Kalimantan Selatan

10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Wajib Anda Coba

Jalan-jalan ke luar kota bahkan luar pulau pastinya menjelajahi beragam produk kuliner khas. Ketika Anda mencoba berkunjung ke Banjarmasin, sebaiknya cermati daftar kuliner terbaik dan menjadi ciri khas kuliner paling banyak dicari. Tak heran bila daftar wisata kuliner di Banjarmasin terbilang banyak, bahkan Anda sendiri saat ini sudah lebih mudah dalam mencermati dan memilih salah satu daftar pilihan terbaik dan paling menarik untuk disantap.

Daftar wisata kuliner di Banjarmasin terus bertambah. Bisa dipastikan saat Anda berkuniung ke kota ini akan ada banyak destinasi kuliner yang enak dan siap menggoyang lidah Anda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan daftar wisata kuliner enak di Kota Banjarmasin yang bias memberi pengalaman terbaik bagi traveller.

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Image Credit: Wikipedia.org

Kuliner populer sekaligus menjadi ciri khas Banjarmasin yakni Soto Banjar banyak dipilih sebagai modal utama berwisata kuliner bagi traveller. Soto Banjar dikenal memiliki kuah kaya bumbu rempah. Sehingga dari rasanya sangat khas, hingga memberikan pengalaman terbaik saat liburan ke Banjarmasin.

Beberapa komposisi Soto Banjar terdiri dari suwiran daging ayam dan lontong disiram kuah soto khas Banjarmasin beri cita rasa menarik. Bahkan ada anggapan di masyarakat Banjarmasin bahwa menu Soto Banjar ini menjadi hidangan yang sudah alam menjadi makanan khas. Sehingga mencicipi kuliner Soto Banjar ini selalu beri banyak manfaat.

2. Bubur Baayak

Bubur Baayak

Image Credit: Cookpad.com

Berikutnya menu khas Banjarmasin bubur baayak telah menjadi pilihan tepat bagi traveller. Pecinta kuliner nusantara bisa dipastikan memiliki kesempatan mencicipi cita rasa bubur bayaak. Sedangkan proses pembuatan bubur bayaak ini terbilang mudah, ditambah lagi tampilan dan cita rasa manisnya selalu membuat pecinta kuliner ingin mencicipinya kembali.

Hidangan bubur khas Banjarmasin ini terdiri dari tepung beras, gandum, dan campuran air gula jawa. Tekstur bubur bayaak memiliki butiran tepung, kemudian dari cara mengolahnya dilakukan dengan cara sederhana.

Anda dapat menemukan gerai penjual bubur baayak di Banjarmasin dengan sangat mudah. Sehingga tak heran bila masyarakat Banjarmasin gemar menyantap hidangan bubur bayaak ini sebagai kudapan utama di pagi hari ataupun pada sore hari.

3. Cacapan Asam

Cacapan Asam

Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda memiliki kegemaran menyantap kuliner dengan rasa asam, manis, pedas, dan gurih cobalah santap menu cacapan asam. Masyarakat Banjarmasin telah memberi hidangan terbaik dengan nama cacapan asam dengan komposisi beragam. Menu hidangan satu ini diolah dengan bahan buah-buahan kemudian prosesnya dicincang dan dicampur menggunakan asam jawa, cabai rawit, bawang merah, dan garam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Hulu Sungai Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada juga pengolahan cacapan asam menggunakan terasi bakar sehingga dari komposisi terbaik bisa dirasakan lebih lengkap. Rata-rata cacapan asam bisa disajikan sebagai menu pendamping kuliner yang prosesnya dibakar, digoreng, hingga direbus ataupun dalam wujud asinan. Harga cacapan asam terbilang murah, bahkan Anda bisa menemukannya di banyak gerai makan di Kota Banjarmasin.

4. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Image Credit: Kumparan.com

Baru-baru ini pecinta kuliner tertarik dengan hidangan terbaik dari Banjarmasin yakni ketupat kandangan. Menu kuliner khas Banjarmasin ini berbeda dari menu ketupat lainnya, karena bahan yang digunakan menggunakan bahan olahan ikan gabus, kemudian ditambah santan berwarna kuning.

