Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Sanggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sanggau, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Senggau merupakan salah satu provinsi Kalimantan Barat yang memiliki banyak sekali objek wisata alam dengan panorama serta pemandangan yang indah. Provinsi Senggau merupakan daerah yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, sehingga tidak mengherankan jika daerah tersebut memiliki banyak objek wisata alami dengan pemandangan yang masih hijau serta udara yang menyegarkan. Pada umumnya, daerah Senggau merupakan daerah dataran tinggi yang terdiri dari daerah perbukitan dan rawa-rawa, serta aliran sungai yang masih alami dan jernih seperti sungai Kapuas dan sungai sekayam yang menjadi sumber utama perairan daerah tersebut.

Selain panorama indah yang masih alami, Sanggau juga memiliki banyak sekali kebudayaan serta kesenian yang dihasilkan dari suku Dayak yang mendiami daerah tersebut. Dengan begitu para wisatawan dapat mengenal secara dekat mengenai suku Dayak serta mempelajari budaya serta kesenian luar biasa dari suku Dayak yang selama ini dipandang sebelah mata oleh beberrapa orang. Objek wisata Senggau juga dapat menjadi destinasi wisata yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berkemah bersama karena memiliki panorama alam yang indah serta udara yang masih sejuk.

Bukan hanya menghadirkan objek wisata alami saja, Senggau juga menyajikan beragam kuliner khas Kalimantan Barat yang dapat melelehkan lidah para pengunjung yang mencicipinya. Salah satu kuliner khas Kalimantan Barat yang terkenal adalah Bubur Pedas Sambas. Bubur pedas sambas merupakan bubur yang terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng dengan campuran rempah serta sayuran. Rasa pedas yang tercipta dari bubur tersebut merupakan cita rasa dari rempah. Selain itu juga, bubur pedas sambas ini memiliki banyak gizi dan sangat cocok dimakan pada kawasan wisata Sanggau yang pada umunya memiliki ilkim sejuk dan dingin. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terhits di Sanggau, Kalimantan Barat.

1. Air Terjun Saka Dua

Air Terjun Saka Dua

Image Credit: Infodisbudparsanggau.blogspot.com

Air terjun saka dua merupakan salah satu objek wisata air terjun yang ada di Sanggau, Kalimantan Barat. Untuk bisa mencapai objek wisata tersebut, para pengunjung harus menghabiskan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu motor dari Desa Sungai Muntik dan setelahnya pengunjung harus menghabiskan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki untuk bisa mencapai objek wisata air terjun saka dua. Namun pemandangan yang disajikan alam sekitar air terjun saka dua, tidak akan membuat perjalanan para pengunjung menjadi sia-sia.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Mempawah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan alam yang masih alami serta jernihnya air yang mengalir dan udara segar yang dapat dinikmati dengan puas. Untuk bisa mencapai objek wisata air terjun saka dua, para pengunjung harus menyiapkan stamina yang prima demi menempuh perjalanan yang cukup lama.

Lokasi: Sungai Muntik, Mensogak, Djuliawaty, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.

2. Air Terjun Riam Macan

Air Terjun Riam Macan

Image Credit: Travel.detik.com

Objek wisata Air Terjun Riam Macan bukan hanya menjadi tempat wisata dengan pemandangan alami dan sungai yang jernih saja, tetapi tempat tersebut menjadi salah satu lokasi wisata religi bagi para pemeluk agama Katolik. Sehingga para pengunjung dilarang untuk mandi atau berenang di sekitaran air terjun riam macan karena tempat tersebut juga menjadi tempat wisata religi.

Air terjun riam macan merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki alam yang indah disekitarnya serta suasana yang dapat memberikan rasa damai bagi wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Beringin, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.

3. Air Terjun Pancur Aji

Air Terjun Pancur Aji

Image Credit: Travel.detik.com

Air terjun pancur aji merupakan objek wisata yang terletak di kawasan perbukitan pada pinggiran teluk sungai Kapuas yang berada di pesisir barat kota Sanggau. Objek wisata air terjun pancur aji merupakan objek wisata yang terbentuk dari pertemuan dua buah anak sungai, yaitu sungai monga dan sungai mawang.

Lokasi: Beringin, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.

4. Air Terjun Riam Asam Telogah

Air Terjun Riam Asam Telogah

Image Credit: Facebook.com @Ambar0897666

Bagi para pengunjung yang gemar melakukan kegiatan nge-camp bersama dan disajikan pemandangan alam yang indah, lokasi wisata air terjun riam asam telongah menjadi objek wisata yang sangat cocok. Bukan hanya pemandangan alamnya yang indah dan masih asri, air terjun riam asam telongah juga memiliki air yang sangat jernih dan segar sehingga akan sangat menyenangkan jika digunakan untuk berenang. Selain itu, untuk bisa menjangkau objek wisata yang bersangkutan, pengunjung hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan dari Kecamatan Tembayan.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Bukit Rindu Alam di Singkawang

Lokasi: Telogah, Kec. Noyan, Kab. Sanggau.

