Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Sukamara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Sukamara, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Kalimantan seolah tidak ada habisnya menyuguhkan  pemandangan alam yang memikat mata. Salah satu provinsi Kalimantan yang memiliki berbagai destinasi wisata adalah Kalimantan tengah.

Provinsi yang satu ini seolah tak ada habisnya menyihir para pengunjung untuk betah berlama-lama di Kalimantan tengah. Salah satu daerah yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang wajib Anda kunjungi adalah Sukamara.

Sukrama adalah sebuah kabupaten yang ada di Kalimantan tengah. Meski kabupaten, Sukamara menjadi salah satu daerah dengan destinasi apik dan indah yang cocok dikunjungi saat Anda hendak berlibur. Berikut adalah daftar tempat wisata favorit di Sukamara.

1. Danau Burung

Danau Burung

Image Credit: Ksdae.menlhk.go.id

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Sukamara adalah danau burung. Disini, Anda tak hanya akan melihat panorama dan keindahan dari danau burung. Danau yang satu ini merupakan sebuah tempat transit bagi para burung yang sedang bermigrasi. Anda dapat melihat berbagai jenis burung yang sedang berada di danau yang satu ini saat mereka hendak menuju tempat migrasi.

Keindahan hutan gambut juga dapat Anda lihat. Kicauan burung dan suara daun yang bergesekan dapat membuat jiwa Anda merasa lebih tenang.

Wisata yang satu ini menjadi permata tersembunyi di Sukamara. Anda dapat melihat owa, orang utan serta jenis ikan tawar yang hidup di sekitar kawasan danau burung. jika Anda memiliki hobby fotografi, maka tempat yang satu ini menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda.

Lokasi: Danau Burung, Kec. Sukamara, Kab. Sukarama.

2. Bukit Patung

Bukit Patung

Image Credit: Nuansatanahairnusantara.wordpress.com

Salah satu destinasi ekowisata yang terdapat di Sukamara adalah bukit patung. Anda dapat melihat keindahan alam serta pesona air terjun yang ada di bukit patung. Bagi Anda yang ingin menikmati segarnya air terjun, tempat yang satu ini dapat mewujudkan keinginan Anda tersebut. Keindahan lingkungan yang masih alami dapat membantu Anda melepas kebosanan saat melihat lingkungan perkotaan yang penuh dengan kendaraan.

Anda bisa mengunjungi bukit patung sekaligus menuju ke air terjun dengan teman Anda agar hubungan pertemanan Anda semakin akrab.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Pantai Batakan di Tanah Laut

Wisata yang satu ini menyajikan keindahan alam yang menarik dipAndang mata. Anda juga dapat melihat perkebunan jeruk serta perkebunan rambutan yang ada di sekitar bukit. Di puncak bukit, Anda bisa melihat perkebunan sawit. Anda bisa mengajak anak-anak untuk datang bersama ke bukit patung untuk melihat keindahan alam sekaligus belajar mengenai tanaman.

Lokasi: Jl. Pangeran Antasari, Balai Riam ,Kec. Balai Riam, Kab. Sukamara.

3. Pantai Kampung Baru

Pantai Kampung Baru

Image Credit: Sampit.prokal.co

Salah satu wisata yang berada di Sukamara adalah pantai kampung baru. Anda dapat melihat keindahan panorama pantai yang indah, semilir angin pantai serta pasir pantai yang hangat. Birunya laut pantai kampung yang indah bisa memanjakan mata Anda. Disini, Anda bisa melihat perkampungan nelayan serta aktivitas nelayan yang tinggal tak jauh dari pantai. Ajak keluarga Anda untuk sama-sama menikmati  pemandangan cantik pantai kampung baru.

Anda dijamin tidak akan bosan selama berada di pantai kampung baru. Wisata ini juga cukup populer di masyarakat sekitar. Banyak wisatawan memilih menghabiskan masa liburannya di pantai kampung baru.

Lokasi: Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara.

4. Pantai Kuala Jelai

Pantai Kuala Jelai

Image Credit: Trepelin.com

Sukamara memang menjadi salah satu kabupaten yang memiliki keindahan pantai yang tak ada habisnya. Salah satu pantai yang ada di Sukamara adalah pantai kuala jelai. Anda bisa berlibur dengan keluarga maupun teman Anda untuk menghabiskan masa liburan di pantai kuala jelai.  pantai yang satu ini sangat bersih dan masih terjaga sehingga Anda lebih nyaman saat beraktifitas di pantai kuala jelai. Anda bisa menghabiskan waktu sampai sore untuk melihat keindahan senja. Jangan lupa mengambil beberapa foto dengan teman maupun keluarga yang pergi bersama Anda. Nikmati suasana pantai yang menyenangkan selama Anda berada di pantai kuala jelai. Jangan lupa mengabadikan momen Anda selama berada di pantai ini.

