Kalimantan Timur

Pesona Wisata Waduk Manggar di Balikpapan

Waduk Manggar di Balikpapan merupakan danau buatan dengan keindahan alam yang tersaji mampu menghipnotis pengunjung untuk berlibur atau sekedar bersantai saat akhir pekan.

Lokasi: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Waduk tak hanya bermanfaat sebagai penampung air ketika hujan atau pun mengairi persawahan pada musim kering. Namun, di Balikpapan sebuah waduk disulap menjadi destinasi wisata yang menarik. Namanya adalah waduk Manggar yang berada di Jalan Soekarno Hatta dan menjadi lokasi wisata favorit bagi warga lokal. Tidak berhenti sampai di situ saja, waduk yang satu ini masih memiliki pesona menawan lainnya. Untuk lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut!

Pesona yang Ditawarkan Waduk Manggar

Pesona Waduk Manggar

Image Credit: Mongabay.co.id

Bendungan atau yang biasa disebut dengan waduk merupakan kolam besar yang digunakan untuk menyimpan air persediaan ketika musim hujan datang. Selain bermanfaat untuk menampung air, waduk juga memiliki alternatif kegunaan lainnya yakni sebagai tempat rekreasi untuk sekedar melepas penat atau pun bersantai. Salah satu tempat yang digemari pengunjung sebagai lokasi wisata adalah Waduk Manggar.

Waduk ini letaknya cukup jauh dari pusat kota Balikpapan. Hal tersebut membuat suasana di sekitar waduk terasa lebih sepi dan damai. Selain itu, lokasi dari waduk ini juga terletak tidak jauh dengan hutan sehingga udaranya masih sangat sejuk dan bersih. Di sekeliling waduk dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan hijau yang rindang, menambah suasana asri di waduk Manggar ini.

Pesona yang ditawarkan dari bendungan ini tidak bisa diragukan lagi. Hembusan semilir angin dan pepohonan yang ada di sekeliling lokasi wisata ini menambah keasrian atmosfer yang dimiliki. Apalagi gemercik air yang tenang dan juga pemandangan langit biru cerah yang disertai kicauan burung akan memberi ketenangan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi.

Kapasitasnya yang mencapai enam belas juta kubik, menjadikan Waduk Manggar sebagai sumber utama air yang dikelola oleh pemerintah Kota Balikpapan. Hal tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat sekitar di setiap harinya. Tidak hanya itu saja, air dari waduk ini juga bermanfaat untuk mengairi sawah di musim kemarau. Selain dapat memenuhi kebutuhan, waduk ini juga memiliki potensi lokasi wisata yang cukup tinggi.

BACA JUGA:  Kenari Waterpark Bontang, Taman Air Beragam Wahana Seru

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Manggar

Daya Tarik Waduk Manggar

Image Credit: Tribunnews.com

Lokasinya yang agak masuk ke hutan, memberikan akses jalan yang tidak mudah. Namun, Anda akan dibuat tercengang dengan tampilan dari tumbuhan rindang yang berada di sekeliling Waduk Manggar. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, karena jarang ada waduk yang memiliki pemandangan indah seperti yang ada di Balikpapan ini. Kerimbunan dari pepohonan dan tanaman berukuran besar membuat lokasi ini menjadi lebih nyaman untuk digunakan beristirahat.

Tidak hanya mempunyai tampilan memukau saja, namun begitu mendekat ke waduk, Anda akan disuguhkan dengan pesona waduk yang unik. Kontur lokasi waduk yang penuh persembunyian dan dipadukan dengan hijaunya pepohonan sekitar, dijamin dapat menghilangkan stres. Anda bisa duduk santai di sekitar waduk untuk mengabadikan momen tak terlupakan bersama rombongan atau melakukan swafoto dengan latar belakang waduk.

Begitu Anda menginjakkan kaki di dekat waduk, Anda bisa melihat air yang tenang dan membentang luas. Namun, sayangnya waduk ini cukup dalam sehingga pengunjung yang datang ke sini dilarang keras untuk berenang di Waduk agar keselamatannya bisa lebih terjaga. Maka dari itu, ketika di sini Anda hanya diperbolehkan berada di sekitar waduk dan menikmati keindahannya dari kejauhan.

Selain itu, Waduk Manggar juga merupakan habitat dari berbagai spesies seperti pecuk ular, Bee-eater, Blue-tailed Bee-eater dan berbagai jenis burung kecil sunbird. Karena banyaknya spesies hewan tersebut, waduk ini juga kerap kali menjadi tempat study mengenai keanekaragaman hewan. Tentunya hal ini membuat banyak sekali wisatawan yang datang baik dari dalam kota maupun luar daerah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Waduk Manggar

Kegiatan di Waduk Manggar

Image Credit: Gmahk-batuampar.blogspot.com

Letaknya yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota membuat suasana di waduk lebih damai. Selain itu, lokasi dari Waduk Manggar yang bersebelahan dengan hutan membuat udara lebih sejuk dan segar. Karena alasan tersebut, banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk sekedar menikmati keindahan dari pesona alam di sekitar waduk dan juga bersantai setelah melakukan perjalanan jauh yang dilakukan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, di sekitar waduk juga terdapat camping ground serta lokasi outbound yang seru dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman bahkan komunitas yang Anda miliki. Anda juga bisa menghabiskan waktu seru dengan bermain permainan yang disediakan oleh pihak pengelola dengan membayarkan sejumlah tarif.

