Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Sambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Sambas, Kalimantan Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Siapa yang sudah pernah berkunjung ke Kalimantan Barat? Indah bukan?. Kalimantan Barat memang terkenal akan keindahannya. Berbagai flora dan fauna bisa Anda temukan di provinsi yang satu ini. Berkunjung ke Kalimantan Barat tak lengkap rasanya jika tak mampir ke daerah Sambas. Sambas merupakan salah satu permata yang menyimpan banyak wisata yang mempesona.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Sambas, Anda wajib berkunjung ke tempat yang satu ini. Keindahan Sambas tidak akan membuat pengunjungnya kecewa. Bagi Anda yang kebetulan sedang merencanakan liburan, Anda bisa memilih Sambas sebagai destinasi tempat liburan Anda. Berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata terhits di Sambas dengan keindahan yang akan memanjakan mata.

1. Pantai Tanjung Kemuning

Pantai Tanjung Kemuning

Image Credit by Pulaumadura.com

Tempat wajib yang pertama harus Anda kunjungi jika ke Kalimantan Barat khususnya Sambas adalah pantai tanjung kemuning. Pantai yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dan favorit masyarakat Sambas. Selama musim liburan, banyak wisatawan memilih untuk berlibur bersama keluarga di pantai tanjung kemuning.

Pantai yang satu ini menawarkan panorama yang mempesona, air yang jernih dan pantai yang masih bersih membuat Anda betah lama-lama berada di pantai yang satu ini. Pantai ini juga berhadapan langsung dengan laut natuna. Selama Anda berada di kawasan pantai, Anda akan dimanjakan dengan keindahan dan suasana yang nyaman. Anda bisa menunggu sampai matahari terbenam, untuk melihat keindahan yang takan Anda lupakan. Pantai tanjung kemuning sendiri berada di desa kecamatan paloh. Karena wisata yang satu ini cukup populer Anda tidak akan sulit menemukan lokasi pantai tersebut.

Lokasi: Tanjung Kemuning, Kec. Paloh, kab. Sambas.

2. Pantai bukit raya putri serai

Pantai bukit raya putri serai

Image Credit by Info-sambas.blogspot.com

Pantai lain yang tak kalah dengan pantai tanjung kemuning adalah bukit raya putri. Pantai yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama dengan adanya legenda mengenai pantai tersebut. Pantai yang satu ini memiliki legenda tentang seorang gadis bernama serai. Serai merupakan seorang putri yang cantik. Legenda tentang serai sendiri menjadi daya tarik pengunjung yang penasaran akan pantai yang satu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ketapang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Daya tarik pantai Sambas yang satu ini juga ada pada banyaknya bebatuan yang ada di bibir pantai. Meskipun indah, dengan adanya bebatuan tersebut Anda disarankan untuk lebih berhati-hati, terutama bagi anak-anak. Pantai yang satu ini memiliki keindahan pemAndangan yang bisa menghilangkan rasa penat Anda. Ajak keluarga untuk liburan bersama dan menghabiskan waktu selama berada di pantai. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di pantai ini ya.

Lokasi: Jawai Laut, Kec. Jawai Selatan, Kab. Sambas.

3. Pantai Selimpai

Pantai Selimpai

Image Credit by Iklankalbar.com

Tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selama di sambah adalah pantai selimpah. Pantai yang satu ini merupakan salah satu bagian dari kawasan konservasi yang ada di Kalimantan Barat, yakni Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing.

Pantai yang satu ini akan sangat berkesan bagi Anda, Anda bukan hanya dimanjakan dengan pantai yang indah serta suasana yang nyaman tapi juga melihat penyu-penyu. Pengalaman melihat penyu ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik terutama bagi anak-anak. Pantai ini memang menjadi pantai yang dibuat untuk pengembangbiakan penyu. Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis penyu seperti penyu belimbing, penyu sisik serta penyu hijau.

Daya tarik lain yang ditawarkan pantai ini adalah adanya deretan pinus yang berjejer mengelilingi pantai. Pengalaman berkunjung ke pantai selimpai akan menjadi pengalaman yang menarik untuk Anda maupun keluarga.

Lokasi: Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

4. Pantai Dungun Laut

Pantai Dungun Laut

Image Credit by Facebook.com @Desa Dungun laut KecJawai

Pantai yang kali ini dijuluki sebagai pantai terindah yang ada di Sambas. Pantai dungun laut juga mudah ditemukan. Jarak dari pusat kota untuk sampai ke pantai ini adalah 35 km. Pantai ini memiliki daya tarik pada warna air pantainya. Jika kebanyakan pantai berwarna biru, maka lain halnya dengan pantai dungun laut karena, pantai yang satu ini memiliki warna hijau tosca.

Keindahan warna pantainya membuat Anda betah berlama-lama. Anda bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang warna pantai yang unik ini. Foto hasil jepretan di pantai dungun laut dijamin instagramable dan sangat apik saat di unggah ke media sosial. Lokasi pantai ini berada di Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas. Pastikan Anda mengisi baterai hp maupun kamera Anda sampai penuh ya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Paling Hits

Lokasi: Dungun Laut, Kec. Jawai, Kab. Sambas.

