Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata di Tanah Laut Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Pilihan Terbaik Tempat Wisata di Tanah Laut, Kalimantan Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Sebagian orang mungkin awam pada nama Tanah Laut tatkala seseorang membicarakan mengenai tanah laut, sejatinya Tanah Laut adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang menjadi surganya para traveler. Pasalnya banyak objek wisata terbaru dan terhits yang harus dikunjungi, dijamin liburan sangat berkesan dan susah dilupakan setiap momentnya.

Perlu diketahui, Tanah laut beribukota Pelaihari yang memanjakan wisatawan. Banyak spot instagramable yang membuat wisatawan lokal dan asing berdatangan mengunjungi objek wisata, tentunya harus menentukan jadwal liburan yang tepat sehingga tak menimbulkan kekecewaan. Jangan sampai membuat jadwal liburan saat hari libur di awal-awal karena objek wisata pasti penuh.

Memang, sah-sah saja berlibur di saat objek wisata penuh. Sayangnya hal tersebut membuat wisatawan jengah menunggu antrian yang panjang, jika Anda memiliki anak kecil pastinya lebih ribet. Untuk itulah sesuaikanlah jadwal liburan secara cermat dengan memperhatikan situasi dan kondisi, dibawah ini ada 10 rekomendasi tempat wisata di Tanah Laut yang harus dikunjungi, antara lain:

1. Gunung Kayangan

Gunung Kayangan

Image Credit: Gambutku.com

Anda hobi menjelajahi gunun bersama teman-teman? Gunung Kayangan menjadi tempat wisata tepat di Tanah laut karena memiliki pemandangan alam yang hijau dan asri. Apalagi disana banyak kebun kelapa sawit yang luasnya sejauh mata memandang, pastinya suasananya menyenangkan dan menjadi spot foto kental pada alam. Pasalnya, hasil jepretan Anda diiringi pemandangan alam membuat tampilan foto eksotik dan sejuk.

Jangan salah loh, setiap harinya pasti banyak wisatawan yang mendaki gunung atau berjalan-jalan di sekitar kaki gunung. Alhasil Anda dan rombongan memiliki banyak teman dan dapat menambah persaudaraan sesama pecinta gunung. Bahkan bisa saja menjadi satu komunitas yang akan mendaki gunung bersama-sama.

Lokasi: Ambugan, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

2. Bukit Lebak Naga

Bukit Lebak Naga

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Masyarakat Indonesia pasti mengetahui ciri khas film India yang menari dan menyanyi di padang ilalang, siapa sangka Anda dapat berwisata ke padang ilalang ala film-film loh. Untuk itulah Bukit Lebak Naga menjadi solusinya, pemandangan alam yang hijau di bukit sangat menawan untuk dinikmati, lengkap dengan padang ilalang yang mempesona.

BACA JUGA:  Masjid Baitul Muttaqin, Masjid Cantik & Terbesar Kedua di Asia Tenggara

Alhasil wisatawan menjadikan padang ilalang sebagai spot foto andalan karena hasilnya indah dan lain dari pada lanskap lain. Anda dapat mengajak kekasih maupun orang tercinta untuk menikmati pemandangan alam yang masih terjaga keasriannya, bahkan boleh loh anak-anak ikut beriwsata sehingga mereka dapat bermain bersama padang ilalang.

Lokasi: Kandangan Lama, Batakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut.

3. Pantai Swarangan

Pantai Swarangan

Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata Pantai Swarangan terhits di kabupaten Tanah Laut yang wajib dikunjungi karena dapat menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari. bukan rahasia lagi hiruk pikuk kota beserta masalah pekerjaan yang menumpuk membuat banyak orang stress, malahan ada yang frustasi dan mengambil jalan pintas. Padahal jalan tersebut salah dan merugikan diri sendiri dan orang lain, solusinya adalah mengunjungi Pantai Swarangan.

Pengujung akan tenang dan beban pikiran seakan hilang akibat semilirnya udara sejuk dan tampilan pantai yang menawan. Apalagi terdapat satu spot foto favorit pengunjung berupa ayunan di sebuah pohon besar di pantai. Anda dapat berfoto sesuai gaya masing-masing dengan dampingan kekasih maupun keluarga. Dijamin liburan menyenangkan karena disana banyak warung makan yang menyajikan menu lezat dan bergizi.

Lokasi: Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut.

4. Wisata Bekantan

Wisata Bekantan

Image Credit: Kanalkalimantan.com

Ke Tanah Laut Kalimantan Selatan tak lengkap jika tak beriwisata Bekatan karena Bekatan termasuk maskot Kalimantan Selatan. Apalagi Bekatan termasuk hewan langka yang harus dilindungi, untuk itulah Anda dapat mengajak buah hati sehingga mereka melihat secara langsung Bekatan dan cara mereka mejalani kehidupan. Dijamin menjadi pengalaman indah untuk anak-anak dan menjadi bahan obrolan di sekolah, pasalnya anak sekolah pasti berbagi apa saja yang dilihat saat liburan.

Untuk menjangkaunya, pengunjung dapat menggunakan perahu motor untuk menyusuri sungai Panjaratan sekitar 3 km. Pengunjung dijamin tak akan bosan karena selain wisata sungai, terdapat wisata perkebunan kelapa sawit, persawahan dan pemandangan gunung. Tentunya spot wisata tersebut memiliki edukasi yang tinggi untuk generasi penerus.

