Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Melawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Kalimantan Barat? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Melawi Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Melawi adalah salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Barat. Memiliki tiga sungai besar yang membentang dan sangat indah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 10.640,80 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 228.787 jiwa.

Keindahan dan keelokan Kota Melawi ini tidak dapat diragukan lagi. Dengan beragam pesona alam yang begitu luar biasa, kota ini menyajikan destinasi wisata yang sangat langka dan unik. Tidak hanya mengenai situs sejarah saja, namun beragam keunikan alam juga tersaji di kota ini dengan sangat indah.

Untuk menghabiskan waktu dan menimati liburan bersama keluarga silakan saja mampir ke beberapa lokasi wisata yang ada. Berikut ini ada 10 tempat wisata di Melawi terbaru dan terhits untuk dikunjungi.

1. Taman Nasional Bukit Baka Raya

Taman Nasional Bukit Baka Raya

Image Credit: Balaikliringkehati.menlhk.go.id

Tempat wisata yang satu ini terletak di antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sebuah kawasan konservasi yang menjadi jantung Kalimantan ini tidak dapat diragukan lagi keindahan alamnya. Beragam flora dan fauna yang tinggal di taman nasional ini juga sangat beragam.

Anda dapat melepas lelah dengan melihat pohon besar yang memiliki daun hijau. Sambil menaiki kapal kecil, Anda bisa menghibur diri dengan mendengar suara burung atau hewan liar yang ada di sekitarnya. Sungguh pemandangan langka yang tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Lokasi: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang.

2. Air Terjun Kumpang Arang

Air Terjun Kumpang Arang

Image Credit: Antonius92.blogspot.com

Wilayah Melawi yang memiliki air melimpah ini juga memiliki beragam air terjun yang sangat luar biasa. Salah satunya yakni Air Terjun Kumpang Arang ini. Banyak orang yang suka melihat gemericiknya suara air terjun dan turut mandi atau berendam di dekatnya. Dengan air yang bersih dan jernih Anda pasti akan betah berlama-lama berada di lokasi wisata ini.

Banyak pemandangan hijau nan segar yang turut menghiasi keindahan air terjun ini. Sambil berbincang dan bercanda dengan keluarga, Anda dapat menikmati bekal makan yang sudah siap dari rumah. Meski bukan berada di restoran mewah dan mahal namun rasa nikmat makan di tempat ini pasti tak kalah asik dengan makanan mahal di luar sana.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sanggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Laman Mumbung, Kec. Menukung, Kab. Melawi.

3. Bukit Matok Melawi

Bukit Matok Melawi

Image Credit: Pariwisataku.com

Destinasi wisata Melawi yang satu ini terletak di Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi. Bukit ini menjadi sumber mata air bagi penduduk sekitar. Sebagian besar penduduk setempat memanfaatkan air dari bukit ini untuk bertani dan kebutuhan harian. Mereka selalu menjaga kebersihan dan merawat alam dengan baik sehingga daerah ini tetap asri dan alami.

Panorama alam yang indah disertai dengan udara sejuk tentu tidak dapat diragukan lagi. Banyak pepohonan hijau nan sejuk yang bisa Anda lihat di bukit ini. Apabila sudah sampai puncak, Anda dapat melihat indahnya Kecamatan Belimbing yang mengecil.

Lokasi: Pemuar, Kec. Belimbing, Kab. Melawi.

4. Air Terjun Siling Lubang Kuter

Air Terjun Siling Lubang Kuter

Image Credit: Tokopedia.com

Kota Melawi memang penuh dengan panorama indah yang memukau. Banyak destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi kapan saja bersama sahabat atau keluarga. Alam yang indah dan penuh dengan keunikan ini bisa membuat Anda makin bersyukur akan ciptaan tuhan.

Sebuah air terjun alami yang dapat memakan waktu sangat lama dengan berjalan kaki. Belum ada kendaraan yang bisa melewati lokasi ini karena masih sangat pedalaman. Jika Anda kurang bisa berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dan terjal sebaiknya tidak ke lokasi ini terlebih dahulu. Siapkan fisik dan waktu yang pas untuk menikmati wisata yang indah ini. Jangan lupa siapkan beberapa obat apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lokasi: Popai , Kec. Sokan, Kab. Melawi.

5. Sungai Pinoh

Sungai Pinoh

Image Credit: Bombasticborneo.com

Lokasi wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Nanga Pinoh. Sungai yang satu ini sangat panjang dan luas. Tidak hanya asik untuk mandi dan berenang, sungai ini juga bisa digunakan untuk berlayar menggunakan kapal kecil dan memancing. Apabila Anda terus menyusuri sungai hingga dalam dan menuju hutan liar maka keindahan Sungai Pinoh ini akan semakin nampak jelas. Banyak pohon liar yang besar dan kokoh Anda jumpai di sini.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Wajib Anda Coba

Beragam keindahan yang ada di Sungai Pinoh ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa kapal saja atau menyewa alat pancing. Jika ingin lebih irit lagi silakan berenang bebas dan bermain air sepuasnya di sungai yang panjang dan indah ini.

