Kalimantan Barat

44 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan Borneo yang Paling Terkenal

Pulau Kalimantan memiliki beragam objek wisata populer yang patut untuk dikunjungi. Berbagai destinasi wisata memukau tersebar di seluruh penjuru Borneo, dengan berbagai keseruan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pulau Kalimantan yang memiliki luas sekitar 755 ribu kilometer persegi begitu terkenal dengan keindahan alam yang masih sangat alami. Oleh karena itu, di pulau ini Anda dapat menemukan banyak sekali wisata alam. Tak hanya itu, wisata bahari, wisata belanja, maupun wisata kuliner juga bisa Anda temui ketika berkunjung ke pulau Borneo.

Siap untuk menjelajah di pulau dengan julukan seribu sungai ini? Yuk intip daftar tempat wisata yang paling terkenal di Pulau Kalimantan berikut.

1. Air Terjun Riam Batu Susun, Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Batu Susun, Kalimantan Barat

Image Credit: Instagram.com @wisatabengkayang

Destinasi wisata yang pertama hadir dari wilayah Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Bengkayang, yakni Air Terjun Riam Batu Susun. Air terjun ini memang cukup unik, karena pada tebingnya terdapat bebatuan yang nampak seolah telah disusun dengan sangat rapi. Dengan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter, Anda akan dimanjakan oleh airnya yang begitu jernih dan menyegarkan.

Lokasi: Mayak, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang.

2. Air Terjun Riam Batapsa, Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Batapsa,

Image Credit: Tempatwisata.pro

Satu lagi wisata air terjun yang tak kalah populer, yaitu Air Terjun Riam Batapsa yang berada di kawasan kaki Gunung Bawang. Karena lokasinya yang berada di kaki gunung, membuat destinasi wisata ini tergolong cukup sulit untuk dikunjungi, karena harus melewati jalanan yang cukup terjal. Namun melihat keindahan dari aliran air terjunnya, sungguh akan membuat semua lelah Anda selama di perjalanan seketika sirna.

Lokasi: Madi, Kec. Lumar, Kab. Bengkayang.

3. Air Terjun Riam Sebopet, Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Sebopet,

Image Credit: Tempatwisata.pro

Kalimantan memang benar benar memiliki wisata alam yang berlimpah, seperti yang terlihat pada Air Terjun Riam Sebopet yang berlokasi tidak jauh dari Kota Bengkayang. Air terjun ini memiliki kesan yang eksotis dengan debit airnya yang cukup deras. Di samping kiri dan kanannya ditumbuhi banyak pepohonan yang membuat udara menjadi sangat sejuk. Anda bisa menikmati kesejukannya sembari berenang di kolam yang berada di bawah air terjun.

Lokasi: Bani Amas, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

4. Bukit Jamur, Kalimantan Barat

Bukit Jamur, Kalimantan Barat

Image Credit: Disporapar.bengkayangkab.go.id

Salah satu objek wisata yang menjadi andalam wilayah Kabupaten Bengkayang adalah Bukit Jamur. Bukit ini ini juga dikenal dengan sebutan bukit batu, karena pada puncaknya terdapat banyak sekali tumpukan bebatuan yang besar. Biasanya banyak muda mudi yang menggunakan batu tersebut sebagai spot untuk melakukan swafoto. Ditambah dengan latar belakang lautan awan putih indah, tentu akan menghasilkan foto instagramable.

Lokasi: Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

5. Bukit Temenong, Kalimantan Barat

Bukit Temenong, Kalimantan Barat

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Jika pada Bukit Jamur memiliki lautan awan sebagai background foto, maka di Bukit Temenong yang menjadi latar belakang adalah birunya lautan yang indah. Bukit Temenong sendiri memiliki lokasi yang berdekatan dengan Pantai Kura Kura, yang menghadirkan pesona lautan serta beberapa pulau kecil di depannya. Selain menikmati keindahan lautan, Anda juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di bukit satu ini.

