Kalimantan Utara

10 Tempat Wisata di Nunukan Terbaru Dan Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Nunukan, Kalimantan Utara. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Siapa tak mengenal Nunukan? Nunukan adalah Kabupaten di provinsi Kalimantan Utara yang memiliki beragam objek wisata terhits dan terbaru. Pastinya menyimpan banyak surga tersembunyi yang wajib di ekspor, dijamin semua masalah yang dihadapi sirna dengan panorama indah objek wisata yang dipilih. Jangan salah loh, Nunukan juga menjadi perbatasan Indonesia dan Malaysia yang membuatnya memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan tersebut membuat masyarakat lokal maupun mancanegara memiliki ambisi mengkeslpor objek wisatanya, apalagi kebanyakan objek wisatanya masih asri dan tidak ada campur tangan manusia. Tentunya masih alami dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Walaupun jalur perjalanannya cukup sulit, tetapi akan tergantikan dengan keindahan objek wisata.

Sebelum mengunjungi objek wisata, usahakan membuat jadwal liburan jika wisata dilakukan rombongan. Dengan begitu tidak ada anggota wisata yang kecewa karena gagal atau tidak berkesempatan menikmati salah satu spot yang dituju, berikut ada rekomendasi 10 tempat wisata di Nunukan terhits dan terbaru, diantaranya adalah:

1. Pulau Sebatik

Pulau Sebatik

Image Credit: Wego.co.id

Siapa sangka, pulau Sebatik adalah salah satu pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Alhasil memiliki keunikan berupa perpaduan antara dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia. Tak ayal setiap harinya selalu ada wisatawan yang mengeksplor keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati potensi alam mulai dari bukit sampai pantainya yang eksotik.

Bahkan wisatawan dapat berenang di pulau sebatik loh, dijamin akan menyenangkan karena lautnya masih asri dan terumbu karangnya masih sangat indah. Hal tersebut karena masyarakat sekitar selalu menjaga kelestarian pulau Sebatik sehingga dapat dinikmati semua orang.

Lokasi: Jl. Bukit Keramat, Aji Kuning, Kec. Sebatik Barat, Kab. Nunukan.

2. Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu

Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Batu Lamampu juga memiliki panorama yang menakjubkan loh. Selain itu bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam saja dari ibukota Nunukan. Pantai Batu Lamampu termasuk salah satu pantai “perawan” di Indonesia karena belum terlalu banyak wisatawan yang mengunjunginya. Untuk itulah suasana pantainya masih sangat asri dan bebas pencemaran lingkungan maupun udara. Tak ayal banyak orang rela melakukan perjalanan jauh demi mengekslpor keindahan pantai tersebut.

BACA JUGA:  2 Pakaian Adat Khas Kalimantan Utara

Jangan salah loh, Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3 km. Pasir pantainya berwarna cokelat dengan air laut biru jernih. Anda  harus bersabar jika ingin menikmati pesona menakjubkan dari Pantai Batu Lamampu karena medan yang harus kamu tempuh sedikit sulit, namun tergantikan dengan pengalaman tak terlupakan saat sampai di pantai. Ajaklah orang tercinta sehingga mendapat kebahagiaan bersama-sama.

Lokasi: Pantai Batu Lamampu, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

3. Air Terjun Sianak

Air Terjun Sianak

Image Credit: Kaltara.prokal.co

Anda ingin menikmati sesasi dinginnya air terjun di Nunukan? Untuk itulah objek wisata Air terjun Sianak wajib dikunjungi karena keunikannya yang menawan. Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi oleh semua orang, khususnya pecinta alam. Suasana tenang langsung terasasaat tiba di air terjun Sianak. Lingkungan di sekitar air terjun juga masih sangat terjaga keasriannya sehingga dapat merilekkan pikiran Anda selama diperkotaan.

Wisatawan yang berkunjung ke sini tidak hanya datang dari dalam negeri saja, tetapi juga dari negara lain. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Sianak Anda harus menempuh jarak sejauh 3 km dari pusat keramaian Sebatik. Setelah itu harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalur sungai yang ekstrim karena dipenuhi oleh bebatuan yang sangat licin. Pastikan memiliki stamina yang ekstra ya sehingga liburan Anda tidak mendapat masalah gangguan kesehatan.

Lokasi: Bambangan, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

4. Long Bawan

Long Bawan

Image Credit: Genpi.co

Objek wisata Long Bawan termasuk sebuah desa, tepatnya di daerah perbukitan yang tingginya mencapai 700-1200 meter di atas permukaan laut. Wilayah Long Bawan berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Walaupun bukanlah objek wisata alam dan wisata lainnya tetapi menjadi destinasi wisata terhits karena memiliki faslitas objek wisata terlengkap. Tentunya memanjakan wisatawan dan betah berlama-lama berlibur di desa tersebut.

Meskipun letaknya tersembunyi di balik gunung-gunung belantara Kalimantan dan sulit untuk dijangkau tetapi Long Bawan tetap menjadi primadona di Nunukan yang wajib kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Long Bawan yang memiliki udara sejuk dan dingin dijamin akan membuatmu merasa betah berada di sini. Oleh-oleh yang bisa di bawa pulang meliputi apel dan garam gunung hasil budidaya petani dan nelayan lokal. Pastinya anggota keluarga di rumah senang dengan oleh-oleh Anda bawa.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tana Tidung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Long Bawan, Kec. Krayan, Kab. Nunukan.

