Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Tanah Bumbu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan selatan, dengan ibu kotanya yang terletak di batu licin. Kabupaten Tanah Bumbu memang memiliki sejumlah objek wisata unggulan yang bisa dikunjungi turis dalam negri maupun mancanegara. Bahkan beberapa objek wisatanya sudah terkenal namanya sampai mancanegara. Seperti halnya daerah Kalimantan selatan lainnya, Tanah Bumbu menyimpan sejuta pesonanya yang wajib kamu jelajahi.

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten Kotabaru yang ditetapkan berdasarkan UU nomor 2 tahun 2003 tanggal 8 april 2003 tentang pembentukan kabupaten Tanah Bumbu dan kabupaten balangan di provinsi Kalimantan selantan, maka dari itu Tanah Bumbu selalu merayakan hari jadinya pada tanggal  8 april .

Untuk kamu yang masih asing dengan Tanah Bumbu, namun ingin mencoba menjelajah daerah-daerah kecil di Kalimantan, bisa jadikan artikel ini referensi bagus untuk wisata kerenmu. Berikut ada 10 referensi tempat wisata di Tanah Bumbu terhits yang bisa kamu kunjungi, dijamin bisa memperindah feed instagrammu dan menjadikan liburanmu menjadi liburan istimewa.

1. Pantai Rindu Alam

Pantai Rindu Alam

Image Credit: Youtube.com (SELECTION CHANNEL)

Bagi masyarakat luas mungkin nama  pantai rindu alammasih terasa asing, namun untuk masyarakat Kalimantan selatan nama ini sudah sangat familiar. Pantai rindu alam bisa di tempuh dalam jangka waktu 25 menit dari tanah bambu. Panorama alam pantai pasir putih sangat mempesona. Namun untuk sampai ke tempat ini kamu harus berhati-hati saat melewati jembatan gantung.

Bentuk pantai rindu alam sepintas menyerupai sebuah pulau karena lokasinya dipisahkan sebuah selat kecil yang menjurus ke luar. Jangan lupa bawa karpet kecil atau tikar untuk duduk santai di tepi pantai.

Lokasi: Betung, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu.

2. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan

Image Credit: Dalunawisata.com

Tanah bambu memang dominan dengan pantai dan wisata alam. Salah satu tempat wisata terbaik yang ada ialah pantai pagatan, eksotisme pemandangan senja bisa kamu saksikan dari pantai pegatan, sisi pantai memang tidak begitu rimbun dengan pohon kelapa. Hanya ada beberapa pohon saja di sepanjang garis pantai. Cocok banget untuk dijadikan foto instagram. Deburan ombak disini tenang jpas untuk dijadikan tempat refreshing.

BACA JUGA:  Pantai Asmara, Destinasi Wisata Romantis di Kalimantan Selatan

Tips penting, datanglah pada pertengahan bulan april, karena pada saat itu ada ritual pesta laut  atau maccera tasi untuk mengucap syukur atas segala hasil laut yang melimpah dan memohon perlindungan untuk nelayan setempat.

Lokasi: Sei Lembu, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu.

3. Wisata Kuliner Siring Laut

Wisata Kuliner Siring Laut

Image Credit: Suarabamega25.com

Wisata laut sering dijadikan andalan wisata daerah-daerah tepi pantai, tak terkecuali wisata kuliner siring laut yang ada di tanah bamboo, Kalimantan selatan. Disini ragam wisata kuliner tersedia elngkap dengan harga yang masih ramah di kantong. Posisinya yang tepat di pinggri pantai menjadi pesona tersendiri dan semakin terasa ketika dilengkapi dengan lagu-lagu sesuai request pengunjung.

Pantai ini cocok untuk destinasi wisata menikmati senja dan asyik buat buat nongkrong saat matahari tenggelam. Makanan ini juga terkenal kelezatannya.

Lokasi: Siring laut, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

4. Pantai Angsana

Pantai Angsana

Image Credit: Dalunawisata.com

Nah masih dengan suasana pantai, pantai ini bisa dibilang pantai primadona di Tanah Bumbu. Nama pantai ini sudah popular dan sering dijadikan destinasi wisata pertama bagi pelancong luar daerah. Pantai ini menyediakan wahana permainan air seperti banana boat da jet ski. Pemandangannya yang masih asri membuat pantai ini cocok dijadikan wisata keluarga, pantai ini juga masih dalam tahap pengembangan  pemerintah stempat, sudah banyak fasilitas seperti penginapan dan hotel-hotel kecil yang disediakan. Jadi kalau kamu dan sekeluarga ingin menginap di pantai angsana tidak perlu takut mencari penginapan yang cocok karena sudah banyak pilihannya.

Disini pengunjung juga bisa mencoba fasilitas snorkling dan melihat keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari lepas pantai.

Lokasi: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu.

5. Air Terjun Mandin Damar

Air Terjun Mandin Damar

Image Credit: Jalanwisata.id

Ingin mencoba suasana luar pantai, coba deh ke wisata alam air terjun mandin damar. Karena wisata air terjun ini jauh dari pusat kota batu licin sekitar 70km, kamu harus menyiapkan kondisi kendaraan yang prima dan persediaan konsumsi yang cukup, jangan lupa kondisi kesehatan harus prima dan siap 100%. Air terjun ini mengaliri sungai –sungai , jatuh menghempas daari ketinggian. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan lebar antara 15-18 meter.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Bukit Matang Kaladan di Banjarbaru

Air terjun ini sering disebut surga tersembunyi di balik hutan Kalimantan selatan, terbayang kan alami dan menyegarkannya air terjun mandin damar lengkap dengan pesona flaura dan fauna yang menciptakan pesona alam tersendiri.

