Kalimantan Utara

10 Tempat Wisata di Tana Tidung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Terbaik di Tana Tidung, Kalimantan Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Sudah selesai kunjungan wisata di pulau Jawa dan ingin mencari destinasi yang lain. Seperti ke pulau lain misalnya. Sebenarnya, ada banyak sekali tempat wisata terbaik di luar sana yang tidak kalah populernya. Salah satu tempat tersebut adalah di Tana Tidung, provinsi Kalimantan Utara. Kabupaten tersebut menyimpan berbagai destinasi menarik dan wajib didatangi. Apalagi tempat-tempat wisata di sini terbilang populer.

Tana Tidung sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Utara. Tempat ini kaya akan destinasi alam yang mempesona. Cocok untuk tujuan refreshing, hunting foto, travelling dan lainnya. Banyak wisatawan lokal dan dari luar kota yang dengan sengaja maupun tidak telah mengunjungi tempat rekreasi di sini. Ada area wisata alam, wisata air dan lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam berkunjung ke Tana Tidung, Kalimantan Utara tak lengkap rasanya jika tidak berwisata, bukan? Kira-kira apa saja tempat-tempat tersebut? Simak 10 tempat wisata di Tana Tidung yang terbaru dan hits berikut ini:

1. Hutan Lindung Sungai Sesayap

Hutan Lindung Sungai Sesayap

Image Credit: Ksmtour.com

Hutan Lindung Sungai Sesayap ini berada di Kecamatan Sesayap, Tana Tidung, Kalimantan Utara. Merupakan deretan hutan yang berada dalam genangan air sungai. Pengunjung dapat menyisiri perairan dengan perahu dayung. Wisata di atas perahu ini akan mengajak wisatawan memasuki daerah hutan lindung. Di setiap sudut terlihat adanya pepohonan yang rindang.

Hijaunya barisan pohon yang seolah berbaris rapi dapat dilihat lebih dekat dengan bantuan kayu. Sebab dengan perahu tersebut pengunjung dapat menggerakkan secar bebas kemana saja. Di pinggir sungai saja sudah terlihat sangat jelas dan indah membentang perairan luas diantara pepohonan yang rindang.

Lokasi: Rian, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

2. Persemaian Inhutani

Persemaian Inhutani

Image Credit: Wisatasia.com

Terletak tidak begitu jauh dari kabupaten Tana Tidung, Persemaian Inhutani dapat ditemui dengan mudah. Merupakan sebuah tempat seperti hutan lindung dengan beragam pepohonan rindang. Di samping pohon-pohon tersebut ada gazebo yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk berteduh, bersantai maupun istirahat sejenak. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan wisata alam sepeti outbond.

BACA JUGA:  Taman Berlabuh, Destinasi Weekend Favorit Warga Tarakan

Suasana di objek wisata di Persemaian Inhutani ini sangat sejuk dan alami. Sangat tenang dan nyaman bagi semua pengunjung. Pepohonan hijau pun semakin memberikan keindahan alam bebas yang luas. Objek ini pun menjadi salah satu favorit warga karena memilikin suasana yang sejuk dan nyaman.

Lokasi: Jl. Tanah Abang RT 3 Tideng Pale, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

3. Batu Mapan

Batu Mapan

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Menurut kepercayaan masyarakat Tanah Tidung, objek wisata Batu Mapan ini dulunya adalah tempat bagi para sesepuh untuk semedi dengan tujuan memperoleh kanuragan dan kekuatan. Tapi sekarang tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata yang menarik perhatian

Lokasi: Tideng Pale, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

4. Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian

Image Credit: Trepelin.com

Di daratan pegunungan ini terdapat sebuah air terjun yang sangat indah. Air terjun tersebut sangat jernih dan tinggi, sekitar tujuh tingkat. Selain itu kawasan ini mempunyai batu putih yang unik.

Air terjun ini sangat cantik sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Airnya sangat dingin dan udara sekitar yang sejuk memberikan kenyamanan tersendiri. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk bermain air, bersantai, hunting foto dan lainnya. Kunjungan kemari tak lengkap jika tidak bermain air langsung. Terasa dingin namun sangat seru. Tak sedikit para pengunjung yang asik bermain air seharian.

Lokasi: Rian, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

5. Goa Buong Baru

Goa Buong Baru

Image Credit: Zie-anonymous.blogspot.com

Di sini terdapat bunker yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda di zaman itu. Objek tersebut terletak di dalam hutan dan merupakan area persembunyian para penjajah saat zaman perang. Para pengunjung bisa mencapai Bunker dengan menempuh perjalan selama 1 jam dari Tideng Pale.

Untuk Anda yang suka akan sejarah perang Belanja, objek wisata ini wajih didatangi. Sebab bangunan peninggalan perang militer di era Belanda ini menyimpan sejarah panjang. Berwisata sembari berburu pengetahuan tentang masa lampau dapat diketahui sekaligus. Meskipun tempat tersebut sudah berumur, akan tetapi memiliki daya tarik wisata tersendiri. Selain itu, bangunan kuno dan cukup tua tersebut dapat dijadikan salah satu spot hunting foto yang unik dan menarik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Goa Buong Baru, Kec. Betayau, Kab. Tana Tidung.