Lokasi: Kenual, Kec. Nanga Pinoh, Kab. Melawi.

6. Tugu Republik Indonesia Serikat

Tugu Republik Indonesia Serikat

Image Credit: Rezadidit138.blogspot.com

Sejarah mencatat bahwa Indonesia pernah mengalami Republik Indonesia Serikat. Pada tahun 1949 tepatnya tanggal 27 Desember ada sebuah Koferensi Meja Bundar yang dihadiri oleh tiga negara. Dalam keputusan tersebut menyatakan bahwa Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat. Hanya saja kesepakatan ini tidak berlangsung lama.

Alam Melawi yang menunjukkan situs sejarah ini menjadi saksi bisu yang tidak bisa disangkal lagi. Banyak hal terjadi dalam sejarah Indonesia sehingga bangsa ini terus berkembang menjadi negara yang kuat dan damai. Destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Nanga Pinoh. Datanglah bersama, sahabat dan kerabat untuk melihat situs sejarah yang berharga ini.

Lokasi: Tanjung Niaga, Kec. Nanga Pinoh, Kab. Melawi.

7. Bukit Batu Menangis

Bukit Batu Menangis

Image Credit: Wisatasia.com

Disebut dengan bukit batu menangis karena di atas bukit terdapat kolam air kecil yang terus mengeluarkan air. Cerita ini menjadi sangat mistis dengan adanya kepercayaan penduduk sekitar akan adanya kekuatan ajaib. Masyarakat percaya bahwa air yang ada di bukit ini sehat dan menyehatkan. Banyak penyakit yang bisa sembuh dengan minum air dari Bukit Batu Menangis ini.

Kisah mistis dan segala kepercayaan masyarakat tersebut tidak mengurangi keindahan bukit ini. Dengan adanya cerita tersebut jusru membuat wisata ini kian unik dan menarik. Cobalah untuk datang ke sini dan nikmati sensasi air sehat dari Bukit Batu Menangis ini. Siapa tahu Anda dapat mendengar suara tangisan dari arah yang tersembunyi.

Lokasi: Jabar, Kec. Ella Hilir, Kab. Melawi.

8. Bukit Saran

Bukit Saran

Image Credit: Wisatasia.com

Pendakian gunung dengan ketinggian 1740 mdpl ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan alam. Anda bisa bermalam dan membangun tenda untuk sejenak menikmati alam liar yang ada di sini. Banyak tumbuhan dan pemandangan indah yang bisa Anda saksikan dari atas Bukit Saran ini.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Barat

Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat lokasi ini agak sulit untuk dijangkau. Meski demikian Anda tidak akan menyesal melihat keindahan Bukit Saran ini dari dekat.

Lokasi: Temawang Bulai, Kec. Sepauk, Kab. Sintang.

9. Air Terjun Sahai Apat

Air Terjun Sahai Apat

Image Credit: Wisatasia.com

Dengan adanya air terjun ini Anda dapat merasakan sejuknya mandi di air alam. Sensasi semburan air dari atas gunung dan gemericik nuansa air yang ada membuat wisata ini paling banyak dicari. Banyak spot indah dan menarik yang bisa membuat Anda terpesona.

Pemadangan indah yang ada di sekitar air terjun ini juga memberikan sensasi yang tidak ada di air terjun yang lain. Suasana dan nuanasa yang ada pada lokasi bisa menjadi pengalaman berharga bagi Anda. Jangan lupa abadikan tiap moment berharga ini dengan berfoto bersama sahabat dan keluarga.

Lokasi: Ella Hulu, Kec. Menukung, Kab. Melawi.

10. Tugu Juang

Tugu Juang

Image Credit: Suarapemredkalbar.com

Tugu ini dibangun dengan tujuan mengingat semangat juang para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Dahulu, banyak rakyat yang mati terbunuh oleh penjajah Belanda. Keberadaan tugu ini bisa mengingatkan kepada seluruh orang yang ada di Indonesia bahwa kemerdekaan ini butuh dengan semangat dan perjuangan. Untuk itu setelah merdeka hendaknya harus diisi dengan semangat dan daya juang yang tinggi pula.

Lokasi wisata ini terletak di Nanga Pinoh. Pada malam hari, tugu ini akan terlihat lebih indah dan megah. Bersama kelap kelip lampu malam, Anda akan melihat taburan bintang yang ada di langit saat cuaca cerah. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Sambil tamasya, sambil juga mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang.

Lokasi: Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah, Paal, Kec. Nanga Pinoh, Kab. Melawi.

Inilah 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Melawi yang terbaru dan terhits untuk dikunjungi. Banyak hal yang bisa dipelajari dari alam dan beragam situs sejarah. Kota Melawi ini menghadirkan sejuta keindahan dan sejuta cerita bermakna yang bisa memberikan pencerahan pada kehidupan. Teruslah menjaga alam dan teruslah menjaga cinta pada sesama. Selamat menikmati liburan ini.