Kalimantan Utara

15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Tarakan? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Tarakan (Kalimantan Utara) Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Di luar sana ada banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang kaya akan pesona keindahan, nilai sejarah, ketenangan dan lainnya. Salah satunya dapat ditemui di Tarakan, Kalimantan Utara. Kota ini menawarkan sejuta tempat terbaik untuk para wisatawan.

Untuk Anda yang sudah menjelajahi area Timur, wisata di Kalimantan Utara ini dapat dijadikan tujuan selanjutnya. Ada banyak sekali objek menarik untuk dikunjungi. Apalagi sekarang ini spot foto instagramable sedang populer. Kunjungan ke Tarakan bisa jadi pilihan tepat hunting foto juga.

Objek wisata di Tarakan Kalimantan Utara ini hadir untuk mewarna cerita rekreasi setiap penjung. Kira-kira cerita seru seperti apa yang bisa ditemui di sini? Simak 15 tempat wisata di Tarakan terbaru dan populer berikut ini:

1. Tebing Karang Tanjung Pasir

Tebing Karang Tanjung Pasir

Image Credit: Heikaku.com

Berada di Mamburungan, Tarakan Timur, Kalimantan Utara, Tebing Karang Tanjung Pasir ini menawarkan objek wisata berupa bebatuan seperti hamparan karang. Berjajar rapi dengan ketinggian yanh berbeda-beda. Warna Tebing Karang ini sedikit putih dengan beberapa pepohonan ataupun rerumputan kecil di sekitarnya.

Seperti namanya di sepanjang area ini ada Tebing Karang. Meskipun begitu, Objek satu ini lebih banyak dimanfaatkan untuk berburu foto. Hasilnya pun sangat bagus karena tempat ini menjadi background yang unik dan menarik.

Lokasi: Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

2. Pantai Amal

Pantai Amal

Image Credit: Pesona.travel

Masih di kawasan Tarakan Timur, Tarakan, Kalimantan Utara. Terdapat sebuah pantai indah bernama pantai Amal. Di sepanjang pantai ini terdapat pasir lembut berwarna putih coklat. Tempat ini salah satu favorit para wisatawan, karena pantai tersebut tak pernah sepi. Berkunjung ke sini paling seru di waktu sore hari karena lebih teduh dan pastinya tidak begitu panas.

Lokasi: Pantai Amal, Kec. Taraka Timur, Kota Tarakan.

3. Taman Oval Ladang

Taman Oval Ladang

Image Credit: Kaltara.prokal.co

Taman dengan rerumputan hijau yang indah ini menjadi bagian dari objek wisata menarik. Suasana sejuk, nyaman dan tenang jadikan jumlah pengunjung yang selalu banyak di setiap harinya. Biasanya dijadikan tempat bersantai, bermain anak, nongkrong dan lainnya. Jadi tempat untuk memperoleh foto bagus pun bisa. Taman ini tak pernah sepi dan selalu dikunjungi oleh pengunjung. Sebab tempatnya sangat teduh dan nayaman.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bulungan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Taman Oval Ladang, Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

4. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekatan

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekatan

Image Credit: Pesona.travel

Seperi namanya tempat ini adalah area konservasi hutan Mangrove yang di dalamnya terdapat beragam flora dan fauna. Tidak hanya tumbuhan Mangrove saja, di sini pengunjung bisa berjelajah alam dan menemukan berbagai pepohonan rindang. Selain itu ada juga beberapa satwa di sekitar kawasan. Jadi saat pengunjung datang dan mengitari jalan setapak di sekitar kawasan akan menemukab satwa.

Lokasi: Karang Rejo, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

5. Taman Berlabuh

Taman Berlabuh

Image Credit: Pesona.travel

Dari namanya saja sudah terdengar menarik, bukan? Tempat ini berada di tepi bantaran laut atau sungai. Ada sebuah jembatan panjang yang menjadi salah satu tempat berlabuh para penjunjung. Biasanya objek satu ini ramai dikunjungi di waktu sore hari.

