Kalimantan Timur

10 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Wajib Anda Coba

Para pecinta kuliner nusantara kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi aneka menu lezat yang ada di Balikpapan. Kota ini sarat akan adat dan budaya asli yang sangat beragam. Tidak ketinggalan aneka menu sehat yang terbuat dari hasil laut. Banyak hasil laut yang bisa dijadikan olahan enak dan bergizi. Sebut saja kepiting, cumi atau ikan, semua binatang tersebut akan menjadi enak dan sehat jika dikonsumsi secara benar. Konsumsi yang benar itu tentu saja sesuai kebutuhan tubuh, karena semua yang berlebihan itu tidak sehat.

Kemana pun Anda pergi untuk berlibur kurang pas jika tidak mampir ke warung untuk makan atau sekedar minum teh. Oleh sebab itu, berikut ulasan 10 wisata kuliner di Balikpapan yang wajib Anda coba.

1. Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Image Credit: Tribunnews.com

Balikpapan memiliki segunang makanan enak dan lezat yang bisa Anda cicipi kapan saja. Deretan kaki lima di sekitar kantor pos Klandasan terdapat banyak pedagang makanan yang menjual aneka makanan enak dan lezat. Tidak hanya olahan ikan saja yang dijual, namun juga aneka sayur ala orang Indonesia juga ada. Apalagi jika bukan gado-gado, menu yang satu ini menjadi incaran banyak orang karena memiliki rasa yang enak dan lezat.

Gado-gado juga sering disebut dengan salad saus kacang bagi turis asing. Hal ini karena di atasnya memang ada saus kacang, isinya juga berupa sayuran. Biasanya, menu ini buka dari pagi jam 8 hingga 10 siang atau kadang sampai jam makan siang. Menu yang lain biasanya ada selama 24 jam karena sepanjang hari warung kaki lima terus saja bergantian. Aneka menu yang dihadirkan juga cocok dilidah. Kantor pos ini terletak di Jl. Jendral Sudirman No. 1, Kalndasan Ulu, Balikpapan. Silakan mampir ke kawaasan ini kapan saja Anda lapar karena selalu ada menu makanan enak dan lezat.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Rumah Makan Torani

Rumah Makan Torani

Image Credit: Jumanto.com

Berikutnya ada rumah makan dengan menu seafood yang cukup populer. Selain enak, mnu yang ada di sini juga dikenal dengan harga yang bersahabat. Bagi Anda yang suka dengan seafood terutama dengan kepiting, cocok sekali mampir ke sini. Ada banyak olahan ikan dan masih banyak menu lain yang juga lezat. Konon, kepiting yang ada di rumah makan ini dibuat dengan ragam bumbu pilihan sehingga rasanya sangat pas dan lezat.

Rumah makan cukup luas dan memiliki parkir yang pas sehingga tidak usah takut kehabisan slot. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam. Silakan mampir dan icipi menu yang Anda suka.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.73, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

3. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari

Image Credit: Ksmtour.com

Menu kepiting yang ada di sini bukanlah kepiting yang diolah atau diberi tambahan kacang kenari. Nama rumah makan ini memang cukup unik dan menarik, mungkin kenari itu diambil dari nama pemilik atau lokasi rumah makan ini sebelumnya. Karena sudah terlanjur terkenal maka tetap saja namanya kepiting kenari. Atau bisa saja kenari ini identik dengan rasa dan harga yang enak, sehingga siapa saja yang menyantap akan setuju bahwa biji kenari ini enak dan lezat.

Kepiting kenari ini olahannya bersih dan higienis sehingga tidak akan membuat perut sakit. Per porsi biasanya dibandrol dengan harga Rp.220.000,- Mahal? Tentu saja tidak, karena isinya bisa untuk makan 3 atau 4 orang. Apabila ingin sedikit hemat Anda bisa pesan setengah prosi dengan harga Rp. 130.000,- Masih cukup hemat kan mengingat isinya begitu banyak dan fantastis. Anda pasti puas makan kepiting yang satu ini.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No.4, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

4. Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Olahan soto yang satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Perpaduan bumbu rempah yang pas dan irisan daging yang empuk membuat soto ini sangat laku dan populer. Kuahnya juga begitu segar dan nikmat sehingga Anda tidak perlu lagi mencari minuman segar lain karena di sini juga ada menu es yang sangat enak. Porsinya yang cukup besar membuat Anda pasti puas deh walau hanya semangkuk saja.

Biasanya satu porsi soto seharga Rp. 16.000,- apabila tambah sate atau lauk lainnya tentu saja harga juga menjadi bertambah ya.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 01, RT. 049, Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

5. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat

Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah makan yang satu menawarkan ragam menu yang enak dan lezat. Menu yang paling populer dan banyak digemari ialah mantau dan sapi lada hitam. Mantau ini ialah roti tawar ala orang Balikpapan, biasanya cara maknnya dengan olahan daging sapi. Nah, di rumah makan ini kebetulan olahan daging sapi yang menjadi andalan adalah sapi lada hitam. Jika Anda tidak suka dengan roti maka bisa diganti dengan nasi putih hangat. Sama juga mengenyangkan.

Harga yang tertera dalam menu yang ada di rumah makan ini berkisar dari Rp. 17.000,- per porsi. Untuk ukuran makanan berat yang mengenyangkan, rumah makan ini tergolong murah dan bersahabat. Silakan datang dan jangan lupa ajak teman atau kerabat untuk icip makanan nikmat ini.

