Kalimantan Utara

10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Malinau, Kalimantan Utara. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Sejatinya, banyak objek wisata di Kabupaten Malinau yang terhits dan harus dikunjungi karena memberikan banyak manfaat untuk wisatawan. Dijamin waktu berlibur Anda semakin seru karena mengunjungi objek wisata bersama anggota keluarga, yang terpenting merencanakan waktu berlibur agar tidak menganggu kegiatan lainnya.

Selain itu di salah satu desa Malinau terdapat destinasi wisata yang menyuguhkan kesenian, kebudayaan sehingga wawasan wisatawan semakin luas akan kebudayaan masyarakat Indonesia. Pastinya terdapat kerajinan anyaman maupun batik yang dibuat dengan cara manual, bahkan wisatawan dapat mencoba membuat anyaman maupun batik loh.

Usahakan memilih objek wisata yang tepat dan bermanfaat untuk keluarga, khususnya anak-anak. Apalagi anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang wajib melestarikan kebudayaan dan kebiasan masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Malinau, berikut ada 10 rekomendasi tempat wisata di Malinau yang dapat dijadikan tujuan, antara lain:

1. Air Terjun Semolon

Air Terjun Semolon

Image Credit: Pesona.travel

Air terjun Semolon termasuk objek wisata terhits yang memiliki keunikan tersendiri karena menjadi sumber air panas terbesar di Kabupaten Malinau. Apalagi air terjun tersebut tidak berbentuk layaknya terjunan kecil, tetapi mengalir ke sungai berbatu yang bentuknya seperti tangga bertingkat-tingkat. Alhasil selalu dikunjungi wisatawan diberbagai daerah untuk objek wisata air panas di Kecamatan Mentarang Desa Paking, Kabupaten Malinau, kalimantan Utara.

Menariknya lagi, air panas di air terjun tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit loh. Alhasil banyak wisatawan yang rutin mengunjungi tempat wisata tersebut dengan harapan penyakitnya sembuh, entah mitos atau hanyalah tradisi, namun banyak wisatawan yang membuktikan kepercayaan tersebut.

Lokasi: Harapan Maju, Kec. Mentarang, Kab. Malinau.

2. Sungai Sentaban

Sungai Sentaban

Image Credit: Origoinsersio.wordpress.com

Siapa bilang objek wisata sungai tidak memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik? Buktinya, sungai Sentaban di Kabupaten Malinau menjadi objek wisata terhits yang dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Sejatinya sungai tersebut terletak di Desa Setulang yang lokasinya tak terlalu jauh dari Pelabuhan Speed maupun Bandar Udara Kol. RA Bessing Malinau.

BACA JUGA:  Wana Wisata Persemaian, Berwisata Sembari Belajar Tanaman Lokal Kalimantan

Pastinya perjalanan menuju sungai mudah dijangkau, wisatawan akan dimanjakan pemandangan yang memukau. Pastinya dapat melihat keindahan hutan asli Kalimantan yang sangat sejuk dan berwarna hijau, alhasil menjadi pengalaman tak terlupakan karena pemandangan banyak pohon yang menutupi bukit-bukit tinggi menjulang. Dijamin udaranya masih segar dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi: Sentaban, Kec. Malinau Barat, Kab. Malinau.

3. Air Terjun Martin Billa

Air Terjun Martin Billa

Image Credit: Jalanwisata.id

Air terjun Martin Billa tak jauh dari ibukota Kabupaten Malinau, berjarak 30 km dari Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan dan menjadi objek wisata terhits yang paling indah. Apalagi air terjun memiliki tinggi sekitar 70 meter dan berada di tengah hutan tropis. Untuk menjangkau objek wisata air terjun Martin Billa usahakan menggunakan kendaraan roda dua agar mudah menjangkau area, pasalnya jika menggunakan kendaraan roda empat akan banyak debu akibat truck muatan batubara.

Walaupun terdapat kendala selama perjalanan, saat dilokasi tergantikan dengan keindahan yang yang menawan. Pasalnya wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun beserta pemandangan hutan tropis yang masih asli dan terjamin kesegarannya.

Lokasi: Long Loreh, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau.

4. Desa Wisata Setulang

Desa Wisata

Image Credit: Pesona.travel

Dinamakan desa wisata Setulang karena menyuguhkan kebudayaan khas suku dayak kenyah, dengan begitu wisatawan mendapatkan edukasi kebudayaan Kabupaten Malinau dengan cara menyenangkan. Apalagi disekitar desa memiliki pemandangan yang indah sehingga membuat wisatawan betah berlibur ke desa wisata Setulang, Anda dapat melihat tarian adat maupun segala pertunjukan yang berhubungan dengan Malinau, banyak juga rumah adat suku Kenyah yang sudah tua namun selalu dijaga sehingga menjadi spot menarik bagi wisatawan.

Selain itu letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Malinau, wisatawan hanya menempuh sekitar beberapa jam saja. Dijamin lelah selama perjalanan tergantikan dengan pemandangan yang unik dan edukasi yang lengkap, tentunya sangat bermanfaat untuk anak-anak.

Lokasi: Setulang, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau.

5. Hutan Tane Olen

Hutan Tane Olen

Image Credit: Expeditionbasecamp.com

Anda menginginkan berlibur ke Hutan di Kabupaten Malinau? Hutan Tane Olen adalah objek wisata tepat karena memiliki pesona alam yang menawan. Apalagi banyak spot foto instagramable yang disukai wisatawan lokal maupun asing, wisatawan akan menyaksikan pemandangan sungai sampai segarnya air terjun yang merilekkan pikiran. Dijamin masalah selama di rumah hilang lantaran panorama liburan yang menyegarkan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Nunukan Terbaru Dan Terhits Dikunjungi

Anda menginginkan bersantai di Hutan Tane Olen? Tenang saja karena wisatawan dapat membuat tenda di pinggiran sungai sambil menikmati pemandangan sungai dan suara alam. Untuk itulah jangan melewatkan liburan menarik di hutan Tane Olen yang memanjakan wisatawan dan ingin berlama-lama di tempat wisata tersebut.

