Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Mempawah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Mempawah? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Mempawah, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Siapa yang tak kenal dengan Kalimantan Barat, salah satu provinsi di Indonesia ini memang terkenal akan keindahan alamnya yang masih terjaga. Berkunjung ke Kalbar tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Mempawah. Kabupaten Mempawah adalah salah satu tujuan di Kalimantan Barat yang terkenal akan keindahan alam dan destinasi wisatanya.

Berbagai destinasi wisata seperti pantai, pulau, serta tempat wisata lainnya bisa Anda temukan di Mempawah. Bagi Anda yang senang dengan foto dengan latar belakang cantik dan instagramable, berkunjung ke Mempawah adalah hal yang tepat. Penasaran tempat wisata apa saja di Mempawah yang bisa Anda kunjungi? Berikut daftarnya.

1. Pulau Temajo

Pulau Temajo

Image Credit: Travsharing.com

Tempat pertama yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Mempawah adalah pulau temajo. Pulau yang satu ini banyak diburu anak muda untuk dijadikan tempat berfoto. Pulau yang satu ini dapat Anda kunjungi melalui Dermaga yang ada di Sungai Kunyit dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit untuk sampai ke tempat tujuan. Setibanya Anda di sana, Anda akan dimanjakan dengan panorama cantik dengan air laut yang begitu jernih serta pasir putih yang menambah keindahan pulau yang satu ini.

Bagi Anda yang senang dengan pemAndangan kala matahari terbenam, pulau temajo bisa menjadi tempat terbaik Anda untuk melihat pemAndangan tersebut.

Lokasi: Pulau Temajo, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Mempawah.

2. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Image Credit: Youtube.com (Norman Muzanni)

Mempawah memang menjadi daerah yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai pantai. Disini, Anda dapat menemukan berbagai pantai dengan pemAndangan yang menawan, salah satunya adalah pantai kijing. Pantai yang satu ini jaraknya tak jauh dari pulau temajo.

Daya tarik Pantai Kijing sendiri ada pada pemAndangan pohon kelapanya yang berjajar rapi di sekitar pantai. Panorama tersebut selain indah juga terasa lebih menenangkan. Mengunjungi pantai kijing tidak akan membuat Anda menyesal.

Jika Anda ingin melihat pantai dengan pemAndangan yang lebih indah, Anda bisa melihatnya dari atas bukit yang letaknya ada disebelah kiri pantai kijing. Bagi Anda yang senang mancing, Anda juga bisa memancing di pantai kijing lo. Lengkap sekali bukan?

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kubu Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sungai Kunyit Laut, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Mempawah.

3. Wisata Nusantara

Wisata Nusantara

Image Credit: Rentalmobilpontianak.info

Bagi Anda yang ingin berwisata tanpa harus repot mencari tempat wisata dengan jarak yang jauh, Anda bisa mengunjungi wisata nusantara. Wisata yang satu ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya yang berada di pusat Mempawah. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai dari pukul 08.00 dan tutup pada pukul 22.00.

Tak hanya mudah ditemukan, Anda juga dapat berekreasi dan menjajal liburan dengan beragam wisata seperti berenang dengan anak-anak karena disini ada kolam renang. Anda juga bisa memancing, bahkan boogey jumping pun bisa Anda coba.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat penginapan, di sekitar wisata nusantara Anda bisa menemukan hotel untuk tempat istirahat Anda dan keluarga. Selama berkunjung di sini, Anda tidak akan bingung karena semua hal bisa Anda lakukan selama di wisata nusantara.

Lokasi: Pasir, Kec. Mempawah Hilir, Kab. Mempawah.

4. Sebukit Rama

Sebukit Rama

Image Credit: Mempawahdistrict.blogspot.com

Tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selama berada di Mempawah adalah sebukit rama. Jika Anda ingin merasakan suasana yang tenang, udara yang bersih, segar serta jauh dari nuansa perkotaan, maka sebukit rama menjadi tempat yang cocok bagi Anda. Bukit yang satu ini ini berlokasi di Desa Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Selama berada di sini, Anda bukan hanya akan merasakan udara bersih dan sejuk, namun juga melihat peninggalan situs bersejarah dari kerajaan Mempawah. Bagi Anda yang kebetulan senang dengan wisata sejarah, mungkin tempat yang satu ini menjadi lebih menarik bagi Anda.

Salah satu tempat bersejarah peninggalan kerajaan Mempawah adalah makam Opu daeng manambon. Bagi Anda yang ingin melihat Makam Opu Daeng Manambon, Anda harus menaiki anak tangga. Mitos disini yang berkembang di tangga menuju makam opu daeng tidak pernah sama jumlahnya. Jika penasaran, Anda bisa mencoba menghitung jumlah anak tangga tersebut bersama kawan Anda.

Lokasi: Jl. Bawal, Terusan, Mempawah Hilir, Kab. Mempawah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sekadau Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Istana Amantubillah

Istana Amantubillah

Image Credit: Sitimustiani.com

Bagi Anda yang senang wisata sejarah, Anda wajib mengunjungi istana amantubillah. Istana yang satu ini merupakan peninggalan dari kerajaan Mempawah. Selama Anda berkunjung kesini, Anda akan melihat berbagai peninggalan yang menarik.

