Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata di Sangatta, Kutai Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Sangatta Kutai Timur, Kalimantan Timur. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Sangatta merupakan salah satu wilayah yang secara geografis terletak di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Sangatta merupakan wilayah yang dikenal dengan pertambangan baru baranya. Pertambangan baru bara di daerah ini sudah cukup lama dan juga sudah menjadi salah satu pemasok batu bara terbesar di Indonesia.

Meskipun dikenal sebagai salah satu wilayah pemasok batu bara, Sangatta juga merupakan wilayah yang memiliki alam yang indah. Beberapa lokasi di daerah tersebut dapat menjadi referensi sebagai tempat wisata dan berlibur keluarga. Salah satu kelebihan tempat-tempat wisata di daerah Sangatta ini adalah karena masih kurang tersentuh oleh masyarakat luas, sehingga kenaturalannya masih sangat terjaga.

Bagi para wisatawan ataupun warga lokal yang ingin mencari ketenangan jiwa, ada beberapa tempat yang dapat menjadi rekomendasi untuk dikunjungi ketika sedang mampir di Sangatta. Berikut ini 10 tempat wisata di Sangatta yang terbaru dan hits untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

1. Pantai Kenyamukan

Pantai Kenyamukan

Image Credit: Topwisata.info

Pantai Kenyamukan merupakan kawasan wisata yang berada tidak jauh dari pusat kota di daerah Sangatta. Pantai Kenyamukan ini sendiri merupakan pantai yang memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 50 meter secara keseluruhan. Jam operasional dari Pantai Kenyamukan ini adalah mulai dari 07.00 hingga pukul 22.00 dan hingga saat ini belum memperbolehkan adanya camp di daerah tersebut. Bagi Anda yang menghindar dari keramaian, pantai ini bukan menjadi rekomendasi. Pasalnya, karena jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sangatta membuat kawasan pantai ini menjadi kawasan pantai yang sangat jarang sepi pengunjung, khususnya pada saat akhir pekan alias weekend.

Lokasi: Jl. Kenyamukan, Sangatta Utara, Kec. Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur.

2. Pulau Birah-Birahan

Pulau Birah-Birahan

Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Pulau birah-birahan merupakan lokasi wisata yang terleak sedikit bergeser dari Sangatta. Akses untuk menuju pulau ini juga tidak begitu sulit. Cukup menggunakan perahu atau kapal motor yang dapat disewa dari orang-orang disekitar maka Anda dapat sampai ke pulau yang sangat indah ini. Pulau ini hampir sama dengan beberapa pulau yang terpisah dari daratan lainnya. Pulau Birah-Birahan memberikan pemandangan yang sangat indah dengan penampakan bawah laut yang sangat memukau dan juga sangat eksotis. Pulau ini masih sangat terjaga dari tangan-tangan nkal oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga pemandangan bawah laut seperti karang dan biota laut khas pulau Kalimantan akan memanjakan mata siapa saja yang datang berkunjung ke pulau ini.

BACA JUGA:  Pantai Melawai, Destinasi Wisata Populer di Kota Balikpapan

Lokasi: Pulau Birah-Birahan, Kec. Sangkulirang, Kab. Kutai Timur.

3. Pulau Miang

Pulau Miang

Image Credit: Fraunesia.com

Pulau Miang merupakan pulau yang terletak di Kecamatan yang sama dengan pulau Birah-Birahan yang merupakan destinasi wisata terkenal di Sangatta. Pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat memanjakan mata dan membuat Anda akan sangat malas untuk naik ke daratan untuk beberapa saat. Pulau ini memiliki populasi kurang lebih 500 jiwa dan dapat diakses dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit hingga satu jam. Untuk menuju pulau ini, akses yang ditawarkan adalah menggunakan long boat. Di pulau ini juga ada spesies berupa ikan hiu yang sangat cantik yang keberadaannya saat ini makin langka yakni ikan hiu tutul.

Lokasi: Pulau Miang, Kec. Sangkulirang, Kab. Kutai Timur.

4. Sumber Mata Air Sekerat

Sumber Mata Air Sekerat

Image Credit: Pesona.travel

Sumber mata air sekerat ini terletak tidak jauh di sekitar PT. API, Ketika hendak mencari sumber mata air Sekerat ini, tidak hanya kejernian dari air gunung yang didapatkan, akan dijumpai juga pemandangan hutan yang masih asri dengan satwa-satwa yang masih alami di dalamnya. Pemandangan gunung terlihat di dalam hutan menuju sumber mata air ini juga akan memanjakan mata. Tentu saja air dari sumber mata air ini sangatlah segar jika diminum.

Lokasi: Sekerat, Kec. Sangatta, Kab. Kutai Timur.

5. Pantai Teluk Lombok

Pantai Teluk Lombok

Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Pantai Teluk Lombok merupakan kawasan pantai yang menyajikan pemandangan laut dan pantai yang khas sebagai menu utamanya. Lokasi pantai ini juga tidaklah begitu jauh dari pusat perkotaan. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer untuk menuju lokasi pantai tersebut. Namun, lokasi ini sangat jarang sepi dari pengunjung karena jarak pantai ini yang tidak begitu jauh dari pusat kota.

