Kalimantan Utara

The Bais Hills, Wisata Air Seru di Kota Tarakan

Mencari tempat wisata yang seru ketika berakhir pekan di Kota Tarakan, Anda mengunjungi The Bais Hills. Kolam renang menjadi tujuan favorit warga lokal berlokasi tidak jauh dari Pantai Amal.

Lokasi: Jl. Amal Baru, RT.06, Pantai Amal, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Ketika berlibur ke Kota Tarakan dan bingung untuk mencari destinasi yang cocok bagi keluarga, Anda bisa mengunjungi The Bais Hills. Objek wisata yang satu ini tentu saja sangat cocok dikunjungi bagi keluarga yang sedang ingin menghabiskan liburan di akhir pekan. Banyak wahana menarik yang ditawarkan di tempat ini. Jika Anda penasaran keseruan liburan di tempat wisata air ini, yuk simak ulasan detailnya seperti berikut!

Sekilas Tentang Wisata Air The Bais Hills

Sekilas Tentang The Bais Hills

Image Credit: Narmadi.com

Memiliki nama The Bais Hills, wisata yang satu ini terletak di Jalan Amal Baru Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Untuk lebih tepatnya lagi objek wisata air ini berada di daerah Pantai Amal RT 06. Berada di pinggiran kota, kolam renang ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati warga lokal. Selain itu, letaknya tidak terlalu jauh dengan objek wisata lainnya yaitu Pantai Amal.

Jika ingin mengunjunginya, papan nama dari tempat ini akan terlihat dengan jelas dari pinggir jalan. Dengan adanya wisata air ini, fasilitasnya dapat menjadi angin segar bagi warga Kota Tarakan khususnya yang ada di daerah sekitar Pantai Amal karena kolam renang yang seru bisa dinikmati untuk berlibur bersama keluarga. Bagi pengunjung luar daerah, wisata ini juga bisa menjadi alternatif wisata air saat berada di daerah Kota Tarakan.

Menariknya lagi, tempat ini merupakan salah satu bangunan dari peninggalan zaman Belanda yang masih ada sampai sekarang. Sungguh menakjubkan bukan? Namun yang unik dari objek wisata ini bukan hanya dari bentuk arsitektur bangunannya yang klasik, melainkan namanya yang memiliki arti khusus. Nama tersebut bukanlah sekedar nama dari tempat wisata air yang ada di Tarakan.

Bais Hills sengaja dipilih sebagai nama yang tepat untuk nama objek wisata air ini karena memiliki makna tersendiri. Kata Bais yang terdapat pada nama Bais Hills merupakan semboyan khas dari Kota Tarakan. B diartikan sebagai bersih, A artinya aman, I diartikan sebagai indah, dan S artinya sejahtera dan sehat. Penamaan tersebut sengaja diberikan agar lebih melekat pada hati masyarakat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di The Bais Hills

Kegiatan di The Bais Hills

Image Credit: Theviperpredator.blogspot.com

The Bais Hills yang berada di Kota Tarakan adalah salah satu tempat rekreasi keluarga yang menawarkan wahana air untuk bermain yang seru. Selain itu Anda pun juga bisa merasakan pengalaman liburan seru lainnya ketika bermain di tempat satu ini. Mulai dari kilang renang, papan seluncur hingga tempat bermain air lainnya tersedia di sini. Sehingga Anda tinggal memilih wahana sesuai dengan apa yang disukai.

Ketika berada di wisata satu ini Anda juga dapat menghabiskan waktu seharian penuh untuk mencoba beberapa wahana yang tersedia di tempat satu ini. Anda pun bisa bermain di kolam yang sejuk dan juga dilengkapi dengan taman yang ada di sekitar kolam renang. Tentu saja hal ini akan menjadi momen yang berharga ketika sedang menikmati wahana wisata air karena kesejukan dan keindahan lingkungan yang ada di sekitar.

Selain itu Anda bisa berenang sambil menikmati keindahan panorama yang ada di sekitar kolam renang. Pasalnya, terdapat bukit yang menawarkan pesona yang membuat pengunjung bisa naik ke tempat tersebut. Selain itu, pengunjung bisa merasakan kesejukan dan sekedar bersantai untuk menikmati kesegaran udara yang ada karena tempat ini dikelilingi oleh berbagai macam pohon dan tumbuhan yang rimbun.

Untuk itu, Anda pun tidak boleh melewatkan begitu saja destinasi yang mengasyikkan di tempat yang satu ini. Seperti namanya hills, kolam renang ini berada pada bukit yang curam sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan panorama pada tempat ini. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi alternatif lain untuk mendaki dan melakukan perjalanan singkat ke area bukit jika berlibur ke wisata air The Bais Hills.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk The Bais Hills

Fasilitas dan Tiket The Bais Hills

Image Credit: Maps.google.com @pratiwi l sarwendah

Untuk harga tiket masuk dari destinasi dari destinasi lokasi wisata ini terbagi menjadi dua kelompok. Untuk pengunjung dewasa, tarif yang dipatok adalah sebesar 25 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk kategori anak – anak harga yang harus dibayar adalah 15 ribu rupiah. Tarif yang ditawarkan tersebut sangat terjangkau, mengingat ada beberapa deretan fasilitas yang disediakan oleh pengelola bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Paling Hits

Di antaranya adalah berbagai macam jenis kolam renang yang tersedia untuk berbagai usia. Terdapat dua kolam renang yang bisa digunakan anak, dan satu kolam renang untuk ukuran remaja dan dewasa. Tak hanya itu saja Anda pun disuguhkan dengan wahana permainan yang ada di sekitar kolam renang yaitu beberapa seluncuran yang tersedia selama berada di tempat satu ini. Ditambah lagi desain kolam yang baik dan terawat membuat siapa saja sama untuk bermain di sini.

