Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Tapin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Tapin, Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Tapin.

Berbicara Kalimantan Selatan memang tak ada habisnya karena dikenal sebagai kawasan wisata terhits, salah satunya Tapin. Tapin adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki banyak tempat wisata terbaru dan terhits, banyak wisatawan rela menempuh perjalanan jauh untuk menjangkau wisata di tapin.

Selain itu berlibur dalam negeri tidak membutuhkan budget yang besar maupun waktu yang maksimal, bayangkan saja jika Anda memilih liburan ke luar negeri. Dipastikan harus mengurus berbagai hal pemberangaktan sampai kepulangan dengan harga yang mahal, namun berlibur ke Tapin tidak membutuhkan persiapan secara detail dan matang.

Walaupun begitu, tetap mendapatkan objek wisata idaman sesuai pilihan. Dengan begitu tidak ada kekecewaan di kemudian hari karena wisatanya sesuai selera, jika rombongan maka diskusikan daftar wisata pilihan sehingga semuanya senang. Berikut ada 10 rekomendasi tempat wisata di Tapin terhits yang harus dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Bukit Menggindang

Bukit Menggindang

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Siapa sangka, Bukit Menggindang memiliki pemandangan yang menakjubkan dan membuat wisatawan tak ingin cepat pulang, walaupun usai melakukan perjalanan jauh, melihat panorma bukit membuat lelah cepat hilang. Pasalnya bukit tersebut menawarkan hamparan rerumputan hijau di perbukitan sehingga kawasannya sejuk dan sangat asri, selain itu untuk menjangkau bukit pun treknya tidak terlalu terjal sehingga wisatawan dapat menjangkau dengan cepat.

Disaat selesai menaiki bukit, wisatawan pasti berdecak kagum karena disuguhkan pemandangan padang savana yang indah dan menawan, alhasil cocok diabadikan melalui kumpulan foto maupun video. Usahakan Anda mengajak kekasih maupun pasangan ya sehingga lengkap menikmati pemandangan bukit yang menawan.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Piani, Kab. Tapin.

2. Kanal Lok Buntar

Kanal Lok Buntar

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Anda ingin menikmati aktifitas perahu di Tapin? Kanal Lok Buntar pilihannya karena pengunjung bebas menikmati aktifitas perahu-perahu yang berlayar. Semilirnya angin disertai suara perahu yang menderu membuat pikiran Anda tenang dibanding hiruk pikuk di perkotaan. Apalagi terdapat spot matahari terbenam loh, pasalnya matahari terbenam di kanal sangat mempesona dan pengunjung dapat mengabadikan moment tersebut secara maksimal.

BACA JUGA:  Pantai Turki, Pantai yang Memukau di Tanah Laut

Lantaran suasananya yang sejuk, kanal menjadi tempat liburan para pekerja yang kesehariannya sibuk. Dengan begitu semua masalah pekerjaan maupun masalah pendukung hilang saat liburan, usahakan tidak membawa perlengkapan bekerja seperti laptop atau komunikasi masalah pekerjaan ya. Tujuannya agar liburannya maksimal tanpa beban pikiran baru.

Lokasi: Lok Buntar, Kec. Sungai Tanuki, Kab. Banjar.

3. Air Terjun Lanjung Bapayung

Air Terjun Lanjung Bapayung

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Bukan rahasia lagi Air terjun Lanjung Bapayung di Tapin memiliki perbedaan dari air terjun kebanyakan, pasalnya air terjunnya bertingkat dan dikelilingi oleh hutan rimbun sehingga suasananya sangat asri dan eksotik. Alhasil perbedaan tersebut menjadi daya tarik tersendiri sehingga dikenal luas sampai ke mancanegara, banyak wisatawan tak mau ketinggaln berfoto diantara air terjun bertingkat karena lanskapnya unik.

