Kalimantan Selatan

Mengintip Keindahan Alam Bukit Batas yang Memukau

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio,  Kab. Banjar.
MapCek Lokasi

Bagi anda yang berada di Banjarmasin dan belum sempat mengunjungi Raja Ampat yang berada di Papua, maka anda pun tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan anda bisa terlebih dahulu untuk mengunjungi Bukit Batas yang mirip dengan wisata yang ada di Papua tersebut. Meskipun pemandangannya tak seindah di Raja Ampat, namun gugusan pulau kecil di bukit satu ini akan membuat anda merasa bak di Raja Ampat. Berikut ulasannya untuk anda.

Sekilas Tentang Objek Wisata Bukit Batas

Sekilas Tentang Objek Wisata Bukit Batas

Image Credit: Deaedensor.blogspot.com

Bukit Batas adalah salah satu destinasi wisata yang bisa untuk anda kunjungi ketika sedang berada di Kalimantan Selatan. Terletak di Kabupaten Banjar, tepatnya di Desa Tiwingan, maka anda pun akan bisa untuk merasakan sensasi berlibur di Kalimantan namun rasa Raja Ampat. Bagaimana bisa? Tempat wisata satu ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Sehingga bagi anda yang sempat kesini, maka anda pun akan menantikan kesempatan kedua untuk bisa berkunjung kembali.

Kawasan Bukit Batas ini akan menawarkan keindahan akan pemandangan pulau pulau kecil yang ada pada Waduk Riam Kanan. Dengan panorama yang ditawarkan tersebut, tak heran jika belakangan ini mulai banyak pelancong dan juga backpacker yang mengunjungi tempat satu ini. Untuk itu, tak ada salahnya bagi anda untuk singgah sejenak menikmati keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata satu ini.

Akses yang Ditempuh Untuk Bisa Sampai ke Bukit Batas

Akses yang Ditempuh Untuk Bisa Sampai ke Bukit Batas

Image Credit: Amazingkalsel.blogspot.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi lokasi satu ini, maka anda pun bisa menempuhnya dari Martapura yang memiliki jarak tempuh yakni sekitar 30 kilometer. Selanjutnya, anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu mesin atau yang disebut dengan Klotok. Dimana anda nantinya akan membutuhkan waktu yakni sekitar 30 menit dari  dermaga atau pelabuhan Aranio hingga sampai ke kaki Bukit Batas.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru

Perjalanan selanjutnya dapat anda tempuh dengan menggunakan jalan kaki dari Kaki Bukit Batas hingga mencapai puncaknya. Waktu yang anda perlukan untuk berjalan kaki hingga sampai ke puncak adalah sekitar 60 menit atau satu jam. Untuk anda yang ingin tahu biaya menyewa perahu motor atau klotok tersebut, maka anda pun nantinya akan dikenakan biaya yakni sekitar 400 ribu rupiah. Biaya tersebut juga merupakan  biaya yang dibayarkan berdasarkan kesepakatan dengan pemilik perahu.

Kemudian, dari Pelabuhan Aranio tersebut maka perahu akan membawa anda untuk melintasi danau yang indah ke arah Desa Tiwingan Baru. Setelah itu, ketika anda sampai di pelabuhan Pulau Pinus maka anda pun bisa naik sejenak dan menikmati keindahan pulau pinus. Setelah puas, maka anda pun bisa melanjutkan perjalanan untuk menyeberangi jembatan dan berjalan menuju rumah ketua RT.

Di rumah ketua RT tersebut, anda bisa melapor dan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah. Perjalanan pun berlanjut untuk menuju puncak bukit, dimana hanya sekitar 3 kilometer saja. Namun, jalan yang menanjak tersebut terkadang membuat perjalanan menjadi terasa jauh. Apabila anda tidak kuat, mka anda pun bisa naik ojek untuk ke atas, ataupun bagi anda yang hobi bersepeda, maka anda pun akan bisa membawa sepeda pribadi ke tempat satu ini.

Bagaimana Jika Ingin Menginap di Bukit Batas?

