Kalimantan Selatan

Pesona Wisata Alam Waduk Riam Kanan di Banjar

Waduk Riam Kanan merupakan salah satu wisata alam yang menyuguhkan pemandangan memesona. Selain berfungsi sebagai penampung air, keindahan alam di sekitar waduk mampu menarik perhatian pengunjung untuk sekedar bersantai atau berakhir pekan.

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar.
Map: Cek Lokasi

Ketika berbicara tentang keindahan wisata alam yang dimiliki Kalimantan mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Sebab, berbagai pesona yang menawan selalu disuguhkan di daerah ini. Salah satu yang tidak bisa dipungkiri keindahan alamnya adalah Waduk Riam Kanan di Banjar. Penasaran? Yuk simak informasi detailnya seperti berikut!

Pesona yang Disuguhkan Waduk Riam Kanan

Pesona Waduk Riam Kanan

Image Credit: Twitter.com @prtscdev

Waduk berperan penting sebagai pengatur tata air, mencegah banjir hingga wisata alam. Begitu juga dengan Waduk yang ada di Banjar ini. Waduk tersebut merupakan salah satu sumber air yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air yang ada di Kalimantan Selatan.

Waduk ini menjadi salah satu waduk terbesar yang ada di Kalimantan Selatan dengan luas mencapai 8000 hektar. Oleh karena itu, pembangunannya memakan waktu kurang lebih 10 tahun. Pada mulanya, air yang ada di waduk ini membendung 8 sungai yang bersumber dari Pegunungan Meratus.

Tujuan utama pembuatan waduk awalnya untuk membangun PLTA untuk menerangi wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, waduk ini digunakan sebagai objek wisata yang menarik berbagai pengunjung. Baik itu wisatawan lokal maupun luar daerah Kalimantan Selatan.

Selain menjadi PLTA, waduk ini memiliki keindahan bentang alam yang menarik dengan panorama menawan. Pemandangan yang disuguhkan yaitu danau, lembah, hingga bukit yang ada di sekelilingnya. Tidak hanya itu saja, terdapat Pegunungan Meratus yang indah dan hijau mengelilingi waduk tersebut.

Lebih tepatnya, lokasi Waduk Riam Kanan berada di kawasan cagar alam. Sehingga, pesona alam yang memukau dijamin akan membuat Anda betah berlama lama di lokasi waduk ini. Udara yang masih sangat bersih dan sejuk jauh dari hiruk pikuk perkotaan akan menghadirkan suasana yang berbeda.

Di sekeliling aduk terdapat berbagai macam tumbuhan hijau yang rindang, menambah suasana menjadi lebih nyaman jika berada di sini. Selain itu, waduk ini letaknya cukup jauh dari pusat Kota Banjar. Hal ini membuat keadaan di sekitar waduk terasa lebih damai dan sepi. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu tempat pelepas penat.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Bubungan Tinggi, Rumah Tradisional Suku Banjar

Pesona yang ditawarkan waduk ini tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Hembusan angin semilir dan pepohonan yang ada di sekeliling wisata alam Waduk Riam Kanan menambah keasrian atmosfer yang dimiliki tempat ini. Terlebih dengan aliran air yang tenang dan juga kicauan burung akan memberikan kenangan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi.

Daya Tarik Utama Waduk Riam Kanan

Daya Tarik Waduk Riam Kanan

Image Credit: Google Maps (Dadang Oscar Saptono)

Karena lokasinya yang dekat dengan kawasan hutan, akses menuju waduk harus ditempuh dengan perjalanan yang panjang. Namun, Anda akan dibuat terkesima dengan tampilan tumbuhan yang rindang di sekitar Waduk Riam Kanan. Hal ini menjadi daya tarik sendiri, karena jarang ada wisata alam yang memiliki pemandangan memukau seperti ini.

Selain pemandangan yang menawan, jika Anda mendekat ke waduk maka akan disuguhkan dengan pesona yang unik. Hijaunya pepohonan sekitar membuat udara lebih segar sehingga akan sangat cocok untuk menghilangkan stres. Anda bisa duduk santai di sekitar waduk sambil mengabadikan momen bersama dengan orang yang tercinta.

Ketika mendekat ke waduk, Anda dapat melihat permukaan air yang tenang dan membentang luas. Sayangnya, waduk ini cukup dalam sehingga pengunjung yang datang tidak diperbolehkan untuk berenang atau melakukan kegiatan yang berada di dalam air. Maka dari itu, pengunjung hanya boleh ada di sekitar waduk dan menikmati keindahan dari kejauhan.

Rute & Harga Tiket Menuju Masuk Waduk Riam Kanan

Harga Tiket Waduk Riam Kanan

Image Credit: Instagram.com @nirapratiwi

Waduk Riam Kanan berada di Taman Hutan Raya Sultan Adam Tahura Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Untuk sampai ke tempat ini Anda harus melewati beberapa trek. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Banjarmasin, maka ikuti saja Jalan Ahmad Yani menuju arah ke Kota Banjarbaru sejauh 36 km.

