Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata di Paser Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Paser, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Paser, Kalimantan Timur. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Jika Anda sedang berada di provinsi Kalimantan timur, tak ada salahnya Anda mengunjungi kabupaten paseur. Meskipun namanya jarang terdengar, Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata yang sangat menawan.

Wisata yang ada di kabupaten paseur sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan bosan dengan suasana perkotaan yang itu-itu saja. Paser sendiri memiliki nuansa yang jauh berbeda dengan lingkungan perkotaan yang mungkin selama ini menjadi tempat Anda tinggal.

Disini, Anda bisa beristirahat dan melupakan segala permasalahan Anda sejenak. Dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Paser Anda akan memperoleh pengalaman baru yang jauh sekali dengan wisata lain yang biasa Anda temukan di kota-kota besar. Berikut adalah daftar tempat wisata di Paser yang wajib Anda kunjungi.

1. Air Terjun Rimbawan

Air Terjun Rimbawan

Image Credit: Maringetrip.com

Air terjun bisa menjadi salah satu pilihan wisata wajib yang Anda kunjungi saat berada di Paser. Untuk menemukan air terjun Rimbawan, Anda bisa memilih berbagai rute. Anda bisa menempuh perjalanan dari balikpapan hingga akhirnya bisa sampai ke air terjun rimbawan ini.

Selama menyusuri perjalanan menuju air terjun Rimbawan, Anda dijamin tidak akan bosan karena berbagai keindahan pemAndangan alam bisa Anda temukan disini. Keindahan alam di sekitar air terjun Rimbawan seolah tak ada habisnya untuk memanjakan mata Anda. Anda bahkan tak akan hanya dapat melihat air terjun Rimbawan karena di sekitar air terjun tersebut, terdapat air terjun lainnya seperti air terjun tembinus. Air terjun tembinus juga menjadi salah satu air terjun yang populer di kalangan masyarakat setempat. Setelah sampai Anda bisa membilas tubuh Anda di bawah kucuran air jernih, bersih dan segar.

Lokasi: Itchi, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

2. Penangkaran Rusa Penajam

Penangkaran Rusa Penajam

Image Credit: Kaltimprov.go.id

Wisata yang satu ini sangat cocok bagi keluarga dan anak-anak dan merupakan tempat wisata terkenal Paser. Anda bisa mengajak anak Anda untuk sama-sama melihat kehidupan rusa yang cantik. Lokasi penangkaran rusa ini mudah untuk ditemukan. lokasinya berada di pinggir jalan yang searah dengan jalan untuk menuju kabupaten Grogot serta Banjarmasin.

BACA JUGA:  Pantai Kemala, Destinasi Bahari Favorit di Balikpapan

Anda bisa mengajarkan pengetahuan mengenai fauna khususnya rusa kepada anak Anda. Ajak anak Anda untuk memberikan makanan untuk rusa-rusa yang berada di penangkaran. Anda bisa melihat ratusan anak rusa yang hidup dengan sehat dan berlarian serta bercengkrama dengan rusa-rusa lainnya. Wah, sangat menarik bukan?

Lokasi: Api-api, Kec. Waru, Kab. Penajam Paser Utara.

3. Ecotourism Mangrove Kampung Baru

Ecotourism Mangrove Kampung Baru

Image Credit: Harianppu.online

Pernahkan Anda melihat tanaman mangrove selama hidup Anda? Jika belum, Anda bisa mengunjungi ecotourism mangrove yang ada di kampung baru. Bahkan Anda tak perlu mengeluarkan kocek sedikit pun untuk menikmati pemAndangan dari mangrove yang cantik karena tempat wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Tak hanya bisa melihat mangrove dan berfoto di jembatan yang terdapat di sana, Anda juga bisa melihat berbagai macam hewan yang hidup di sekitar kawasan mangrove tersebut. Jika Anda terlalu lelah dengan perjalanan Anda atau merasa kepanasan, Anda bisa minum kelapa segar dijual di sekitar pintu masuk.

Wisata yang satu ini bukan hanya akan membawa kenangan indah namun akan membuat Anda sadar betapa pentingnya untuk menjaga kelestarian alam supaya habitat dari berbagai fauna bisa tetap lestari.

Lokasi: Kp. Baru, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

4. Pantai Corong

Pantai Corong

Image Credit: Hotelkuy.id

Paser memang memiliki destinasi wisata alam yang lengkap bahkan Anda bisa menemukan pantai corong yang berada di kelurahan tanjung tengah.

Pantai yang satu ini sangat terkenal dan sering sekali dikunjungi masyarakat setempat karena keindahannya. Jika Anda beruntung Anda bisa melihat acara yang sering kali diselenggarakan oleh pemerintah setempat. Pantai corong sendiri memang sering dijadikan tempat untuk diselenggarakannya berbagai festival, salah satunya adalah festival layang-layang berskala internasional lo.

Jadi, jika Anda sedang berada di Paser, jangan lupa untuk mengunjungi pantai corong bersama keluarga atau pasangan Anda ya siapa tahu Anda bisa melihat festival yang sering diadakan tersebut.

