Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Sekadau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Sekadau, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Sekadau, Kalimantan Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Sekadau adalah salah satu provinsi yang ada di Kalimantan Barat dan merupakan daerah kecil dengan banyak potensi wisata alamnya yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Mayoritas penduduk yang mendiami Sakadau merupakan suku Dayak yang terbagi menjadi beberapa jenis suku, namun tetap menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan negara.

Sebagian besar agama yang dianut oleh suku Dayak setempat adalah agama Katolik dan Protestan. Namun ada juga suku Dayak yang menganut agama islam. Meskipun terbagi dalam beberapa suku dan agama yang berbeda, masalah perselihian atau pertengkaran yang melibatkan agama serta suku tidak sering terjadi dan selalu menjalin hubungan yang harmonis meskipun terdapat banyak perbedaan.

Potensi wisata alam Sekadau sangat melimpah dan hanya beberapa yang baru diketahui oleh wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata di Sekadau yang memiliki pemandangan indah serta lokasi wisata yang sedang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan.

1. Air Terjun Sosah Kain

Air Terjun Sosah Kain

Image Credit: Wisato.id

Air terjun sosah kain merupakan lokasi wisata yang sudah dikenal dengan verita masyarakat yang mengisahkan mengenai 7 pemuda dengan seorang wanita yang tengah mencuci kain pada air terjun tersebuut. Kisahnya menceritakan bahwa ada seorang wanita yang tengah mencuci kain dan kemudian lewatlah 7 orang pemuda yang kemudian 6 orang pemuda tersebut menyapa wanita yang tengah mencuci namun dihiraukan. Sedangkan pada pemuda ke 7 yang menyapa wanita, setelah mereka bertatap muka, kedua mata wanita dan pemuda ke 7 tersebut menghilang.

Berdasarkan cerita masyarakat tersebut, objek wisata air terjun dikenal dengan air terjun sosah kain yang artinya cuci kain. Bukan hanya cerita masyarakat mengenai air terjun sosah kain yang membuat objek wisata tersebuut terkenal, tetapi karena air terjun tersebut memiliki 7 tingkatan yang masing-masing tingkatan terdapat pemandangan alam yang masih indah dan aliran sungai yang sangat jernih.

Lokasi: Tembaga, Kec. Nanga Mahap, Kab. Sekadau.

2. Air Terjun Pelaboh Bindang

Air Terjun Pelaboh Bindang

Image Credit: Tempatwisata.pro

Selain menyajikan keindahan alam dan kejernihan air dari air terjun pelaboh bindang, terdapat juga goa Maria yang dijadikan lokasi rerligius dan beribadah bagi umat Katolik, sehingga tempat tersebut akan selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin melakukan ibadah pada goa Maria atau menikmati objek wisata air terjun pelaboh bindnag. Selain itu, pada sekitaran objek wisata yang bersangkutan terdapat banyak pohon rindang yang dapat dijadikan tempat beristirahat dibawahnya sambil menikmati keindahan air terjun.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Kijing di Pontianak

Lokasi: Tapang Semadak, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau.

3. Air Terjun Jungkong

Air Terjun Jungkong

Image Credit: Tempatwisata.pro

Untuk bisa mencapai objek wisata air terjun jungkong, para wisatawan harus membutuhkan waktu 3 jam untuk bisa mencapai objek wisata yang bersangkutan. Para wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun jungkong harus menempuh waktu 3 jam dengan berjalan kaki dari Dusun Bak Kemoyuk yang ada di Desa Sebabas karena objek wisata tersebut merupakan objek wisata yang masih sangat alami dan masih dikelilingi hutan yang belum terjamah oleh tangan manusia. Sehingga tidak mengherankan jika pengunjung harus menempuh waktu hingga 3 jam untuk mencapai lokasi wisata yang bersangkutan.

Namun saat sampai pada air terjun jungkong, pemandangan alam luar biasa akan memanjakan mata para wisatawan sehingga tidak aka nada rasa penyesalan dan rasa lelah setelah menyaksikan pemandangan yang ada di objek wisata tersebut. Untuk bisa mengunjungi air terjun jungkong, kesehatan dan tenaga yang prima harus diperisapkan untuk menempuh perjalanan yang jauh.

Lokasi: Sebabas, Kec. Nanga Mahap, Kab. Sekadau.

4. Air Terjun Hulu Katap

Air Terjun Hulu Katap

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Air Terjun Hulu Katap merupakan objek wisata yang menyajikan pemadangan alam indah, aliran sungai yang jernih pada air terjun, serta kegiatan menarik yang bisa dilakukan disana. Dengan tebing yang landai dan tidak terlalu tinggi, pengunjung dapat berenang dan bermain air serta memanjat hingga ke atas air terjun. Objek wisata dengan ketinggian air terjun sekitar 10 meter tersebut juga dapat digunakan untuk berkemah sambil menikmati keindahan hutan borneo.

Lokasi: Sundong, Kec. Sekadau Hulu, Kab. Sekadau.

5. Air Terjun Sungai Bayan

Air Terjun Sungai Bayan

Image Credit: Explorewisataalamborneo.blogspot.com

Bukan hanya menyajikan pemandangan alam yang indah serta aliran sungai yang jernih saja, objek wisata air terjun sungai bayan ini dapat digunakan untuk berkativitas arung jeram dan river tubing karena memiliki riam air yang deras dan cukup banyak. Selain tu, terdapat banyak kolam serta kedalaman air yang dapat digunakan untuk berenang. Bentuk sungai yang tidak terlalu tinggi juga tidak akan membahayakan jika digunakan untuk beraktivitas arung jeram dan river tubing.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Senaning, Kec. Ketungau Hulu, Kab. Sintang.

