Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Seruyan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Seruyan, Kalimantan Tengah. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Kabupaten Seruyan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kalimantan tengah. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten kotawaringin timur yang memiliki sudah terlalu banyak jumlah penduduk. Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi disertai dengan persebaran jumlah penduduk yang tidak merata membuat  kabupaten kotawaringin timur melakukan pemekaran hingga membentuk kabupaten saruyan salah satunya.

Pada jaman dahulu kabupaten Seruyan pernah diserahkan oleh raja setempat kepada pemerintah hindia belanda. Pemerintahan hindia belanda yang menjalankan roda pemerintahan di kabupaten Seruyan yang pada masa itu diberi nama kampung pembuang menjdai salah satu kampung yang pada saat itu menjadi kampung yang dikelola dengan cukup baik.

Pada saat pemerintahan hindia belanda, kampung-kampung tersebut dipimpin oleh kaum para petinggi wilayah yang disebut sebagai asisten kyai. Pemimpin dari areal perkampunan ini kemudian berubah menjadi beberapa kampung yang terbaik untuk ditempati. Meskipun tidak bisa di pungkiri bahwa pada masa itu pemerintahan berjalan dengan susah payah untuk menjalankan roda pemerintahan yang berpusat di kota Sampit.

Kabupaten Seruyan memiliki beberapa potensi tempat wisata masih asri yang sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga:

1. Air Terjun Sahai Gantung

Air Terjun Sahai Gantung

Image Credit: Seruyankab.go.id

Objek wisata pertama yang layak untuk dikunjungi adalah air terjun sahai gantung. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki banyak penggemarnya. Alasannya adalah objek wisata ini memiliki pemandangan yang masih sangat asri ketika di pandang. Di sekitar air terjun terdapat banyak sekali pepohonan yang masih sangat hijau dan membuat suasana semakin sejuk.

Keunikan dari air terjun sahai gantung adalah memiliki debut air yang cukup kencang. Kencangnya debit air pada objek wisata ini membuat objek wisata ini juga memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Pembangkit listrik mikro hidro ini mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk menerangi beberapa kampung yang berada di sekitarnya.

Lokasi: Pangke, Kec. Seruyan, Kab. Seruyan.

2. Air Terjun Suling Tambun

Air Terjun Suling Tambun

Image Credit: Youtube.com (Anugerahkoko Winarki)

Objek wisata Seruyan berikutnya yang layak dijadikan andalan untuk berwisata adalah air terjun suling tambun. Air terjun ini memiliki panorama yang sangat indah. Keindahan panoramanya membuat air terjun ini memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap kali memasuki musim liburan. Pola bebatuan yang sangat indah menjadi salah satu alasan dan yang memperkuat keindahan dari air terjun suling tambun.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Balikpapan Paling Enak & Murah

Air yang terjun dalam beberapa baris sekaligus membuat keindahan air terjun suling tambun semakin mempesona. Bukan hanya itu saja, bebatuan terjal dan juga pepohonan yang masih sangat rimbun menjadi salah satu alasan mengapa objek wisata ini wajib masuk ke dalam daftar objek wisata yang harus dikunjungi ketika memasuki musim liburan.

Lokasi: Tumbang Langkai, Kec. Suling Tambun, Kab. Seruyan.

3. Meriam Pengantin

Meriam Pengantin

Image Credit: Seruyankab.go.id

Objek wisata berikut yang direkomendasikan adalah meriam pengantin. Dikatakan sebagai meriam pengantin karena meriam yang ada di objek wisata ini sedang berdampingan. Kedua meriam yang di pajang di objek wisata ini berkedudukan berdampingan seperti sepasang pengantin. Menurut warga lokal, meriam ini merupakan meriam peninggalan jaman penjajahan belanda.

Objek wisata meriam pengantin sebenarnya merupakan wisata sejarah yang memberikan bukti sejarah bahwa kabupaten Seruyan pernah menjadi wilayah pendudukan pemerintah hindia belanda. Objek wisata ini menjadi bukti bahwa belanda pernah berkuasa dan membangun peradaban yakni sebuah pertahanan diri yang cukup kuat melalui meriam yang dipasang berdampingan.

Lokasi: Sembuluh Satu, Kec. Danau Sembuluh, Kab. Seruyan.

4. Pantai Bakau

Pantai Bakau

Image Credit: Akurat.co

Objek wisata berikut yang wajib menjadi salah satu daftar kunjungan ketika liburan adalah pantai bakau. Mengunjungi pantai menjadi salah satu agenda yang cukup sering dijadikan agenda rutin liburan. Termasuk ketika mengunjungi kabupaten Seruyan. Kabupaten ini memiliki pantai bakau yang mempunyai panorama yang sangat indah sekaligus mempesona.

Keindahan dari pantai bakau terpancar dari sederetan pohon cemara yang berada di sekitar pantai. Bukan hanya karena keberadaan sekitar 1000 pohon cemaranya saja, akan tetapi juga karena pohon bakau yang membelah tengah pantai. Tentu saja hal ini memberikan kilau eksotisme tersendiri untuk para pengunjung yang datang berkunjug ke sekitar pantai bakau ini.

