Kalimantan Barat

22 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Pontianak, Kalimantan Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Pontianak merupakan salah satu kota besar yang ada di Kalimantan, tak hanya itu, Pontianak juga merupakan ibu kota dari Kalimantan Barat. Kota yang satu ini kerap kali dikunjungi wisatawan dari luar kota. Bagaimana tidak, keindahanya yang memikat, menjadikan kota yang terkenal akan Sungai Kapuasnya tersebut menjadi magnet wisatawan yang sedang berkunjung ke Kalimantan Barat.

Wisata yang ada di kota Pontianak ini, akan membuat Anda memiliki pengalaman liburan baru. Suasana yang berbeda dari kota besar lainnya menjadikan kota Pontianak menjadi kota yang cocok dikunjungi bagi Anda yang sedang ingin berlibur dengan kekasih, keluarga maupun, seorang diri.

Wisata di Pontianak sendiri sangatlah lengkap. Ada wisata yang cocok untuk Anda yang senang wisata edukasi, wisata religi, wisata sejarah dan tentu saja tempat rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga juga ada disini. Penasaran, tempat wisata apa saja yang ada di kota Pontianak? Berikut daftarnya.

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Image Credit: Pesona.travel

Ingat Pontianak, tentu ingat dengan tugu khatulistiwa bukan? Tugu yang satu ini memang menjadi ikon dari kota Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. Jika Anda sedang berada di Pontianak, maka jangan sampai lupa untuk mengunjungi tugu ikonik ini, jarak tugu khatulistiwa dari kota Pontianak hanya 3 km.

Selain Anda bisa menikmati keindahan akan arsitektur tugu khatulistiwa, Anda juga bisa sekalian belajar mengenai berbagai informasi garis khatulistiwa. Sudah liburan, Anda juga bisa sekalian belajar. Wisata yang ada di kota Pontianak ini, akan membu tersebut akan terjadi fenomena alam dimana matahari akan berada tepat di atas garis khatulistiwa. Fenomena tersebut akan membuat seluruh benda yang terletak diatas garis tersebut tidak akan memiliki bayangan.

Jam Operasional tugu khatulistiwa: Setiap Hari 07.00 – 22.00. Anda bahkan hanya perlu merogoh kocek Rp 1.000, untuk dapat masuk ke tugu khatulistiwa.

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak.

2. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Image Credit: Travelosta.com

Bagi Anda yang senang wisata edukasi, maka Museum Negeri Sejarah Budaya Khas bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi selama berada di Kalimantan. Bagi Anda yang penasaran mengenai kota Pontianak serta provinsi dari Kalimantan Barat tersebut, maka Anda bisa menemukannya lewat berkunjung ke museum yang ada di Pontianak ini.

Destinasi wisata yang satu ini juga terdapat berbagai koleksi geologika atau geografika berupa berbagai peta, arkeologika, biologika, piring, sendok antik dan masih banyak lagi benda bersejarah yang bisa Anda temukan di museum yang satu ini.

Bagi Anda yang berniat mengunjungi museum negeri sejarah budaya khas Anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 1000 rupiah untuk membeli tiket masuk. Jam operasional nya setiap hari, buka mulai 07.00 – 22.00.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

3. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Image Credit: Flickr.com @adaduitokla

Bagi kalian yang senang dengan tempat bersejarah, maka Pontianak adalah menjadi kota yang tepat untuk Anda kunjungi. Jika Anda berpikir keraton hanya ada di jawa tengah, maka Anda keliru karena keraton juga ada di Pontianak. Anda bisa melihat bangunan Keraton Kadriah yang merupakan bangunan peninggalan dari sultan Pontianak.

Disini, Anda tidak hanya belajar soal sejarah tapi juga bisa melihat berbagai peninggalan lain. Bahkan, meriam kuno pun dapat Anda temukan disini. Tak hanya itu. Anda juga bisa melihat al-quran yang penulisannya ditulis manual oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Menarik bukan?

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sanggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

4. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Image Credit: Flickr.com @adaduitokla

Jika Anda ingin berwisata ke tempat unik, menikmati arsitektur bangunan tradisional maka, Anda wajib mengunjungi rumah betang radakng. Yakni, replika dari rumah adat suku dayak. Rumah replika ini bahkan menorehkan rekor sebagai rumah adat paling panjang. Rumah replika ini sering dijadikan sebagai tempat seni lo. Wah makin penasaran bukan?

Lokasi: Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

5. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Image Credit: Triptrus.com

Wisata religi, akhir-akhir ini juga banyak dikunjungi. Bagi Anda yang sedang berada di Kalimantan, Anda bisa mengunjungi Masjid Jami Pontianak. Disini, Anda bisa melihat masjid tertua yang ada di Pontianak.

Selain masjid, Anda juga bisa sekaligus melihat Sungai Kapuas. Karena masjid ini berada tak jauh dari Sungai Kapuas. Anda bisa menemukannya dengan sangat mudah.