Lokasi: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

6. Gedung Pancasila, Kalimantan Barat

Gedung Pancasila, Kalimantan Barat

Image Credit: Sekolah.data.kemdikbud.go.id

Kalimantan tidak hanya memiliki wisata alam saja, wisata sejarah juga bisa dapatkan ketika mengunjungi Gedung Pancasila yang berada di tengah Kota Bengkayang. Gedung yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan ini telah dibangun sejak tahun 1950, dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai tempat pendidikan Bahasa Mandarin, itu sebabnya pada bagian depan gedung terdapat sebuah plakat dengan tulisan Mandarin.

Lokasi: Jl. Ngura, Bumi Amas, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

7. Goa Romo, Kalimantan Barat

Goa Romo, Kalimantan Barat

Image Credit: Mengenalbengkayang.com

Jika Anda ingin berpetualang yang seru, maka Goa Romo bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Goa ini sering juga disebut dengan nama Goa Kelelawar karena terdapat banyak sekali kelelawar serta burung wallet di dalamnya. Keunikan yang terdapat di objek wisata ini yaitu adanya lubang vertikal di bagian tengah goa, dan ketika musim penghujan akan terlihat seperti air terjun.

Lokasi: Romo, Kec. Sanggau Ledo, Kab. Bengkayang.

8. Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat

Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Beralih ke wisata bahari, di Kalimantan Barat terdapat sebuah pantai yang berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Batu Belat ini dimiliki oleh salah seorang warga, yang juga merupakan pemilik dari gazebo dan pondokan yang berada di pinggiran pantai. Oleh karena itu, pantai ini masih sangat alami dengan suasana yang begitu asri. Di tambah dengan banyaknya nyiur yang tumbuh di sekeliling pantai, membuat suasana eksotis yang begitu terasa.

Lokasi: Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

9. Pantai Gosong, Kalimantan Barat

Pantai Gosong, Kalimantan Barat

Image Credit: Pantainesia.com

Satu lagi wisata bahari yang ada di Kalimantan Barat, yakni Pantai Gosong. Pantai ini berdekatan dengan Pulai Semesak, bahkan ketika air laut surut Anda bisa berjalan kaki menuju ke Pulau Semesak. Menariknya lagi di sekitar pantai berjajar pohon kelapa yang begitu rapi, sehingga Anda tidak akan terpanggang oleh teriknya matahari ketika bermain pasir di pinggir pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Gosong, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

10. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Image Credit: Kompasiana.com

Di wilayah Kalimantan Tengah, terdapat destinasi wisata yang keindahannya bahkan sudah diakui oleh dunia. Sejak tahun 1984, Taman Nasional Tanjung Puting telah dijadikan sebagai pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Bahkan UNESCO telah menganggap taman nasional ini sebagai cagar biosfer. Taman yang cukup luas ini memiliki beberapa tipe ekosistem serta keindahan alam yang layak untuk Anda telusuri.

Lokasi: Teluk Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

BACA JUGA:  Pulau Randayan, Pulau Cantik Nan Eksotis di Kalimantan Barat

11. Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Satu lagi taman nasional yang ada di daerah Kalimantan Tengah yaitu Taman Nasional Sebangau. Taman ini merupakan rumah bagi 808 jenis flora, 54 spesies ular, 182 jenis unggas, 35 spesies mamalia termasuk orang utan, beruang madu, bekantan, dan berbagai satwa yang dilindungi lainnya. Lokasi dari taman nasional ini terletak di Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, dan sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

Lokasi: Jl. Mahir Mahar KM.1.2, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Kab. Pulang  Pisau.

12. Danau Tahai, Kalimantan Tengah

Danau Tahai, Kalimantan Tengah

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Destinasi wisata di Kalimantan Tengah satu ini tentu tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Pasalnya, Danau Tahai merupakan salah satu danau terbaik di Indonesia yang wajib untuk Anda kunjungi. Keindahan dari danau satu ini berasal dari suasana alam di sekitarnya, yang sangat menyita perhatian pengunjung. Di sekitar danau juga sudah disiapkan beberapa gazebo, sehingga Anda bisa bersantai di sana sembari menikmati pemandangan yang indah.

