Kalimantan Timur

20 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Samarinda, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur. Wilayah ini memiliki luas 718 km persegi dengan ribuan gunung, danau dan hutan yang masih cuup luas. Sebagai bagian dari wilayah Indonesia tentu saja wilayah ini juga memiliki segudang panorama alam yang indah dan memesona. Terdapat juga berbagai peninggalan sejarah yang sarat akan makna.

Berbagai spot yang cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video menarik. Keramahan alam dan sensasi budaya yang sangat indah turut menjadi pesona tersendiri bagi para pelancong yang ingin mengunjungi. Tidak hanya turis dalam negri saja, sekarang hampir tiap wilayah di Indonesia menjadi incaran para turis asing yang ingin menikmati suasana berbeda yang jauh dari kota. Terutama bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau yang asri menjadi daya tarik tersendiri.

Kota yang sangat indah ini akan lebih menarik jika dikunjungi bersama sanak saudara atau sahabat tercinta. Wilayah yang luas dan masih asri ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati Indonesia lebih dekat. Nah, guna menambah daftar penasaran Anda terhadap wilayah ini silakan simak 20 rekomendasi tempat wisata di Samarinda berikut ini.

1. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden

Image Credit: Jalanwisata.id

Lokasi wisata ini sangat cantik dan indah sehingga banyak masyarakat yang mengabadikan keindahan ini dengan berfoto dan video. Latar belakang sungai yang biru dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan masyarakat sekitar.

Teluk ini sangat dekat dengan Sungai Mahakam, sehingga mereka yang berfoto di teluk ini dapat melihat Sungai Mahakam sebagai latar belakangnya. Angin yang menerpa bagian teluk ini sangat sejuk dan sepoi, terkadang pada sore hari angin agak kencang sehingga beberapa orang justru memanfaatkan pose yang pas seperti foto sampul majalah yang sedang diterpa angin kencang. Bagi pecinta foto, lokasi ini sangat pas dijadikan latar belakang dalam segala situasi.

Lokasi: Jl. RE Martadinata, Teluk Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

2. Jungle Water World

Jungle Water World

Image Credit: Jungle-water-world.business.site

Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan berbagai spot air yang mirip seperti hutan. Tidak hanya wahananya saja yang mirip namun berbagai tema dan dekorasi disesuaikan dengan nama lokasi yang mewakilkan. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini Anda dapat menikmati serangkaian wahana menarik yang tak kalah asiknya dengan yang ada di Dufan Jakarta.

Lokasi: Km. 24, Guntunglai, Jl. Bontang – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

3. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Wikipedia.org

Lokasi wisata ini memang masih terdapat di Tanah Merah. Sesuai dengan namanya, meski sederhana dan langsung menunjukkan pada lokasi namun pemandangan yang ditampilkan sangat cantik dan menarik. Sekilas, lokasi ini hanya terlihat seperti sungai biasa. Hanya saja ketika berkeliling menggunakan kapal maka Anda dapat melihat indahnya air terjun yang keluar dari bebatuan. Sungguh pemandangan yang sangat langka ditemukan diperkotaan.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

4. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Wartawisata.id

Terkadang nama sebuah tempat memiliki makna khusus yang tidak semua orang bisa mengartikan secara mudah. Sebab, keberadaan nama tempat ini tidak dapat diartikan begitu saja secara harfiah. Hanya saja pada lokasi air terjun ini terdapat beberapa mata air yang cukup banyak sehingga air terjun yang muncul akan terlihat sangat indah. Anda pasti akan takjub dan seketika ingin langsung bermain atau berfoto di bawah air terjun ini.

BACA JUGA:  10 Mall di Balikpapan yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

5. Waduk Benanga

Waduk Benanga

Image Credit: Niaga.asia

Waduk ini sekilas mirip dengan waduk pada umumnya. Hanya saja, keberadaan waduk ini bisa dikatakan sangat indah dan sejuk. Luas waduk ini sekitar 387,10 Ha dengan ke dalam air 1-2 meter. Fungsi utama waduk ini untuk irigasi dan pengendalian air hujan agar tidak banjir. Meski cukup luas dan dapat menampung banyak air namun dimusim kemarau waduk ini akan terlihat kering dan mengenaskan.

Pastikan berkunjung pada saat waduk terisi. Akan lebih baik jika Anda berkunjung pada saat musim hujan.

Lokasi: Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

6. Jembatan Mahakam

Jembatan Mahakam

Image Credit: Wikipedia.org

Panjang jembatan 400 meter ini menjadi penghubung utama antara Mahakam Utara dan Mahakam Selatan. Meski usianya sudah sangat tua, namun jembatan ini masih aktif memberikan lalu lintas yang baik bagi penduduk Samarinda. Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987 jembatan ini belum mengalami perbaikan.

