Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata di Mahakam Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Kabupaten Mahakan Ulu merupakan wilayah kabupaten yang secara administratif terdaftar di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Mahakam Ulu sendiri merupakan salah satu kabupaten yang teletak di bagian ujung pulau Kalimantan. Kabupaten ini adalah kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat. Resminya Kabupaten Mahakam Ulu adalah pada tanggal 14 Desember 2012 oleh Anggota DPR dalam rapat paripurnanya.

Kabupaten Mahakan Ulu ini merupakan kawasan yang dikenal dengan pemandangannya alam serta tempat wisatanya yang begitu indah. Banyak lokasi-lokasi wisata yang menarik para wisatawan untuk dapat berkunjung ke kabupaten ini. Tidak terlalu banyak yang mengetahui beberapa tempat wisata di daerah Mahakam Ulu, sehingga vegetasi alaminya masih sangat terjaga.

Bagi para wisatawan ataupun warga lokal yang ingin mencari ketenangan jiwa, serta keluar dari padatnya kota, ada beberapa tempat yang dapat menjadi rekomendasi untuk dikunjungi ketika sedang berada di Mahakam Ulu. Berikut ini 10 tempat wisata di Mahakam Ulu yang terbaru dan hits untuk dikunjungi oleh para wisatawan saat liburan.

1. Kampung Long Tuyoq

Kampung Long Tuyoq

Image Credit: Kaltimkece.id

Kawasan ini dapat menjadi salah satu list yang dapat dikunjungi karena merupakan salah satu perkampungan yang ditinggali oleh para suku dayak asli. Kampung Long Tuyoq ini merupakan tempat tinggal dari orang-orang suku Dayak Bahau Busang, salah satu suku yang merupakan bagian dari suku Dayak. Desa ini dapat dikatakan cukup luas. Dengan ukuran luas sebesar kurang lebih 126 kilometer mejadikan perkampungan ini menjadi tempat tinggal yang cukup nyaman bagi para orang-orang suku Dayak Bahau Busang. Para wisatawan yang tertarik datang ke desa ini dapat melihat keseharian penduduknya yang merupakan mayoritas petani tadah hujan, berburu hewan liar, serta penambang emas tradisional.

Lokasi: Long Tuyoq, Kec. Long Pahagai, Kab. Mahakam Ulu.

2. Kawasan Sungai Cinta

Kawasan Sungai Cinta

Image Credit: Travel.detik.com

Selain menjadi objek wisata, kawasan sungai cinta ini juga merupakan sumber mata air bersih dari beberapa desa yang berada di sekitarnya. Desa-desa yang menjadikan sungai cinta ini sebagai tempat untuk mengambil air bersih adalah desa Sumalindo, Batu Sapi, dan Desa Batu Majang yang semuanya masih berada di Kecamatan Long Bagun. Kawasan sungai cinta ini tidak hanya menyuguhkan sungai yang bersih, namun juga terdapat sebuah jantur atau air terjun. Tidak jauh dari sungai cinta, hanya berjarak sekitar 120 meter maka akan ditemukan air terjun yang juga disebut sebagai air terjun cinta. Filosifinya agar para wisatawan dan warga yang memanfaatkan kawasan ini sebagao objek wisata maupun tempat untuk hidup mencintai alam sehingga tidak dirusak.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sumalindo, Kec. Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu.

3. Kawasan Goa Tengkorak

Kawasan Goa Tengkorak

Image Credit: Ksmtour.com

Kawasan goa ini berada di wilayah kawasan hutan PT. Roda Mas Timber Kalimantan. Seperti namanya, goa ini merupakan goa yang berisikan tumpukan tulang benulang dari manusia. Tulang benulang tersebut disimpan dalam peti mati. Lokasinya hampir sama dengan daerah pemakaman di Toraja, Sulawesi Selatan. Konon, goa ini merupakan tempat dimakamkannya orang-orang terdahulu. Akan tetapi seiring berjalannya waktu sepertinya goa ini juga dijadikan pemakaman bagi orang-orang disekitar yang memiliki kepercayaan tertentu. Di sekitaran goa ini disajikan pepohonan yang memanjakan mata sehingga tidak hanya nuansa mistis yang didapatkan ketika berkunjung, namun nuansa asri juga di dapatkan saat datang ke kawasan goa ini.

Lokasi: Kawasan Hutan PT. Roda Mas Timber, Kec. Long Pahangai, Kab. Mahakam Ulu.

4. Air Terjun Jantur Kenheq

Air Terjun Jantur Kenheq

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Air terjun ini dapat dikatan sebagai air terjun yang cukup unik. Pasalnya, air terjun tersebut jatuh langsung ke badan Sungai Mahakam. Kondisi ini jelas berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya dimana pada umumnya air terjun tidak akan langsung jatuh ke badan sungai. Kawasan ini masih di kelilingi oleh hutan yang masih sangat asri sehingga masih sangat nyaman untuk dikunjungi oleh mereka yang mecari ketenangan jiwa.

Lokasi: Long Tuyoq, Kec. Long Pangahai, Kab. Mahakam Ulu.

