Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Pulang Pisau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Pulang Pisau? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Pulang Pisau adalah salah satu kabupaten di Kalimantan tengah yang menyimpan banyak tempat wisata indah nan cantik. Bak mutiara, Kalimantan tengah memiliki segudang tempat wisata yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

Salah satu daerah yang bisa Anda kunjungi untuk mengeksplorasi wisata yang ada di Kalimantan tengah adalah Pulang Pisau. Pulang Pisau mungkin masih jarang Anda dengar namanya, namun siapa sangka jika Pulang Pisau memiliki keindahan yang tersembunyi.

Pulang Pisau kini bahkan di gadang-gadang menjadi salah satu kandidat dari ibukota baru. Anda bisa bisa menjelajah ke tempat wisata di Pulang Pisau terlebih dahulu sebelum tempat yang satu ini dipadati oleh pengunjung. Penasaran wisata apa saya yang bisa Anda kunjungi? Berikut ulasannya.

1. Danau Lais

Danau Lais

Image Credit: Bombasticborneo.com

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pulang Pisau adalah danau lais. Danau yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memancing. Warga sekitar bahkan mencari penghasilan lewat memancing. Disini, warga tak memperbolehkan untuk mendapatkan ikan dengan metode yang bisa merusak ekosistem sehingga lingkungan danau tidak akan rusak.

Kepedulian warga terhadap lingkungan membuat danau yang satu ini semakin terjaga dan lestari. Anda bisa melihat bagaimana kehidupan warga sekitar dan melihat bagaimana budaya masyarakat yang tinggal di sekitar danau lais. Bagi Anda yang hendak berkunjung. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 untuk tiket masuk.

Lokasi: Jl. Palangkaraya-Buntok, Tj. Sanggalang, Kec. Kahayan Tengah, Kab. Pulang Pisau.

2. Danau Begantung

Danau Begantung

Image Credit: Mongabay.co.id

Danau yang satu ini juga tak kalah menariknya dengan danau lain. Danau begantung adalah danau yang sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing. Anda bisa membawa alat pancing Anda untuk berburu ikan disini. Bagi Anda yang tak senang memancing, Anda bisa menikmati keindahan danau begantung dengan menyusuri danau ini dengan perahu. Saat Anda Berwisata di sin,i Anda akan merasa nyaman karena lingkungan yang bersih dan warganya pun sangat ramah.

Lokasi: Pusaka, Kec. Jabiren Raya, Kab. Pulang Pisau.

3. Danau Batu

Danau Batu

Image Credit: Pesona.travel

Keindahan Pulang Pisau seakan tak ada habisnya. Danau batu merupakan salah satu danau yang memiliki keindahan pemAndangan. Selain dapat melihat betapa cantiknya danau yang satu ini, Anda bisa melihat budaya masyarakat setempat karena mereka masih menjalankan budaya mereka dengan baik.

BACA JUGA:  Pantai Pagatan, Destinasi Favorit Berakhir Pekan di Tanah Bumbu

Berkunjung ke sini tidak akan membuat Anda menyesal. Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus belajar mengenai hal baru, yakni melihat budaya yang masih dijaga oleh masyarakat sekitar danau.

Lokasi: Tuwung, Kec. Kahayan Tengah, Kab. Pulang pisau.

4. Danau Sabuah

Danau Sabuah

Image Credit: pinterest.com

Tempat wisata yang satu ini terbilang cukup populer. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi danau sebuah. Danau yang alami yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Fasilitas umum yang ada di danau sebuat seperti wc juga tersedia sehingga Anda tak perlu pusing saat sedang ingin ke toilet.

Sama seperti danau lainnya yang ada di Pulang Pisau, di danau sebuah pun lingkunganya sangat bersih karena warga merawat danau dengan sangat baik.

Bagi Anda yang senang memancing, mengunjungi danau sebuah adalah pilihan yang sangat tepat. Disini, Anda bisa menghabiskan waktu sambil memancing dengan didampingi alam yang cantik.

Lokasi: Tuwung, Kec. Kahayan Tengah ,Kab. Pulang Pisau.

5. Pantai Sematan

Pantai Sematan

Image Credit: Mediacenter.pulangpisaukab.go.id

Jika berkunjung ke Pulang Pisau, maka Anda harus mengunjungi pantai samatan. Pantai yang satu ini menyuguhkan panorama yang indah dengan lautnya yang jernih dan bersih. Selama mengunjungi pantai ini, Anda bisa bermain bersama teman, keluarga atau orang terkasih. Jangan lupa untuk tinggal di pantai ini lebih lama, setidaknya sampai matahari tenggelam karena pemAndangannya begitu mempesona ketika matahari tenggelam secara perlahan. Liburan keluarga sangat cocok jika dihabiskan dengan pergi ke pantai. Anak-anak akan sangat senang berlarian di tepi pantai atau bermain pasir pantai.

Lokasi: Cemantan, Kec. Kahayan Kuala, Kab. Pulang Pisau.

6. Jembatan Tambang Nusa

Jembatan Tambang Nusa

Image Credit: Diyanzahro.wordpress.com

Salah satu ikon atau daya tarik dari Pulang Pisau adalah jembatan tambang nusa. Jembatan yang satu ini bahkan menjadi yang terpanjang di Indonesia. Anda bisa menyusuri jembatan sembari berkendara. Jembatan tambang nusa kini menjadi salah satu ikon yang terkenal dari Pulang Pisau. Anda bisa meyusuri jembatan ini di kala malam sambil menikmati keindahan kota Pulang Pisau dengan lampu-lampu yang mempercantik kota.