BACA JUGA:  Pesona Alam Lestari, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Palangkaraya

Lokasi: Kuala Pembuang, Sungai Bakau, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan.

5. Danau Sembuluh

Danau Sembuluh

Image Credit: Wikipedia.org

Destinasi berikutnya yang wajib dituju adalah danau sembuluh. Destinasi wisata ini memiliki panorama yang sangat indah. Danau ini dijuluki sebagai danau yang terbesar di kalimantan. Danau ini menjadi salah satu muara untuk sungai-sungai yang ada di kalimantan. Jadi wajar saja jika danau ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Meskipun bentuknya adalah sebuah danau, akan tetapi danau sembuluh memiliki pasir putih yang sangat bersih. Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh warga sekitar guna menjadikan alasan mengapa danau sembuluh menjadi objek wisata yang cukup digemari. Selain itu menikmati matahari terbenam dari danau ini merupakan pemandangan yang sangat indah.

Lokasi: Sembuluh II, Kec. Danau Sembuluh, Kab. Seruyan.

6. Pantai Siamuk

Pantai Siamuk

Image Credit: Seruyankab.go.id

Destinasi berikut yang wajib untuk menjadi salah satu pilihan destinasi wisata adalah pantai siamuk. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama yang sangat indah. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih terhampar di tepi pantainya. Kebersihan pasir putihnya menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Pengembangan kawasan wisata pantai siamuk diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk meningkatkan taraf perekonomian dari warga sekitarnya. Meskipun tergolong objek wisata baru, namun pesona pantai ini tidak tergantikan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dalam satu tempat sekaligus. Meskipun tempat ini belum berkembang sama sekali.

Lokasi: Sungai Undang, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan.

7. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Image Credit: Superadventure.co.id

Destinasi wisata alam berikutnnya jika berkunjung ke kabupaten Seruyan adalah taman nasional tanjung puting. Taman nasional ini memiliki banyak sekali satwa yang menjadi penghuninya. Taman ini memang menjadi taman sekaligus balai konservasi untuk satwa-satwa dilindungi di kabupaten Seruyan. Berkunjung ke taman nasional ini, tentu saja menjadi salah satu alasan untuk seorang untuk menikmati aneka satwa yang ada di dalamnya.

Meskipun berlokasi cukup jauh dari pusat kota, namun pesona dari taman nasional tanjung puting benar-benar luar biasa. Banyaknya pepohonan rimbun yang ada di dalamnya disertai dengan penataan kawasan taman nasional yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membantu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten Seruyan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sukamara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sungai Perlu, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan.

8. Camp Pondok Ambung

Camp Pondok Ambung

Image Credit: Bucathyjalanjalan.wordpress.com

Destinasi wisata berikutnya yang wajib dituju adalah camp pondok ambung. Camp ini merupakan salah satu camp yang khusus untuk camp keluarga. Piknik keluarga dengan tujuan camp ini merupakan salah satu tujuan yang cukup menarik. Alasannya adalah camp ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai tempat untuk camping santai.

Berada tidak jauh dari kawasan taman nasional tentu saja membuat camp pondok ambung sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata kaluarga. Camp ini memiliki panorama yang indah. Nuansa khas taman nasional dan juga pepohonan yang rimbun membuat camp ini benar-benar sangat eksotik untuk dijadikan objek wisata bersama dengan keluarga.

Lokasi: Sungai Perlu, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan.

9. Tanjung Harapan

Tanjung Harapan

Image Credit: Kalteng.antaranews.com

Destinasi wisata berikutnya adalah tanjung harapan. Destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dari sebuah perairan yang sangat dalam dan luas. Tentunya dengan adanya komplek objek wisata ini akan membuat para wisatawan menjadi sangat nyaman.

Kebersihan serta keasrian dari tanjung harapan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama berada di kawasan wisata ini. Udaranya yang bersih dan sejuk meskipun berada cukup jauh dari pusat kota namun cukup membuat para pengunjung tidak akan cepat beranjak dari tanjung harapan. Itulah alasannya mengapa tanjung harapan menjadi destinasi favorit untuk wisatawan.

Lokasi: Tj. Rangas, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan.

10. Pondok Tanggui

Pondok Tanggui

Image Credit: Putrinyanormal.com

Destinasi berikutnya adalah pondok tanggui. Destinasi wisata ini berada di hutan gambut yang sangat luas. Pondok ini merupakan salah satu tempat beristirahat yang cukup nyaman di dalam hutam. Itulah alasannya mengapa pondok ini merupakan destinasi wajib untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berada di dalam hutan gambut.

Lokasi: Sungai Sekonyer, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

Itulah tadi 10 tempat wisata di Kabupaten Seruyan yang wajib untuk dikunjungi dan dipilih ketika musim liburan tiba. Destinasi wisata tersebut meskipun tidak semuanya sudah mengalami pengelolaan dan pengembangan yang maksimal, namun justru itulah yang membuat destinasi wisata tersebut menjadi destinasi unggulan yang harus dipilih oleh wisatawan.