Lokasi: Jl. Jembatan Mahakam, Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

7. Bukit Anggana

Bukit Anggana

Image Credit: Instagram.com @andihamz

Nama lain dari bukit ini adalah bukit teletubbies. Pasalnya, pada saat musim penghujan bukit ini akan bewarna hijau seperti karpet layaknya bukit buatan pada cerita fiksi Teletubbies. Meski dari jauh nampak seperti bukit buatan namun keaslian dari bukit ini tidak dapat dibandingkan dengan bukit buatan manapun.

Bukit ini berada di wilayah Anggana, Kutai kertanegara. Apabila Anda ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada saat musim hujan, karena pada saat kemarau datang bukit ini menjadi kering dan bewarna kuning dari kejauhan.

Lokasi: Kec. Anggana, Kab. Kutai Kartanegara.

8. Patung Pesut Tepian

Patung Pesut Tepian

Image Credit: Advanture.wordpress.com

Sebuah patung yang menjadi icon Kabupaten Samarinda. Meski hanya sebuah patung namun di sekitar area ini terdapat taman dan tempat parkir yang cukup luas sehingga para pengunjung dapat mampir sekedar untuk rehat atau melepas penat sejenak.

Apabila ingin sedikit kudapan Anda bisa berkeliling sejenak karena ada beberapa warung kecil yang menyediakan makan dan minum. Luasnya lahan parkir yang berdekatan dengan taman membuat lokasi ini cukup sejuk sehingga sangat pas jika istirahat sambil makan bekal atau beli di warung sekitar.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

9. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Image Credit: Blog.misteraladin.com

Biasanya, sebuah pulau terletak di tengah laut, namun berbeda dengan Pulau Kumala ini karena letaknya berada di tengah Sungai Mahakam. Di lokasi ini terdapat beberapa candi, bangunan adat dan patung lembu. Selain itu ada juga berbagai wahana modern seperti komedi putar, kereta mini, kereta gantung dan berbagai wahana menarik menarik lainnya. Masih ada juga sky tower yang memiliki tinggi 75 meter sehingga Anda akan terasa berada di kota modern. Akan lebih baik jika Anda mengabadikan keindahan itu dengan berfoto.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

10. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja

Image Credit: Instagram.com @arifpidi.a

Hutan ini memiliki panorama yang indah nan hijau. Sesuai dengan namanya, hutan ini ditanami ribuah pohon pinus yang membuat pemandangan semakin indah dan memesona. Sangat pas jika Anda berkunjung bersama keluarga untuk melakukan piknik dan makan bersama dibawah pohon yang indah dan asri ini.

Lokasi: Jl. Samboja – Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

11. Bukit Biru

Bukit Biru

Image Credit: Instagram.com @adeboyz.taurus22

Sebuah bukit yang diberi nama biru tidak lantas memiliki pemandangan yang sangat biru. Sebaliknya, gunung ini tentu memiliki warna hijau yang terdapat pada tiap bukit pada umumnya. Hanya saja pada waktu tertentu, bukit ini akan terlihat sangat biru dan lembut sehingga orang menamakan bukit dengan nama demikian.

Wilayah ini awalnya adalah lokasi transmigrasi dari penduduk Jawa. Tidak heran jika para penduduk sekitar bekerja sebagai petani. Populasi Jawa Samarinda juga turut menjadi budaya baru di wilayah ini sehingga Anda akan menemukan beberapa orang yang fasih menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa utama.

Lokasi: Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

12. Taman Tata Surya

Taman Tata Surya

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Taman ini didesain untuk menambah wawasan dan ilmu kepada masyarakat. Tidak heran jika pada taman ini terdapat berbagai bentuk dan keindahan tata surya. Dapat dikatakan taman ini merupakan miniatur dari susunan tata surya yang ada dalam gugusan galaxy bima sakti. Keberadaan taman ini tidak jauh dari Bukit Biru.

Lokasi: Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara.

13. Jam Bentong

Jam Bentong

Image Credit: Jalanwisata.id

Sebuah jam besar yang menjadi penengah kota ini dapat dinikmati oleh semua orang di segala penjuru. Keberadaanya yang tidak jauh dari kota membuat para pelancong dan turis penasaran ingin mengunjungi lokasi ini.

Konon katanya, jam bentong ini memiliki cerita dan kisah tersendiri yang sering dihubungkan dengan kepercayaan nenek moyang. Penduduk setempat sangat menjaga kelestarian dan keindahan jam ini dengan sangat baik sehingga para pengunjung menjadi senang dan bahagia dengan sambutan mereka.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No. 16, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

14. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Image Credit: Pesona.travel

Raja pertama yang berada di Kutai ini menjadi salah satu museum yang berada di Kota Samarinda ini. Tidak hanya peninggalan kerajaan Kutai saja yang disimpan di sini, namun berbagai peninggalan sejarah lainnya yang turut berperan dalam sejarah wilayah ini di letakkan di museum ini.