Lokasi: Tahai, Kec.Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

13. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng,

Image Credit: Detik.com

Tidak jauh dari lokasi Danau Tahai terdapat tempat wisata di Palangka Raya lainnya, yaitu Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orang Utan Survival. Tak hanya sekedar melihat orang utan dari habitat aslinya, Anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan orang utan yang hidup di penangkaran Nyaru Menteng ini.

Lokasi: Kompleks Arboretum Nyaru Menteng, Jl. Tjilik Riwut Km.28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

14. Bukit Tangkiling, Kalimantan Tengah

Bukit Tangkiling, Kalimantan Tengah

Image Credit: Mmc.kalteng.go.id

Seperti yang sempat disampaikan oleh Presiden Jokowi, bahwa Palangkaraya masih didominasi oleh kawasan hutan. Jadi tidak heran jika Anda bisa menemukan banyak sekali objek wisata yang masih sangat alami, seperti di Bukit Tangkiling ini. Bukit tersebut hanya berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota. Keunikan dari bukit ini terletak pada panorama alamnya, Anda bisa memandang jembatan Kahayan, hingga Bukit Baranahu dari kejauhan.

Lokasi: Tangkiling, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

15. Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah

Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah

Image Credit: Wikipedia.org

Tidak heran jika pulau Kalimantan dijuluki sebagai pulau seribu sungai, karena terdapat banyak sekali sungai yang bisa Anda temukan di pulau Borneo tersebut. Seperti salah satunya yaitu Sungai Kahayan, yang menjadi salah satu sungai terpanjang yang melintasi kota Palangka Raya. Anda bisa menikmati wisata susur sungai dengan menaiki sebuah kapal, sembari melihat pemandangan asri di sepanjang sungai tersebut.

Lokasi: Kota Palangka Raya, Kab. Gunung Mas dan Kab. Pulang Pisau.

16. Jembatan Kahayan, Kalimantan Tengah

Jembatan Kahayan, Kalimantan Tengah

Image Credit: Heikaku.com

Jembatan Kahayan membentang sepanjang kurang lebih 640 meter melintasi Sungai Kahayan. Jembatan ini memegang peran penting dalam hal transportasi di Kota Palangka Raya. Selain itu, struktur mewah dari Jembatan Kahayan ini juga menjelma menjadi salah satu objek wisata cantik yang ada di Kalimantan Tengah. Anda sebaiknya mengunjungi tempat wisata ini pada sore hari, agar dapat menyaksikan sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

17. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Kalimantan Tengah

Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Kalimantan Tengah

Image Credit: Kaltengpos.co

Salah satu hal yang wajib Anda lakukan ketika berlibur ke Kalimantan Tengah, adalah mengenal lebih dekat kebudayaan dari masyarakat suku Dayak. Berada di wilayah Pangkalan Bun, Anda bisa melihat secara langsung replika dari rumah adat Betang khas masyarakat suku Dayak di Pasir Panjang. Selain melihat rumah adatnya dari dekat, Anda juga bisa mengenal kebudayaan serta adat istiadat suku Dayak.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat.

18. Pantai Ujung Pandaran, Kalimantan Tengah

Pantai Ujung Pandaran, Kalimantan Tengah

Image Credit: republika.co.id

Jika berbicara mengenai wisata bahari, Kalimantan Tengah juga memiliki potensi wisata yang tak kalah unggul dengan daerah lainnya. Salah satu wisata pantai yang terkenal di daerah ini yaitu Pantai Ujung Pandaran. Pantai ini terletak di Desa Ujung Pandaran, dan cenderung cukup jauh jika diukur dari pusat Kota Sampit. Namun keindahan sunsetnya membuat jarak tidak lagi menjadi hambatan untuk berkunjung kemari.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

19. Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Image Credit: Inews.id

Sama halnya dengan Candi Borobudur di Yogyakarta, Pasar Terapung Lok Baintan merupakan tempat wajib yang harus Anda kunjungi saat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Di sini Anda bisa merasakan keseruan melakukan wisata belanja yang unik dan berbeda dari yang lain. Untuk mendapatkan sensasi tersebut, sebaiknya Anda datang menggunakan perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin selepas waktu sholat subuh.