BACA JUGA:  Pantai Manggar Segarasari, Wisata Bahari Favorit di Balikpapan

Permainan tersebut bisa menjadi sarana sebagai penghilang rasa jenuh dari pekerjaan yang biasa Anda lakukan sehari – hari. Tentunya tak lengkap ketika menghabiskan kebersamaan dengan orang tersayang jika tidak mengabadikan momen tersebut. Anda bisa dengan mudah mengambil foto bersama atau berswafoto di spot menarik, seperti panorama dari waduk dan juga pepohonan sekitar sambil melakukan permainan seru dan mengasyikkan.

Namun, Anda perlu berhati hati ketika mengambil gambar di sekitar lokasi waduk. Kerap kali wisatawan lupa bahwa waduk memiliki kedalaman yang luar biasa. Sehingga mereka membahayakan diri sendiri dengan berdiri di tepi waduk yang terlalu dalam. Jika Anda ingin mendapatkan jepretan yang menarik, maka jangan terburu buru untuk meninggalkan tempat. Sempatkan diri untuk menangkap tampilan dari kecerahan langit di siang hari.

Pemandangan yang indah dan menawan berpadu dengan birunya langit akan menjadi waktu yang sempurna untuk berfoto. Jangan lupa untuk perhatikan lingkungan sekitar dan hindari lokasi yang berpotensi bahaya. Jika sudah puas berfoto, tidak ada salahnya menikmati pemandangan sambil menyantap kudapan yang bisa Anda bawa dari rumah. Tentunya akan semakin lengkap dengan gemercik air yang tenang dan nuansa sejuk yang diberikan waduk ini.

Bahkan lokasi ini juga sering kali digunakan oleh beberapa komunitas, seperti klub sepeda gunung, mobil dan komunitas memancing. Komunitas sepeda gunung dan Jeep biasanya sering melakukan perjalanan ke lokasi terpencil, sehingga menjadikan waduk ini sebagai tempat peristirahatan yang tepat. Sedangkan komunitas memancing umumnya menggunakan Waduk Manggar sebagai lokasi berkumpul dan juga menyalurkan hobi tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Manggar

Fasilitas Waduk Manggar

Image Credit: Lazuardi421.files.wordpress.com

Ketika berkunjung ke Waduk ini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang kurang. Pasalnya, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai macam kebutuhan yang bisa menunjang kebutuhan pengunjung yang datang. Mulai dari tempat beristirahat, toko, hingga spot foto yang menarik. Setelah lelah menghabiskan waktu dengan beraktivitas di sekitar waduk, Anda bisa beristirahat di tempat duduk yang sudah disediakan.

Bahkan Anda juga bisa menikmati sederet wahana permainan yang sudah disediakan dengan konsep outbond yang mengasyikkan, begitu pula dengan permainan paintball. Untuk bisa mencoba sarana ini, Anda harus membayar biaya sekitar dua ratus lima puluh ribu rupiah per orangnya dan tarif ini sudah termasuk dengan baju pelindung beserta perlengkapan permainan. Pengalaman liburan Anda akan lebih seru jika menyewa fasilitas tersebut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Paser Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika menginginkan spot foto menarik dengan latar belakang waduk, Anda bisa menggunakan jembatan panjang yang menuju tengah danau. Di sini Anda akan mendapatkan tangkapan foto yang menarik dan tak terlupakan. Selain itu, apabila Anda hanya ingin bersantai sambil memancing, ada juga fasilitas persewaan perlengkapan tersebut untuk menyalurkan hobi yang Anda sukai. Masih ada juga fasilitas lainnya seperti toilet dan tempat makan.

Harga Tiket dan Rute Menuju Waduk Manggar

Rute Menuju Waduk Manggar

Image Credit: Ksmtour.com

Sebagai bendungan yang berfungsi untuk menampung air, waduk ini memiliki jam operasi yang panjang yaitu mulai pagi hingga petang. Anda bisa bebas bersantai di lokasi ini sambil menikmati keindahan alam sekitar waduk. Untuk biaya masuknya sendiri, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena gratis. Namun untuk menikmati fasilitas seperti outbond atau camping ground, Anda harus membayar sekitar 250 ribu per orangnya.

Waduk Manggar berada di wilayah Kelurahan Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, tepatnya di kilometer enam belas. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda membutuhkan waktu sekitar lima puluh menit jika menempuh perjalanan dari pusat Kota Balikpapan. Meskipun letaknya berada di dekat hutan, akses menuju Waduk Manggar cukup mudah karena jalanannya sudah beraspal dan dikelola dengan baik oleh pihak pengelola.

Namun jika ingin menyingkat waktu perjalanan, Anda bisa meluncur melalui Jalan Kesatrian. Jarak yang ditempuh hanya sekitar 10 kilometer, dimana hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam atau tiga puluh menit. Lokasinya yang ada dekat dengan kota menjadikannya mudah untuk dijangkau. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua, roda empat, bahkan bus sekalipun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah objek wisata di Balikpapan sangat banyak dan mampu menarik wisatawan lokal maupun luar daerah, seperti halnya Waduk Manggar. Selain dapat berfungsi bagi pemenuhan kebutuhan air masyarakat sekitar, waduk ini bermanfaat sebagai sarana refreshing untuk melepas penat. Keasrian lingkungan dan kebersihan lokasi waduk tersebut menjadikannya tempat yang tepat untuk berfoto dan bersantai.