Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Sintang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sintang, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Liburan, satu agenda yang selalu membawa kegembiraan dan ditunggu-tunggu. Menambahkan jadwal liburan ke dalam list aktifitas bulanan terbukti bisa menjadi obat untuk menghilangkan pent dan strees loh, kalau kata orang dulu kehilangan sjumlah uang tidaklah masalah jika digunakan untuk menambah pengalaman dan wawasan kebudayaan di tempat baru. Nah kalau dalam waktu dekat ini kamu ada rencana ambil cuti kerja dan libur panjang pas banget ya, cobalah untuklebih mengeksplor Indonesia negara tercinta kita ini.

Cobalah untuk singgah di bagian timur Indonesia, tepatnya di Sintang Kalimantan barat. Banyak tempat wisata baru yang harus dikunjungi. Tempat wisata di siantang ini rata rata masih baru dan belum banyak wisatawan yang tau, jadi masih terasa alami sekali. Kalimantan terkenal denganhutan yang hijau , rimbunnya pepohonan, dan udara yang masih segar.

Begitu pula dengan Sintang, kabupaten baru yang berada di wilayah kaliamantan bagian barat dijamin nggak nyesel kalo maen dan coba eksplor keaneka ragaman flaura dan fauna yang ada di tempat wisata atau cagar alamnya, semua wisata dari yang alam, air, makanan enak, tersedia lengkap di siantang. Berikut terdapat referensi yang bisa kamu gunakan jika ingin berlibur ke Sintang. Referensi tempat wisata terbaru dan menyenangkan

1. Hutan Wisata Baning

Hutan Wisata Baning

Image Credit: Wartawisata.id

Nah, untuk kamu yang pengen main ke htan tropis bisa mampir ke hutan wisata baning yang ada di tengah kota Sintang, tepatnya di wilayah kelurahan baning dan kelurahan tanjung puri. Hutan ini merupakan hutan rawa gambut yang tergenang sepanjang tahun sehingga banyak terdapat beberapa jenis tumbuhan endemik yang ada di sana. Kamu yang ingin menginap di sini sudah bisa sewa losemen atau wisma wisma kecil.

Hutan wisata baning merupakan satu-satunya hutan tropis alami di Indonesia yang berada di tengah kota. Di kawasan ini terdapat berbagai flora langka seperti jelutung, ramin, rengas, resam, ada juga fauna langkanya seperti musang air, biawak, beo dan semacamnya.

Lokasi: Baning, Tanjung Puri, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

BACA JUGA:  Menikmati Lautan Awan di Bukit Penjamur Bengkayang

2. Gunung Kelam

Gunung Kelam

Image Credit: Pesona.travel

Masyarakat setempat sering menyeut gunung ini dengan sebutan bukit raya, ketinggian gunung mencapai 1.0002 meter atau 3.287 kaki, lumayan tinggi dan membutuhkan waktu sampai 5 jam jika ingin sampai ke puncak gunung kelam. Pemandangan disini masih alami dan segar, dengan batu batu besar yang menjulang tinggi, gradasi warna yang sempurna antara bukit, pepohonan yang rimbun, dan awan pasti membuat kamu terpana.

Banyak terdapat flora endemic seperti kantong semar dari spesies nepenthes clipeata. Karen a kawasan ini berpotensi untuk menjadi tempat wisata pemerintah akhirnya mengelolanya menjadi lebih baik. Untuk sampai di puncaknya kamu bisa menaiki anak tangga yang sudah tersedia di sebelah barat.

Lokasi: Merpak, Kec. Kelam Permai, Kab. Sintang.

3. Museum Dara Juanti

Museum Dara Juanti

Image Credit: Referensi.data.kemdikbud.go.id

Terletak di Kapuas hulu, siantang museum dara juanti menyimpan berbagai bukti sejarah peradaban daerah siantang sekaligus sebagai bekas lokasi pusat pemerintahaan kerajaan siantang yaitu istana al-mukarramah. Untuk kamu yang ingin berwisata sejarah pas banget jika mampir ke wisata ini.

Terdapat pula peninggalan sejarah seperti Mariam raja suka, naskah al qur’an yang ditulis tangan oleh sultan nata. Terdapat pula peninggalan raja-raja yang pemerintah pada masa kerajaan siantang, bisa untuk menambah wawasan ilmu sejarahmu.

Lokasi: Kapuas Kiri Hulu, Sintang, Kapuas Kiri Hilir, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

4. Taman Nasional Bukit baka

Taman Nasional Bukit baka

Image Credit: Ksmtour.com

Untuk kamu yang ingin berwisata air di siantang, taman nasional bukit baka merupakan referensi yang tepat dan cocok. Wisata air dengan luas 1 hektare ini akan membuatmu betah berlama-lama di dalamnya. Banyak arena wahana bermain seperti waterboom, indoor playground, water play dan masih banyak lagi. Taman nasional bukit baka juga sangat cocok jika dijadikan tempat wisata keluarga. Jangan khawatir jika kamu termasuk pecinta alam sejati dan ingin melakukan pendakian kecil-kecilan kamu bisa menikmati panorama alam di puncak bukit-bukitnya.

Kawasan hutan bukit raya merupakan perwkilan tipe ekosistem hutan hujan tropika pegunungan yang mendominasi puncak-puncak pegunungna schwaner,bukit ini juga merupakan gabungan cagar alam di Kalimantan tengah.