Ketika tiba di simpang bundaran Banjarbaru, Anda bisa mengambil jalan Ir PHM Noor kurang lebih 30 km. Setelah melewati jalan tersebut, Anda akan menjumpai Danau Waduk Riam Kanan. Tepatnya berlokasi di Pelabuhan Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sebagai waduk yang berfungsi untuk menampung air, waduk ini memiliki jam operasional yang cukup panjang. Anda bisa bebas bersantai sambil menikmati keindahan panorama sekitar waduk. Selain itu, untuk dapat masuk ke wisata ini sangat murah karena hanya dipatok sekitar 5 ribu rupiah saja.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Riam Kanan

Kegiatan di Waduk Riam Kanan

Image Credit: Google Maps (Maulana Taufik)

Kawasan waduk ini berada di dekat hutan cagar alam. Sehingga membuat suasana yang ada di wisata alam ini lebih sejuk dan damai. Karena alasan tersebut, banyak sekali pengunjung yang berdatangan ke lokasi ini untuk sekedar menikmati keindahan alam sekitar waduk dan juga bersantai setelah melakukan perjalanan jauh.

Anda juga bisa menghabiskan waktu seru dengan menaiki perahu yang bisa disewa di waduk tersebut. Pihak pengelola menyediakan fasilitas tersebut dengan membayarkan sejumlah tarif. Dengan menaiki perahu, maka bisa menjadi salah satu sarana sebagai penghilang rasa jenuh dari aktivitas pekerjaan yang biasa Anda lakukan sehari hari.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati pemandangan lebih dekat di wisata Waduk Riam Kanan. Pasalnya, pengunjung tidak diperbolehkan untuk menghabiskan waktu dua dalam air. Mengingat wisata alam waduk ini cukup dalam. Maka dari itu, dengan menyewa perahu dapat menjadikan alternatif liburan Anda.

Selain bisa menikmati keindahan menarik di sekitar waduk ini, ada juga spot yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Anda bisa menjumpai berbagai lokasi yang menawan seperti Bukit Batas, Pulau Pinus, Pulau Rusa yang ada di sekitar Waduk Riam Kanan. Untuk menuju objek wisata tersebut, Anda bisa menggunakan perahu bermesin.

Tidak berhenti sampai di situ saja, bagi Anda yang hobi memancing bisa menyalurkan aktivitas tersebut di waduk ini. Anda bisa memilih sejumlah spot menarik untuk melakukan kegiatan memancing. Cukup membayar biaya sewa perahu saja, Anda akan diantar oleh pemandu untuk bisa memuaskan hobi tersebut.

Tentunya tak lengkap rasanya ketika menghabiskan waktu di tempat yang indah jika tidak mengabadikan momen tersebut. Anda bisa dengan mudah berswafoto atau mengambil foto bersama dengan latar belakang panorama dari Waduk Riam Kanan. Misalnya, pemandangan pepohonan sekitar atau perbukitan yang mengelilingi waduk.

Namun. Ketika melakukan kegiatan berfoto ada baiknya jika berhati hati. Kerap kali pengunjung lupa dengan kedalaman waduk yang cukup ekstrem ini. Sehingga mereka membahayakan diri sendiri dengan berdiri di tepi waduk. Jika ingin mendapatkan jepretan yang keren, maka sempatkan waktu Anda untuk menangkap birunya langit di siang hari.

BACA JUGA:  Danau Galuh Cempaka, Tempat Terbaik Menikmati Senja di Banjarbaru

Pemandangan yang indah dan menawan berpadu dengan cerahnya langit akan menjadi waktu yang tepat untuk berfoto. Jangan lupa untuk perhatikan lingkungan sekitar waduk untuk menghindari lokasi yang berpotensi berbahaya. Maka liburan Anda lebih seru dan bermakna jika mematuhi peraturan yang ada.

Jika sudah puas mengabadikan momen, tidak ada salahnya jika menikmati pemandangan sambil menyantap kudapan yang bisa Anda bawa dari rumah. Tentunya akan semakin lengkap dengan aliran air yang tenang dan nuansa sejuk berasal dari pepohonan sekitar Waduk Riam Kanan.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Riam Kanan

Fasilitas di Waduk Riam Kanan

Image Credit: Twitter.com @wargabanua

Ketika Anda berkunjung ke wisata alam yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang kurang memadai. Sebab, pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam sarana yang bisa menunjang kebutuhan wisatawan yang datang. Mulai dari rumah makan, kamar mandi, fasilitas kesehatan, jasa pemandu, tempat parkir hingga penginapan yang ada di sekitar waduk.

Jika Anda tidak membawa bekal makanan dari rumah, maka di lokasi sekitar waduk terdapat beberapa warung yang menjual makanan, minuman, hingga camilan tersedia di sini. Sedangkan apabila Anda berasal dari luar daerah, Anda dapat memilih penginapan di kota terdekat seperti Banjarbaru dan Martapura untuk beristirahat.

Selain itu, jika Anda berada di waduk seharian, tidak perlu khawatir karena tersedia tempat ibadah dan toilet umum. Menariknya lagi, saat berada di tepian waduk, tanpa Anda bertanya pun akan banyak pemandu yang menawarkan jasanya untuk mengantar Anda ke berbagai rute. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan tarif yang tergolong murah untuk sekali perjalanan.

Fasilitas yang ditawarkan tidak berhenti sampai di situ saja, Anda bisa menikmati berbagai sarana pendukung lainnya, seperti empat yang memadai. Jadi, bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor akan dimudahkan dengan sarana tersebut. Meskipun agak curam, tetapi tempat parkir di waduk ini cukup luas dengan penjagaan yang memadai.

Keindahan wisata alam Waduk Riam Kanan yang ada di Banjar tidak bisa dipungkiri lagi karena mampu menyuguhkan pesona menawan. Selain berfungsi sebagai PLTA, waduk ini bermanfaat sebagai sarana pelepas penat bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan luar daerah. Keasrian lingkungan dan pepohonan yang rindang menjadikan lokasi yang tepat untuk berlibur.