalimantan. Banyak sayur asli Nusantara seperti karuang, sayur asem dan oseng. Perpaduan antara China dan Kalimantan membuat rumah makan guang wei cukup menjadi incaran para turis asing. Terutama bagi mereka yang suka konsumsi daging non halal.

5. Rumah Makan Al-Mukminun

Rumah Makan Al-Mukminun

Image Credit: Traveloka.com

Sesuai dengan namanya tentu rumah makan ini menyajikan aneka sajian halal dan lezat. Ada banyak masakan ikan sungai yang enak. Mulai dari ikan patin, ikan bawung dan ikan lais. Aneka menu yang jadi andalan antara lain ikan bakar, sop gangan asem, nasi banjar dan sambalnya yang menggila. Jika Anda tidak suka dengan pedas sebaiknya jangan tambahkan sambal yang ada di sini karena akan membuat lidah Anda terbakar.

Sajian lezat yang ada di rumah makan sebenarnya tidak jauh berbeda dari menu lain. Hanya saja tempatnya yang luas dan harganya yang murah membuat warung ini selalu ramai. Hampir tiap hari tidak pernah sepi pembeli. Selalu saja ada yang datang dan ramai. Biasa buka dari jam 10 pagi hingga malam. Dan tidak pernah sepi pembeli.

6. Rumah Makan Bang Jali

Rumah Makan Bang Jali

Image Credit: Foursquare.com

Apabila dilihat dari namanya, mirip dengan nama Betawi. Namun rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1980 loh. Awalnya, rumah makan hanyalah sebuah warung kecil. Kemudian selama puluhan tahun berkembang menjadi rumah makan yang enak nan legendaris. Menu yang tersaji di rumah makan ini aneka olahan daging kambing mulai dari gulai, sate dan sup. Untuk gulai kuahnya kental dan gurih. Isiannya biasanya daging, jeroan dan kikil. Jika Anda hanya suka dengan daging maka bisa request isian dengan harga yang menyesuaikan. Yang paling enak dalah sate kambingnya karena menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pulang Pisau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rumah makan ini sangat laris dan populer, banyak hidangan cemilan renyah yang tak kalah dengan menu utama. Ada emping dan keripik pedas manis sebagai pelengkapnya. Ada juga kerupuk bangka yang menjadi kesukaan banyak orang.

7. Mie Totti

Mie Totti

Image Credit: Tribunnews.com

Berikutnya ada aneka olahan babi yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Rumah makan ini menyediakan mie yang dagingnya terbuat dari daging babi. Ada juga bakso babi yang sangat enak dan lezat. Pemilik rumah makan ini adalah orang China yang sudah menyajikan ragam masakan enak sejak dulu. Tidak heran jika makanan ini menjadi incaran para turis asing yang suka dengan mie China.

Meski nama warungnya mie totti namun ada juga sajian nasi putih plus masakan China yang menggoda. Ada sup ayam, aneka tumisan dan nasi putih. Nasi yang ada di sini agak berbeda karena putih dan pulen. Anda pasti akan ketagihan melahap nasi yang enak dan lezat ini. Desain rumah makan ini mirip dengan desain rumah makan China pada umumnya. Apabila siang hari agak panas dan pengap karena hanya menggunakan kipas angin saja.

8. Soto Banjar H. Hasan

Soto Banjar H. Hasan

Image Credit: Wikipedia.org

Menu soto yang satu ini menjadi andalan penduduk Palangkaraya. Selain kuahnya yang kental dan banyak rempah, irisan dagingnya juga pas dan tidak alot. Selain soto, ada juga sup banjar yang tak kalah dengan rasa soto ini. Hanya saja untuk sup banjar ini kua agak bening dan gurih. Isian hampir sama karena antara sup dan soto hanya beda kuah saja. Biasanya akan ada 2 pilihan daging. Anda bisa pilih isian daging ayam atau daging sapi sesuai selera. Kedua dagingnya sama enak dan sama lezat, bedanya hanya pada selera saja.

Untuk daging sapi ada tambahan irisan tetelan yang sangat enak dan lezat. Sedangkan untuk daging ayam ada tambahan kulit ayam yang legendaris. Apabila berpadu dengan nasi atau lontong tentu sangat nikmat. Oh iya, biasanya soto banjar itu menggunakan lontong sebagai pengganti nasi. Namun di warung ini Anda bisa pilih juga mau yang mana. Hmm, lengkap bukan? Tunggu apalagi? Keburu laper loh.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

9. Kampung Lauk Restoran

Kampung Lauk Restoran

Image Credit: Tipadvisor.co.id

Rumah makan ini menyediakan aneka menu lauk yang sangat beragam. Sesuai dengan namanya, menu lauk yang ada antara lain aneka ikan, ayam, daging, tahu, tempe dan telur. Hampir semua lauk ada plus dengan olahan yang berbeda. Anda bisa pilih sesuai dengan kantong atau selera. Adapun sayur dan pelengkapnya tentu saja sambal khas Palangkaraya.

Selain tempatnya yang nyaman, harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat. Anda tidak perlu keluar uang banyak untuk 10 orang sekalipun. Jika ingin datang silakan saja kapan saja karena buka setiap dari dari jam 10 hingga malam. Terletak di Jl. Bukit Rawi No. 2 Palngakaraya. Apabila menu andalan sudah habis biasanya ada menu tambahan sebagai penunda lapar. Anda tinggal menunggu beberapa menit maka makanan hangat siap tersaji dengan nikmat.

10. Warung Garasi Mbok Ndeso

Warung Garasi Mbok Ndeso

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Sesuai dengan namanya, menu yang ada di rumah makan ini juga sangat ndeso. Artinya, banyak olahan tahu dan tempe yang khas dengan santan. Sekilas menu yang ada di rumah makan ini memang mirip dengan menu ala orang Jawa. Sayur dan lauknya juga mirip, hanya saja ada rasa Palangkaraya dan sambal utama. Tidak hanya menu berat saja, masih ada lutisan dan rujak sehat yang akan membuat tubuh menjadi segar kembali.

Hidangan yang ada di tempat ini antara lain ayam geprek, jangan ndeso, aneka olahan ikan, nasi goreng, pecel dan gado-gado. Apabila ingin membawa bekal atau buah tangan Anda bisa memilih ragam sajian roti dan cemilan khas Palangkaraya. Untuk minumannya ada ragam minuman dingin dan es kelapa muda. Sangat enak dan komplit. Rumah makan ini cukup populer dan legendaris. Pantas saja jika setiap hari tidak pernah sepi pembeli. Biasanya warung sudah buka mulai 10 pagi hingga habis. Lokasinya terletak di Jl. Letkol Seth Adji No. 20 Panarung, Pahandut.

Itulah 10 rekomendasi wisata kuliner di Palangkaraya yang lezat dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Apabila Anda pergi ke suatu daerah hendaknya menyisihkan waktu sebentar guna mencicipi dan merasakan budaya yang ada di kota ini. Banyak hal yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tidak hanya masakan saja, namun juga beragam kehangatan dari ruangan tersebut akan menyimpan beragam memori yang sangat indah. Anda dan orang tersayang akan bernostalgia jika datang lagi ke lokasi tersebut bersama. Bukankah sangat indah dan sederhana? Yuk segera berpetualang kuliner bersama orang tercinta.