5. Alun-Alun Kota Nunukan

Alun-Alun Kota Nunukan

Image Credit: Wisatasia.com

Siapa bilang alun-alun kota bukan lagi tujuan wisata yang menarik? buktinya di Nunukan, alun-alunnya menjadi objek wisata populer yang dikunjungi banyak orang. Pastinya Anda yang baru pertama menginjakkan kaki di Kabupaten Nunukan, maka akan menjadi hal yang wajib untuk mengunjungi Alun-Alun Kota Nunukan.

Bahkan alun-alun tersebut dijadikan  Kota Nunukan pusat berkumpulnya masyarakat Nunukan. Dengan desain alun-alun yang begitu indah seperti adanya kolam yang berada di tengah alun-alun serta berdekatan dengan Tugu Dwikora, semakin membuat alun-alun ini cukup menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya di siang dan di sore hari saja, tetapi ketika malam hari Alun-Alun Kota Nunukan telah menjelma menjadi tempat wisata di Kalimantan Utara yang menyenangkan untuk nongkrong menikmati indahnya Kota Nunukan di malam hari bersama orang tercinta. Pastikan Anda membuat jadwal berlibur yang tepat ya.

Lokasi: Jl. Pattimura, Nunukan Timur, Kec. Nunukan, Kab. Nunukan.

6. Bukit Damai

Bukit Damai

Image Credit: Ksmtour.com

Bukit Damai menjadi tempat wisata di Kalimantan Utara yang lagi hits di kalangan traveler muda Kabupaten Nunukan. Selain itu lokasinya begitu hijau ditumbuhi ilalang dengan udara yang sejuk. Bukit Damai memang menjadi spot fotografi maupun selfieable dengan background ilalang yang menghijau serta perbukitan yang bergradasi warna hijau sangat menyejukkan. Untuk lokasinya sendiri terletak di wilayah Sedadap yang masih di dalam Kecamatan Nunukan Selatan.

Bukan rahasia lagi bukit damai menjadi tempat prawedding maupun acara berbau romantis loh. Dijamin Anda pasangan menikmati semua keindahan bukit karena suasananya masih segar dan terjamin.

Lokasi: Bukit Damai, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

7. Giram Luyu

Giram Luyu

Image Credit: Nusantaranews.co

Dahulu memang bernama Giram Luyu, tetapi seiring berkembanganya zaman berganti dengan sungai Pesiangan. Apalagi  Pulau Kalimantan memang terkenal dengan Pulau Seribu Sungai, jadi jangan heran jika begitu banyak sungai di Pulau Kalimantan, dan salah satunya adalah Sungai Pesiangan. Anda bisa menikmati arus deras dari Sungai Pesiangan dengan menyewa longboat atau perahu motor yang cukup panjang yang biasanya digunakan sebagai trannsportasi antar desa.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bulungan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu bisa mencoba sensasi memancing ikan sungai yang rata-rata ukurannya jumbo di Sungai Pesiangan. Tentunya pengalaman memancing ikan-ikan jumbo dapat diabadikan di smartphone untuk kenang-kenangan, apalagi potensi olahraga arung jeram di Giram Luyu ini sangat besar.

Lokasi: Labang, Kec. Lumbis Ogong, Kab. Nunukan.

8. Islamic Center Nunukan

Islamic Center Nunukan

Image Credit: Flickr.com @Dodo Widodo

Anda menginginkan objek wisata religi di Nunukan? Tenang saja karena terdapat  wisata religi yang sangat wajib di Kabupaten Nunukan bagi umat Islam, yaitu Islamic Center Nunukan atau dikenal sebagai Islamic Center Hidayatur Rahma. Masjid yang berlokasi dekat dengan Kantor Bupati Nunukan ini dibangun pada tahun 2013 dengan menelan biaya sekitar 300 miliar. Berlibur di situ

Bangunan masjid sangat megah yang hampir 2 tahun lamanya proses pembangunan dan diresmikan pada tahun 2015. Arsitektural masjid yang mengadopsi khas Timur Tengah dan dipadukan dengan kebudayaan Kalimantan Utara ini sangat artistik, apalagi saat malam hari, cahaya lampu dari menara begitu bersinar terang.

Lokasi: Mansapa, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

9. Kebun Raya Binusan

Kebun Raya Binusan

Image Credit: Travelingyuk.com

Masyarakat pasti sudah mengetahui segala hal pertambangan di kalimantan, beragam flora yang ada di Kebun Raya Binusan ini. Udaranya begitu sejuk, dan banyak spot-spot untuk bersantai menikmati alam hutan lindung menjadi alasan utama wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Kalimantan Utara ini. Apalagi dengan adanya Air Terjun Binusan yang akan menyegarkan tubuhmu dan menghilangkan segala keluh kesah di pikiran. Kebun Raya Binusan menjadi destinasi favorit masyarakat Nunukan untuk menghabiskan akhir pekan dengan berlibur menikmati alam.

Lokasi: Binusan, Kec. Nunukan, Kab. Nunukan.

10. Pantai Eching

Pantai Eching

Image Credit: Wisatasia.com

Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Kabupaten Nunukan adalah Pantai Eching, selain itu Pantai Eching memiliki ombak yang cukup tenang, cocok buat wisata keluarga bersama anak-anak. Selain pantainya yang indah, ada juga dermaga Mako TNI yang menjadi spot selfie para wisatawan dan juga spot memancing. Dan ada satu lagi yakni mercusuar yang menawarkan view keindahan Pantai Eching dari ketinggian. Sementara lokasi Pantai Eching ini terletak di Sedadap.

Lokasi: Jl. Ujang Dewa, Selisun, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

Punya waktu luang? Silahkan kunjungi tempat wisata di Nunukan terpopuler yang tentu saja bisa membuat Anda bahagia karena pesonanya yang luar biasa.