Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Murung Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Murung Raya, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Mendapatkan Liburan lebih Berkesan.

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan alam yang begitu cantik dan indah.  Jika Anda warga negara indonesia, maka sayang sekali jika selama hidup Anda hanya dihabiskan untuk berada di rumah atau hanya pergi ke mall.

Kecantikan alam indonesia kini mulai diminati para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pantai,  bukit, gunung. Dan berbagai tempat yang ada di indonesia memiliki keindahan yang tak ternilai harganya.

Salah satu kecantikan alam yang masih jarang diketahui oleh para wisatawan adalah berbagai objek wisata di Murung Raya. Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi tempat wisata yang ada di Murung Raya,  berikut daftar yang bisa Anda kunjungi.

1. Gunung Usung

Gunung Usung

Image Credit: Travelingyuk.com

Gunung usung menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di kalangan masyarakat dan para wisatawan. Bagi Anda yang seorang pecinta alam,  mendaki gunung usung akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan akan memberi kesan. Medan yang harus ditempuh untuk mencapai puncak gunung juga terbilang cukup sulit,  cocok bagi Anda yang senang akan tantangan.

Anda akan melewati semak belukar dan area gunung yang terjal menjadi hal yang harus Anda lalui saat mendaki. Wisata yang satu ini sering dikunjungi anak muda untuk menghabiskan masa liburannya dengan mendaki bersama kawan sebaya.  Perjalanan mendaki gunung memang menjadi salah satu proses yang melelahkan namun semua itu akan terbayarkan ketika Anda sampai di puncak.

Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dari ketinggian di puncak gunung usung.  Sungai Barito yang cantik serta desa yang berada di sekitarnya dapat Anda lihat dari puncak gunung usung.  Mendaki gunung memang selalu menjadi pengalaman yang tak pernah di lupakan, segala usaha yang Anda harus keluarkan akan dibayar dengan hasil yang memuaskan.

Lokasi: Muara Sumpoi, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

2. Air Terjun Tosah

Air Terjun Tosah

Image Credit: Mmc.kalteng.go.id

Tempat lain yang menawarkan keindahan yang bisa Anda nikmati selama di Murung Raya adalah air terjun Tosah. Air terjun yang satu ini cukup terkenal sehingga banyak wisatawan sengaja datang untuk mengunjungi air terjun Tosah.  Lokasinya yang mudah di temukan juga menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk melihat keindahan air terjun tersebut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Katingan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda tak hanya akan melihat keindahan air terjun tapi lihat juga sebuah kolam alami yang tak kalah indahnya. Jika Anda ingin berkunjung ke sini,  disarankan jangan berkunjung di hari libur karena akan lebih banyak wisatawan yang berkunjung. Tiket masuk untuk dapat melihat keindahan alam yang satu ini sangatlah murah, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja.  Air terjun Tosah sendiri sudah dikelola dengan baik.

Lokasi: Muara Jaan, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

3. Kereng Bangkirai

Kereng Bangkirai

Image Credit: Bloggerkalteng.id

Jika Anda sedang berlibur bersama keluarga atau anak-anak, maka tempat yang satu ini bisa menjadi destinasi wisata pilihan Anda. Disini,  Anda dan anak-anak dapat menikmati berbagai rekreasi air yang disediakan oleh pengelola. Anda bisa mengajak anak Anda untuk bermain bebek air, dijamin anak Anda pasti akan sangat senang selama berada di tempat yang satu ini. Anda juga dapat menikmati wisata lain seperti susur sungai serta menuju wisata batu ampar. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5000 sampai Rp 20.000 saja untuk menikmati setiap wisata yang ditawarkan.

Bagi Anda yang senang selfie,  Anda tak perlu khawatir karena banyak spot foto yang dapat dijadikan background foto Anda. Disini, terdapat gazebo yang cocok dijadikan tempat istirahat ketika Anda lelah.  Kereng bengkirai terbilang memiliki tempat wisata yang sangat lengkap. Keluarga maupun anak-anak pasti akan senang selama menyusuri kerang bengkirai.

Lokasi: Kereng Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya.

4. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Republika.co.id

Destinasi lain yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah pantai ujung pandaran.  Pantai yang satu ini terkenal akan keindahan pasir putihnya. Berwisata ke pantai menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang tak ingin kecewa saat berkunjung ke sebuah tempat wisata. Disini, Anda dapat melihat berbagai keindahan seperti jajaran pohon nyiur di sekitar pantai.

Anda juga dapat melihat berbagai biota yang hidup di laut ujung pandaran seperti ubur-ubur. Namun dengan adanya biota laut seperti ubur-ubur, Anda harus hati hati agar tak terluka.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Jika beruntung Anda juga dapat melihat ritual yang secara rutin diadakan oleh masyarakat sekitar pantai. Ritual ini diberi nama simah laut,  yakni sebuah ritual yang bertujuan untuk tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan. Anda bisa berkunjung pada pada tanggal 10 di bulan syawal atau 10 hari setelah dilangsungkannya lebaran untuk melihat ritual yang satu ini.