Taman berlabuh berada di Karang Anyar, Tarakan Barat, Tarakan, Kalimantan Utara. Tempatnya bersih dan sejuk dengan hembusan angin pantai. Pengunjung bisa bersantai di sini sembari menikmati udara sejuk di sekitar. Selain itu, cocok juga untuk mengabadikab momen dengan foto bersama.

Lokasi: Karang Anyar, Kec. Tarakan Barat, Kota Tarakan.

6. Museum Flora dan Fauna Tarakan

Museum Flora dan Fauna Tarakan

Image Credit: Heikaku.com

Wisata edukatif juga bisa Anda temui di Tarakan, Kalimantan Utara. Salah satunya adalah di Museum Flora dan Fauna Tarakan yang berada di desa Pamusian, Tarakan Tengah. Di sini para pengunjung bisa menemukan berbagai tanaman dan binatang, khususnya khas Kalimantan Utara. Selain itu flora dan fauna lainnya juga ada.

Museum ini biasanya dikunjungi oleh para pelajar mulai dari taman kanak-kanak hingga mahasiswa. Selain itu, masyarakat umum juga tak kalah saing dalam berkunjung kemari. Berwisata ke museum sebetulnya sangat bagus, selain jalan-jalan seru pengunjung bisa sembari belajar ataupun mendapatkan ilmu bermanfaat.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

7. Wisata Air Terjun Karungan

Wisata Air Terjun Karungan

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Air terjun ini berada di Mambrungan Timur, Tarakan Timur. Mempunyai deretan air terjun yang cukup deras dengan bebatuan yang indah di sekitarnya. Biasanya pengunjung bermain air maupun sekedar foto-foto saja. Air terjun ini masih sangat alami dan memiliki pesona alam yang bagus

BACA JUGA:  Rumah Adat Khas Kalimantan Utara

Lokasi: Karungan, Mamburungan Timur, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

8. Wisata Pohon Satu Tanjung Pasir

Wisata Pohon Satu Tanjung Pasir

Image Credit: Merahbirunews.com

Merupakan objek wisata di alam terbuka dan di sana terdapat satu buah pohon besar. Berada di hamparan taman yang sangat luas menjadikan keberadaan pohon tersebut begitu terlihat jelas. Seperti namanya, satu pohon tersebut tumbuh subur dengan daun hijau lebat. Dari dekat maupun kejauhan, tumbuhan tersebut menyimpan daya tarik yang bagus. Banyak para wisatawan lokal dan luar kota yang dengan sengaja ingin berfoto dengan tumbuhan pohon satu tersebut. Tanah yang luas dengan hamparan rumput hijau tersebut seringkali dituju oleh wisatawan. Selain berfoto, mereka juga bisa bersantai sebab tempat ini sangat sejuk.

Lokasi: Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

9. Pantai Binalatung

Pantai Binalatung

Image Credit: Pesonatimur.com

Pantai Binalatung berada di Tarakan Timur, Kalimantan Utara. Di pantai ini menyuguhkan keindahan pantai dengan deburan hembusan angin yang sejuk. Deburan ombak seolah turut menyertai pesona laut pantai. Sehingga berada di tepian pantai saja sudah terasa sangat nyaman dan tenang.

Wisata ke pantai Binalatung biasanya ramai di saat akhir pekan atau sabtu minggu. Pengunjung dari dalam kota ataupun luar kota pun turut memenuhi pantai ini. Mereka bermain air, bermain pasir maupun sekedar bersantai di tepian pantai.

Lokasi: Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan.

10. Museum Sejarah Perang Dunia II Kota Tarakan

Museum Sejarah Perang Dunia II Kota Tarakan

Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Museum satu ini adalah bangunan yang mengabadikan berbagai properti peninggalan perang dunia II. Di sini pengunjung bisa menengok sejarah masa lalu, terutama pada saat perang dunia II. Selain itu pengunjung juga bisa mengetehui detail cerita di masa perang dengan lengkap.