Lokasi: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Landak Terbaru dan Terhits Dikunjungi

5. Tugu Pancasila Kota Sintang

Tugu Pancasila Kota Sintang

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Tugu yang terletak di jalan apang kota siantang ini bisa dibilang sebagai iconicnya siantang, kamu yang berwisata ke siantang jangan lupa untuk mampir sekedar berswafoto di sana atau melepas penat sambil ngopi ngopi. Tugu ini terletak di persimpangan padat lalu lintas kota siantang, jadi sebaiknya berhati-hati jika ingin mengambil foto di area sekitar tugu.

Sayangnya, kawasan wisata di sekitar tugu tidak dikembangkan dengan baik, jadi lebih baik berkunjung ke sini pada malam hari saja, agar pemandangan yang kita lihat sedikit terlihat estettik.

Lokasi: Jl. Lintas Melawi, Kapuas Kanan Hulu, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

6. Isatana Al Mukarramah

Isatana Al Mukarramah

Image Credit: Travelingyuk.com

Siantang memnag memiliki sejarah yang panjang mulai dari kerajaan siantang menganut ajaran agama hindu sampai menganut ajajran agama islam, kini salah satu peninggalannya masih berdiri dengan kokoh. Istana al mukaramah memiliki desain rumah adat suku dayak, yakni rumah batang atau rumah panjang.

Istana al mukaramah dibangun pada tahun 1937 dan diarsiteki oleh seorang kebangasaan belanda. Terdapat batu yang dikeramatkan dan menyerupai buah kundur, kerajaan siantang sendiri berdiri pada tahun 1262 atau tepatnya pada abad ke-13.

Lokasi: Nanga Sakai, Kec. Ambalau, Kab. Sintang.

7. Makam Raja-Raja Sintang

Makam Raja-Raja Sintang

Image Credit: Wisatasia.com

Jika masih belum puas dengan wisata sejarah di istama al mukaramah kamu bisa coba mampir ke makam raja-raja siantang, jika kamu ingin belajar banyak tanpa banyak gangguan keramaian datanglah di luar bulan ramadahan karena pada bulan ramadhan akan banyak peziarah yang datang untuk berdoa, peziarah yang datang kadang juga berasal dari luar jawa.

Kondisi di pemakaman tidak terurus dengan baik sehingga sangat disayangkan, banyak rumput liar tumbuh di area makam, wisata ini membutuhkan perhatian yang lebih lagi dari pemerintah daerah aau kota.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.8, Tj. Puri, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

8. Danau Jemelak

Danau Jemelak

Image Credit: Wisatasia.com

Panorama yang ada di danau jamelak ini akan membuatmu tenang, pemandangan gunung dan air yang tenang cocok dnikmati sambil minum kopi dan makan pisang goring, kamu bisa menghabiskan waktu mu dengan memancing karena danau jamelak memiliki ikan yang banyak di dalamnya. Atau kamu juga bisa menyusuri setiap sudut danau dengan menaiki sampan yang disewakan pendduk setempat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kubu Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hal yang disayangkan adalah semakin banyaknya area perkebunan sawit yang berdampak buruk di lingkungan dan membuat semakin tergerusnya area wisata di danau jamelak.

Lokasi: Ladang, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

9. Rumah Betang Ensaid Panjang

Rumah Betang Ensaid Panjang

Image Credit: Gumayvebry.blogspot.com

Mampirlah ke rumah betang sesudah mengunjungi bukit kelam, kebanyakan area wisata yang ada di siantang memang berdekatan, jadi kamu bisa datang ke beberapa tempat sekaligus dalam satu hari. Rumah betang sendiri cukup ramai dikunjungi wisatawan, selain itu kamu bisa berbelanja hasil kreatifitas warga seperti kain tenun dan anyaman. Harga yang ditawarkan juga relative, sesuai dengan tingakt kesulitan motif tenun yang dikerjakan, jadi kamu bia menyesuaikan dnegan budget kantongmu.

Rumah betang memiliki ukuran 118 meter dan lebarnya 17 meter dengan tinggi yang hampir mencapai 2 meter. Rumah ini dihuni 22 kepala keluarga dan semuanya bisa membuat kerajinan khas suku dayak yang nantinya akan dijual sebagai cendera mata, hebat ya.

Lokasi: Ensaid Panjang, Kec. Kelam Permai, Kab. Sintang.

10. Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas

Image Credit: Kalimantanbaratweb.wordpress.com

Nah yang terakhir, bisa dibilang sebagai pamungkas dan penutup wisatamu, mampirlah di taman alun-alun kepuas, rehatlah sejenak sekedar melepas penat dengan ditemai minuman dingin atau jajanan yang ada di sekitar alun-alun. Harga makanan ini masih merakyat banget jadi jangan takut keteteran dan ditembak harga turis. Atau hanya bersenda gurau dengan teman sambil menunggu malam tiba.

Alun-alun Kapuas sudah tersentuh modernisasi, terbukti dengan berdirinya monument air mancur di tengah alun-alun membuat suasana menjadi ramai dan hidup. Bahkan air mancurnya pun sangat indah dengan arsitektur yang berkelas dan dijamin tidak mengecewakan.

Lokasi: Tj. Puri, Kec. Sintang, Kab. Sintang.

Nah sepertinya 10 referensi tempat wisata di Sintang yang disajikan di atas sudah cukup ya kamu jadikan pedoman dalam memilih tempat wisata yang menarik di Kalimantan barat. Namun jika kamu merasa takut traveller sendirian, kamu juga bisa mencari informasi tentang penduduk setempat yang mau diajak sebagai tour guidemu. Perjalanan memakai tour guide tentu lebih ringkas dan cepat, kamu sudah tidak perlu bertanya-tanya lagi, selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi tambahan tentang tempat yang kamu kunjungi, jadi tambah wawasan ya.