Lokasi: Jl. Sungai Tandipah, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar.

20. Taman Wisata Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Taman Wisata Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pulau Kembang terletak di tengah tengah Sungai Barito. Pulau ini merupakan area konservasi bekantan dan kera ekor panjang, yang terbentuk secara alami. Selain bisa melihat dan berkenalan dengan kawanan kera yang cukup bersahabat, Anda juga bisa berfoto ria di hutan mangrove. Sungguh akan menghasilkan sebuah foto yang apik dan instagramable.

Lokasi: Tinggiran II, Kec. Tamban, Kab. Barito Kuala.

21. Taman Siring Sungai Martapura, Kalimantan Selatan

Taman Siring Sungai Martapura, Kalimantan Selatan

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat wisata di Kalimantan Selatan ini merupakan tempat nongkrong para kawula muda, dan selalu ramai pada sore hari. Taman ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin, dan merupakan salah satu tempat favorit bagi warga lokal. Bagi Anda yang hobi memancing, di taman ini juga menyediakan spot memancing yang digemari oleh mata pancing.

Lokasi: Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

22. Museum Wasaka, Kalimantan Selatan

Museum Wasaka, Kalimantan Selatan

Image Credit: Sungaimartapura.blogspot.com

Museum Wasaka merupakan simbol dari perjuangan rakyat Kalimantan Selatan pada zaman dahulu. Museum yang berlokasi di jalan H. Andir, Banjarmasin Utara ini memiliki arsitektus bangunan yang berbentuk panggung dengan atap tinggi, dan merupakan rumah adat dari wilayah Banjarmasin. Di Museum Wasaka, Anda bisa menemukan kleksi foto, seragam perjuangan, serta senjata yang digunakan untuk melawan penjajah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sintang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

23. Masjid Sultan Suriansyah, Kalimantan Selatan

Masjid Sultan Suriansyah, Kalimantan Selatan

Image Credit: Gontornews.com

Masjid Sultan Suriansyah menjadi destinasi wisata di wilayah Banjarmasin yang hadir dengan konsep wisata religi. Bagi Anda yang muslim, tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu situs bersejarah yang kental dengan nilai keislaman ini. Masjid ini merupakan masjid tertua di Banjarmasin, dimana bangunan yang dikenal juga dengan nama masjid Kuin ini telah dibangun pada tahun 1526 hingga 1550. Sejak saat itu, masjid ini memiliki arti yang penting bagi warga sekitar.

Lokasi: Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

24. Masjid Sabilal Muhtadin, Kalimantan Selatan

Masjid Sabilal Muhtadin, Kalimantan Selatan

Image Credit: Traverse.id

Masih berbicara mengenai wisata religi, Kalimantan Selatan juga memiliki Masjid Sabilal Muhtadin yang mampu menampung hingga 15 ribu jamaah. Rumah Allah ini semakin megah dengan ditambah dengan 5 menara di sekelilingnya. Masjid tersebut telah dibangun sejak tahun 1981, dan hingga kini menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Kalimantan Selatan.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No.1, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

25. Sungai Amandit, Kalimantan Selatan

Sungai Amandit, Kalimantan Selatan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Sungai Amandit berada di kawasan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan menawarkan konsep wisata yang cukup menantang adrenalin. Bagaimana tdak, di sini Anda akan diajak untuk melakukan rifting di aliran sungai yang cukup luas. Namun rifting ini sedikit berbeda dengan rifting pada umumnya, karena menggunakan bambu sebagai sarananya. Perjalanan rifting nantinya akan berakhir di Desa Tanuhi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Lokasi: Hulu Banyu, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

26. Pantai Jodoh Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Pantai Jodoh Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Image Credit: Nativeindonesia.com

Untuk Anda yang masih berstatus single atau jomblo, jangan berkunjung kemari untuk mencari jodoh. Karena hanya namanya saja Pantai Jodoh, namun tidak ada salahnya juga jika Anda memang berniat mencari jodoh di pantai satu ini. Pantai Jodoh berada tidak jauh dari lokasi taman siring, spot ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk dinikmati di sore hari dengan ditemani hembusan angin yang sejuk.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