6. Tugu Latsitarda

Tugu Latsitarda

Image Credit: Google.com (Puri Faekpah)

Satu lagi objek wisata menarik di kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara. Adalah Tugu Latsitarda yang merupakan sebuah bangunan unik di atas permukaan tanah yang luas. Tugu ini berbeda dengab tugu pada umumnya. Berbentuk setengah lingkaran dan di bagian bawah terdapat tempat air. Terlihat lain daripada yang lain, bukan? Biasanya pengunjung yang datang lebih banyak berfoto-foto. Apalagi background tempat ini sangat bagus. Sehingga sangat disayangkan jika tidak diabadikan, bukan?

Selain berfoto, pengunjung bisa duduk bersantai menikmati keindahan pemandangan di sekitar. Kunjungan yang tepat adalah di waktu pagi dan sore hari, karena suasana belum begitu banyak. Untuk datang ke sini pengunjung bisa menjangkau dengan kendaraan pribadi ataupun umum. Tempat ini dapat diakses dengan mudah dan bisa dikunjungi oleh umum setiap harinya.

Lokasi: Seludau, Kec. Sesayap Hilir, Kab. Tana Tidung.

7. Air Terjun Long Beluah

Air Terjun Long Beluah

Image Credit: Tempatwisata.pro

Selain air terjun Rian, Merupakan air terjun indah dengan hamparan pepohonan di sekitar. Jadikan suasana di sekitar objek terasa lebih sejuk dan alami. Dalam kunjungan kemari, tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan moment dengan berfoto. Terdapat pemandangan alam yang bagus dan wajib untuk difoto. Selain berfoto, di sini pengunjung dapat bermain air sepuasnya.

Gemericik air mengalir deras dari ketinggian kemudian mengalir ke bawah. Bermain air pun jadi menyenangkan. Terasa dingin namun sangat sejuk. Sepanjang hari baik itu pagi siang maupun sore, suasana di tempat ini terasa sejuk dan tenang. Cocok sekali untuk refreshing maupun wisata alam bersama rekan juga keluarga.

Lokasi: Rian, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

8. Dermaga Tidung

Dermaga Tidung

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Wisata ke sebuah Dermaga kenapa tidak? Di Tana Tidung terdapat sebuah dermaga yang sangat populer. Namanya adalah dermaga Tidung. Tempat ini selalu ramai pengunjung terutama di waktu sore banyak. Banyak wisatawan yang sekedar mampir sebentar maupun bersantai sembari menikmati udara sejuk di sekitar. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam terbuka yang mempesona.

BACA JUGA:  Islamic Center Tarakan, Masjid Megah Ala Timur Tengah

Berbeda dengan dermaga lainnya, di sini pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar tanpa harus terganggu. Area dermaga di sana sangat luas, sehingga bisa pilih sudut mana saja. Dimana saja tetaplah nyaman dan waktu paling tepat untuk berkunjung adalah di pagi dan sore hari.

Lokasi: Tideng Pale, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

9. Danau Hijau Desa Menjelutung

Danau Hijau Desa Menjelutung

Image Credit: Wisatasia.com

Bosan dengan objek wisata pantai tapi ingin menemui hamparan air yang luas? Wisata ke Danau Hijau Desa Menjelutung jawabannya. Adalah danau indah yang cukup luas dengan dikelilingi pepohonan yang rindang. Sisi pinggiran danau menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam.

Tidak hanya itu saja, di danau Hijau desa Menjelutung dapat dijadikan tempat menarik untuk hunting foto. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini berburu foto yang instagramable menjadi salah satu tujuan dalam berwisata. Di sini ada spot yang menarik untuk mengambil foto. Ditamah latar belakang pemandangan alam yang indah, semakin memberikan hasil potret yang bagus.

Lokasi: Menjelutung, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung.

10. Boloi Adat Tidung

Boloi Adat Tidung

Image Credit: Pesona.travel

Adalah Balai rumah adat Tidung yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Maksudnya adalah Balai tersebut bisa didatangi wisatawan. Bangunan milik suku Tidung ini merupakan tempat yang akan nilai sejarah. Berkunjung kemari selain bisa rekreasi juga menambah ilmu pengetahuan.

Bolot adat Tidung termasuk salah satu objek yang ramai dikunjungi terutama wisatawan luar kota. Sebagian besar dari mereka sangat suka dengan struktur bangunan Balai Adat dan juga sejarah yang dimiliki. Pengunjung bisa menyisiri setiap sudut ruang dan nantinya bisa memperoleh informasi penting.

Lokasi: Sesayap, Kec. Sesayap Hilir, Kab. Tana Tidung.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Tana Tidung yang terbaru yang hits. Dimana objek-objek tersebut menyajikan keindahan alam dan cerita sejarah yang menarik. Wisata pun jadi lebih dari sekedar bersenang-senang, tapi juga mendapatkan banyak ilmu berharga. Benar saja karena setiap tempat wisata mempunyai riwayat cerita tersendiri.