BACA JUGA:  Wisata Seru Menjelajah Kampung Atas Air Margasari di Balikpapan

Lokasi: Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

6. Salome Lapangan Merdeka

Salome Lapangan Merdeka

Image Credit: Balikpapan.prokal.co

Jajanan ini sangat khas dengan rasa Balikpapan. Salome adalah bakso tepung yang biasa dijajakan pedagang kaki lima. Mirip dengan cilok atau pentol. Makanan ini tergolong murah dan bisa dijadikan cemilan lezat. Biasanya, salome lengkap dengan bumbu kacang yang nikmat. Jika suka pedas, Anda bisa menambahkan sambal berapa saja pada pesanan. Salome ada yang dikukus dan dogoreng. Nah, tinggal pilih suka yang mana.

Harganya sangat murah karena anak kecil suka jajan ini di mana saja. Anda dapat membeli mulai harga Rp. 5.000,- Biasanya, para pedagang mangkal di pinggir jalan dengan gerobak dorong atau menggunakan motor.

Lokasi: Lapangan Merdeka, Prapatan, Kec.Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Toko Roti Nam Min

Toko Roti Nam Min

Image Credit: Minumkopi.com

Produk lain yang menjadi andalan dari kota ini yakni roti nam min. Roti ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat. Adonananya lembut dan bikin nagih. Bentuknya yang besar dan pulen membuat roti ini tidak pernah sepi pembeli. Apabila datang ke Balikpapan jangan lupa membeli roti ini sebagai buah tangan karena rasanya membuat Anda selalu ingat pada kota ini.

Aneka menu roti yang terjadi ada rasa manis, gurih dan asin. Ada isian daging, selai dan pisang. Anda tinggal pilih suka yang mana sebagai pilihan. Roti yang ada di sini bisa Anda bandingkan dengan roti yang ada di kota lain. Buka dari pagi jam 7 hingga jam 6 sore waktu setempat.

Lokasi: Jl. Adil Makmur No.40, RT.23, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

8. Nasi Kuning Haji Daud

Nasi Kuning Haji Daud

Image Credit: Marketeers.com

Menu nasi kuning yang satu ini berbeda dari nasi kuning yang lain. Nasinya yang lembut dan pulen pas sekali dengan rasa gurih yang muncul dari santan. Konon, haji daud ini dulunya adalah pedagang asing yang menetap di Balikpapan. Karena masakannya yang enak dan lezat maka rumah makan ini sangat laku dan laris. Anek lauk yang ada di sini juga sangat banyak dan beragam. Mulai dari ayam, telur, dan semur daging. Masih ada tambahan sambal dan mie kuning sebagai pelengkap.

Nasi kuning yang ada di rumah makan ini cukup legendaris karena sudah sangat lama ada. Hanya saja, mungkin rasa dan hidangan sudah agak berbeda dari resep terdahulu. Biasanya, resep pertama yang paling enak karena tiap tangan memiliki rasa yang berbeda. Apabila ke Balikapapn maka akan lebih lengkap mampir ke rumah makan ini agar lidah Anda bisa mencicip aneka menu khas yang beragam. Buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 12 siang, jadi silakan saja datang sebelum jam makan siang ya.

BACA JUGA:  Batu Dinding Samboja, Wisata Alam Mirip Tembok Cina

Lokasi: Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

9. Depot Miki

Depot Miki

Image Credit: Tripadvisor.co.nz

Rumah makan ini menyajikan aneka menu rumahan seperti nasi uduk, bubur Manado, nasi tim dan lontong sayur. Aneka menu tersebut sangat enak dan lezat. Bumbu tidak berlebihan sehingga sangat pas dilidah. Namun menu yang menjadi andalan dari rumah makan ini ialah nasi kuningnya yang pulen dan lembut. Biasanya, rumah makan ini juga menyediakan kopi apabila ingin minum kopi sambil nyemil berupa kue khas Balikpapan.

Konon, tempat ini sudah ada sejak lama sehingga banyak orang yang mencari rumah makan ini demi mengingat kenangan yang ada di Balikpapan. Sebuah rumah makan tidak hanya menyediakan makanan agar kenyang, namun banyak juga rumah makan yang menyisakan kenangan tersendiri bagi para penikmatnya. Tempat ini tidak hanya menawarkan menu yang enak dan lezat. Namun juga tempat duduk yang pas dan mantap. Sambil menikmati hidangan, sambil juga menikmati pemandangan yang indah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.93, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

10. Dandito Resto

Dandito Resto

Image Credit: Alinea.id

Berikutnya ada rumah makan seafood yang cukup populer yakni Dandito Resto. Rumah makan ini tidak hanya menyediakan kepiting atau udang saja, namun juga ada olahan ayam, tahu dan tempe. Bagi Anda yang ingin menambah kudapan berupa lauk ringan bisa juga pesan menu tersebut. Namun akan lebih nyaman datang ke resto seafood pesan olahan lautnya. Menu andalan yakni kepiting raja, menu ini sangat enak dan lezat.

Selain kepiting, menu ikan dan cumi yang ada di rumah makan ini juga tidak kalah enak. Olahannya yang dibuat dengan bumbu pas membuat rasa segar dari ikan tersebut tidak hilang. Harga yang tertera mulai dari Rp. 130.000,- bergantung pada menu yang Anda pilih. Namun menu yang ada di sini dalam porsi besar, jadi jangan khawatir kantong kering karena perut akan penuh kenyang.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No.70, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Itulah 10 rekomendasi wisata kuliner di Balikpapan yang wajib Anda coba. Aneka menu tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah suka dengan menu yang vegen, atau menu yang cukup berat dan berlemak. Semua hanya Anda sendiri yang bisa menentukan. Jangan lupa untuk mengajak teman atau kerabat agar acara makan bisa lebih rame dan bergembira. Jika ingin jajan cemilan khas yang murah bisa icip salome, cilok khas orang Balikpapan yang paling populer. Hampir tiap sudut jalan ada pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini dengan murah meriah.