Bagaimana Jika Ingin Menginap di Bukit Batas

Image Credit: Wikipie.co.id

Bagi anda yang ingin berlama lama di bukit satu ini, maka anda pun juga bisa menginap di Bukit Batas. Untuk itu, ketika anda ingin memutuskan untuk bermalam di tempat satu ini maka anda pun bisa berangkat dari siang hari. Hal ini dikarenakan saat akhir pekan, maka anda pun akan menemukan banyak sekali pengunjung yang ingin untuk menghabiskan malam di Bukit Batas ini.

BACA JUGA:  Museum Wasaka, Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan

Tentu saja hal ini karena wisatawan ingin menikmati keindahan dari matahari terbenam dan juga matahari terbit dari puncak bukit yang mempesona ini. Ketika menginap, maka anda pun juga perlu untuk membawa perlengkapan yang anda perlukan untuk menginap. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih nyaman untuk menyaksikan pemandangan yang memukau dari bukit satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Batas

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Batas

Image Credit: Aluhlangkar.blogspot.com

Karena bukit satu ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan, maka fasilitas yang tersedia di tempat ini pun cukup lengkap. Hal ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan bagi para wisatawan untuk berlibur dan menikmati keindan di Bukit Batas ini. Ketika berada disini, maka anda pun tak perlu takut untuk kelaparan. Pasalnya, terdapat rumah makan yang disediakan oleh penduduk sekitar.

Sehingga bagi anda yang tidak sempat membawa makanan berlebih, maka anda pun bisa membelinya di tempat satu ini. Hal ini dikarenakan perjalanan untuk sampai ke puncak bukit cukup menguras tenaga. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika anda telah mengisi perut anda agar kenyang dan tidak keroncongan ketika mendaki ke puncak bukit satu ini.

Tak hanya rumah makan saja, bagi anda yang ingin untuk menginap maka tempat wisata satu ini pun juga menyediakan kawasan untuk berkemah. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi anda yang ingin untuk melihat matahari terbit dengan indah. Puncak dari bukit Batas sendiri merupakan area landai. Sehingga nantinya akan cukup ideal untuk digunakan sebagai berkemah dan menanti matahari terbit.

Selain itu, anda pun tak perlu khawatir akan ketersediaan kamar mandi dan WC. Pasalnya, di tempat ini pun juga tersedia kamar mandi dan juga WC yang bisa anda gunakan. Tentu saja hal ini akan membuat anda lebih nyaman, terutama bagi anda yang menginap. Karena nantinya anda akan bisa mandi dan juga buang air dengan tempat yang tertutup dan nyaman.

BACA JUGA:  23 Minuman & Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba

Di tempat wisata Bukit Batas, anda pun juga bisa mendapatkan fasilitas berupa jasa pemandu. Untuk itu, bila anda tidak yakin untuk melakukan perjalanan sendirian maka anda pun bisa dengan menggunakan jasa satu ini. Hal ini dikarenakan para penduduk dan juga para pengemudi perahu bermotor yang ada di sekitar tempat wisata ini dapat menjadi pemandu untuk anda. Sehingga mereka pun akan mengantarkan anda hingga ke atas bukit.

Namun, bagi anda yang telah memiliki keyakinan untuk berangkat sendiri, maka anda pun tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan di tempat wisata satu ini akan terdapat papan nama dan juga penunjuk arah yang telah dibuat oleh pemerintah dan juga warga sekitar. Sehingga hal tersebut akan membantu anda untuk bisa sampai ke puncak bukit Batas tanpa tersesat. Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk yang tersedia, maka anda pun akan bisa melihat keindahan dari bukit satu ini.

Untuk itu, salah satu alternatif wisata yang bisa anda kunjungi di Kalimantan Selatan adalah bukit satu ini. Sehingga bagi anda yang masih bingung, maka anda pun bisa mengunjungi tempat satu ini bersama keluarga. Pastinya anda pun akan mendapatkan pemandangan  yang sangat menawan dari atas bukit ini. Anda juga perlu untuk memastikan membawa kamera agar bisa mengabadikan keindahan dari Bukit Batas.