Kalimantan Timur

Waduk Panji Sukarame, Tempat Rekreasi Air di Kutai Kartanegara

Ketika merindukan pesona alam asri dan menenangkan, berkunjung ke Waduk Panji Sukarame di Kutai Kartanegara menjadi pilihan yang tepat. Menikmati pemandangan alam yang memesona sembari memanfaatkan wahana yang tersedia.

Lokasi: Jl. Selimpat, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Kutai Kartanegara terkenal sebagai salah satu wilayah yang menyimpan segudang keindahan alam yang masih sangat terjaga. Waduk Panji Sukarame misalnya, disini pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam yang selalu berhasil memanjakan mata. Sebelum bertandang menuju lokasi wisatanya, cobalah mengenalnya lebih dekat dengan menyimak ulasan singkat berikut.

Daya Tarik Utama Waduk Panji Sukarame

Daya Tarik Waduk Panji Sukarame

Image Credit: Wikipedia.org

Waduk ini sebenarnya berupa sebuah telaga yang airnya dibendung, lalu masyarakat sekitar pun memanfaatkannya sebagai waduk untuk membantu mengairi sawah yang ada di sekelilingnya. Bendungan dengan luas sekitar 32 hektar ini bak danau buatan yang menyuguhkan pesona tiada duanya, meski termasuk sebagai danau buatan.

Kecantikan alamnya didapatkan dari sejumlah pepohonan rindang yang menghiasi sekitar area waduknya. Hal ini membuat nuansa di sekitar waduk terasa lebih sejuk dan segar, sehingga cukup wajar jika wisatawan merasa betah berada disana. Menyadari akan keindahannya, Pemerintah Kutai Negara pun mengubah danau cantik tersebut menjadi wahana wisata keluarga.

Air waduknya yang cenderung tenang serta sajian alamnya yang begitu asri, sangat cocok dikunjungi saat ingin menumpahkan rasa penat di pikiran. Hanya dengan duduk santai menikmati nuansa sekitarnya, dijamin siapapun merasa nyaman dan siap memulai hari di keesokan harinya. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman anggrek tampak menghiasi sekitar waduk.

Siapa sangka jika Taman Anggrek Sendawar tersebut sudah ada sejak tahun 1995 lalu, yang hingga kini masih dirawat dengan baik agar tetap cantik dan memukau. Taman cantik tersebut berada tidak jauh dari lokasi wisata utamanya, sehingga wisatawan yang tertarik mengunjunginya tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

Daya Tarik Waduk Panji

Image Credit: Indonesiakaya.com

Bukan hanya menikmati keindahan bunga anggrek yang tampak merekah indah semata, ternyata di taman ini pula pengunjung bisa menemukan kekayaan hayati lainnya yang siap memanjakan mata. Setidaknya ada sekitar 43 jenis anggrek yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan, kemudian dibudidayakan agar keindahannya bisa dinikmati dalam satu tempat.

Ternyata pengunjung tidak hanya menikmati keindahan bunga anggrek di taman itu saja, sebab tanaman yang dibudidayakan tersebut juga bisa dijadikan sebagai buah tangan terbaik bagi keluarga maupun kerabat di kampung halaman. Agar tanaman tersebut dapat tumbuh subur, tidak ada salahnya bertanya tentang perawatan bunga anggrek lalu menerapkannya di rumah.

BACA JUGA:  Taman Wisata Graha Mangrove, Taman Paling Recommended di Bontang

Selain membeli bunga anggrek, ternyata pengunjung juga bisa mengenal tanaman tersebut lebih dalam dengan mengunjungi Laboratorium penelitian yang masih berada satu kawasan dengan tamannya. Bahkan laboratorium ini kerap dikunjungi oleh mahasiswa dari jurusan Agroteknologi maupun Fakultas Pertanian, untuk melakukan penelitian ataupun Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Ketika menyusuri area waduknya, kemungkinan besar pengunjung menemukan sebuah kapal Kartanegara. Kapal pemberian langsung oleh Ratu Belanda kepada Sultan Kutai tersebut terawat dengan baik meski usianya sudah terbilang senja. Kapal tersebut menjadi salah satu bukti sejarah bahwa sejak dahulu kawasan wisata ini sudah dikenal baik oleh masyarakat sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Waduk Panji Sukarame

