Kalimantan Barat

Wisata Istana Kadriah, Tempat Bersejarah di Pontianak

Lokasi: Gunung Tanjung Raya No.1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.
MapCek Lokasi

Pontianak mempunyai sejumlah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi para pengunjung dari berbagai daerah. Bagi Anda yang berada di Pontianak maka sempatkanlah untuk berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang ada di sana. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah Istana Kadriah Pontianak.

Tidak hanya Istana Kadriah saja sebenarnya, melainkan masih ada banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Istana Kadriah ini sering dikunjungi para pengunjung dari berbagai wilayah ketika memasuki masa liburan.

Jika Anda masih bingung menentukan lokasi tempat berwisata, maka Istana Kadriah ini bisa menjadi lokasi yang tepat untuk Anda gunakan berlibur. Ada banyak hal menarik mengenai Istana Kadriah sendiri. Penasaran dengan berbagai hal unik tersebut? Terus simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Lokasi Istana Kadriah

Lokasi Istana Kadriah

Image Credit: Galaherang.com

Istaba Kadriah ini memang terlihat seperti istana yang cukup besar. Bangunannya yang terlihat sudah sedikit tua menanbah daya tarik pengunjung untuk datang. Pasalnya istana ini memang dibangun sudah sejak lama.

Lokasi istana ini berada di sekitaran masjid jami. Istana ini juga menjadi cikal bakal dari kota Pontianak sendiri. Bangunan ini dibangun sejak tahun 1771. Memiliki bangunan yang cukup luas membuat tampilan dari bangunan ini seperti istana yang cukup besar.

Istana Kadriah ini berada di Kampung Beting, Kelurahan Dalam Bugis, di Kecamatan Pontianak Timur. Letak istana ini tidak jauh dari pusat Kota Pontianak dan bisa dijangkaun dengan mudah melalui jalur sungai maupun darat. Istana Kadriah berada di kiri jalan bersebrangan dengan Masjid Jami’. Disekitar istana juga terdapat pemukiman padat penduduk yang tersebar di dataran Sungai Kapuas.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Dayak yang Wajib Anda Coba

Istana Kadriah ini mempunyai bangunan berukuran 60 x 25 meter. Nama Kadriah sendiri ambil dari sebuah nama Al-Kadrie yang mana bertujuan untuk memuliakan sosok pendirinya. Pada bagian pintu utamanya juga terdapat sebuah hiasan mahkota yang ditambah beberapa ornamen bulan dan bintang yang menjadi tAnda Kesultanan Pontianak yaitu Kesultanan Islam.

Lokasi dari Istanah Kadriah ini sangat mudah untuk diakses siapa saja yang tertarik untuk berkunjung. Berkunjung ke istana ini akan semakin menarik jika Anda mengajak teman maupun saudara Anda untuk mengenal sejarah dari Istana Kadriah sendiri.

Untuk mencapai lokasi Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan. Baik menggunakan roda dua maupun roda empat Anda bisa sampai tujuan dengan cepat. Namun perhatikan keadaan dari kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan jauh.

Hal Menarik Dari Istana Kadriah

Hal Menarik Dari Istana Kadriah

Image Credit: Travsharing.com

Istana Kadriah menjadi wisata religi yang banyak dikunjungi. Bahkan setiap tahunnya jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang cukup tajam. Lalu apa saja hal menarik yang bisa ditemukan di istana Kadriah?

Istana ini termasuk dalam bangunan bersejarah. Bahkan Istana Kadriah ini bisa dijadikan sebagai museum baru di Pontianak. Pasalnya istana ini mempunyai beberapa koleksi yang menarik untuk diketahui para pengunjung. Pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai koleksi yang dimiliki istana ini.

Koleksi yang dimiliki Istana Kadriah ini meliputi foto Sultan Pontianak, adanya lambang kesatuan, lampu gias, keris, adanya kipas angin, meja giok, dan ada juga singgasana sultan dan juga permaisuri. Koleksi yang dimiliki Istana Kadriah ini sangat menarik untuk lihat dan cukup bermakna pula.