27. Menara Pandang Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Menara Pandang Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Image Credit: Disbudpar.banjarmasinkota.go.id

Berjalan jalan ke Kalimantan Selatan, tentu Anda tidak boleh melewatkan dstinasi wisata satu ini. Objek wisata Menara Pandang yang berlokasi di Banjarmasin ini, memiliki begitu banyak pesona yang akan memanjakan Anda. Mulai dari menyuguhkan pemandangan dari ketinggian, dan berbagai fasilitas seru di dalam menaranya yang terdiri dari 3 lantai. Selain itu, menara ini juga berdekatan dengan pasar apung sehingga Anda bisa sekaligus melakukan wisata belanja.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.07, RT.16/RW.2, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

28. Bukit Batu Dinding, Kalimantan Timur

Batu Dinding

Image Credit: Genpi.co

Destinasi wisata yang berada di Kalimantan Timur ini bisa Anda temukan setelah menemouh perjalanan kurang lebih 45 kilometer dari Balikpapan. Sesuai dengan namanya, Bukit Batu Dinding memiliki formasi bebatuan yang sangat fotogenik dengan panjang kurang lebih 500 meter. Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, sebaiknya gunakan sepatu dengan bahan yang kuat. Anda juga perlu ekstra berhati hati, karena pijakan kaki hanya sekitar 5 meter saja.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

29. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Image Credit: Totabuan.news

Pulau Derawan menjadi salah satu destinasi paling populer di wilayah ujung Kalimantan Timur. Pulau ini menawarkan pesona bahari yang begitu mengagumkan. Berbagai aktivitas seru pun bisa Anda lakukan, mulai dari surfing, snorkeling, diving, atau hanya sekadar bermain di pesisir pantai. Aktivitas seru Anda akan ditutup dengan layanan penginapan yang super lengkap, dan bisa disesuaikan dengan dana di kantong.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau.

30. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Image Credit: Mongabay.co.id

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika ingin melihat ubur ubur secara langsung di Kalimantan Timur, maka tempat yang harus dituju yaitu Pulau Kakaban. Masih berada di satu gugus dengan Pulau Derawan, Pulau Kakaban ini memiliki segudang keunikan sendiri. Salah satunya yaitu adanya danau di pulau tersebut. Danau kecil yang berada di tengah lautan tentu sangat unik, dan danau tersebut merupakan habitat dari ubur ubur yang jumlahnya mencapai ribuan.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau.

31. Pulau Maratua, Kalimantan Timur

Pulau Maratua, Kalimantan Timur

Image Credit: Phinemo.com

Para penikmat wisata bawah laut tentu tak boleh melewatkan Pulau Maratua. Terletak di gugusan pulau terluar Indonesia, Pula Maratua menawarkan berbagai hal yang bisa membuat Anda teramat kagum dengan keindahannya. Mulai dari panorama sunsetnya yang menakjubkan, hingga panorama bawah lautnya yang diibarkan seperti secuil potongan surga karena keindahannya. Karena begitu menawannya, pesona dari Pulau Maratua tak bisa diungkapkan dengan kata.

Lokasi: Teluk Harapan, Kec. Maratua, Kab. Berau.

32. Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Image Credit: Rimbakita.com

Satu lagi pulau indah yang bisa Anda jelajahi di Kalimantan Timur, yaitu Pulau Sangalaki. Keindahan pantai yang dimiliki pulau ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pasir putih yang berpadu dengan lambaian nyiur serta ombak yang bergerak perlaha, akan memberikan perasaan nyaman ketika berada di sana. Belum lagi dengan pemandangan bawah airnya yang sangat memukau, Anda pasti akan terus berdecak kagum melihat keindahannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kubu Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Sangalaki, Kec. Derawan, Kab. Berau.

33. Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Image Credit: Wartawisata.id

Taman Nasional Kutai merupakan tempat wisata yang pas untuk Anda, yang ingin mengenal lebih dekat mengenai pesona alam dan satwa dari Kalimantan Timur. Taman seluas 198 ribu hektar ini berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Bontang. Di sini Anda bisa melihat berbagai ekosistem, seperti hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan dipterocarpaceae campuran, vegetasi hutan kerangas, dan lain sebagainya.

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.

34. Goa Haji Mangku, Kalimantan Timur

Goa Haji Mangku, Kalimantan Timur

Image Credit: Ksmtour.com

Sejatinya wisata alam ini lebih tepat jika disebut dengan danau, namun pintu masuk menuju lokasinya memang harus melalui mulut goa yang terendam air payau. Yang paling mengesankan dari objek wisata Goa Haji Mangku adalah warna, yang berwarna toska muda dengan sangat mempesona. Pemandangan bawah airnya juga begitu istimewa, karena terdapat cerug atau jurang dengan dasar yang tidak terlihat.

Lokasi: Pulau Maratua, Kec. Derawan, Kab. Berau.

35. Goa Batu Gelap, Kalimantan Timur

Goa Batu Gelap, Kalimantan Timur

Image Credit: Wikipedia.org

Satu lagi goa misterius yang wajib Anda kunjungi di Kalimantan Timur adalah Goa Batu Gelap. Tak hanya misterius, namun terdapat sisi keindahan yang bisa Anda telusuri di sini. Berbicara mengenai keindahannya, pada awal memasuki goa Anda akan langsung berjumpa dengan puluhan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dalam goa. Goa cantik ini berada di kawasan Desa Suka Maju, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lokasi: Simpang Birawa, Sukamaju, Kec. Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara.

36. Ladang Budaya Tenggarong, Kalimantan Timur

Ladang Budaya Tenggarong, Kalimantan Timur

Image Credit: Mindalubis.com

Ladang Budaya Tenggarong merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk berlibur keluarga. Di sini Anda bisa menjumpai berbagai wahana yang ramah anak, dengan beragam fasilitas yang seru. Seperti play ground, camping ground, dan paint ball arena. Tapi yang paling mencuri perhatian pengunjung adalah arsitektur dari penginapan yang disediakan. Karena penginapannya berbentuk sejumlah pondok yang berjajar di dekat pepohonan yang rindang.

Lokasi: Jl. H. Bachrin Seman No.12, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

37. Air Terjun Sianak, Kalimantan Utara

Air Terjun Sianak

Image Credit: Seringjalan.com

Air Terjun Sianak yang berlokasi di Pulau Sebatik, tepatnya di perbukitan dan di tengah hutan, menjadi sebuah tantang tersendiri ketika berkunjung ke sana. Tempat wisata di Kalimantan Utara ini memang cukup tersembunyi, jadi Anda harus menggunakan seorang pemandu dari desa setempat. Ketika tiba di kawasan air terjunnya, eksotis mungkin kata yang pertama kali terlintas di pikiran Anda. Udara sejuk dengan jernihnya air terjun menjadi daya tarik objek wisata ini.

Lokasi: Bambangan, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

38. Air Terjun Binusan, Kalimantan Utara

Air Terjun Binusan, Kalimantan Utara

Image Credit: Instagram.com @bayusetyawan.rb

Satu lagi air terjun nan eksotis yang ada di Kalimantan Utara yaitu Air Terjun Binusan. Terletak di dalam Kebun Raya Binusan dengan panorama hutan lindungnya, semakin membuat air terjun ini terlihat begitu asri. Banyaknya pepohonan yang mengelilngi menjadikan tempat wisata ini sejuk meski ramai akan pengunjung. Di sini Anda juga diperbolehkan untuk menceburkan diri di kolam air terjun, atau hanya sekadar berendam saja.

Lokasi: Binusan, Kec. Nunukan, Kab. Nunukan.