Lokasi: Tj. Tengah, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

5. Terusan Pantai Tanjung Jumlai

Terusan Pantai Tanjung Jumlai

Image Credit: Balikpapan.prokal.co

Salah satu pantai lain yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Tanjung Jumlai yang letaknya berada di daerah penajam Paser utara.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Anda juga akan melihat kehidupan warga sekitar karena pemukiman warga tak jauh dari pantai ini, tak hanya itu, Anda juga dapat berwisata kuliner lo karena ada banyak sekali penjual di sekitaran pantai yang menjajakan makanan seperti bakso dan makanan lainnya.

Selama di pantai, Anda bisa bermain air di bibir pantai atau bermain pasir pantai dengan teman, keluarga maupun pasangan Anda. Anda juga bisa melihat matahari terbenam yang indah di pantai tanjung jumlai. Wisata pantai menjadi salah satu wisata yang paling memuaskan dan anti mengecewakan.

Lokasi: Petung, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

6. Taman Bunga Rozeline

Taman Bunga Rozeline

Image Credit: Jalanwisata.id

Jika Anda pecinta tanaman khususnya bunga, maka Anda wajib mengunjungi taman bunga rozeline. Anda bahkan tak perlu merogoh kocek sedikit pun lo, karena wisata yang satu ini tidak dipungut biaya atau gratis. Bagi Anda yang ingin mengunggah foto di media sosial, wisata taman bunga rozaline sangat cocok dijadikan latar tempat foto Anda lo. Hamparan bunga yang indah, warna yang cantik dapat memikat para pengunjung, termasuk Anda.

Tak hanya taman bunga yang dapat Anda jumpai di sini, Anda juga dapat menikmati sejuknya udara di sekitar karena banyaknya pohon yang rindang yang ditanam di sekitar taman. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi taman bunga rozeline ya.

Lokasi: Nipah-Nipah, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

7. Waduk Sesulu

Waduk Sesulu

Image Credit: Heikaku.com

Waduk sesulu adalah salah satu destinasi lain yang bisa Anda kunjungi selama berada di Paser. Disini, Anda bisa menikmati keindahan waduk yang tentu saja sangat jarang Anda jumpai di daerah lain apalagi di perkotaan. Untuk menuju waduk Sesulu, Anda bisa memanfaatkan teknologi GPS untuk memandu Anda menemukan tempat wisata yang satu ini.

Lokasi: Gunung Batu, Sesulu, Kec. Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara.

8. Nipah-Nipah Beach

Nipah-Nipah Beach

Image Credit: Travel.detik.com

Salah satu wisata pantai yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan Paser utara adalah nipah-nipah beach. Tak hanya indah karena pemAndangan birunya pantai, berbagai acara juga sering sekali diadakan di pantai nipah-nipah beach oleh karena itu, tak aneh rasanya jika pantai yang satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Disini, Anda bisa menikmati suara ombak yang riuh dengan angin yang menyejukan dikala panas. Jadi selama Anda berada di daerah Paser, Anda bisa sekalian berwisata di Nipah-nipah beach bersama keluarga Anda.

BACA JUGA:  Soto Banjar, Makanan Tradisional Kalimantan Timur yang Lezat

PemAndangan matahari tenggelam di nipah-nipah beach sangatlah menawan, Anda bisa duduk di tepi pantai sembari melihat matahari yang perlahan mulai tenggelam.

Lokasi: Jl. Coastal Road, Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara.

9. Air Terjun Niagara Tembinus

Air Terjun Niagara Tembinus

Image Credit: Republika.co.id

Air Terjun Niagara Tembinus adalah salah satu wisata air terjun yang wajib Anda kunjungi saat berada di daerah Paser. Namun, untuk dapat menemukan keindahan air terjun ini, Anda perlu melewati jalan yang tak mudah. Anda perlu melewati jalan logging dengan jarak yang cukup jauh bahkan mencapai waktu kurang lebih 1 jam. Untuk menemukan permata yang tersembunyi ini Anda harus melewati jalan setapak yang tak kalah jauhnya.

Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan tersebut, Anda bisa menikmati pemAndangan yang menakjubkan saat melihat air terjun niagara tembinus. Anda bisa membasuh tubuh Anda di bawah aliran air yang jernih, bersih dan segar. Semua usaha untuk mencapai air terjun ini sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Ajak teman Anda untuk sama-sama berkunjung ke air terjun niagara tembinus. Disini, Anda dapat bersenang senang dengan kawan Anda dan menikmati perjalanan bersama.

Lokasi: Sepaku, Kec. Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara.

10. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Image Credit: Jalanwisata.id

Pulau yang satu ini letaknya dekat dengan pantai bernama tanjung jumlai. Bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar cantik, Anda bisa mengunjungi pulau gusung. Di pulau ini, Anda bisa menatap jernihnya laut dan birunya langit. Anda bisa berlibur dengan keluarga, teman atau kekasih dan menciptakan kenangan tak terlupakan di pulau gusung ini.

Pastikan baterai ponsel atau baterai kamera Anda dalam keadaan penuh agar Anda bisa mengabadikan setiap momen yang tercipta di pulau Gusung.

Lokasi: Tj. Jumlai, Kec. Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Paser terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi. Selama menghabiskan waktu di berbagai tempat wisata tersebut dijamin Anda tidak akan melupakan kenangan dan keindahan alam Paser yang sangat menawan.