Alamat Waduk Panji Sukarame

Image Credit: Google Maps (Ims Pelwarie)

Usai mengetahui daya tarik utamanya, apakah Anda penasaran dan ingin segera mengunjunginya dalam waktu dekat ? Jika memang tertarik mengunjunginya maka silahkan langsung meluncur ke Kelurahan Panji Sukarame, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Akses menuju wisatanya terbilang cukup mudah, sehingga Anda bisa mengujunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Bahkan lokasinya sendiri tidak berada jauh dari pusat kota dan cukup populer dikunjungi, sehingga pengujung yang datang dari luar kota tidak terlalu sulit menemukannya.

Oleh sebab itu, jangan pernah ragu meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan lokasi wisata berada. Jika memang tidak memahami rute perjalanan karena baru pertama kali berkunjung ke Kutai Kartanegara, tidak ada salahnya meminta tolong untuk mengantarkan ke lokasi wisatanya agar tidak tersesat di tengah perjalanan.

Apabila masih kesulitan menemukan lokasi wisata, andalkan saja kecanggihan teknologi berupa aplikasi pemandu arah yang sudah terinstall di smartphone kesayangan untuk bisa sampai di lokasi wisatanya. Ikuti semua rute yang disarankan, dijamin tidak perlu menunggu waktu lama maka Anda sudah sampai di kawasan wisatanya.

Harga Tiket Masuk Waduk Panji Sukarame

Harga Tiket Waduk Panji Sukarame

Image Credit: Google Maps (Uda Entapi)

Berwisata ke suatu tempat tidak selalu menguras isi dompet, begitu pula ketika berkunjung ke Waduk Panji Sukarame. Sebab para pengunjung dewasa hanya dikenakan tarif tiket masuk sekitar 8 ribuan, sedangkan anak anak akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar 5 ribuan saja. Tentu saja tarif tiket tersebut cukup bersahabat di kantong untuk melihat sajian alamnya yang begitu indah.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Danau Biru Singkawang yang Memukau

Melihat harga tiketnya yang murah meriah, tampaknya tidak ada salahnya mengajak rombongan untuk datang dalam waktu dekat. Tanpa mengeluarkan dana besar sekalipun, semua orang yang ikut dalam rombongan bisa merasa senang dan tertarik berkunjung di lain waktu. Dengan kata lain, Anda tidak perlu ragu untuk memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya.

Namun perlu diingat bahwa besaran tarif tiketnya dapat berubah kapanpun. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membawa dana tambahan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi kenaikan harga tiket. Umumnya kenaikan harga tiketnya terjadi ketika memasuki musim liburan ataupun libur nasional. Diharapkan dengan membawa perbekalan cukup dapat memuaskan hari berlibur Anda.

Aktivitas Menarik Selama Berada di Waduk Panji Sukarame

Aktivitas di Waduk Panji Sukarame

Image Credit: Instagram.com @pulaukumala

Pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjungi Waduk Panji Sukarame, karena ada sejumlah aktivitas seru yang bisa dilakukan. Cobalah untuk menikmati pemandangan alam sekitar dengan cara berjalan santai mengitari kawasan waduknya. Sebab di setiap mata memandang, terlihat pepohonan rindang yang berhasil memanjakan mata.

Salah satu aktivitas menarik lain yang sayang dilewatkan yaitu menikmati pemandangan sekitar dari gazebo yang sudah tersedia di sekitar waduk. Hanya dengan duduk santai sembari menikmati pesona alamnya, penat di pikiran pun sirna seketika. Selain duduk santai, tidak ada ruginya mencoba berbagai wahana seru di Waduk Panji Sukarame.