Sementara letak air terjun tersebut di Desa Piani dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit. Ketikan hendak sampai, wisatawan harus berjalan kaki menuju air terjun karena jalanannya hanya untuk pejalan kaki. Dijamin wisatawan tak akan bosan dan kelelahan karena sepanjang jalan melihat sungai aliran air terjun yang menyejukkan hati dan pikiran.

Lokasi: Harakit, Kec. Piani, Kab. Tapin.

4. Tugu Sirang Pitu Tapin

Tugu Sirang Pitu Tapin

Image Credit: Ruhuirahayu.wordpress.com

Siapa bilang Tugu Sirang Pitu Tapin bukan objek wisata terhits? Nyatanya banyak wisatawan menyempatkan diri berfoto atau melakukan kegiatan di sekitar tugu loh. Alasannya satu, berkunjung ke Tapin tidak sempurna jika tak mampir dan berfoto di Tugu Sirang Pitu tapin yang menjadi ikon Tapin. Apalagi disekitar tugu terdapat banyak warung yang menyajikan makanan khas tapin dan khas daerah lainnya, pastinya lezat da harganya tidak terlalu mahal.

Bahkan jika Anda beruntung, dapat menjumpai berbagai kegiatan di sekitar tugu loh. Diantaranya adalah acara makan besar, acara modelling, acara pentas,acara kuliner dan acara lainnya yang berhubungan dengan tapin beserta kerukunan warganya.

Lokasi: Jl. Brigjend H. Hasan Basri, Rangda Malingkung, Kec. Tapin Utara, Kab. Tapin.

5. Air Terjun Mandinamas

Air Terjun Mandinamas

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Sejatinya, air terjun Mandinamas termasuk surga yang tersembunyi di Tapin karena tidak semua oran mengetahui keindahannya. Namun seiring perkembangan teknologi, objek wisata tersebut paling hits dan ramai dikunjungi. Apalagi keindahan air terjun dan sekitarnya tersebar di internet sehingga wisatawan berdatangan dari berbagai daerah.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Cempaka, Destinasi Wisata Favorit di Banjarbaru

Selain itu hutan disekitar air terjun masih asri karena pepohonannya masih rindang lantaran tidak dimanfaatkan oleh manusia. Untuk itulah cocok dijadikan wisata penghibur diri dari rutinitas yang melelahkan, ajaklah pasangan berlibur menikmati keindahan air terjun dan bermain air disana secara puas.

Lokasi: Belawaian, Kec. Piani, Kab. Tapin.

6. Goa Baramban

Goa Baramban

Image Credit: Jalanwisata.id

Sejatinya goa Baramban terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu goa air, goa macan, dan goa kelelawar. Pengunjung akan melihat ekosisteme goa melalui stalaktitnya karena tersusun sangat indah, saat berkunjung usahakan membawa penerangan yang lengkap ya sehingga melihat dengan jelas seperti apakah di dalam goa tersebut.

Pastikan Anda tidak takut jika mengunjungi goa tersebut karena memicu hal-hal tak diinginkan, perkuat pemikiran positif sehingga liburan merasakan keunikannya berkunjung ke Goa Baramban.

Lokasi: Baramban, Kec. Piani, Kab. Tapin.

7. Bukit Piani

Bukit Piani

Image Credit: Kalimantaners.blogspot.com

Setiap kota pasti memiliki bangunan buatan maupun alami untuk melihat keindahan kota bak miniatur-miniatur kecil, sama halnya dengan Tapin yang memiliki tempat wisata Bukit Piani sebagai akses memandang keindahan Tapin dari ketinggian. Pengunjung dapat menaiki bukit pada malam hari sehingga melihat keindahan Tapin melalui gemerlapnya lampu-lampu dari perumahan warga, tak perlu takut menaiki bukit malam hari karena selalu ramai dikunjungi.