Lokasi: Kuala Jelai, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

5. Pantai Tanjung Nipah

Pantai Tanjung Nipah

Image Credit: Facebook.com @Pariwisata Sukamara

Salah satu pantai yang ada di Sukamara selanjutnya adalah pantai tanjung nipah. Pantai yang satu ini merupakan destinasi wisata yang populer di Sukamara. para wisatawan akan datang memadati pantai saat masa liburan tiba. Pada tahun 2008, pemerintah setempat telah melakukan revitalisasi pantai tanjung nipah agar wisatawan merasa lebih nyaman.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Palangkaraya yang Paling Populer

Pantai yang satu ini juga dijuluki sebagai pantai cemara karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Anda dan keluarga bisa menikmati suasana pantai dengan suara ombak yang bergemuruh. Anda juga dapat membeli makanan berat maupun camilan serta berbagai macam minuman yang menyegarkan yang dijual oleh masyarakat sekitar. Anda bisa melihat berbagai mercusuar yang banyak berdiri di pantai ini.

Lokasi: Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

6. Pantai Tanjung Selaka

Pantai Tanjung Selaka

Image Credit: Beritasampit.co.id

Keindahan pantai yang ada di Sukamara selanjutnya adalah pantai tanjung selaka. Pantai yang satu ini terkenal akan keindahannya. Potensi pantai tanjung selaka yang besar membuat pemerintah setempat melakukan pengembangan pada pantai tanjung selaka sebagai objek wisata.

Disini, Anda dapat mengisi waktu liburan Anda. Wisata pantai juga menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang masih bingung hendak mengisi waktu liburan kemana. Pastikan Anda memotret beberapa foto dari keindahan pantai tanjung selaka sebagai kenang-kenangan. Anda akan menikmati suasana khas pantai yang bisa menghidupkan kembali semangat Anda selama berada di pantai tanjung selaka tersebut.

Lokasi: Sungai Damar, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukarama.

7. Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua

Image Credit: Sandiblue.blogspot.com

Jika Anda berfikir kota tua hanya ada di Jakarta, maka Anda keliru. Selama Anda di sukrama Anda bisa berkunjung ke kota tua. Disini, Anda dapat melihat kampung air yang khas dari suku melayu. Selama Anda di Sukamara pun Anda bisa mencoba makanan khas dari Sukamara yakni kerupuk basahnya. Berbagai  pemandangan bangunan klasik dapat Anda lihat dan Anda abadikan dengan ponsel Anda. Jika Anda ingin foto yang apik, Anda bisa menggunakan pakaian yang bernuansa klasik pula agar foto Anda bisa lebih bagus dan instagramable. Wisata yang satu ini pasti disukai bagi Anda yang hobi berfoto.

Lokasi: Jl. Cilik Riwut, Natai Sedawak, Kec. Sukamara, Kab. Sukamara.

8. Wisata Adat Dayak

Wisata Adat Dayak

Image Credit: Pesona.travel

Berada di Sukamara tak lengkap rasanya jika Anda tak berkunjung ke wisata adat dayak. Disini, Anda bisa melihat bagaimana masyarakat dayak melakukan aktivitas sehari-hari mereka. Jika Anda senang dengan tradisi, maka mengunjungi wisata adat dayak merupakan pilihan yang sangat tepat. Disini, sering diadakan upacara yang merupakan bagian dari adat masyarakat dayak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kotawaringin Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda dapat membeli berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat dayak seperti tikar, maupun kerajinan tangan lainnya. Pengalaman berkunjung ke adat dayak menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Anda bisa belajar banyak dari kebudayaan suku Dayak yang masih memegang teguh tradisi. Pastikan Anda mengunjungi wisata yang satu ini saat berada di Sukamara ya.

Lokasi: Natai Kondang, Kec. Permata, Kab. Sukarama.

9. Susur Sungai

Susur Sungai

Image Credit: Pesona.travel

Wisata yang satu ini membuat Anda dapat melihat hutan gambut serta hutan rawa yang masih dijaga keasliannya. Anda dapat melihat berbagai burung yang hidup di sekitar sungai. Jika Anda beruntung Anda bahkan dapat melihat sekawanan monyet bekantan. Wisata susur sungai menjadi wisata yang mampu memikat mata Anda. Keindahan alam serta berbagai fauna yang bisa Anda lihat menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

Susur sungai menjadi salah satu wisata yang kedepannya akan terus dikempangkan oleh pemerintah. Keindahan alam dari susur sungai menjadi potensi yang luar biasa untuk di kembangkan sebagai objek wisata yang dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan internasional yang berkunjung ke Kalimantan. Bagi Anda yang sedang berada di Kalimantan Anda bisa berkunjung ke Sukamara untuk melihat wisata susur sungai.

Lokasi: Jekan Raya, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

10. Kampung Wisata Sungai Tabuk

Kampung Wisata Sungai Tabuk

Image Credit: Borneonews.co.id

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan suasana dan  pemandangan eksotik serta keunikan kampung nelayan yang jarang Anda lihat. Anda dapat melihat keindahan saat matahari terbit maupun terbenam selama berada di kawasan wisata yang satu ini. Anda bisa berwisata kuliner seperti menikmati santapan udang, kepiting bahkan kerang yang banyak dijual di sekitar pantai.

Lokasi:Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sukamara terbaru dan terhits yang bisa Anda kunjungi. Wisata alam dengan  pemandangan yang indah bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun teman Anda. Pengalaman melihat berbagai satwa di habitatnya langsung juga menjadi salah satu daya tarik dari wisata yang ada di Sukamara.