Lokasi: Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

15. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong

Image Credit: Mindalubis.com

Tempat ini lebih mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah. Duplikat budaya dan adat dari wilayah Samarinda bisa Anda lihat di tempat ini. Tidah hanya itu, suasana dan nuansa yang hadir juga masih sangat alami dan asri sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda terpopuler.

Sebuah wisata yang menawarkan berbagai adat dan budaya yang ada di wilayah Tenggarong ini tidak hanya berbagai baju adat saja. Namun juga beberapa senjata, rumah adat dan sepatu adat juga turut menyemarakkan wisata ini.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

16. Creative Park Tenggarong

Creative Park Tenggarong

Image Credit: Jalanwisata.id

Tidak hanya wawasan mengenai sistem tata surya, keberadaan ide dan kreativitas sangat dijunjung tinggi oleh pemerintah di Samarinda. Pemerintah setempat membangun sebuah taman yang di dalamnya terdapat berbagai benda kreatif dan unik.

Di tempat ini terdapat berbagai karya unik yang bisa dinikmati oleh semua orang. Pasalnya, tempat wisata ini didesain dengan taman luas yang disertai dengan beberapa tempat duduk dan spot yang pas untuk keluarga, Jadi semua orang bisa menikmati taman ini dengan nyaman. Baik tua, muda, bahkan mereka yang jompo sekalipun tetap bisa menikmati taman indah yang kreatif ini.

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kartanegara, Kab. Kutai Kartanegara.

17. Jembatan Pulau Kumala

Jembatan Pulau Kumala

Image Credit: Twitter.com @KukarUpdate

Jembatan ini masih satu wilayah dengan Pulau Kumala. Karena lokasi wisata ini sekaligus sebagai penghubung antara kota Tenggarong dan Pulau Kumala. Meski jembatan ini digunakan sebagai media transportasi namun sebagian orang memanfaatkan keindahan jembatan sebagai lokasi wisata yang patut diabadikan dalam sebuah foto atau video.

Banyak orang yang mampir untuk selfie atau membuat video singkat mengenai keindahan Jembatan Pulau Kumala ini.

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

18. Air Terjun Kedang Ipil

Air Terjun Kedang Ipil

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi Anda yang berada di luar daerah Samarinda pasti akan merasa bahwa tempat wisata ini memiliki nama yang cukup unik. Tidak hanya terlihat lucu dan menarik, lokasi wisata ini nampaknya memberikan suasana Samarinda yang sesungguhnya. Banyak air, hangat dan tenang, begitulah bayangan Samarinda pada umumnya. Meski banyak air dan memiliki kelembaban yang cukup tinggi namun hangatnya suasana membuat panorama alam yang ditawarkan makin indah dan menarik.

Lokasi: Kedang Ipil, Kec. Kotabangun, Kab. Kutai Kartanegara.

19. Pantai Pangempang

Pantai Pangempang

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tidak hanya memiliki sungai dan danau, Samarinda juga memiliki pemandangan pantai yang luar biasa. Angin yang sejuk dan ombak yang ramah membuat Anda ingin segera berlayar dengan kapal kecil yang ada di sekitarnya.

Lokasi ini dilengkapi dengan wahana yang indah dan menarik. Ada spot untuk foto, ada ayunan yang dihias, ada jembatan kayu dan beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Ingin menjadikan spot ini sebagai latar untuk prewedding juga sangat bagus sekali karena pemandangan dan suasana yang ditawarkan memang sangat indah.

Lokasi: Tj. Limau, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara.

20. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Image Credit: Lazuva.com

Taman rekreasi lembah hijau ini sangat indah dan menarik. Terdapat camping ground yang cukup luas dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang asik dan menarik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kolam pancing, replika hutan, kolam renang, area bermain anak, kafetaria dan masih banyak lagi.

Apabila Anda ingin berkemah hanya dengan keluarga saja lokasi ini sangat mendukung dan bisa dijadikan tempat yang pas. Anda tidak perlu membawa banyak orang, cukup dengan keluarga kecil yang dimiliki sudah dapat menikmati camping sederhana di lokasi yang lengkap dan indah sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dan kelaparan.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Nah, itulah 20 tempat wisata di Samarinda yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Sesuai dengan judulnya yakni yang sedang terhits dan terbaru maka tidak heran jika banyak orang yang pasang status atau memasang di story medsosnya dengan berbagai spot yang ada di atas. Agar tidak ketinggalan silakan saja kunjungi aneka spot tersebut sehingga Anda tetap dapat update dan ngehits.