Sementara untuk fasilitas umum yang tersedia juga cukup lengkap. Dimana Anda bisa menemukan ruang ibadah. Sehingga tentu saja Anda tidak akan bingung untuk mencari ruang ibadah jika menghabiskan waktu seharian penuh saat berada di wisata air ini. Selain itu ada juga toilet, tempat kamar mandi bilas yang cukup luas, pertunjukan musik langsung, kantin dan juga beberapa spot foto yang menarik.

Kegiatan Lain yang Bisa Anda Lakukan Bersama Keluarga

Kegiatan Lain Bersama Keluarga

Image Credit: Evakoohyesun.blogspot.com

Tak hanya menyediakan wahana air saja, Anda pun juga bisa melakukan aktivitas lain tidak hanya berenang pada kolam renangnya saja. Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di area sekitar kolam renang jika tidak ingin menghabiskan waktu di kolam renang. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah piknik. Anda bisa membawa tikar dan juga bekal makanan untuk dinikmati sembari menikmati keindahan dan keasrian lokasi.

Selain dapat menikmati keindahan panorama sekitar sambil menyantap hidangan yang Anda bawa dari rumah, Anda bisa mengabadikan momen yang berharga pada lokasi wisata ini. Sebab, banyak spot berswafoto menarik yang bisa diabadikan pada tempat ini. Salah satunya adalah kolam renangnya yang memiliki desain unik. Ada juga pemandangan dari perbukitan yang indah dimana sangat cocok bagi Anda yang suka dengan alam.

Bagi Anda yang hobi fotografi dan menyukai keindahan alam namun datang dengan keluarga, tidak usah khawatir. Pasalnya, di lokasi wisata ini terdapat berbagai panorama alam yang indah. Dengan adanya kolam renang anak yang aman, Anda bisa berpaling sebentar untuk menyalurkan hobi yang dimiliki dengan memotret berbagai spot menarik di The Bais Hills. Selain puas memberikan liburan seru kepada anak, Anda juga bisa mendapat refreshing yang diinginkan.

BACA JUGA:  Intip Keindahan Alam Air Terjun Karungan di Tarakan

Alamat dan Rute Menuju Lokasi The Bais Hills

Alamat The Bais Hills

Image Credit: Maps.google.com @ghaisya wulan purnamasari

Untuk sampai ke tempat wisata ini Anda bisa mengaksesnya dari berbagai arah. Jika Anda berasal dari luar daerah misalnya dari Jakarta, Anda bisa menaiki pesawat dari Bandara Internasional Jakarta menuju Bandara Tanjung Harapan yang ada di provinsi Kalimantan Utara. Biasanya penerbangan yang ditempuh sekitar delapan jam. Jika dari bandara Anda bisa langsung menempuh jalur darat dan menuju lokasi.

Namun apabila meluncur dari arah Balikpapan, Anda bisa menempuhnya menggunakan transportasi air. Anda bisa menaiki kapal yang berada di Pelabuhan Kayan apabila ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda. Setelahnya, Anda bisa sampai di Pelabuhan Tengkayu yang ada di Pulau Tarakan. Namun, rute yang terbaik yang bisa dipilih adalah melalui jalur darat yaitu lewat Jalan Kusuma Bangsa.

Objek Wisata Air yang Cocok Dikunjungi Bagi Keluarga

Wisata Air yang Cocok Dikunjungi

Image Credit: Tarakan.info

Dengan berbagai kegiatan dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat satu ini, tentunya The Bais Hills menjadi salah satu lokasi wisata yang cocok bagi liburan bersama keluarga dan juga kerabat tercinta. Selain itu, untuk Anda yang tidak membawa perbekalan makanan dari rumah, maka bisa mencoba untuk kunjungi kantin dengan fasilitas yang cukup lengkap dan bisa menjadi solusi mengisi perut Anda dan keluarga yang lagi keroncongan.

Menu makanan yang tersedia juga beragam, mulai dari makanan khas hingga nusantara dengan harga yang terjangkau mulai dari 10 ribu sampai 30 ribu rupiah. Selain itu, di tempat wisata satu ini juga tersedia gazebo untuk tempat bersantai bersama orang tersayang. Bagi Anda yang masih belum puas bermain air ataupun menyantap makanan yang lezat, Anda bisa mencoba kegiatan lainnya dengan mendaki bukit yang ada di sekitar kolam renang.

Itulah keseruan yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di The Bais Hills saat berkunjung ke Kota Tarakan. Selain bermain air, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti piknik, sekedar bersantai hingga menyalurkan hobi fotografi. Ketika bermain seharian di sini Anda juga tidak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti tempat ibadah, kantin, toilet umum, tempat parkir, dan juga pemandangan yang indah.