Lokasi: Kampung Beting, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

6. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan

Image Credit: Phinemo.com

Kampong wisata kuntan, adalah tempat wajib yang harus Anda kunjungi selanjutnya. Disini Anda bisa berfoto dengan latar belakang mural yang apik dan cocok untuk Anda unggah di media sosial.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Kel. Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

7. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Triptrus.com

Pasir panjang merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kalimantan. Wisata Yang satu ini tentu sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai pantai. Apalagi pantai ini sangat dijaga kebersihannya. Bagi Anda yang senang melakukan olahraga surfing, Anda juga bisa menjajal nya disini. Namun, tenang saja bagi Anda yang tidak bisa melakukan surfing, Anda bisa menikmati semilir angin pantai, birunya air laut di pantai pasir panjang.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

8. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Image Credit: Amazingborneo.id

Siapa yang tak kenal dengan tanaman aloe vera yang punya segudang manfaat ini? Di Pontianak, Anda bukan hanya bisa melihat atau membeli tanaman Aloe Vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya. Di Pontianak. Anda bisa melihat tempat budidaya tanaman yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit ini lo. Tak hanya itu. Anda juga bisa melihat cara pengolahan makanan dengan bahan dasar Aloe Vera seperti, permen, dodol, bahkan kosmetik.

Jangan lupa untuk membeli beberapa produk olahannya saat anda berkunjung ke Aloe Vera Center ya. Kapan lagi bisa melihat tempat budidaya sekaligus membeli produk olahannya bukan?

Lokasi: Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

9. Paradise-Q Waterpark

Paradise-Q Waterpark

Image Credit: Equator.co.id

Jika Anda berlibur dengan keluarga dan anak-anak. Maka tempat paling pas adalah mencari tempat bermain yang paling menyenangkan bukan? Salah satu nya adalah waterpark. Di Pontianak Anda bisa merasakan sensasi bermain air di paradise q waterpark. Waterpark ibi merupakan waterpark terbesar di Pontianak. Anda bisa bermain banyak hal. Bahkan, disini terdapat kolam renang ombak, race water dan masih banyak wahana menarik lainnya yang bisa Anda nikmati selama berada di Paradise-Q Waterpark.

Lokasi: Jl. Arteri Supadio KM 12.8 No. 16, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya.

BACA JUGA:  10 Taman di Pontianak yang Cocok untuk Refreshing

10. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang menyukai bunga, Anda bisa berkunjung ke tempat yang satu ini. Taman Bunga Bougenville merupakan taman bunga yang sangat indah. Tak hanya taman bunga. Anda juga bisa melihat berbagai macam tanaman buah. Wisata yang satu ini terbilang sangat luas karena, mencapai 1.5 hektar. Wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk anak, Anda bisa membantu anak untuk belajar mengenai jenis tanaman.

Lokasi: Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.
Harga Tiket: Rp. 10.000/orang.
Jam Operasional: Setiap hari 09.00 – 21.00.

11. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika Anda ingin berziarah ke tempat para pahlawan. Anda bisa mengunjungi Makam Sultan Batulayang yang berada di Pontianak. Tak hanya sultan syarif abdurrahman namun, Anda juga bisa mengunjungi 6 makam sultan yang lain. Selama berada di Pontianak.

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

12. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang senang dengan wisata alam. Taman Nasional Gunung Palung yang merupakan taman nasional yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki luas 90.000 hektar. Wisata ini, tentu sangat cocok bagi Anda yang senang berpetualang dan melihat hamparan hutan propus, bahkan hutan bakau serta rawa. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat berbagai hewan dan tanaman langka. Salah satunya adalah anggrek hitam yang sudah hampir punah.

Lokasi: Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir, Kab. Ketapang.

13. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Image Credit: Borneochannel.com

Bagi Anda yang senang dengan biota bawah laut, Anda bisa mencoba olahraga snorkeling untuk melihat keindahan yang diciptakan tuhan di lautan. Lemukutan island masih sangat dijaga keasliannya, sehingga Anda masih dapat melihat berbagai biota laut. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa langsung berkunjung ke Pulau Lemukutan.

Lokasi: Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

14. Pelabuhan Seng Hie

Pelabuhan Seng Hie

Image Credit: Wisatapontianak.com

Jika Anda ingin melihat hal-hal monumental di sebuah kifa, Maka Anda bisa melihat pelabuhan sang hee yang berada di Pontianak. Pelabuhan ini sangatlah erat kaitannya dengan sejarah maritim yang merupakan tempat wisata popular di Pontianak. Tak hanya itu, bahkan pelabuhan seng hie merupakan pelabuhan paling tua. Sejarah awal dari pelabuhan ini adalah dermaga yang dimiliki pengusaha asal China.

Lokasi: Jl. Sultan Muhammad, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

15. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang

Image Credit: Blog.misteraladin.com

Jika Anda ingin memiliki pengalaman berkemah, maka Anda sangat wajib untuk mengunjungi Bukit Penjamur Bengkayang. Lokasinya tidak lah jauh dari kota Pontianak. Anda hanya perlu menempuh waktu selama 4 jam dari kota Pontianak untuk sampai ke Bukit Penjamur Bengkayang.