BACA JUGA:  Pantai Swarangan, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Tumbang Nusa, Kec. Jabiren Raya, Kab. Pulang Pisau.

7. Pulau Salat

Pulau Salat

Image Credit: Borneonews.co.id

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah pulau salat. Mengunjungi pulau salat akan membawa pengalaman yang berbeda bagi Anda. Pulau yang satu ini merupakan tempat singgah dari orang utan.

Orangutan memang menjadi satwa yang dijaga oleh pemerintah karena jumlahnya yang semakin hari semakin berkurang. Habitat orangutan yang semakin beralih fungsi menjadi pemukiman membuat satwa yang satu ini mengalami penurunan populasi. Anda bisa melihat orangutan saat berada di pulau salat. Pengalaman yang satu ini tidak akan ternilai harganya karena Anda melihat bagaimana kehidupan orang utan yang tingkah lakunya mirip dengan manusia. Pengalaman melihat orang utan di habitat aslinya akan sangat menarik bagi para wisatawan. Tak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat ini dengan anak-anak supaya mereka lebih mencintai satwa dan mau menjaga lingkungan.

Lokasi: Pilang, Kec. Jabiren, Kab. Pulang Pisau.

8. Pulau Mintin

Pulau Mintin

Image Credit: Mongabay.co.id

Pulau yang satu ini juga wajib Anda kunjungi saat berada di Pulang Pisau. Anda akan melihat keindahan pulau mintin yang begitu cantik, pohon-pohon rindang serta angin yang berhembus dapat membawa kesegaran tersendiri bagi Anda yang berkunjung ketika cuaca mulai terik.

Pulau yang satu ini juga menyimpan sebuah legenda yang dipercaya masyarakat setempat. Konon katanya pulau mintin di jaga oleh naga yang melindungi pulau. Pulau yang satu ini sangat dijaga oleh penduduk dan keindahannya menjadi daya Tarik utama pulau mintin. Penasaran? Kunjungi saja wisata pulau mintin ketika Anda berada di Pulang Pisau ya.

Lokasi: Mintin, Kec. Kahayan Hilir, Kab. Pulang Pisau.

9. Taman sumbu kurung

Taman sumbu kurung

Image Credit: Suarakahayannews.com

wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah taman sumbu kurung. Taman yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar selfie. Banyak spot di taman sumbu kurung yang sangat instagramable. Anda bisa mengambil banyak gambar selama berada di taman sumbu kurung karena banyak spot foto menarik yang bisa Anda gunakan menjadi background foto Anda. Taman sumbu kurung juga cocok menjadi tempat santai Anda dan keluarga. Anda bisa ngobrol sembari melihat aktivitas orang yang berlalu lalang atau melihat keindahan dekorasi dari taman ini. Jika Anda ingin melihat taman yang semakin indah, maka Anda bisa berkunjung saat malam karena taman yang satu ini dihiasi lampu -lampu yang indah dipAndang mata.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Tengah Paling Hits Dikunjungi

Anda bisa menciptakan momen berharga dengan keluarga maupun teman selama berada di taman sumbu kurung. Jangan lupa untuk membeli beberapa makanan yang dijajakan di sekitar taman. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang malas pergi ke tempat wisata yang jalannya masih sulit diakses.

Lokasi: Pulang Pisau, Kahayan Hilir, Kab. Pulang Pisau.

10. Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat wisata yang sangat wajib Anda kunjungi ketika berada di Pulang Pisau adalah taman nasional sebangau. Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional yang ada di Kalimantan tengah. Berbagai flora dan fauna bisa Anda lihat selama mengunjungi taman nasional. Hutan rawa gambut yang mulai sulit dijumpai bisa Anda temukan di sini.

Berbagai flora dan fauna hidup serta dijaga agar populasinya bisa naik atau setidaknya tidak punah dari muka bumi. Mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan taman nasional yang suasana alamnya sangat terjaga. keindahan hutan dengan segala makhluk hidup di dalamnya dapat Anda amati sekaligus nikmati selama berada di sini. Anda bisa melihat sekitar 808 jenis tumbuhan, berbagai jenis mamalia, burung bahkan spesies ular. Taman nasional sebangau menjadi rumah bagi orangutan yang sekarang mulai sangat dijaga. pengalaman berkunjung ke taman wisata ini menjadi pengalaman yang tidak akan Anda lupakan.

Berkunjung ke taman nasional sebangau bukan hanya dapat membawa keindahan panorama alam tapi terdapat flora dan fauna yang mungkin baru pertama kali Anda lihat selama hidup Anda. Pastikan Anda mengunjungi taman nasional sebangau ketika Anda berada di Pulang Pisau. Pengalaman mengunjungi taman nasional ini akan menjadi salah satu pengalaman paling menarik di hidup Anda.

Lokasi: Jl. Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Sebangau Kuala, Kab. Pulang Pisau.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Pulang Pisau terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi. Berbagai tempat tersebut dapat membawa pengalaman yang tak terlupakan sekaligus menjadi pengalaman yang berharga dalam hidup Anda. Anda seolah diajarkan betapa pentingnya menjaga kelestarian alam sepulang dari wisata di Pulang Pisau.