Lokasi: Gunug raya, Kec. Mantewe, Kab. Tanah Bumbu.

6. Pulau Sewangi

Pulau Sewangi

Image Credit: Fokusbatulicin.com

Nah Tanah Bumbu juga punya pulau seluas 4500 meter bernama pulay sewangi. Pulau sengawi juga merupakan pusatnya pembuatan perahu tradisional banjar (jukung), kamu bisa melihat proses pembuatannya langsung. Setiap hari penduduk membuat jukung pesanan. Tak jarang wisatawan luar mancanegara tertarik membelinya.

Informasi tambahan, kamu bisa menemukan sumber mata air abadi, disebut abadi karena mata air disini tidak akan kering walaupun sedang musim kemarau panjang.

Lokasi: Pulau Sewangi, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

7. Pantai Sungai Cuka

Pantai Sungai Cuka

Image Credit: Jalanwisata.id

Selain di pantai angsana, kamu juga bisa snorkling ria di pantai sungai cuka. Pantai ini terletak di desa sungau cuka, kecamatan satul. Berjarak kurang lebih 100 km dari pusat kota Tanah Bumbu,membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara. Untuk melihat terumbu karang ini, wisatawan bisa menggunakan perahu cepat dengan waktu tempuh 15 menit dari bibir pantai.

Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan terumbu karag yang terlihat saat air laut sedang surut, seolah terumbu karang tersebut berbalik menyapa wisatawan yang datang.

Lokasi: Sungai Cuka, Kec. Satui, Kab. Tanah Bumbu.

8. Goa Liang Bangkai

Goa Liang Bangkai

Image Credit: Nununuris.blogspot.com

Bosan dengan suasana pantai, kamu bisa melipur sejenak ke goa liang bangkai yang ada di kecamatan mentewe. Kamu bisa menempuhnya dengan waktu tempuh 1,5 jam dari batu licin. Keunikan dari goa ini adalah adanya beberapa keunikan karena di dalamnya juga terdapat banyak gua seperti goa candi, goa jamur, goa ukir, goa utama, dan masih banyak lagi maka dari itu goa ini juga disebut goa peradaban prasejarah. Banyak kehidupan kalelawar yang bersarang dalam goa utama. Akses jalan menuju tempat ini sebagian besar sudah bagus.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Kalimantan Selatan Paling Hits Dikunjungi

Tahun 2014 arkeolog Kalimantan selatan lulusan universitas gajah mada menemukan kerangka manusia di goa tersebut, namun sayangnya walaupun sempat di bawa ke selandia baru  untuk penelitian, kerangka tersebut tidak berhasil terdeteksi umurnya.

Lokasi: Dukuh Rejo, Kec. Mantewe, Kab. Tanah Bumbu.

9. Monumen Batulicin City

Monumen Batulicin City

Image Credit: Abiearraff.blogspot.com

Terletak di pusat kota, monument ini mudah kamu temukan. Kota batulicin sendiri terletak di tepi sungai batulicin dan berjarak 265km di sebelah timur kota Banjarmasin, ibukota Kalimantan selatan. Kamu bisa swafoto sebanyak-banyaknya disini.

Ada banyak monument-monumen tugu yang terletak berdekatan dengan monument batulicin city, jadi kamu bisa mampir-mampir sejenak sekedar melepaskan lelah dan meregangkan badan yang kaku.

Lokasi: Jl. Raya Batulicin, Batulicin, Kec. Batulicin. Kab. Tanah Bumbu.

10. Danau Biru Batu licin

Danau Biru Batu licin

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Sebenarnya danau biru batu licin adalah bekas tambang yang dijadikan destinasi wisata. Kalimantan selatan. Danau ini sudah ramai dikunjungi wisatawan luar maupun mancanegara  terutama di akhir pecan. Bahkan tak jarang danau ini dijadikan tempat berenang oleh warga sekitar dan pengunjung yang datang. Airnya yang berwarna biru seakan menariku untuk masuk da mengahabiskan waktu di dalamnya.

Dulunya danau biru adalah bekas galian tambang dan luasnya sekitar 2 hektare. Danau yang biru, pohon pohon yang mengelilingi danau serta pasir putih seperti di pantai menjadi daya tarik alami di sini.

Lokasi: Pondok Butun, Kec. Batulicn, Kab. Tanah Bumbu.

Nah bagaimana, 10 referensi tadi sepertinya sudah lebih dari cukup untuk menambah list liburanmu di Kalimantan selatan, jangan sugkan untuk bertanya warga setempat jika ada informasi yang dibutuhkan. Masih banyak lagi objek wisata pantai yang ada di Tanah Bumbu. Untuk kamu penikmat senja tepi pantai, liburan di Kalimantan selatan bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa juga mampir ke Banjarmasin dan rasakan aneka ragam maskaan seafood yang terkenal berukuran jumbo dan rasa yang tak terlupakan.