5. Air Terjun Kujato

Air Terjun Kujato

Image Credit: Wisatasia.com

Objek wisata air terjun kujato merupakan objek wisata yang baru diresmikan oleh pemerintah setempat sehingga belum banyak pengunjung yang mengetahuinya. Selain itu, objek wisata tersebut terletak ditengah hutan yang nyaris belum terjamah oleh penduduk setempat sehingga para pengunjung yang mengunjungi objek wisata air terjun kujato benar-benar akan disambut dengan suasana alam yang masih cukup liar.

Namun pengunjung tidak perlu khawatir akan binatang buas yang tinggal dihutan tersebut, karena pemerintah setempat telah menyediakan sistem keamanan yang terkendali bagi para pengunjung yang mengunjungi lokasi wisata tersebut. Air terjun kujato memiliki ketinggian sekitar 20 meter serta air yang jernih dan udara yang masih sejuk ditambah dengan pemandangan hutan yang masih alami dan liar.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Beringin, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.

6. Bukit Biang

Bukit Biang

Image Credit: Clarissaimas.blogspot.com

Bukit biang merupakan tempat wisata Sanggau yang terletak di Desa Nanga Biang yang berbatasan dengan Desa Belangin. Bukit biang menjadi salah satu spot yang cocok dikunjungi untuk berkemah serta mengambil foto dengan background alam yang indah. Pengunjung dapat berkemah pada daerah perbukitan dan menyaksikan matahari terbit serta tenggelam yang memberikan pemandangan indah serta menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Objek wisata bukit biang sebenarnya hampr sama dengan objek wisata bukit bamunt yang memiliki banyak ilalang hijau terbentang luas tak terbatas. Hanya saja pada bukit biang ilalang yang ada bukan berwarna hijau melainkan warna kuning yang menghasilkan keunikan tersendiri pada pemandangannya.

Lokasi: Nanga Biang, Kec. Kapuas, Kab Sanggau.

7. Bukit Bengkawang

Bukit Bengkawang

Image Credit: Sitimustiani.com

Bukit bengkawang merupakan lokasi wisata Senggau yang terletak di kecamatan Jangkang. Lokasi wisata ini sudah banyak dikenal wisatawan asing sehingga tidak mengherankan jika Anda menjumpai banyak sekali turis asing yang mengunjungi bukit tersebut. Selain wisatawan asing yang hendak menikmati pemandangan alam dari atas bukit bengkawang, banyak juga para peneliti yang mengunjungi tempat tersebut untuk melakukan penelitian mengenai sejarah serta etnis suku Dayak terutama Dayak Bidayuh yang mendiami daerah sekitar bukit bengkawang.

BACA JUGA:  Air Terjun Riam Merasap, Miniatur Niagara di Kalimantan Barat

Lokasi:  Semombat, Kec. Jangkang, Kab. Sanggau.

8. Bukit Bakmunt

Bukit Bakmunt

Image Credit: Focadti.blogspot.com

Bukit bamunt merupakan bukit dengan hamparan ilalang hijau segar yang terbentang luas tak terbatas. Bukit bamunt dapat menjadi spot yang menarik bagi Anda yang gemar mengabadikan moment liburan dengan latar belakang alam yang indah. Selain itu juga, pengunjung dapat melakukan kegiatan berkemah diatas bukit untuk menyaksikan fajar menyingsing dan tenggelam.

Lokasi: Nibok, Empodis, Kec. Bonti, Kab. Sanggau.

9. Kampung Wisata Sekayam

Kampung Wisata Sekayam

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Kampung wisata sekayam merupakan kampung dengan nuansa terang yang dihiasi pernak-pernik lampu yang berwana sehingga menjadikan kampung tersebut menjadi menarik dan banyak dikunjungi. Bukan hanya itu saja, kampung tersebut menyajikan beragam pameran kebudayaan serta kesenian Kalimantan Barat yang banyak diminati oleh wisatawan.

Kampung wisata sekayam menjadi lokasi wisata di Senggau yang banyak dikunjungi saat pergantian tahun baru atau terdapat acara tradisional yang diselenggaran warga setempat. Selain itu, makanan khas Kalimantan Barat juga banyak tersedia pada kampung wisata sekayam sehingga tidak akan meredupkan kampung wisata tersebut.

Lokasi: Bungkang, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.

10. Jembatan Gantung Sekayam

Jembatan Gantung Sekayam

Image Credit: Sanggauu.blogspot.com

Lokasi wisata jembatan gantung sekayam berlokasi di Tanjung Sekayam yang masih berada di wilayah Kecamatan Kapuas. Jembatan gantung sekayam merupakan lokasi wisata yang banyak dikunjungi karena memiliki penampilan yang indah dan menarik saat malam hari. Bukan hanya pada malam hari saja, sejak sore hari saja, lokasi wisata tersebut sudah banyak dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan muara sungai Sekayam.

Selain itu juga, pengunjung dapat melakukan kegiatan memancing pada pinggiran sungai dan menikmati sore hari yang indah. Lokasi wisata jembatan gantung sekayam juga dekat dengan lokasi kampung wisata sekayam yang akan menambah malam indah anda.

Lokasi: Sungai Sengkuang, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Senggau yang populer dan hits saat ini. Meskipun pada beberapa objek wisata memiliki medan yang cukup sulit dijangkau serta membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau lokasi yang bersangkutan, namun tidak menyurutkan niat para wisatawan yang ingin menikmati keindahan serta panorama alam dari Senggau.