Jika Anda ragu menaiki bukit saat malam, siang atau pagi hari menjadi solusi tepat. Apalagi saat pagi hari udaranya sangat sejuk dan terdapat uap embun yang sangat sejuk, bahkan menurut cerita embun tersebut bagus loh disentuh atau sebagai pijakan karena memberikan kesegaran.

Lokasi: Batung, Kec. Piani, Kab. Tapin.

8. Kawasan Perbukitan Lereng Meratus

Kawasan Perbukitan Lereng Meratus

Image Credit: Wikipedia.org

Pesona perbukitan memang tak ada habisnya dibicarakan keindahannya, apalagi kawasan perbukitan lereng Meratus menyuguhkan jajaran bukit-bukit yang hijau yang mengagumkan. Sepanjang hari, pengunjung akan merasakan kesejukan karena dikelilingi hutan sehingga pikiran selalu tenang.

Bahkan spot foto sunsetnya sangat menawan loh, banyak pengunjung menantikan sunset dengan mengabadikannya pada kamera canggih. Tujuannya agar hasilnya berkualitas layaknya aslinya, tentu menjadi hal paling membahagiakan dapat mengabdikan mometnt sunset diperbukitan.

BACA JUGA:  23 Minuman & Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba

Lokasi: Haruyan Dayak, Kec. Hantakan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

9. Air Terjun Mandin

Air Terjun Mandin

Image Credit: Visitkalsel.com

Kabupaten Tapin yang sangat unik. Alasannya karena air terjunnya berbentuk layaknya perosotan disertai aliran airnya yang deras meluncur ke dasar sungai. Suasananya semakin eksotik karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, namun aman karena tidak ada binatang buas yang membahayakan pengunjung.

Pengunjung bebas menikmati suasana air terjun dengan cara mandi dan bermain air bersama rombongan. Apalagi air terjun selalu ramai dikunjungi sehingga tempatnya ramai walaupun terletak di antara banyak pepohonan. Abadikanlah setiap moment bermain air terjun sehingga menjadi kenangan nyata yang dapat dipajang di rumah.

Lokasi: Bagak, Kec. Hatungun, Kab. Tapin.

10. Air Terjun Bumbuiyanin

Air Terjun Bumbuiyanin

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Tapin memang memiliki banyak objek wisata berupa air terjun, namun setiap air terjun memiliki daya tariknya masing-masing untuk menggaet pengunjung. Sama halnya dengan air terjun Bumbuiyanin yang memiliki keunikan jalan setapak sekitar 5 menit dari desa, dijamin wisatawan segar bugar karena harus berjalan kaki untuk mengjangkau air terjun. Anda tak perlu khawatir akan tersesat selama menjangkau air terjun. Pasalnya terdapat seseorang yang ditugaskan mengawal wisatawan menjangkau air terjun saat berangkat hingga pulang. Tujuannya agar semua wisatawan selamat dan terhindar dari hal tak diinginkan.

Namun lelah selama perjalanan, tergantikan dengan keindahan air terjun. Gemericiknya air terjun dapat merilekkan pikiran sehingga semua masalah hilang seketika, pengunjung dapat menikmati permainan di air terjun bersama rombongan. Usahakan membawa pakaian ganti yang cukup sehingga tidak menganggu kegiatan air anda. Selain itu sediakan perbekalan yang lengkap sehingga rasa lapar cepat diatasi. Dengan begitu Anda siap bermain air terjun sampai puas.

Lokasi: Batung, Kec. Piani, Kab. Tapin.

Objek wisata alam di Tapin memang menjadi surga traveler karena pemandangannya eksotik dan tidak ada polusi yang datang sedikitpun. Sebagai pengunjung harus menjaga kelestarian objek wisata sehingga dapat dinikmati generasi penerus, jangan sampai lengah dan tak sengaja merusak objek wisata alam Indonesia yang sangat bagus. Untuk itulah 10 objek wisata diatas dapat dijadikan pilihan liburan bermakna dan memiliki nilai edukasi untuk menjaga alam dengan baik.