39. Bukit Damai, Kalimantan Utara

Bukit Damai, Kalimantan Utara

Image Credit: Ksmtour.com

Bukit Damai merupakan salah satu tempat hits yang ramai diperbincangkan oleh kalangan traveler beberapa waktu lalu. Sesuai dengan namanya ketika berkunjung ke sini Anda akan menemukan kedamaian dari bukit hijau yang ditumbuhi ilalang, dengan udara khas perbukitan yang sejuk. Bukit ini menjadi salah satu spot fotografi populer di Kabupaten Nunukan. Jadi jangan heran jika di sana Anda akan menemukan banyak orang yang melakukan sesi pemotretan.

Lokasi: Bukit Damai, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

40. Giram Luyu, Kalimantan Utara

Giram Luyu, Kalimantan Utara

Image Credit: Tempatwisata.pro

Sungai Pesiangan atau lebih dikenal dengan Giram Luyu, dalam bahasa Dayak memiliki arti yaitu Jeram Longsor. Karena dulunya pernah terjadi longsor yang cukup besar di tahun 1812, dan membuat bebatuan di perbukitan jatuh di Sungai Pesiangan. Oleh karena itu hingga kini sungai ini sering disebut dengan nama Giram Luyu. Di sini Anda bisa menikmati keseruan menyusuri arus deras dari sungai, dengan menyewa perahu motor atau longboat.

Lokasi: Labang, Kec. Lumbis Ogong, Kab. Nunukan.

41. Pantai Batu Lamampu, Kalimantan Utara

Pantai Batu Lamampu

Image Credit: Marketeers.com

Pantai Batu Lamampu juga terkenal dengan sebutan pantai jodoh, karena terdapat mitos legendaris yang hidup di kawasan pantai tersebut. Ada kepercayaan barang siapa yang mengikat seutas tali di ranting pohon beringin yang ada di bebatuan karang, maka akan segera menemukan jodohnya. Percaya tidak percaya, banyak pengunjung yang datang hanya untuk melakukan mitos tersebut.

Lokasi: Tanjung Karang, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

42. Pantai Eching, Kalimantan Utara

Pantai Eching

Image Credit: Wisatasia.com

Salah satu pantai favorit masyarakat Kabupaten Nunukan adalah Pantai Eching. Ombak yang ada di pantai ini cukup tenang, sehingga cocok sebagai tempat wisata keluarga. Anda bisa mengajak anak anak Anda untuk bermain di pesisir pantai, tanpa takut tiba tiba ada ombak yang datang. Selain pantainya yang indah, ada juga dermaga Mako TNI yang menjadi spot swafoto para wisatawan yang datang berkunjung.

Lokasi: Jl. Ujang Dewa, Selisun, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

43. Pantai Simangkadu, Kalimantan Utara

Pantai Simangkadu, Kalimantan Utara

Image Credit: Tempatwisatadiindonesia04.blogspot.com

Wisata bahari satu ini cukup unik, karena pada sebagian wilayah pantainya terdapat rumput ilalang nan hijau sedangkan sisi lainnya berpasir putih. Garis pantainya juga cukup panjang, jadi Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk menyusuri pesisir pantai. Selain itu, Pantai Simangkadu juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa puas bermain air di pantai tersebut.

Lokasi: Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

44. Museum Roemah Boendar, Kalimantan Utara

Museum Roemah Boendar, Kalimantan Utara

Image Credit: Kompas.com

Museum Roemah Boendar merupakan sebuah bangunan yang berisikan penuh nilai nilai sejarah. Museum ini telah berdiri sejak tahun 1930 an, dan menjadi salah satu peninggalan jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Museum Roemah Boendar berlokasi di Tarakan, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit dari pusat kota. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Bandar Udara Internasional Juwata.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

Kalimantan memang merupakan pulau ketiga terbesar, setelah Papua Nugini dan Greenland. Tak ayal jika pulau Borneo ini memiliki banyak sekali objek wisata, dengan beragam konsepnya yang berbeda. Jika Anda berkunjung ke Pulau Borneo ini, maka bukan ide yang buruk untuk berkunjung ke berbagai objek wisata yang disuguhkannya. Jadi, tertarik untuk menelusuri destinasi wisata di Pulau Seribu Sungai?