Kenu ketupat terkadang diolah bersama dengan kuah santan kental, tetapi pada ketupat kandangan justru terlihat tidak cukup kental. Sehingga untuk proses menyantap hidangan kuliner satu ini benar-benar sanggup memberi cita rasa berbeda dari menu ketupat lainnya.

Bumbu yang dimasukkan ke dalam menu ketupat kandangan cukup banyak mulai dari cengkih, kayu manis, dan kapulaga. Rasa gurih dari ketupat kandangan sangat cocok disantap untuk hidangan sarapan ataupun pada menu makan siang.

Untuk satu porsi ketupat kandangan tidaklah mahal, namun Anda harus pandai memilih gerai makan bermenu ketupat kandangan yang memiliki cita rasa terbaik.

5. Sate Tulang

Sate Tulang

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Pecinta makanan olahan bakar dan panggang bisa cicipi menu sate tulang khas Banjarmasin. Menu sate tulang ini memang jadi plihan tepat karena kualitas rasa sate tulang berbeda dari menu sate lainnya. Biasanya pengolahan sate tulang ini tidak sepenuhnya dari bahan tulang, akan tetapi ada beberapa kombinasi bahan sate terbuat dari kulit ayam, lemak ayam dan kemudian digiling.

Beberapa bahan tambahan juga tersedia untuk olahan sate tulang yakni leher ayam untuk menambah cita rasa dari sate tulang ini. Sedangkan untuk bumbu yang dipakai adalah jenis bumbu habang yang mana cita rasanya cenderung memiliki rasa manis dan pedas. Rata-rata untuk menyantap sate tulang selalu dibarengi dengan menu Soto Banjar.

Banyak gerai sate tulang tersedia di Kota Banjarmasin, kemudian untuk harganya juga tidak terlalu mahal, sehingga sangat mudah disantap sebagai menu kuliner utama Anda bersama keluarga saat liburan ke Banjarmasin.

6. Lontong Orari

Lontong Orari

Image Credit: Rizkyashya.com

Kekayaan kuliner khas Banjarmasin juga bisa terlihat pada menu Lontong Orani. Masyarakat Banjarmasin sudah mengolah hidangan satu ini sejak puluhan tahun lalu. Tak heran bila lontong orani menjadi hidangan wajib bagi traveller saat liburan ke Banjarmasin. Pengolahan lontong orani ini tidaklah sulit. Namun dari bentuknya memang cukup unik hingga menarik minat pecinta kuliner.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kuliner khas Banjarmasin ini banyak disajikan dengan kompoisis irisan buncis, labu, beserta ikan gabus hingga telur dan daging ayam. Secara khusus lontong orani ini memiliki keunggulan pada bumbu merah. Menu masakan dengan bumbu merah memang sering dijumpai di Banjarmasin. Tak heran lontong orani juga diolah menggunakan kuah merah yang rasanya menggugah selera.

Gerai ataupun restoran dengan sajian lontong orani cukup banyak jumlahnya. Sehingga traveller tak kesulitan untuk mencoba hidangan satu ini sebagai satu modal tepat merasakan cita rasa khas kuliner masyarakat Banjarmasin.

7. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut

Image Credit: Ksmtour.com

Daftar kuliner unik dengan rasa menarik di Banjarmasin sangat beragam. Hidangan nasi itik gambut dikenal sebagai hidangan khas dengan kualitas bumbu terbaik. Pengolahan nasi itik gambut sangatlah detail, terutama dalam memasak daging itik hingga teksturnya sangat lembut dan empuk.

Tidak mudah mengolah makanan nasi itik gambut ini. Sehingga dari karakteristik hidangan satu ini masih dominan pada sisi kualitas daging dan bumbu rempahnya. Memang ciri khas nasi itik gambut ini bukan hanya kualitas tekstur daging itiknya. Tetapi pada sisi kualitas bumbu juga lebih berasa.

Sedangkan untuk jenis bumbu yang digunakan mengolah menu nasi itik gambut adalah bumbu balado. Jadi rasa manis juga sangat terasa di hidangan tersebut, ditambah lagi toping sambal terasi yang mana memberi cita rasa lebih lengkap. Untuk harga dari nasi itik gambut ini cukup terjangkau yakni hanya 13 ribu sampai 20 ribu saja.