Lokasi: Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

16. Hutan Kota Untan

Hutan Kota Untan

Image Credit: Amazingborneo.id

Wisata yang satu ini, merupakan salah satu wisata alam yang juga wajib Anda kunjungi saat berada di Kalimantan. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam tanaman dari Kalimantan yang dibudidayakan dengan sangat apik.

Tak tanggung tanggung, Anda bisa menemukan berbagai tanaman pohon. Bahkan terdapat sekitar 190 jenis pohon, Anda juga bisa melihat setidaknya 80 jenis anggrek. Tak hanya flora, Anda juga bisa menemukan berbagai macam fauna yang tentu saja tak akan mudah Anda temukan di kota-kota besar lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan olahraga seperti jogging di tempat ini.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Pantai Samudra Indah di Singkawang

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

17. Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-alun Kapuas

Image Credit: Instagram.com @adelazk

Siapa yang tak pernah mendengar tentang Sungai Kapuas? Jika sebelumnya Anda hanya mendengarnya dari buku, maka pastikan Anda melihatnya secara langsung ketika berada di Kalimantan Barat khususnya Pontianak.

Kamu bisa melihat sungai ini dari taman kita yang sangat berdekatan dengan Sungai Kapuas. Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemAndangan sungai dan alun alun yang memiliki gaya unik. Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak serta keluarga Anda. Anda juga bisa menjajal kuliner khas Pontianak di Kalimantan ini lo, berbagai jajanan khas Pontianak, di jajakan di sepanjang jalan alun alun.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

18. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Image Credit: Wikipedia.org

Tak jauh dari Pontianak, yakni masih berada di Kalimantan Barat, Anda bisa menemukan wisata air terjun riam merasap. Anda dapat menikmati pemAndangan alam yang indah dan alami, melihat dan mendengar gemericik air terjun yang menenangkan. Selain itu, mata Anda tentu akan dimanjakan dengan adanya panorama cantik nan indah dari ketinggian 20 meter ini.

Lokasi: Desa Pisak, Sentangau Jaya, Kec. Tujuhbelas, Kab. Bengkayang.

19. Kampung Beting

Kampung Beting

Image Credit: Kompas.com

Wisata wajib lainnya yang bisa Anda kunjungi di ibukota Kalimantan Barat lainnya adalah kampung beting. Kampung yang berada di kota Pontianak ini begitu unik. Kampungnya berada di atas tepian dari Sungai Kapuas. Tempat ini bahkan menjadi tempat berdirinya tempat bersejarah dan penting di Pontianak yakni kesultanan Pontianak serta Masjid Jami juga berada disini.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi jembatan gertak yang merupakan jembatan terpanjang di dunia yang dijadikan sebagai sarana penghubung bagi tiap rumah yang berdiri di pemukiman ini. Wah, sangat unik bukan?

Lokasi: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

20. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Image Credit: Iklankalbar.com

Pontianak memang terkenal akan keindahan pantainya. Salah satu pantai indah yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Pontianak adalah pantai kijing. Dipantai ini Anda bisa berjalan di hamparan pasir putih yang begitu menawan. Anda juga bisa menikmati pemAndangan bentangan bukit yang begitu cantik. Pantai yang satu ini memang tak mungkin mengecewakan kunjungan Anda saat berada di Pontianak.

Lokasi: Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak.

21. Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang

Image Credit: Flickr.com @dwiwahyudi

Salah satu danau indah yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pontianak adalah danau biru singkawang. Sesuai namanya, danau ini memiliki warna biru yang begitu jernih pada airnya. Tak hanya itu, danau ini juga dikelilingi perbukitan yang membentang di sekitar danau. Danau yang awalnya merupakan bekas lokasi tambang ini. Kini menjadi lokasi danau yang indah dan tak bisa dilupakan dari ingatan pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Wonosari, Kel. Roban, Kec. Singkawang Tengah, Kota Singkawang.

22. Jembatan Kapuas

Jembatan Kapuas

Image Credit: Elshinta.com

Jika di ulasan sebelumnya membahas tentang Sungai Kapuas, maka di ulasan kali ini akan membahas tentang Jembatan Kapuas. Salah satu jembatan paling ikonik di kota Pontianak. Keindahan pemAndangan dari jembatan ini sangatlah memanjakan mata. Bahkan sangat cocok dijadikan tempat untuk berfoto. Jika berkunjung ke Pontianak kurang lengkap rasanya jika Anda tak mengambil beberapa foto di jembatan ikonik yang satu ini.

Lokasi: Jl. Sultan Hamid II, Tanjung Hulu, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Itulah 22 tempat wisata di Pontianak terbaru yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota ini. Berbagai tempat wisata bahkan tidak bisa Anda temukan di kota lain, dan pengalaman tersebut akan menjadi pengalaman menyenangkan sekaligus menarik selama Anda berada di kota Pontianak.