BACA JUGA:  Bukit Bangkirai, Hutan Tropis yang Memukau di Kutai Kartanegara

Lokasi: Panjaratan, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

5. Taman Mina Tirta

Taman Mina Tirta

Image Credit: Portal.tanahlautkab.go.id

Rombongan Anda kebanyakan anak-anak yang menginginkan wisata air? Tenang saja karena wisata buatan bernama Taman Mina Tirta adalah solusinya. Pengunjung akan berdecak kagum karena pemandangan taman Mina Tirta yang menawan dan sejuk, apalagi terdapat kolam di taman Mina Tirta yang selalu ramai. Anda dan buah hati dapat bermain air di kolam tersebut secara maksimal.

Jika ingin menikmati pemandangan lain. Banyak loh pilihannya. Diantaranya adalah taman bermain anak-anak, taman bunga, sarana rekreasi penyewaan perahu berbentuk Angsa. Semua sarana tersebut selalu dinantikan pengunjung karena ingin menikmati semua sarana bersama keluarga, bahkan disediakan areal memancing loh.

Lokasi: Angsau, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

6. Menara Pengawas Tentara Jepang

Menara Pengawas Tentara Jepang

Image Credit: Visitkalsel.com

Objek wisata menara pengawas tentara Jepang termasuk kawasan wisata sejarah yang terhits dan selalu ramai. Pasalnya menara tersebut adalah bukti peninggalan sejarah tentara Jepang pada masa perang dunia II. Sementara kawasan menara tersebut berada di kawasan goa Marmer yang memiliki nilai sejarah perang dunia II, pengunjung dapat menjelajahi kawasan manara tersebut dengan dampingan orang ahli yang ditugaskan, dengan begitu wawasan mengenai zaman terdahulu semakin luas.

Lokasi: Sungai Bakar, Kec. Bajuin, Kab. Tanah Laut.

7. Pantai Turki

Pantai Turki

Image Credit: Bidan-traveler.blogspot.com

Siapa sangka, Pantai Turki termasuk objek wisata terbaru di Tanah laut yang ramai dikunjungi karena memiliki pemandangan laut yang menawan. Ditambah lagi berpasir putih dan air lautnya yang jernih, tak ayal banyak pengunjung melakukan diving maupun snorkelling karena menjadi sarana utama pantai tersebut.

Perlu diketahui, pantai Turki mulai dikenal sejak 2017 yang berhasil membuatnya terhits karena dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Selain itu jalur transporatasinya pun mudah sehingga dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua dan roda empat, dijamin pengunjung taka akan kewalahan menuju pantai eksotik tersebut.

Lokasi: Kalimantan, Kec. Manis Mata, Kab. Ketapang.

8. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Image Credit: Ksmtour.com

Jika berlibur ke Tanah Laut wajib mengunjungi tempat wisata Air Terjun Bajuin karena panormanya yang menawan dan membuat siapa saja tak berkedip selama memandang. Apalagi tidak ada larangan bagi pengunjung untuk menikmati suasana sekitar air terjun, misalnya mandi di bawah air terjun, maupun bermain air. Dijamin semua masalah hilang karena kesejukan air terjun yang membuat pikiran tenang.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Danau Biru Singkawang yang Memukau

Sejatinya. Tepatnya di kawasan lereng pegunungan Maratus, Anda dapat membawa perbekalan seperti makanan dan minuman yang cukup sehingga dapat berlama-lama di air terjun.

Lokasi: Sungai Bakar, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

9. Pantai Muara Cinta

Pantai Muara Cinta

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Kabupaten Tanah Laut memang dikenal sebagai surga wisata sehingga apapun wisatanya pasti terhits dan membuat banyak orang penasaran. Sama halnya dengan objek wisata pantai muara cinta yang ramai dibicarakan masyarakat secara offline maupun online, alhasil banyak wisatawan membagikan kebahagiaan ke pantai tersebut sehingga banyak yang penasaran. Pasalnya pantai muara cinta disebut sebagai spot foto paling tepat untuk selfie.

Sepanjang jalan, pengunjung akan melihat rimbunnya pohon karet disebelah kanan dan kiri. Tentunya lengkap dengan sejuknya udara dan semilir angin laut lepas atau laut jawa yang airnya membiru. Walaupun terbilang tempat wisata baru, namun fasilitasnya sudah lengkap loh, diantaranya adalah 4 unit toilet, area parkir luas, 2 unit kamar mandi bilas, warung-warung makan, gazebo dan Mushola. Dengan begitu pengunjung dapat melakukan kegiatan air tanpa takut tidak dibilas.

Lokasi: Muara Kintap, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut.

10. Bukit Sanghyang

Bukit Sanghyang

Image Credit: Infomajalengka.wordpress.com

Anda wajib mengunjungi objek wisata bukit Sanghyang yang terletak di kecamatan Pelaihari, pasalnya bukit tersebut memiliki panorma yang sangat indah dan asri karena tidak ada campur tangan manusia yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi maupun publik. Alhasil banyak wisatawan beranggapan bukit tersebut tak kalah dengan New Zealand, liburan pasti seru karena banyak wahana yang dapat dicoba.

Umumnya, pengunjung mencoba wahana menaiki bukit dengan target waktu untuk mendapatkan hadiah, bahkan sarana spot foto menarik dan unik yang dikelola masyarakat sekitar menjadi andalan wisatawan.

Lokasi: Gunung Makmur, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut.

Berbicara mengenai objek wisata di Tanah Laut memang tak ada habisnya, banyak tempat wisata alami, sejarah maupun wisata buatan yang hits dan wajib dikunjungi. Namun ke 10 rekomendasi diatas tepat menjadi pilihan liburan Anda bersama keluarga.