Puas mencoba berbagai wahana serunya, saatnya untuk memanjakan diri dengan memandang keindahan yang berasal dari berbagai jenis tanaman anggrek yang menghiasi taman di sekitar waduknya. Kehadiran taman cantik tersebut, seakan membawa angin segar yang berhasil memanjakan pikiran yang sedang kalut.

Sedangkan bau wangi semerbak yang dikeluarkan anggrek, seakan sebagai aromaterapi alami yang berhasil menenangkan pikiran. Berkeliling di taman tersebut, Anda bisa merasakan nuansa nyaman dan enggan untuk pulang terlalu cepat. Tidak mengherankan jika kawasan wisata satu ini dipilih menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi kapanpun diinginkan.

Nuansa sekitarnya yang begitu sejuk dan menyegarkan, kerap kali dimanfaatkan wisatawan dari luar kota untuk berlibur. Bahkan beberapa wisatawan berinisiatif membawa perbekalan sendiri dari rumah, lalu disantap ketika sampai di Waduk Panji Sukarame. Piknik sederhana bersama dengan orang terkasih disini bisa menjadi opsi terbaik menghabiskan waktu senggang.

BACA JUGA:  Caribbean Island Waterpark, Destinasi Wisata Dengan Beragam Wahana Menarik

Acara berlibur akan semakin menyenangkan ketika Anda mengunjungi destinasi wisata satu ini secara rombongan. Bukan hanya menyantap hidangan di bawah pepohonan sembari menikmati nuansa sekitar saja, karena inilah saat yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan agar semakin akrab. Tidak perlu menunggu waktu lama maka nuansa hangat pun muncul ke permukaan.

Penginapan Terdekat dari Waduk Panji Sukarame

Penginapan Terdekat dari Waduk Panji

Image Credit: Traveloka.com

Berkunjung ke Kutai Kartanegara rasanya kurang puas jika dilakukan seharian saja, oleh sebab itu banyak dari wisatawan luar kota yang memilih untuk bermalam di penginapan terdekat sebagai solusi terbaiknya. Keputusan bulat ini sudah dipertimbangkan begitu matang, mengingat banyaknya destinasi wisata lainnya yang perlu dikulik lebih dalam.

Bagi Anda yang datang dari kota yang jauh, tidak ada ruginya menginap di sebuah hotel. Beruntungnya di sekitar lokasi wisata terdapat sejumlah tempat penginapan yang menawarkan harga cukup bervariasi. Namun tidak perlu takut isi dompet akan terkuras seketika, karena penawaran harganya terbilang cukup bersahabat di kantong.

Bukan hanya itu saja, bahkan fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap sehingga Anda dapat beristirahat dengan nyenyak sebelum melanjutkan perjalanan kembali di keesokan harinya. Pelayanan yang diberikan terbilang cukup memuaskan, wajar saja jika pengunjung luar kota merasa enggan untuk meninggalkan Kutai Kartanegara terlalu cepat.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Panji Sukarame

Fasilitas di Waduk Panji Sukarame

Image Credit: Instagram.com @visitingkutaikartanegara

Menyadari akan potensinya sebagai objek wisata populer, pihak pengelola menambahkan segudang fasilitas agar pengunjung merasa betah berlama lama di kawasan wisatanya. Beberapa fasilitas yang dimaksudkan seperti panggung hiburan, gazebo sebagai area beristirahat, cafe dan warung, hingga berbagai wahana seru untuk dimainkan seperti flying fox dan sepeda air.

Sedangkan pengunjung yang lebih tertarik menikmati keindahan alam sekitar, sebaiknya langsung menuju ke menara yang ada di sekitar waduk. Lewat menara tersebut, Anda bisa menyaksikan pesona alamnya lebih utuh karena dilihat dari ketinggian tertentu. Lokasi tersebut juga kerap dijadikan sebagai spot foto terbaik untuk menghasilkan foto ciamik.

Waduk Panji Sukarame merupakan tempat terbaik untuk melepaskan penat, karena disini pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam yang begitu memanjakan mata. Ditambah lagi dengan nuansanya yang begitu nyaman, membuat siapapun merasa betah berlama lama disana. Wajar saja jika kawasan wisata populer satu ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.