Lokasi: Kampung Empat, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

11. Masjid Al Maarif

Masjid Al Maarif

Image Credit: Belantara-borneo.blogspot.com

Masjid Al Maarif berada di pusat kota tepatnya di desa Selumit, Tarakan Tengah. Masjid besar ini selain menjadi tempat ibadah, jadi salah satu wisata religi. Para pengunjung bisa menyusuri setiap sudut bangunan dan melihat keindahan bangunan secara lebih dekat.

BACA JUGA:  Pantai Amal, Destinasi Wisata Terbaik di Tarakan

Lokasi: Selumit, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

12. Dermaga Speed Tengkayu

Dermaga Speed Tengkayu

Image Credit: Kaltara.prokal.co

Di pelabuhan Tengkayu ada sebuah dermaga yang seringkali dikunjungi oleh warga masyarakat setempat. Tempat ini menawarkan pesona keindahan pantai yang luas. Sepanjang mata melihat terbentang hamparan air laut berwarna biru. Bahkan air laut tersebut memantulkan awan-awan di langit. Maksudnya adalah awan biru di angkasa seolah terlihat di perairan dermaga.

Wisata ke Dermaga Speed Tengkayu ini bisa dijangkau oleh siapa saja dan free. Kebanyakan dari pengunjung datang di kala pagi hari dan sore hari. Sampai hari menjelang petang dan malam pun tempat ini selalu didatangi oleh pengunjung. Sebagian besar dari mereka adalah wisatawan lokal yang sekedar bersantai dan mencari suasana baru.

Lokasi: Pelabuhan Tengkayu I, Sebengkok, Tarakan Central, Kota Tarakan.

13. Islamic Centre Tarakan

Islamic Centre Tarakan

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Berada di Kampung Empat, Tarakan Timur yang merupakan bangunan masjid megah. Bangunan itu pun sangat besar dan luas. Pengunjung bisa wisata religi di sini. Berada di tempat strategis, wisatawan bisa menjangkau tempat ini dengan mudah.

Lokasi: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan.

14. Wana Wisata Persemaian

Wana Wisata Persemaian

Image Credit: Wisatalengkap.com

Merupakan salah satu wisata semi alam yang dapat ditemui di Jalan Aki Balak, Juata Kerikil, Tarakan Utara. Objek wisata satu ini berupa Taman wisata. Terdapat beberapa wahana permainan untuk anak-anak muapun orang tua.

Lokasi: Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan.

15. Area Dekat Dermaga Mamburungan

Area Dekat Dermaga Mamburungan

Image Credit: Pesona.travel

Objek wisata satu ini berupa hamparan taman yang sangat luas. Terdapat rerumputan hijau dan beberapa tumbuhan lainya. Di sini pengunjung bisa bermain, jalan-jalan, foto-foto maupun sekedar bersantai. Rumput hijau tersebut seolah jadi alas yang nyaman untuk duduk santai. Terkadang angin berhembus sepoi-sepoi dan menjadikan suasana sekitar semakin nyaman.

Berada jauh dari keramaian, taman dekat Dermaga Mambrungan ini menyuguhkan ketenangan. Sangat cocok untik refreshing maupun cari inspirasi. Bahkan tak jarang pengunjung menjadikan tempat ini untuk pesta kebun atau membawa bekal makanan dan bersantai di taman ini. Tempatnya bersih dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga maupun rekan.

Lokasi: Mamburungan Timur, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.

Itulah beberapa spot wisata menarik di kota Tarakan, Kalimantan Utara. 15 tempat wisata terbaru dan terhits tersrbut dapat dijangkau dengan mudah baik itu menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Objek wisata tersebut bisa dijadikan rekomendasi tujuan liburan nantinya.