Kalimantan Tengah

16 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Palangkaraya? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Palangkaraya merupakan ibu kota Kalimantan tengah. Menjadi sebuah kota pusat dari sebuah provinsi membuat Palangkaraya tumbuh menjadi kota besar yang memiliki sejuta daya tarik. Tak hanya menyajikan berbagai arsitektur modern namun Palangkaraya menjadi kota yang memiliki berbagai tempat wisata.

Mengunjungi Palangkaraya merupakan keputusan yang tepat. Berbagai tempat indah dan mempesona bisa Anda temukan selama berada di ibukota Kalimantan tengah ini. Dari wisata alam sampai edukasi bisa Anda sambangi dengan sanak keluarga maupun pasangan tercinta.

Jika Anda hendak pergi ke Palangkaraya, Anda tak perlu khawatir akan bosan. Berbagai tempat indah nan cantik bisa Anda jumpai di kota ini. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Palangkaraya mungkin berpikir bahwa Palangkaraya adalah sebuah kota yang sama seperti kota besar lainnya. Namun, kota yang satu ini memiliki berbagai wisata alam yang dapat membuat memanjakan mata Anda. Penasaran? Berikut daftar tempat wisata di Palangkaraya yang wajib Anda kunjungi.

1. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan

Image Credit: Pesona.travel

Jembatan yang satu ini memiliki panjang 640 meter yang membentang di sepanjang Sungai Kahayan, Jembatan Kahayan memiliki fungsi untuk menjadi penghubung transportasi yang ada di kota Palangkaraya. Tak hanya sebagai fungsi penghubung transportasi, jembatan yang satu ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang layak untuk Anda kunjungi. Struktur bangunan yang unik sekaligus megah, menjadikan jembatan yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Di sekitar jembatan Palangkaraya, Anda dapat mengunjungi taman bernama kamelus. Taman yang satu ini memiliki pesona tersendiri. Terutama, ketika sore datang, Anda bisa menyaksikan betapa indahnya matahari terbenam. Anda juga bisa bersantai bersama keluarga maupun orang terkasih sembari memAndang pemAndangan sore dari taman kamelus dan memAndangi jembatan dengan arsitektur yang indah.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

2. Sungai Kahayan

Sungai Kahayan

Image Credit: Ksmtour.com

Setelah ada jembatan kahayan, di Palangkaraya, juga terdapat sungai kahayan. Sungai yang satu ini menjadi sungai terpanjang yang ada di provinsi Kalimantan. Sungai yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Anda tak hanya akan sekedar melihat bentangan sungai yang indah, Anda juga bisa melihat kehidupan masyrakat suku dayak yang masih bermukim di sekitar sungai kahayan. Wah, menarik sekali bukan? Anda tak hanya melihat sungai tapi juga bisa melihat kehidupan suku dayak yang unik.

Lokasi: Jl. Kahayan, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

3. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling

Image Credit: Ksmtour.com

Palangkaraya memang menjadi salah satu kota yang terkenal akan keindahan alamnya. Salah satunya adalah Bukit Tangkiling yang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya. Bukit ini memiliki ketinggian 500 meter. Tak hanya indah dipAndang mata, Anda juga bisa melakukan ziarah ke bukit biara pertapaan, dan pura sali, juga tempat ziarah lain yang tersebar di sepanjang bukit dengan harmonis.

Tak hanya itu, bagi Anda yang senang menyusuri keindahan alam sambil berjalan, bukit ini sangatlah cocok untuk Anda. Anda bisa melakukan trekking untuk menyusuri berbagai tempat indah seperti, pohon-pohon yang berjejer di sekitaran bukit. Belum lagi udara di bukit tangkiling yang begitu segar dan masih asri. Wisata yang satu ini memang cocok untuk Anda yang bosan dengan lingkungan kota yang hanya diisi dengan gedung pencakar langit dan udara yang tak sehat lantaran polusi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kotawaringin Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tangkiling, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

4. Danau Tahai

Danau Tahai

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Wisata Palangkaraya memang tak ada habisnya, lagi-lagi kota yang satu ini dianugerahi tempat cantik nan indah salah satunya adalah danau tahai. Danau tahai merupakan sebuah danau gambut dimana air dari danau tersebut berwarna kemerahan yang disebabkan karena adanya akar dari pohon gambut di sekitar danau. Akar-akar tersebut menjalar sampai ke perairan danau dan menyebabkan air danau tahai berwarna merah. tak hanya indah, daya tarik lain dari danau ini adalah dikarenakan adanya berbagai rumah terapung atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumah lanting. Dimana rumah yang satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu.

Anda bisa menikmati keindahan sungai sembari menyusuri rumah rumah terapung lewat jembatan kayu. Pengalaman tersebut dijamin akan menjadi pengalaman yang takan Anda lupakan selama berkunjung ke Palangkaraya.

Lokasi: Tahai, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

5. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Image Credit: Amazingborneo.id

Masih di sekitaran danau tahai, Anda bisa menikmati objek wisata lainnya lo. Anda bisa mengunjungi penangkaran orang utan nyaru menteng. Penangkaran ini berada di bawah kepemilikan yayasan borneo orangutan. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi anak anak agar tertarik sekaligus belajar mengenai kehidupan orang utan.