BACA JUGA:  21 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sangkima, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.

6. Kawasan Goa Ampas Pandangan

Kawasan Goa Ampas Pandangan

Image Credit: Kutaitimurkab.go.id

Goa Ampas Pangandan merupakan objek wisata yang lokasinya sedikit bergeser dari Kecamatan Sangatta. Kawasan goa ini terletak kurang lebih 4 hingga 5 jam dari Sangatta, tepatnya berada di daerah Kecamatan Karangan. Goa ini menyajikan pemandangan yang sangat menarik. Terbentuknya goa Ampas Pandangan terjadi melalui proses geologi yang sangat lama. Di dalam goa tersebut, terdapat pemandangan berupa formasi stalagtil dan juga stalagmit. Kedua formasi tersebut baik stalagtil maupun stalagmit terbentuk dari proses geologis yang memakan waktu ratusan tahun. Selain adanya pemandangan berupa formasi stalagtil dan juga stalagmit, di sekitaran goa ini terdapat sumber air panas alami. Hal tersebut tentu akan memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Pemandangan gunung khas Borneo juga menjadi pemandangan yang di dapatkan ketika menuju lokasi kawasan goa tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Sangkulirang, Pengadaan, Kec. Karangan, Kab. Kutai Timur.

7. Pantai Teluk Kaba

Pantai Teluk Kaba

Image Credit: Jalanwisata.id

Pantai Teluk Kaba merupakan objek wisata yang terletak di Sangatta dan berada di lingkaran kawasan Taman Nasional Kutai atau lebih dikenal dengan TNK. Pantai Teluk Kaba ini juga merupakan kawasan pantai yang cukup unik dan berbeda dari beberapa pantai lain pada umumnya di Sangatta bahkan di Kutai. Secara geografis. Yang membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang cukup unik yang berada di Sangatta adalah karena pantai ini dikelilingi oleh vegetasi bakau. Vegetasi bakau  tersebut juga merupakan vegetasi yang masih sangat alami sehingga kesan alam dari pantai ini masih sangat terasa. Di sekitar pantai ini awalnya terdapat sebuah hutan yang menjadi salah satu tempat penangkaran hewan-hewan alami seperti rusa dan orang utan. Namun, semenjak kebakaran hutan terjadi, populasi hewan menjadi semakin menurun. Jam operasional pantai ini dimulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Balikpapan Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.

8. Kawasan Goa Gunung Kombeng

Kawasan Goa Gunung Kombeng

Image Credit: Intenskaltim.com

Lokasinya sedikit bergeser dari Sangatta namun tidak memerlukan waktu tempuh yang lama. Di dalam goa yang berada di Gunung Kombeng ini terdapat salah satu bukti peninggalan sejarah dari kerajaan tertua yang pernah berdiri di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai Kartanegara. Di dalam goa ini, terdapat sebuah patung yang merupakan peninggalan dari kerajaan tersebut. Goa ini pada awalnya dijadikan sebagai tempat beribadah dan juga sebagai tempat untuk pemujaan di zaman dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu goa ini akhirnya menjadi salah satu kawasan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di dalam goa ini juga terdapat susunan formasi batu stalagtit dan stalagmit yang masih sangat alami dan cukup enak untuk dipandang oleh mata.

Lokasi: Pantun, Kec. Muara Wahau, Kab. Kutai Timur.

9. Pantai Tanjung Bara

Pantai Tanjung Bara

Image Credit: Pesona.travel

Pantai Tanjung Bara juga dikenal dengan nama Pantai Aquatic merupakan kawasan pantai yang terletak di dalam wilayah PT KPC. Pantai Tanjung Bara memberikan panorama pemandangan langusung ke laut Makassar. Tak hanya itu pantai tanjung bara juga meruapakan kawasan pantai yang masih sangat sejuk karena dikelilingi oleh hutan bakau.

Lokasi: Singa Gembara, Kec. Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur.

10. Kawasan Air Terjun Batu Lapis

Kawasan Air Terjun Batu Lapis

Image Credit: Klikbontang.com

Tidak hanya berupa kawasan pantai dan goa yang diberikan oleh Sangatta, air terjun juga ada di wilayah ini. Air terjun Batu Lapis dapat menjadi salah satu destinasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Nama dari air terjun ini benar-benar menggambarkan bagaimana air terjun tersebut. Kawasan air terjun ini mengalir di batuan yang berlapis-lapis.

Lokasi: Kaliorang, Kec. Kaliorang, Kab. Kutai Timur.

Itulah 10 tempat wisata di Sangatta yang dapat dikunjungi ketika sedang berada disana. Setiap daerah pasti memberikan pengalaman yang berbeda dan menyajikan pemandangan alam yang beragam. Bagi para penikmat alam bebas, kawasan wisata yang berada di Sangatta ini dapat menjadi destinasi yang tepat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dan dapat merelaksasikan pikiran. Kawasan wisata di Sangatta ini dapat menjadi referensi wisata saat libur telah tiba.