8. Gangan Humbut

Gangan Humbut

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Mengenal kuliner khas Banjarmasin memang tidaklah mudah karena ada banyak sarana-sarana baru yang nantinya sanggup dicermati dengan modal bahan makanan bernuansa rempah. Gangan humbut ini justru banyak dinikmati traveller sebagai satu hidangan utama ketika ada sebuah acara penting. Tak jarang pengolahan gangan humbut harus detail sebab ada beberapa komposisi salah satunya rebung atau dikenal tunas pohon kelapa.

Mengolah bahan rebung menjadi gangan humbut cukup rumit. Sebab kualitas bumbu rempah yang dimasukkan harus berkualitas terbaik. Sedangkan hidangan tradisional khas Banjarmasin ini dimasak dengan tambahan bumbu merah yang kemudian dicampur kembali dengan santan, kacang panjang, dan labu serta humbut.

BACA JUGA:  Amanah Borneo Park, Destinasi Wisata Edukasi Kekinian di Banjarbaru

Bagi pelancong yang penasaran dengan rasa gangan humbut ini tak perlu khawatir sebab jumlah gerai yang tersedia di tengah kota Banjarmasin jumlahnya cukup banyak. Sedangkan dari aspek harga juga tidak terlalu tinggi, jadi sangat cocok untuk hidangan terbaik selama Anda berlibur ke Banjarmasin.

9. Mie Bancir

Mie Bancir

Image Credit: Lifestyle.okezone.com

Rasanya belum lengkap bila Anda tak menjajal hidangan khas Banjarmasin bernama mie bancir. Sudah dikenal sebagai cita rasa khas masyarakat Banjarmasin. Bumbu rempah mie bancir sangat terasa di lidah, kemudian dari sisi keunikannya pun sangat mudah dirasakan terutama pada rasa gurih dan proses pengolahannya.

Gerai mie bancir berada di Jl. Brigjen H.Hasan Basri Ruko Nomer 7, Kayu Tangi, Banjarmasin. Kemudian dari nama gerainya adalah Mie Bancir Agus Sasirangan. Komposisi mie bancir ini terdiri dari kuah kental kemudian terdapat taburan rempah yang membuat rasanya lebih gurih dan terasa rempahnya.

Banyak kalangan menilai mie bancir ini memiliki rasa gurih, agak manis, segar sebab ada tambahan perasan air limau kuit atau disebut dengan jeruk khas banjar. Kemudian, bagi Anda yang cinta dengan hidangan berasa pedas bisa menambah sambal ataupun diberikan topping ceker dengan lumuran cabai bubuk. Ada level pedas mie bancir bisa Anda pilih, jadi cukup menantang untuk dicoba sebagai hidangan utama saat Anda bermain ke Banjarmasin.

10. Bebongko

Bebongko

Image Credit: Twitter.com @IkaNurliana2

Terdapat satu hidangan lagi bernama bebongko. Meskipun tidak cukup dikenal oleh pecinta kuliner, tetapi bebongko ini justru menjadi makanan khas Propinsi Kalimantan Selatan. Kemudian wujud dari bebongko ini berupa kue basah yang memiliki rasa seperti nasi lemak atau disebut pundut. Perbedaan dari pengolahan bebongko dengan punduk bisa dilihat. Bahkan ada beberapa acara besar yang sengaja menggunakan hidangan bebongko ini sebagai satu modal untuk merasakan cita rasa khas Banjarmasin.

Bebongko diproses dengan dua tahapan yakni pembuatan adonan tepung dan pengukusan. Kemudian dari waktu paling tepat menyantap bebongko adalah saat pagi hari sebagai hidangan sarapan. Anda bisa dapatkan hidangan bebongko ini di gerai-gerai camilan di sekitar kota Banjarmasin. Ditambah lagi dari sisi harga produk camilan khas Kalimantan Selatan ini justru lebih terjangkau dibanding menu lainnya.

Besar kemungkinan daftar wisata kuliner traveller di Banjarmasin masih terus berkembang. Ada sejumlah daftar menu makanan terbaik yang kemudian bisa menjadi pilihan tepat Anda untuk memenuhi rasa lapar ataupun sekedar penasaran ingin mencoba seperti apa cita rasa dari hidangan khas Banjarmasin. Jangan lupa cari hidangan makanan untuk oleh-oleh setelah Anda jalan-jalan di beberapa destinasi wisata Kota Banjarmasin yang tak kalah lezat dengan makanan khasnya.