Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Tabalong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Tabalong, Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Berakhir Pekan Bersama Keluarga.

Kabupaten Tabalong adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten Tabalong terletak di kota tanjung. Memiliki luas wilayah 3.496 km2 dan penduduk sekitar 218 ribu jiwa, membuatnya mempunyai suku budaya yang beragam. Kalimantan selatan sendiri terdiri atas dua ciri geografis utama, ada dataran rendah yang terdiri dari lahan-lahan gambut hingga rawa sehingga kaya akan sumber keanekaragaman hayati dari satwa air tawar. Dataran tingginya masih berupa kawasan hutan tropis yang lebat dan dilindungi oleh pemerintah.

Seperti halnya wilayah Indonesia bagian timur lainnya, Tabalong yang ada di kaliamntan selatan mempunyai keaneka ragamana sumber daya alam yang melimpah, seperti hasil tambang, perkebunan, hingga pertanan dan beberapa diantaranya menjadi komoditas unggulan. Komoditas terkendal yang ada di daerah ini antara lain perkebunan karet, kokoa, dan kelapa sawit yang menjadi andalan kabupaten Tabalong. Komoditas lain seperti hasil tambang seperti batu bara dan minyak bumi juga menjadi andalan sumber mata pencaharian penduduk sekitar kabupaten Tabalong.

Tabalong sangat cocok untuk dijadikan destinasi tempat wisata dalam negeri yang wajib kamu kunjungi, liburan bersama keluarga ataupun bersama pasangan bisa semua. Untuk kamu yang ingin ke Tabalong tapi masih bingung memilih tempat wisata berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Tabalong terhits yang bisa kamu kunjungi.

1. Air Terjun Riam Mambanin

Air Terjun Riam Mambanin

Image Credit: Haruai-wirang.blogspot.com

Pesona alam Tabalong yang ada pada air terjun mambanin wajib kamu datangi, air terjun yang terletak di desa marindi, kecamatan Haruai memiliki panorama alam yang sangat indah. Di sisi air terjun masih rimbun dengan indahnya pepohonan yang hijau, wisata ini cocok untuk kamu yang ingin berwisata dengan konsep alam terbuka. Jarak tempuh dari ibukota tanjung ke air terjun rian mambanin adalah sekitar 45 km, jadi kalau ada rencana ke sini siapkan bekal yang cukup dan prepare yang baik. Periksa pula kondisi  kendaraan yang digunakan.

Daya tarik utama yang memikat ada pada batu-batu yang membentuk riam-riam kecil yang dialiri air yang sangat bersih dan jernih. Tetap berhati-hati karena wisata ini masih ada di alam terbuka yang rimbun oleh pepohonan.

BACA JUGA:  10 Cafe di Banjarmasin yang Instagramable & Paling Hits

Lokasi: Desa Marindi, Kec. Haruai, Kab. Tabalong.

2. Goa Liang Tapah

Goa Liang Tapah

Image Credit: Meratusgeopark.org

Masih dengan nuansa alam yang segar, destinasi berikutnya adalah Goa Liang Tapah. Lokasinya yang ada di desa Garagata, kecamatan jaro kabupaten Tabalong mudah untuk kamu datangi. Sepanjang perjalanan menuju lokasi ini kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah dengan latar belakang perbukitan yang menjulang tinggi. Goa Liang Tapah dalamnya cukup luas dengan ukiran alam batuan stalakmit dan stalaktiti di langit-langit gua. Daya tarik goa ini adalah adanya sumbre mata air yang terlihat indah, saat terpapar sinar matahari yang masuk ke dalam goa mata air ini terlihat sangat hijau terkadang sangat biru, fotogenik banget untuk kamu yang suka swafoto. Usahakan memakai pemandu wisata jika ingin kesini.

Informasi setempat, wisata Goa Liang Tapah adalah tempat tinggal ikan tapah yang berbahaya, baiknya kunjungi goa ini pada pagi hingag siang hari saja.

Lokasi: Desa Garagata, Kec. Jaro, Kab. Tabalong.

3. Danau Biru Pugaan

Danau Biru Pugaan

Image Credit: Wartawisata.id

Objek destinasi ini sebenarnya merupakan objek wisata buatan yang cukup keren. Wisata ini cocok untuk dijadikan destinasi bersama keluarga. Lokasi objek wisata danau ini memang cukup jauh dari ibukota Tabalong. Namun jangan khawatir jarak tempuh ini akan kamu lalui dengan senang hati karena jalannya sudah beraspal mulus. Sajuan danau hijau dan biru seluas satu hektare dengan adanya pondk panggug berbahan kayu yang sederhana da nada di tengah danau tersebut. Udara yang ada disini masih segar dengan pepohonan rindang yang ada di sekeliling danau.

Danau biru pugaran belum memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, jadi lebih baik persiapkan bekal makanan dan lainnya dari rumah saja, akan lebih sehat ban baik.

Lokasi: Desa Tayur, Kec. Amuntai Utara, Kab. Hulu Sungai Utara.

4. Taman Bunga Poska

Taman Bunga Poska

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Nah untuk objek wisata satu ini cocok banget untuk anak muda yang suka isi feed instagram dengan tempat-tempat hits dan instagramable. Berada di kota Tanjung destinasi wisata ini mudah untuk dikunjungi dari pusat kota Tabalong. Wisata ini baru dibuka sejak awal 2019 dan masih ramai hingga sekarang. Harga tiket masuk sangat ramah di kantong hanya 3000 per orang.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Banjarmasin Paling Enak & Murah

Koleksi bunga yang ada di sini ditata dengan baik khusus disediakan untuk spot foto pengunjung yang kebanyakan adalah remaja, kamu bisa pilih diantaranya taman bunga matahari, bunga celosia, menara pandang, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Desa Pematang, Pematang, Kec. Banua Lawas, Kab. Tabalong.