Selama di penangkaran, Anda bisa melihat bagaimana kehidupan orang utan di habitat aslinya yang masih sangat terjaga. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan interaksi dengan hewan tersebut. pengalaman berkunjung ke penangkaran orang utan nyaru menteng tentu akan menjadi pengalaman yang akan sulit Anda lupakan. Terutama bagi anak-anak yang jarang menjumpai orang utan di alam bebas seperti yang ada di penangkaran orang utan nyaru menteng.

Lokasi: Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Jl. Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

6. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Pangkalan Bun

Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Pangkalan Bun

Image Credit: Kaltengpos.co

Daya tarik selanjutnya dari provinsi Kalimantan adalah kebudayaan nya. Palangkaraya dapat menjadi kota yang cocok bagi Anda yang ingin mempelajari budaya asli suku dayak. Rumah adat dayak pasir panjang dapat Anda temui di pangkalan bun. Disini, Anda bisa melihat rumah khas suku dayak. Meski hanya replika, Anda tetap bisa melihat keunikan bangunan rumah khas masyarakat dayak ini. Tak hanya itu, Anda juga dapat mempelajari kebudayaan masyarakat dayak. Karena di lokasi ini, masih sering diadakannya acara adat serta berbagai upacara adat serta berbagai kesenian juga masih sering digelar. Menarik sekali bukan? Anda tak hanya melihat keunikan arsiktektur bagunan rumah khas suku dayak, Anda juga dapat mempelajari budaya dan adat istiadatnya.

Lokasi: Jl. Utama Pasir Panjang, Pangkalan Bun, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin.

7. Museum Balanga

Museum Balanga

Image Credit: Tirtanindya.weebly.com

Palangkaraya memang tempat yang paling cocok untuk dijadikan tempat belajar budaya. Wisata budaya di Palangkaraya salah satunya adalah museum balanga. Tak hanya wisata budaya, museum balanga juga menjadi wisata edukasi yang cocok bagi anak-anak agar lebih mengenal budaya asli indonesia. Di museum ini Anda dapat melihat dan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan suku dayak termasuk melihat artefak dari suku dayak. Tak hanya itu, Anda juga akan melihat berbagai senjata tradisional, adanya replika rumah adat Kalimantan, berbagai baju tradisional, hingga perlengkapan dari berbagai ritual upacara pun ada di museum ini. Jadi jangan ragu untuk membawa anak dan keluarga Anda untuk mengunjungi museum balangan.

BACA JUGA:  Taman Nasional Sebangau, Wisata Hutan Gambut Unik di Kalimantan Tengah

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

8. Fantasy Beach

Fantasy Beach

Image Credit: Triptrus.com

Meskipun namanya tempat wisata yang satu ini adalah fantasi beach, bukan berarti wisata ini merupakan wisata pantai. Melainkan, wisata danau buatan. Wah, Unik sekali bukan? Danau buatan yang satu ini terbentuk dari bekas temoat penanmbangan pasir.

Tak hanya melihat keindahan danau buatan tersebut, Anda juga dapat menaiki wahana air misalnya sepeda air yang dapat dinaiki Anda dan anak Anda tentunya. Wisata yang satu ini pasti akan sangat disukai anak-anak. Jadi, jika Anda berkunjung ke Palangkaraya jangan lupa untuk mengunjungi danau buatan yang satu ini ya. Selama berada di Palangkaraya Anda bisa mengajak anak dan keluarga Anda untuk bermain wahana air bersama.

Lokasi: Marang, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

9. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Republika.co.id

Tak bisa dipungkiri, pantai memang menjadi destinasi wisata yang banyak sekali digemari masyarakat. Selama Anda berada di Palangkaraya, Anda juga bisa mengunjungi pantai lo. Salah satunya adalah pantai ujung pAndaran. Di pantai ini Anda dapat melihat keindahan pantai, bermain pasir bahkan melihat indahnya matahari terbit dan matahari terbenam. Kapan lagi Anda bisa melihat indahnya matahari terbenam saat berada di Palangkaraya bukan?

Tak hanya keindahan pantai yang bisa Anda nikmati di sini lo, bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan adanya ritual bernama simah laut. Ritual ini diadakan setiap tahun sebagai ritual untuk tolak bala.

Semoga saat Anda berkunjung bertepatan dengan diselenggarakannya ritual tolak bala tersebut ya.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

11. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Ksmtour.com

Taman nasional tak hanya ada di Pulau Jawa saja, di provinsi Kalimantan tengah tepatnya di Palangkaraya, Anda juga bisa menjumoai taman nasional. Taman nasional ini, cocok sekali bagi Anda yang senang dengan alam dan tentunya memiliki jiwa petualang.

Salah satu taman nasional yang bisa Anda kunjungi saat berada di Palangkaraya adalah taman nasional sebangau. Disini, Anda bisa melihat setidaknya 808 jenis tanaman atau flora. Selain itu ada 182 jenis burung yang bisa Anda lihat, sebanyak 54 spesies ular, serta berbagai hewan lain termasuk primata juga bisa Anda jumpai selama menyusuri taman nasional sebangau.