Anda bisa masuk ke dalam istana tersebut, untuk melihat berbagai benda yang merupakan peninggalan istana. Pengamanan yang satu ini akan sangat unik dan berkesan, mengingat jarangnya istana kerajaan Indonesia yang masih berbentuk bangunan, biasanya hanya tinggal menyisakan benteng, atau hanya tinggal menyisakan benda-benda peninggalan.

Di dalam istana tersebut Anda bisa melihat berbagai benda peninggalan seperti singgasana Raja. Pakaian kebesaran, serta keris. Bagi Anda yang ingin melihat kerajaan tersebut, Anda bisa mengunjungi lokasinya di.

Lokasi: Jalan Adi Wijaya RT/RW:04/12, Pulau Pedalaman, Kec. Mempawah Timur, Kab. Mempawah.

6. Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park

Image Credit: Suarapemredkalbar.com

Tempat selanjutnya yang harus Anda kunjungi selama berada di Mempawah adalah Mempawah Mangrove Park. Bagi Anda yang belum pernah melihat keindahan pohon mangrove Anda wajib berkunjung ke tempat yang satu ini.

Wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang berwisata dengan anak. Anak akan merasa lebih dekat dengan alam selama berada di kawasan wisata tersebut. Tak hanya sekedar melihat, Anda juga akan memperoleh informasi mengenai tanaman mangrove. Wisata yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan terutama soal alam.

Jika Anda yang ingin berkunjung ke wisata yang satu ini. Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00.

Lokasi: Pasir, Kec. Mempawah Hilir, Kab. Mempawah.

7. Jungkat Beach

Jungkat Beach

Image Credit: Travsharing.com

Pantai lain yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Mempawah adalah jungkat beach. Pantai yang satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Banyak orang berkunjung ke Mempawah hanya untuk melihat jungkat beach. Pantai yang satu ini menawarkan panorama yang indah dengan pemAndangan pantai yang menakjubkan. Lokasi wisata yang satu ini berada di Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah.

Tujuan para wisatawan umumnya adalah untuk melihat matahari terbenam, pantai ini memang terkenal akan lokasinya yang paling cocok untuk melihat pemAndangan tersebut. Jika Anda ingin menyusuri pantai, Anda bisa naik perahu yang ada di sekitaran pantai. Anda bisa memancing selama berada di tempat wisata yang satu ini. Jungkit beach sendiri dibuka setiap hari, mulai pukul 09:00 sampai pukul 19:00

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Dayak yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Raya Jungkat, Sei Nipah, Kec. Siantan, Kab. Mempawah.

8. Air Terjun Sambora

Air Terjun Sambora

Image Credit: Locations-indonesia.blogspot.com

Jika Anda ingin melihat pemAndangan alam dari daerah Mempawah, Anda bisa mengunjungi air terjun sambora. Jika ingin melihat alam dengan keindahan air terjunnya, Anda harus sedikit berusaha ekstra karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Jarak air terjun sambora dari pusat kota mencapai 57 km.

Untuk menghemat waktu sehingga Anda bisa sampai lebih cepat, Anda bisa menggunakan motor. Kendaraan yang satu ini juga akan berguna ketika Anda sudah sampai pada kaki bukit. Karena jalannya yang tak terlalu lebar, membuat kendaraan roda empat sulit masuk.

Anda tak perlu khawatir, selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang tidak ada habisnya. Sesampainya Anda di air terjun, semua usaha Anda akan terbayarkan dengan keindahan yang luar biasa. Jika lelah, Anda bisa membasuh tubuh Anda di bawah kucuran air terjun ini.

Lokasi: Sambora, Kec. Toho, Kab. Mempawah.

9. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Image Credit: Mapio.net

Jika mendengar pantai ancol, Anda pasti berpikir tentang pantai ancol yang ada di Jakarta. Padahal, pantai ancol juga bisa ditemukan di Mempawah lo. Pantai yang satu ini memiliki daya tarik yang tak kalah dengan pantai lainnya. Anda dan keluarga bisa bermain pasir pantai atau bermain air di bibir pantai.

Wisata pantai akan selalu menjadi wisata yang menyenangkan, bukan hanya melihat keindahan pantai, namun juga dapat bermain dengan keluarga, teman atau pasangan Anda.

Lokasi: Sengkubang, Kec. Mempawah Hilir, Kab. Mempawah.

10. Polaria Tanjung Pagar

Polaria Tanjung Pagar

Image Credit: Daengpajoka.com

Tempat wisata selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah polaria tanjung pagar. Disini, Anda akan disuguhkan dengan kawasan mangrove yang mempesona. Anda bisa mempelajari dan melihat langsung tanaman yang satu ini.

Lokasi: Mendalok, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Mempawah.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Mempawah terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi. Ajak keluarga dan teman Anda untuk menelusuri berbagai tempat wisata yang ada di Mempawah.