Lokasi: Setulang, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau.

6. Air Terjun Jumpolon

Air Terjun Jumpolon

Image Credit: Jalanwisata.id

Kabupaten Malinau memang menarik dikunjungi karena memiliki objek wisata terhits yang dikagumi banyak orang, salah satunya adalah objek wisata air terjun Jumpolon yang memberikan sensasi petualangan yang menyenangkan. Memang, menjangkau air terjun tersebut tidak mudah karena wisatawan harus menyusuri jernihnya air sungai berserta lebatnya hutan konservasi Kabupaten Malinau. Namun jerih payah tersebut tergantikan saat wisatawan sampai di air terjun jumpolon, wisatawan mendapatkan pemandangan alam beserta air terjun yang mempesona.

Sementara letak air terjun Jumpolon terletak di Desa Paking yang masih satu wilayah dengan Kecamatan Mentarang. Untuk itulah objek wisata tersebut wajib dikunjungi karena pengalamannya indah dan tak terlupakan.

Lokasi: Paking, Kec. Mentarang, Kab. Malinau.

7. Gunung Sidi

Gunung Sidi

Image Credit: Wisatasia.com

Anda memiliki jiwa petuangan yang tinggi? Gunung Sidi wajib dikunjungi karena di puncak gunung terdapat panorama menakjubkan yang dapat dinikmati wisatawan. Bahkan wisatawan dapat menikmati pesona sunrise maupun sunset yang menawan loh. Diatas gunung, wisatawan dapat menikmati suburnya Kabupaten Malinau dan pemandangan sekitar gunung.

Sepanjang menaiki gunung, wisatawan dimanjakan dengan pedalaman hutan dan lebatnya hutan yang mempesona. Sementara letak Gunung Sidi terletak di Desa Long Loreh di wilayah Malinau Selatan. Anda tak perlu khawatir kebingungan saat mendaki gunung, pasalnya dapat mengajak pemandu terdekat sehingga selama perjalanan tidak akan tersesat.

Lokasi: Langap, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau.

8. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang

Image Credit: Pesona.travel

Tempat wisata Taman Nasional Kayan Mentarang cukup luas sehingga meliputi berbagai wisata. Diantaranya, wisata alam meliputi Pantai Pulau Datok dan Bukit Lubang Tedong, Gunung Palung , Gunung Panti ,Cabang Panti, Kampung Baru, Sungai Matan dan Sungai Simpang, dengan luasnya 1.360.500 hektar, merupakan suatu kesatuan kawasan hutan primer dan hutan sekunder tua yang terbesar dan masih tersisa di Kalimantan dan seluruh Asia Tenggara.

BACA JUGA:  Taman Oval Ladang, Sarana Rekreasi & Hiburan Warga Tarakan

Apalagi objek wisata tersebut memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, baik jenis langka maupun dilindungi. Keanekaragaman tipe ekosistem dari hutan hujan dataran rendah sampai hutan berlumut di pegunungan tinggi. Tentunya yang terkandung di Taman Nasional Kayan Mentarang memang sangat mengagumkan.  Pengamatan tumbuhan pulai , jelutung , ramin , Agathis , kayu ulin , rengas , gaharu , aren , berbagai jenis anggrek, palem, dan kantong semar. Selain itu, ada beberapa jenis tumbuhan yang belum semuanya dapat diidentifikasi karena merupakan jenis tumbuhan baru di Indonesia. serta mamalia endemik, primata (Beberapa jenis mamalia langka seperti macan dahan, beruang madu, lutung dahi putih , banteng) dan beberapa jenis burung terancam punah.

Lokasi: Long Bena, Kec. Pujungan, Kab. Malinau.

9. Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian

Image Credit: Trepelin.com

Air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tidak Anda dapatkan di lokasi wisata air terjun lainnya. Air Terjun gunung Rian menyajikan sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga Anda tidak akan bosan. Di sekeliling air terjun merupakan hutan tropis dengan vegetasi yang beragam. Di sini juga Anda akan dengan mudah mendapatkan atau menjumpai salah satu flora khas Kalimantan yaitu pohon Ulin.

Pohon yang bernama latin aeusideroxylon zwageri. Ini merupakan vegetasi hutan tropis yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena kualitas kayunya yang memang berkualitas super. Inilah salah satu daya tarik objek wisata di Kalimantan Utara. Bagi Anda para penggemar wisata alam dengan trek yang menantang dan membuat penasaran masyarakat.

Lokasi: Rian, Kec. Muruk Rian, Kab. Tana Tidung.

10. Embung Geomembran

Embung Geomembran

Image Credit: Jolygram.com

Embung Geomembran telah diresmikan Bupati Malinau pada tahun 2017, tepatnya di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat bakal disulap menjadi destinasi wisata digital pada tahun ini.  Tak ayal membuat wisatawan lokal maupun asing penasaran dan ingin mendatangi Embung Geomembran tersebut, pasalnya banyak spot foto instagaramable yang dinikmati pengunjung. Dijamin liburan Anda bersama orang tercinta sangat berkesan dan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Inhutani, Tj. Lapang, Kec. Malinau Barat, Kab. Malinau.

Itulah daftar tempat wisata di Malinau terpopuler yang patut Anda kunjungi selama punya waktu luang untuk berlibur.