Kalimantan Utara

Wana Wisata Persemaian, Berwisata Sembari Belajar Tanaman Lokal Kalimantan

Dikenal dengan sebutan Bumi Paguntaka, Kota Tarakan ini memiliki keanekaragaman budaya dan objek wisata yang beragam seperti di Wana Wisata Persemaian. Destinasi wisata edukasi dan konservasi atau persemaian bagi flora dan fauna yang dilindungi.

Lokasi: Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Kota Tarakan merupakan salah satu kota terbesar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut sebuah data menjelaskan bahwa, Kota Tarakan ini menempati peringkat ke 17 sebagai kota terkaya yang ada di Indonesia. Sebagai kota yang berada di bagian utara Kalimantan, Kota Tarakan ini memiliki berbagai objek wisata menarik yang wajib Anda kunjungi salah satunya Wana Wisata Persemaian. Berikut akan diulas keunikan yang dimiliki oleh Wana Wisata Persemaian.

Daya Tarik yang Dimiliki Wana Wisata Persemaian

Daya Tarik yang Dimiliki Wana Wisata Persemaian

Image Credit: Heikaku.com

Jika telah memasuki masa liburan, banyak orang yang memilih untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata untuk menghilangkan kepenatan dari aktivitas harian. Tak hanya untuk menghilangkan kepenatan, mengunjungi tempat tertentu juga bisa menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Kota Tarakan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia ini menyuguhkan beragam wisata menarik untuk Anda kunjungi, termasuk Wana Wisata Persemaian ini.

Wana Wisata ini merupakan tempat persemaian berbagai jenis tanaman serta hewan yang berada di Kota Tarakan. Jika Anda menginginkan berkunjung ke sebuah wisata edukasi untuk anak anak, maka destinasi wisata ini bisa jadi alternatif Anda. Di Wana Wisata Persemaian Anda bisa melihat berbagai macam tanaman langka yang terawat dan terjaga langsung oleh Pemerintah Tarakan Timur.

Tak hanya untuk anak anak, tempat wisata ini juga sangat cocok digunakan untuk edukasi semua kalangan. Dikelola oleh Badan Inhutani Kota Tarakan, Wana Wisata Persemaian ini merawat beragam jenis tanaman yang sudah dianggap langka di masyarakat. Wisata ini juga merupakan hutan lindung, yang di dalamnya tak hanya tanaman langka saja melainkan terdapat pula beragam jenis hewan.

Beragam hewan tersebut hidup langsung di alam liar, namun masih dilindungi oleh pemerintahan setempat. Beberapa fauna yang hidup di destinasi ini merupakan hewan yang dilindungi dan dianggap langka. Ketika Anda berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna yang hidup di hutan lindung ini. Suasana yang dihadirkan pada wana wisata ini juga sangat asri sehingga cocok digunakan untuk menghabiskan masa liburan anda.

BACA JUGA:  The Bais Hills, Wisata Air Seru di Kota Tarakan

Dengan pemandangan pepohonan yang menghijau tersebut, membuat destinasi wisata ini cocok digunakan sebagai salah satu spot foto terbaik yang ada di Kota Tarakan. Sehingga tak heran jika banyak orang yang datang kesini untuk mengabadikan momennya. Foto yang dihasilkan pun tak kalah menariknya dan tentunya sangat instagramable. Berkat bantuan dari pepohonan yang hijau serta cahaya sinar matahari yang mampu membuat hasil foto lebih bagus.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Wana Wisata Persemaian

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Wana Wisata Persemaian

Image Credit: Maps.google.com @budijaya miharja hasan

Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 95 hektar dengan pemandangan pepohonan nan hijau dan asri menyegarkan mata. Dari depan pintu masuk Anda akan disambut dengan udara segar menyejukkan yang berasal dari pepohonan yang berdiri kokoh. Destinasi wisata ini sangat cocok digunakan untuk rekreasi dan refreshing di akhir pekan bersama orang orang tersayang.

Di kawasan wisata seluas 95 hektar ini juga, Anda bisa berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar yang mampu memanjakan mata. Keindahan alam tersebut berasal dari beragam tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintahan setempat.Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kesempatan langka untuk bisa menyaksikan beragam flora dilindungi di lokasi wisata ini. Tak hanya flora, disini juga terdapat beragam fauna yang hidup di sekitar hutan lindung ini salah satunya ialah buaya.

Di objek wisata ini terdapat pula tempat penangkaran buaya yang bisa Anda kunjungi, namun harus tetap waspada ketika melihatnya. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya yang bisa Anda dapatkan di objek wisata satu ini. Banyak pengunjung yang memanfaatkan wisata ini sebagai sarana piknik atau bersantai bersama keluarga atau sahabat. Selain bisa bersantai, Anda juga bisa bermain golf di sarana latihan golf untuk pemula yang disediakan oleh pengelola wisata.