5. Tanjung Bersinar Park

Tanjung Bersinar Park

Image Credit: Jalanwisata.id

Selain terkenal dengan wisata alam yang mempesona, Tabalong juga mempunyai banyak ruang terbuka hijau, salah satunya adalah Tanjung Bersinar Park. Lokasi yang berada tepat bersebelahan denan tanjung expo center membuatnya tidak sulit untuk mempromosikannya di masyarakat. Lokasi yang strategis tepat kamu jadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Tabalong. Beberapa spot yang ada di sini di tanami dengan pepohonan, suasana rindang dan nyaman masih sangat terasa.

Wisata ini cocok untuk dijadikan destinasi keluarga karena ada wahana bermain khusus untuk anak-anak.

Lokasi: Mabuun, Kec. Murung Pudak, Kab. Tabalong.

6. Danau Cermin

Danau Cermin

Image Credit: Superadventure.co.id

Masih dengan wisata alam yang mempesona, ada Danau Cermin yang terletak di desa puri, kecamatan jaro, kabupaten Tabalong. Memiliki keindahan alam dengan hamparan air sepanjang mata memandang, dan perbukitan karet yang mengelilingi danau, sukses membuatmu merasa tenang, meredakan stress yang selama ini kamu rasakan.

Karena keadaannya yang masih sepi pengunjung ada baiknya berkunjung sampai sore hari saja, dan lebih baik ditemani satu atau beberapa orang dewasa lainnya.

Lokasi: Desa Puri, Kec. Jaro, Kab. Tabalong.

7. Museum Lewu Hante

Museum Lewu Hante

Image Credit: Jalanwisata.id

Ingin ke destinasi wisata yang edukatif, kamu bisa ajak keluargamu ke destinasi wisata Museum Lewu Hante yang ada di Barito Timur. Tepatnya da kecamatan benua lima, taniran. Museum Lewu Hante banyak menyimpan benda-benda bersejarah seperti guci atau orang setempat menyebutnya bangah, tombak, Mandau, gong, da nada beberapa alat musik yang bisa kamu temukan. Ada juga beberapa senjata pistol dan ada samurai. Jangan takut akan kelaparan karena di sekitar museum sudah ada kafe di pinggiran museum.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Cempaka, Destinasi Wisata Favorit di Banjarbaru

Museum Lewu Hante sering dijadikan tempat festival daerah yang dislenggarakan dinas kebudayaan dan pariwisata, jadi kalau mau kesini bisa di paskan dengan event tersebut.

Lokasi: Taniran, Kec. Benua Lima, Kab. Barito Timur.

8. Tugu Obor Api

Tugu Obor Api

Image Credit: Catatansikudaliar.blogspot.com

Monument ini terletak di tanjung puri, dan dijuluki api abadi dari Tabalong. Keberadaan tugu ini sangat strategis karena terletak di perempatan jalan, api dari tugu ini berasal dari gas alam yang disalurkan oleh explorasi minyak pertamina. Nggak lengkap kamu ke Tabalong jika tidak berswafoto di Tugu Obor Api ini. Jadi kalau ke Tabalong sempatkan waktu mengunjungi Tugu Obor Api.

Terdapat kelopak bunga di puncak Tugu Obor Api yang melambangkan kesakralan bagi masyarakat setempat.

Lokasi: Mabuun, Kec. Murung Pudak, Kab. Tabalong.

9. Masjid Pusaka Banua Lawas

Masjid Pusaka Banua Lawas

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masjid ini adalah masjid tertua yang ada di desa banua lawas, kabupaten Tabalong. Jika ingin berkunjung ke sini berkunjunglah pada hari rabu, karena jumlah pengunjug/ peziarah disini lebih banyak, itulah mengapa masjid ini disebut juga dengan masjid pasr arba. Di masjid ini terdapat peninggalan dua tajau (guci) yang usianya mencapai 400 tahun dan tidak megalami perubahan warna. Para peziarah disana biasanya akan pulang dengan membawa air dalam tajau yang ada dalam guci tesebut.

Disini terdapat makam pekuburan waega setempat sejak dahulu, salah satu bangunan mencoloknya adalah bangunan kubah yang merupakan makam pejuang banjar bernama penghuku rasyid.

Lokasi: Sei Anyar, Habau, Kec. Banua Lawas, Kab. Tabalong.

10. Air Terjun Tangkum

Air Terjun Tangkum

Image Credit: Instagram.com @faizal_rizali_rahman

berada di desa panaan, kecamatan bintang ara, kabupaten Tabalong air terjun ini menjadi primadona masyarakat sekitar, perjalanan ke destinasi akan melalui jalan setapak yang dikelilingi kebun karet dan hutan bambu

Air terjun ini belum banyak diketahui masyarakat kuas sebagai tujuan wisata, oleh karena itu suasana di tempat ini masih terjaga alami dan asri.

Lokasi: Desa Panaan, Kec. Bintang Ara, Kab. Tabalong.

Bagaimana, semakin tertarik ya untuk berkunjung ke Tabalong, jangan piker lama lagi. Tabalong sangat lengkap untuk tempat wisata dari alam sampai sejarahnya. Cocok untuk liburan panjangmu bersama keluarga atau liburan bacpackermu. Untuk mempermudah perjalananmu kamu bisa sewa satu tour guide masyarakat setempat atau tour guide khususmu. Selamat liburan dan besenang-senang.