Yang unik dan positif dari kegiatan ini adalah para nelayan akan bersama-sama membersihkan pantai. Ritual ini dipercaya akan membantu para penduduk untuk di lindungi,  di beri keselamatan serta dimudahkan untuk mendapatkan rezeki dari tangkapan ikan.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

5. Air Terjun Bumbun

Air Terjun Bumbun

Image Credit: Mmc.kalteng.go.id

Salah satu tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah air terjun bumbun.  Di air terjun ini, Anda akan melihat panorama yang memanjakan mata. Air terjun yang bersih serta segar dikelilingi oleh berbagai pohon yang memperindah lingkungan air terjun.  Anda dapat menikmati guyuran air terjun sembari menghilangkan rasa lelah Anda. Kecantikan air terjun yang didampingi dengan keindahan alam sekitar bisa membuat Anda takjub dan enggan pulang. Jangan lupa untuk berkunjung ke air terjun bumbun ya.

Lokasi: Tumbang Olong, Kec. Uut Murung, Kab. Murung Raya.

6. Taman Sapan

Taman Sapan

Image Credit: Borneonews.co.id

Jika Anda ingin duduk santai dan mengobrol dengan teman atau keluarga Anda sembari mengambil foto, maka taman sapaan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Disini, Anda bisa menikmati berbagai desain taman yang menarik,  Anda juga bisa mengambil foto untuk di simpan sebagai kenangan pribadi maupun dibagikan di media sosial. Berbagai spot cantik dan menarik bisa Anda temukan di taman sapaan. Pastikan Anda mengisi baterai kamera dan ponsel Anda agar setiap momen bisa diabadikan.

Lokasi: Beriwit, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

7. Liang Pandan

Liang Pandan

Image Credit: Wisatahabibi.blogspot.com

Salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Murung Raya adalah Goa  Liang Pandan, goa yang satu ini berada di kota Puruk Cahu.

BACA JUGA:  Museum Balanga, Wisata Edukasi Mengenal Sejarah & Budaya Kalteng

Goa Liang Pandan memiliki makna yang berarti goa kelelawar. Lokasi dari goa ini pun tidak sulit dilewati,  medan untuk mencapai goa tidaklah ekstrim. Anda bisa melihat hijaunya pepohonan yang ada di sekitar goa. Bagi Anda yang baru pertama kali melihat goa, pengalaman yang satu ini takan Anda lupakan.  Kecantikan dan keunikan bentuk goa pAndan bisa membuat Anda betah berlama-lama untuk mengamati setiap detailnya.

Lokasi: Beriwit, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

8. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Image Credit: Kordanews.com

Jika Anda pecinta bunga,  maka taman celosia wajib Anda kunjungi selama berada di Murung Raya. Disini,  Anda akan dimanjakan dengan kecantikan bunga celosia. Anda bisa mengambil foto dengan kecantikan bunga celosia. Ajak teman Anda yang sama-sama penggemar bunga sehingga Anda bisa menikmati pemAndangan cantik ini dengan teman Anda. Berbagai warna bunga celosia bisa Anda lihat. Tempat ini sangat terawat dan bersih, pastikan Anda tidak memetik satu bunga pun disini agar keindahannya bisa terus dinikmati.

Lokasi: Muara Jaan, Muara Untu, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

9. Alun-Alun Jorih Jerah

Alun-Alun Jorih Jerah

Image Credit: Disparpora.murungrayakab.go.id

Berkunjung ke alun-alun yang satu ini sangat cocok dilakukan ketika menjelang sore atau saat cuaca mulai tak terik. Disini, Anda bisa duduk sembari membeli berbagai makanan yang dijajakan di sekitar alun-alun.  Jika malam tiba, Anda bisa melihat keindahan lampu yang menghiasi taman dan jalanan. Mengunjungi alun-alun bisa menjadi alternatif bagi Anda yang malas serta lelah untuk mencapai sebuah tempat wisata dengan medan yang cukup sulit. Jangan lupa untuk mengunjungi alun-alun jerih jeroh saat Anda berada di Murung Raya.

Lokasi: Puruk Cahu, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

10. Gereja Hosana Puruk Cahu

Gereja Hosana Puruk Cahu

Image Credit: Kalimantancantik.blogspot.com

Bagi Anda umat kristiani yang senang dengan wisata keagamaan, Anda bisa mengunjungi gereja yang satu ini.  Anda bisa melihat gaya arsitektur yang diusung gereja. Anda bisa melakukan ibadah atau berdoa selama berada di gereja.  Wisata yang satu ini terbilang sangat bermanfaat bagi ketenangan batin Anda.

Lokasi: Jl. Gereja No.1, Beriwit, Kec. Murung, Kab. Murung Raya.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Murung Raya terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi.  Anda bisa pergi bersama keluarga dan orang terkasih untuk menikmati pesona yang disajikan oleh berbagai tempat wisata yang ada di Murung Raya.