Tidak hanya itu saja di bagian sisi istana juga terdapat peninggalan meriam kuno. Kabarnya ada sebanyak 13 meriam kuno yang dibuat oleh Portugis dan Perancis. Jika Anda masuk ke istana lebih dalam maka Anda akan menemukan kaca pecah 1000. Kaca ini dianggap sebagai kaca ajaib karena bisa menampilkan diri kita sebanyak 1000 wajah.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Bukit Rindu Alam di Singkawang

Istana Kadriah ini juga menampilkan Lancang Kuning. Lancang Kuning ini adalah sebuah alat transportasi luat yang terbilang sangat tradisional yang dimiliki oleh Kesultanan Pontianak.

Potensi Kemajuan Istana Kadriah

Potensi Kemajuan Istana Kadriah

Image Credit: Malangraya.wordpress.com

Istana Kadriah merupakan bangunan yang cukup bersejarah di Pontianak. Bahkan bangunan ini selalu dirawat dengan baik agar tetap bisa berdiri. Untuk menjaga bangunan ini agar tetap awet dan dikenal banyak orang, maka bangunan ini terus dikembangkan lebih baik lagi.

Beberapa orang hanya mengenal bahwa Istana Kadriah ini merupakan bangunan kuno. Istana ini mempunyai cerita yang penuh dengan makna yang berhubungan dengan Pontianak. Jika Anda tahu sejarah dari istana ini, maka Anda juga akan menyimpulkan bahwa istana ini sangat bersejarah. Walaupun merupakan bangunan yang kuno, namun tahukah Anda bahwa istana ini juga mempunyai sebuah potensi untuk maju?

Ya, Istana Kadriah ini mempunyai potensi untuk lebih maju dibandingkan dengan sekarang. Kemajuan ini juga diakui oleh pemerintah setempat yang melihat ada potensi luar biasa yang dimiliki oleh istana tersebut. Hal ini mendorong pemerintah setempat untuk ingin memajukan Istana Kadriah. Selain itu adanya jumlah pengunjung yang semakin banyak membuat Istana Kadriah tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kelebihan istana yang mempunyai barang – barang koleksi bersejarah mampu membuat istana ini berpotensi menjadi sebuah museum. Tidak seperti bangunan kuno lainnya yang ada di Pontianak, bahwa Istana Kadriah ini mempunyai banyak barang koleksi yang cukup bersejarah. Sudah banyak pendapat yang ingin merubah istana ini sebagai sebuah museum. Barang – barang yang dimiliki istana ini memang menjadi barang yang sangat bermakna. Tidak heran jika banyak pengunjung yang ingin mengetahui cerita dari istana Kadriah ini.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Harga Tiket Masuk Istana Kadriah

Harga Tiket Masuk Istana Kadriah

Image Credit: Infopromodiskon.com

Istana Kadriah ini sebenarnya sudah berdiri cukup lama. Bahkan sudah banyak yang mengenal istana ini. Namun tidak semua pernah datang ke istana ini. Jika Anda belum pernah datang ke Istana Kadriah maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui hal menarik yang ada di sana yang telah dipaparkan di atas, Anda juga harus tahu mengenai tarif masuk istana tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke istana ini, maka Anda biasa masuk dengan tiket yang sangat murah. Hanya dengan Rp 5 ribu saja Anda sudah bisa memasuki Istana Kadriah ini. Tentu saja tarif tersebut sangat murah dan bisa dijangkau siapa saja.

Baik Anda berkunjung saat hari biasa maupun weekend harga tiket tetep sebesar Rp 5 ribu saja. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu – waktu. Jika Anda ingin mengetahui informasi harga terbaru, Anda bisa menghubungi call center yang sudah disediakan.

Kini Anda bisa menikmati liburan Anda dengan berwisata tarif murah. Selain itu Anda juga bisa menggali informasi lebih dalam terkait dengan sejarah Istana Kadriah dan Pontianak. Dijamin liburan Anda akan lebih menyenangkan.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momentnya menggunakan kamera. Banyak pengunjung yang mengabadikan setiap sisi bangunan Istana Kadriah ini. Anda bisa mengajak teman, sahabat, dan keluarga Anda untuk berkunjung ke Istana Kadriah ini.