6. Batu Jato

Batu Jato

Image Credit: Bujangadau.net

Wisata alam lain yang dapat dinikmati dari Sekadau adalah wisata batu jato. Untuk bisa mencapai lokasi wisata batu jato, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua dari desa terdekat. Objek wisata batu jato merupakan objek wosata sungai dengan banyak bebatuan yang besar dan aliran sungai jernih yang mengalir dari berbagai arah.

Selain itu, objek wisata batu jato dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih asri dan hijau. Pengunjung bisa melakukan kegiatan berfoto dengan latar belakang alam yang indah serta bermain air pada sungai yang jernih. Suasana serta udara yang sejuk juga akan membuat pengunjung menjadi tenang dan rileks.

Lokasi: Batu Jato, Kec. Nanga Taman, Kab. Sekadau.

7. Riam Segiam

Riam Segiam

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan menantang dibarengi melihat pemandangan alam yang indah, bisa mencoba mengunjungi objek wisata riam segiam yang ada di Kabupaten Sekadau. Riam segiam memiliki kelebaran sungai yang cukup besar serta riam sungai yang besar, sehingga akan sangat menantang bagi Anda yang menyukai kegiatan arung jeram. Selain itu juga, alam sekitar riam segiam merupakan alam yang masih bersih dan alami sehingga tidak akan mengecewakan para pengunjung. Bukan hanya kegiatan arung jeram saja yang dapat dilakukan pada objek wisata riam segiam, pengunjung juga bisa bersantai dan melepas penat sambil memacing di pinggiran sungai.

Lokasi: Sekonau, Kec. Sekadau Hulu, Kab. Sekadau.

8. Makam Tertua Di Bumi Cidayo

Makam Tertua Di Bumi Cidayo

Image Credit: Wisatasia.com

Objek wisata makam tertua di bumi cidayo merupakan makam dari seorang tumenggung dari kerajaan Sekadau yang pada batu nisannya bertulisnkan 1617. Tumenggung kerjaan Sekadau yang dimakamkan pada makam tersebut merupakan orang tertua dari suku Dayak yang membela dan mengabdikan dirinya pada kerjaan Sekadau. Tumenggung tersebut bernama Tumenggung Panglima Ayub dan menjadi salah satu tokoh yang pernah berperang melawan kerajaan Sintang karena perselisihan daerah Sepauk.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Bagi warga lokal yang telah mengetahui cerita mengenai Tumenggung Panglima Ayub, sangat menghormati akan jasa Panglima tersebut. Pada setiap tahunnya, banyak wisatawan yang ingin belajar sejarah sekaligus berziarah pada makam tersebut untuk mendoakan leluhur yang telah dimakamkan.

Lokasi: Pantok, Kec. Nanga Taman, Kab. Sekadau.

9. Batu Tinggi

Batu Tinggi

Image Credit: Kumparan.com

Batu tinggi merupakan objek wisata yang hanya bisa dinikmati saat musim kemarau saja. batu tinggi merupakan bebatuan besar yang akan muncul ditengah sungai saat air sungai tersebut mengering. Meskipun hanya bisa dinikmati saat musim kemarau saja, objek wisata batu tinggi tersebut banyak dikunjungi wisatawan serta warga lokal yang ingin menikmati pemandangan serta melakukan kegiatan berupa berfoto ria pada objek batu tinggi.

Saat musim panas, air sungai akan surut namun tidak sepenuhnya surut dan masih menyisakan beberapa kolam sungai yang memiliki air jernih sehingga akan sangat cocok sebagai latar belakang untuk berfoto disertai matahari terbenam sebagai penambah artistik dalam berfoto.

Lokasi: Tanjung, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau.

10. Batu Tertulis

Batu Tertulis

Image Credit: Sekadaukab.go.id

Batu tertulis merupakan situs sejarah Sekadau yang dijadikan wisata sekaligus pusat penelitian prasasti. Batu tertulis merupakan objek wisata peninggalan kerajaan Hindu pada abad ke 7 yang berupa tulisan huruf palawa dan sansekerta pada batu berukuran panjang 5 meter serta tinggi mencapai 4 meter. Tulisan palawa dan sansekerta pada batu tertlis merupakan ayat-ayat suci keagamaan yang ditinggalkan oleh kerajaan Hindu di abad 7. Objek wisata batu tertulis ini terletak pada Desa Sebabas yang masih berada di wilayah Kecamatan Nanga Mahap.

Lokasi: Sebabas, Kec. Nanga Mahap, Kab. Sekadau.

Itulah 10 tempat wisata di Sekadau yang terbaru dan banyak dikunjungi saat ini, meskipun masih banyak objek wisata dari Sekadau yang tidak kalah indah dan menarik dari objek wisata lainnya. Objek wisata alam pada Sekadau, mayoritas merupakan objek wisata hutan borneo yang terkenal memiliki keindahan dan panorama hutan yang asri dan indah. Suku Dayak merupakan suku yang mendiami Sekadau dan merupakan suku yang ramah terhadap para pengunjung. Sehingga Anda tidak perlu merasa takut untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Sekadau sekaligus mengenal kebudayaan serta kesenian Suku Dayak yang mendiami tempat tersebut.