5. Air Terjun Kohong

Air Terjun Koho

Image Credit: Kaltim.idntimes.com

Air terjun ini sangat jarang dalam kondisi sepi terutama di hari-hari libur. Air Terjun Kohong merupakan kawasan wisata yang menjadi salah satu destinasi favorit ketika liburan keluarga. Tentu saja hal tersebutlah yang membuat kawasan wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Lokasinya yang juga berada di ibu kota kabupaten serta waktu dan jarak tempuh yang singkat membuat lokasi air terjun ini sangat mudah untuk digapai. Menggunakan motor ataupun mobil hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit dari pusat kota untuk mencapai air terjun ini.

BACA JUGA:  Pulau Kumala, Destinasi Wisata Unik di Tengah Sungai Mahakam

Lokasi: Ujoh Bilang, Kec. Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu.

6. Desa Batu Majang

Desa Batu Majang

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Sama seperti Desa Long Puyoq, Desa Batu Majang merupakan salah satu tempat ditemukannya perkampungan Suku Dayak. Desa ini kemudian dapat menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata ketika berada di Mahakam Ulu. Mayoritas bahkan seluruh penduduk desa ini adalah suku dayak, lebih tepatnya Suku Dayak Kenyah. Lokasi dari Desa Batu Majang berada di tepian antara dua sungai yaitu Sungai Alan dan Sungai Mahakam. Desa ini diberikan nama Batu Majang dari sebuah batu besar yang berada di kawasan desa, tepatnya terpotong oleh aliran Sungai Alan. Pekerjaan dari penduduk lokal disini adalah mayoritas pengrain dan juga petani.

Lokasi: Batu Majang, Kec. Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu.

7. Kawasan Bukit Karst Long Apari

Kawasan Bukit Karst Long Apari

Image Credit: Motormania.web.id

Bukit ini berada di barat desa. Untuk dapat sampai ke atas bukit tersebut, cukup berjalan kaki. Tidak begitu jauh seperti saat menaiki bukit-bukit lainnya. Ketinggian dari bukit ini hanya sekitar 100 meter. Dari atas bukit, para wisatawan dapat melihat jalur lingkar dari Sungai Mahakam. Selain dapat melihat liukan dari Sungai Mahakam, di atas bukit ini juga dapat menikmati liukan dari sungai lainnya yaitu Sungai Cihan. Pemandangan tersebut jelas sangat memanjakan mata.

Lokasi: Tiong Ohang, Kec. Long Apari, Kab. Mahakam Ulu.

8. Riam Udang

Riam Udang

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Riam Udang merupakan tempat dimana mereka yang mencintai arum jeram dapat singgah karena ini merupakan tempat wisata terhits Mahakam Ulu. Kawasan wisata arum jeram ini berada di lokasi yang cukup strategis karena jika seseorang ingin pergi ke Long Pahangai dan juga Long Apari dipastikan akan melwati kawasan Riam Udang ini. Kawasan ini masih dikelilingi oleh hutan belantara sehingga masih cukup rindang dan asri bagi para pencari lokasi yang tenan.

BACA JUGA:  Waduk Panji Sukarame, Tempat Rekreasi Air di Kutai Kartanegara

Lokasi: Batoq Kelo, Kec. Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu.

9. Datah Bilang

Datah Bilang

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Para wisatawan yang hendak datang ke Sungai Mahakan dan mengintarinya pasti akan melewati desa ini. Ciri khas dari desa ini adalah di bagian depan akan ada warung makan mengapung yang terletak di aliran sungai. Tempat ini juga selalu menjadi tempat peristirahatan bagi orang-orang yang hendak menuju ke Long Bagun atau sebaliknya.

Lokasi: Datah Bilang, Kec. Long Hubung, Kab. Mahakam Ulu.

10. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam

Image Credit: Pesona.travel

Ke Mahakam Ulu akan sangat kurang rasanya jika tidak mendatangi lokasi ikonik dari Kabupaten ini. Sungai Mahakam merupakan sungai yang menjadi ciri khas daerah ini. Menelusuri sungai Mahakam akan memberikan ketenangan jiwa bagi wisatawan. Pasalnya, panorama alam yang sangat indah disuguhkan sepanjang melintasi sungai ini. Sungai ini dilelilingi oleh hutan dan tebing-tebing yang terlihat sangat alami. Lokasi wisata ini merupakan wisata wajib jika datang ke Mahakam Ulu.

Lokasi: Long Merah Kec. Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu.

Itulah 10 tempat wisata populer yang dapat dikunjungi ketika sedang berada di Mahakam Ulu. Setiap daerah pasti memberikan pengalaman yang berbeda dan menyajikan pemandangan alam yang beragam. Bagi para penikmat alam bebas, kawasan wisata yang berada di Sangatta ini dapat menjadi destinasi yang tepat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dan dapat merelaksasikan pikiran. Kawasan wisata di Mahakam Ulu ini dapat menjadi referensi wisata saat libur telah tiba atau saat ingin melepas penat kehidupan di kota.