Selama Anda berada di taman nasional ini, Anda akan melihat berbagai keindahan alam serta binatang termasuk beberapa spesies mulai langka atau sulit dijumpai, bisa Anda lihat di taman nasional sebangau.

Lokasi: Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangkaraya.

12. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Image Credit: Genpi.co

Taman nasional yang berada di kawasan Kalimantan barat bukan hanya taman nasional sebangau namun juga Taman Nasional Tanjung Puting. Cagar alam biosfer yang satu ini ditetapkan langsung oleh UNESCO.

Taman nasional tanjung puting berlokasi di Teluk Pulai, tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata dengan habitat berbagai flora dan berbagai fauna yang dilindungi. Keberadaan flora dan fauna tersebut berada dibawah pengawasan agar flora dan fauna tidak mengalami kepunahan. Dengan adanya objek wisata ini, habitat dari berbagai flora dan fauna tersebut dapat tetap dijaga keasliannya, sehingga mereka dapat hidup di habitat asli.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Paling Hits

Lokasi: Sungai Cabang, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

13. Taman Nasional Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Raya

Image Credit: The7summitsindonesia.com

Kalimantan yang terkenal akan kekayaan alam, flora serta faunanya memang harus dijaga dan dibiarkan lestari. Salah satu upaya pelestarian tersebut adalah dengan dibuatnya taman nasional. Salah satunya adalah taman nasional bukit raya. Bukan hanya difungsikan sebagai taman nasional yang merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna hidup. Taman nasional yang satu ini juga difungsikan sebagai wadah untuk resapan air. Disini, Anda bisa menemukan berbagai satwa serta tumbuhan yang sudah hampir punah.

Pengalaman mengunjungi taman nasional bukit raya, akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Anda akan merasa lebih dekat dengan alam sekaligus akan menghargai betapa pentingnya menjaga alam agar para flora dan fauna tetap bisa hidup di alam bebas.

Lokasi: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang.

14. Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran Besar Palangkaraya

Image Credit: Bloggerkalteng.id

Ke Palangkaraya, namun tak ke bundaran besar Palangkaraya tentu rasanya kurang lengkap. Tempat Wisata yang satu ini juga sangat mudah Anda temukan. Hal ini lantaran lokasinya yang berada di tengah kota Palangkaraya. Disini, Anda bisa melihat bundaran besar dengan desain yang sangat apik.

Anda juga dapat mengunjungi bundaran besar Palangkaraya ini pada hari minggu di saat car free day karena tidak ada kendaraan yang melintas di sepanjang jalan bundaran tersebut. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahan sekaligus udara yang segar di Palangkaraya saat Anda berada du bundaran besar Palangkaraya tersebut.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

15. Tugu Soekarno

Tugu Soekarno

Image Credit: Id.wikipedia.org

Salah satu ikon dari kota Palangkaraya adalah tugu Soekarno. Yugu yang satu ini memang di buat untuk menghormati sosok presiden indonesia pertama yakni ir. Soekarno. Tugu ini sangat syarat akan makna. bahkan, pancang tugu tersebut dibuat dengan maksud tertentu. Pancang tugu yang berjumlah 17 itu menjadi lambang dari tanggal berdirinya tugu.

Selain itu, Anda bisa bersantai di bawah pohon rindang yang berada di sekeliling tugu tanpa takut kepanasan. Tugu soekarno ini juga berada tak jauh dari sungai kahayan yang juga merupakan sungai terpanjang yang ada di Kalimantan. Anda bisa melihat tugu soekarno sekaligus melihat pemAndangan dari sungai kahayan yang indah, baik saat siang hari maupun malam hari.

Lokasi: Langkai, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

16. Masjid Raya Darussalam

Masjid Raya Darussalam

Image Credit: Simas.kemenag.go.id

Bagi Anda yang gemar melakukan wisata religi, serta ingin melihat keindahan arsitektur tempat ibadah. Maka masjid raya darussalam bisa menjadi pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Palangkaraya. Selain Anda bisa melakukan kegiatan ibadah, mendekatkan diri dengan yang maha kuasa, Anda juga melihat keindahan arsitektur dari bangunan masjid raya darussalam. Di dominasi warna putih dan kuning keemasan, masjid yang satu ini berdiri dengan megah di Kota Palangkaraya. Tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk beribadah di masjid tersebut sekaligus melihat berbagai ornament serta gaya arsitektur yang diusung.

Lokasi: Jl. G. Obos, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Itulah 16 rekomendasi tempat wisata di Palangkaraya terbaru yang wajib Anda Dikunjungi saat berada di Palangkaraya. Beberapa tempat tersebut bahkan memiliki lokasi yang cukup berdekatan sehingga, Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata di Palangkaraya dalam waktu yang cukup singkat. Berbagai tempat wisata di palang karaya tersebut pun sanagt ramah bagi anak-anak sehingga Anda tak perlu pusing memilih tempat wisata dimana anak-anak bisa ikut tanpa harus mengeluh bosan.