5. Pantai Tanjung Datu

Pantai Tanjung Datu

Image Credit by Travel.kompas.com

Salah satu tempat wisata yang juga wajib Anda kunjungi selama berada di Sambas adalah pantai tanjung datu. Meskipun wisata yang satu ini juga pantai namun suasana yang ditawarkan juga berbeda lo. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang yang ada di Kalimantan Barat.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga pantai yang satu ini adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Anda bisa bermain pasir pantai atau bermain air di tepi pantai sampai menunggu matahari terbenam. PemAndangan matahari terbenang memang paling indah dilihat ketika Anda berada di pantai.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

6. Pantai Camar Wulan

Pantai Camar Wulan

Image Credit by Fanpop.com

Pantai cantik selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selama berada di Sambas adalah pantai camar wulan. Pantai yang satu ini juga menjadi destinasi favorite masyarakat sekitar lo. Keindahan pantai Sambas termasuk pantai camar wulan memang tak pernah ada matinya. Pantai ini menawarkan keelokan pemAndangan pantai yang cantik dipadu dengan suara debur ombak.

Bagi Anda yang hendak berwisata ke pantai ini, lokasinya berjarak 60 km dari pusat kota Sambas. Tak perlu khawatir meskipun cukup jauh, Anda akan menikmati keindahan pantai yang tiada duanya. Jangan lupa untuk berkunjung ke pantai yang satu ini jika Anda sedang berada di Sambas.

Lokasi: Jl. Temajuk, Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

7. Air Terjun Riam Caggat

Air Terjun Riam Caggat

Image Credit by Bombasticborneo.com

Jika Anda bosan dengan suasana pantai, Anda bisa beralih ke wisata air terjun. Wisata yang satu ini bisa Anda temukan di Sambas. Air terjun riam canggat menjadi salah satu air terjun paling banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan alam serta air terjunnya itu sendiri membuat orang betah berlama-lama dan membuatnya ingin kembali lagi. Wisata yang satu ini, cocok sekali buat Anda yang lelah dan bosan dengan suasana perkotaan yang monoton. Disini, Anda akan menikmati sejuknya udara yang bersih, pemAndangan alam yang masih asri, setra suasana yang jauh dari bising kendaraan.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Pantai Samudra Indah di Singkawang

Suasana yang damai saat Anda sampai di lokasi air terjun dapat membantu Anda menghilangkan rasa lelah dan stress. Anda bisa membasuh badan di bawah guyuran air terjun yang segar. pengalaman wisata ini akan menjadi wisata dengan nuansa menegangkan sekaligus menyenangkan.

Lokasi: Kaliau’, Kec. Sajingan Besar, Kab. Sambas.

8. Danau Sebedang

Danau Sebedang

Image Credit by Ksmtour.com

Keindahan Sambas seperti tidak ada habisnya. Setelah pantai dan air terjun Anda juga dapat berkunjung ke danau yang indah. Salah satu danau yang ada di Sambas adalah danau sebedang. Danau yang satu ini menawarkan keindahan alam serta warna cantik dari air danaunya. Luas danau sebedang mencapai 1 km persegi.

Wisata yang satu ini dikelilingi dengan gunung gunung yang membentang di sekitar danau. PemAndangan ini tentu menjadi hal menakjubkan yang bisa Anda lihat di danau sebedang. Bagi Anda yang berada di Sambas, Anda wajib mengunjungi wisata ini. Wisata danau sebedang akan membuat pengalaman wisata Anda menjadi hal yang tak terlupakan.

Lokasi: Sempelai Sebedang, Kec. Sebawi, Kab. Sambas.

9. Goa Alam Santok

Goa Alam Santok

Image Credit by Wisatakalimantan.com

Wisata yang tak kalah menarik yang ada di Sambas adalah goa alam santok. Bagi Anda yang senang wisata unik, Anda bisa mengunjungi goa yang satu ini. Perjalanan untuk sampai ke goa alam santok memakan waktu 3 jam jika Anda berangkat dari pusat kita sambaa. Goa alam santok ini bukan hanya menawarkan keindahan goa, tapi juga cocok untuk dijadikan tempat wisata religi bagi Anda yang beragama Kristen.

Di goa ini, Anda bisa melihat patung dari bunda Maria. Goa ini memang dijadikan tempat untuk ibadah atau untuk bermeditasi. Wisata yang satu ini akan membuat Anda sangat terkesan, Anda berdoa dengan Tuhan di tengah alam indah yang diciptakanNya. Selama Anda berkunjung disini, Anda akan merasa lebih tentram dan nyaman.

Lokasi: Goa Alam Santok, Kec. Sajingan Besar, Kab. Sambas.

10. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu

Image Credit by Indonesiakaya.com

Pantai yang satu ini juga terkenal akan keindahannya, Anda bisa berkunjung untuk berlibur dan menghabiskan waktu di pantai tanjung batu.

Lokasi: Pemangkat Kota, Kec. Pemangkat, Kab. Sambas.

Itulah 10 daftar tempat wisata di Kabupaten Sambas yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa mengambil momen wisata Anda yang tepat sesuai kebutuhan liburan Anda.