Si kecil juga tak akan merasa bosan di destinasi wisata ini, karena tersedia beragam fasilitas bermain untuk anak anak. Seperti ayunan, kuda kudaan, hingga kotak pasir yang siap memberikan berbagai pengalaman bermain untuk sang buah hati. Dengan begitu mereka bisa puas menghabiskan waktu di taman bermain tersebut. Tak mengherankan jika hutan lindung ini menjadi salah satu destinasi yang paling diminati oleh masyarakat Tarakan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Utara Paling Hits Dikunjungi

Selain membawa anggota keluarga, di Wana Wisata ini juga sering dipadati oleh siswa atau pelajar untuk menghabiskan masa liburannya dengan bermain outbond. Mereka juga bisa camping disini sambil menikmati suasana hutan yang masih begitu asri dan menyejukkan. Sehingga pengelola lokasi wisata ini sering memanfaatkannya sebagai Bumi Perkemahan Pramuka. Serta menikmati wahana outbond yang terkenal yaitu flying fox.

Dengan adanya bumi perkemahan tersebut, banyak anak muda yang memilih tempat satu ini sebagai salah satu objek untuk camping atau berkemah. Suasana pepohonan serta lahan yang cukup luas tersebut, sangat cocok digunakan sebagai aktivitas camping tersebut. Anda bisa menikmati suasana hutan lindung ini saat malam hari sambil bersantai dan bercengkrama bersama teman teman atau keluarga. Dijamin liburan Anda akan semakin berkesan dan tak terlupakan.

Adanya panorama yang ditimbulkan oleh pepohonan yang dilindungi serta banyaknya fauna membuat kawasan wisata ini menarik minat banyak wisatawan. Selain itu lahannya yang cukup luas tersebut mampu memikat daya tarik wisatawan untuk datang dan menghabiskan masa liburannya. Karena kawasan wisata ini masuk ke dalam hutan lindung, sehingga para pengunjung diharapkan untuk selalu menjaga kelestariannya dan kebersihannya.

Tak hanya itu di wisata ini juga disediakan tempat persemaian, hutan pinus, serta hutan agatis. Jika Anda memasuki wisata ini lebih dalam lagi, Anda akan menjumpai jembatan kecil yang berada di atas sungai. Sungai tersebut juga menawarkan aliran air yang begitu jernih dan menyegarkan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat bermain untuk Anda ataupun anak anak dengan pengawasan penuh.

Selain bermain di beberapa tempat yang disediakan, Anda juga bisa mengenali beragam jenis flora dan fauna yang ada di kawasan wisata ini. Flora dan fauna tersebut termasuk ke dalam jenis yang dilindungi di Kalimantan maupun di Indonesia. Jenis pepohonan yang bisa Anda temui dengan mudah disini ialah jenis pepohonan pinus dan minyak kayu putih. Selain kedua jenis tersebut masih banyak pepohonan lainnya yang terdapat di kawasan wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Wana Wisata Persemaian

Fasilitas yang Tersedia di Wana Wisata Persemaian

Image Credit: Cimot-trk.blogspot.com

Fasilitas utama yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata ini untuk para pengunjung ialah toilet yang berada di beberapa titik. Dengan adanya beberapa toilet tersebut tentunya demi memudahkan para wisatawan dan kenyamanannya. Tak hanya itu toilet, disini juga menyediakan berbagai tempat menarik yang layak Anda coba. Seperti taman satwa, bumi perkemahan, taman anggrek, kolam pemancingan, tempat bermain golf, dan tempat bermain anak.

BACA JUGA:  Rumah Adat Khas Kalimantan Utara

Fasilitas yang terkenal di kawasan wisata ini ialah tempat bermain golf. Banyak orang yang datang kesini untuk menghabiskan masa liburannya dengan bermain golf. Jika Anda ingin mencobanya tak perlu khawatir mengenai berbagai perlengkapannya, karena pengelola wana wisata ini menyediakan berbagai perlengkapan golf yang disewakan. Dengan begitu waktu liburan Anda disini menjadi lebih menarik lagi.

Apabila Anda bosan dengan kegiatan yang melelahkan, Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing yang disediakan di tempat wisata ini. Kolam pemancingan yang terdapat di wana wisata ini terdapat beragam ikan. Kemudian hasil tangkapan ikan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kebersihan dari tempat wisata ini.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Wana Wisata Persemaian

Alamat dan Harga Tiket Masuk Wana Wisata Persemaian

Image Credit: Instagram.com @hamid amren

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata ini, Anda bisa mengunjungi Wana Wisata Persemaian yang berada di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya berlokasi di Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Tarakan Utara, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Apabila Anda berasal dari pusat kota, maka jarak antara keduanya kurang lebih 30 menitan. Akses untuk mencapai tempat wisata ini sangatlah mudah baik itu menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Untuk berwisata ke suatu tempat tak selalu membutuhkan biaya yang cukup besar. Dengan berlibur di Wana Wisata Persemaian ini Anda bisa menikmati waktu senggang bersama orang tercinta dengan dana yang cukup terjangkau. Selama satu minggu tiket wisata ini hanya dibanderol Rp. 15.000 untuk satu orangnya. Tak perlu khawatir mengenai jam buka dari wisata ini, karena jam operasionalnya buka selama 24 jam.

Tertarik untuk menghabiskan masa liburan di destinasi wisata ini? Disini Anda tak hanya disuguhkan oleh beragam flora dan fauna yang langka, tetapi juga bisa menikmati suasana yang tenang dan rindang dari pepohonan nan hijau dan tinggi. Tak hanya itu Anda juga bisa menikmati beragam fasilitas lainnya yang disediakan oleh wisata satu ini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari wisata ini agar tetap sejuk dan asri.