Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Landak Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Landak? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Landak, Kalimantan Timur. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Landak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Kalimantan Barat. Ibukota kabupaten ini diberi nama Ngabang. Sebuah wilayah dengan luas 9.909,10 km² ini memiliki 10 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 282.026 jiwa.

Wilayah yang memiliki wisata alam yang indah ini tidak hanya berupa sungai dan daratan saja. Namun juga ada beberapa gua dan bukit yang dapat menakjubkan mata. Apabila sedang jenuh dengan pekerjaan dan beberapa kepenatan lain mampir saja ke beberapa wisata yang ada di Landak ini.

Kota yang memiliki beberapa situs sejaah ini juga menyimpan beragam cerita rakyat yang bisa Anda ambil hikmah dan amanahnya. Banyak hal yang bisa dipelajari dari beragamnya Kota Landak ini. Beriku ini ada 10 tempat wisata di Landak terbaru dan terhits untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Melanggar

Air Terjun Melanggar

Image Credit: Wartawisata.id

Lokasi wisata ini terletak di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Air terjun ini bersal dari sungai Landak yang patah akibat alam. Secara alami, bebatuan yang ada di sungai ini terjadi pergeseran. Kemudian lama kelamaan menjadi bergeser terus sehingga terjadilah air terjun ini. Tinggi air terjun ini bisa mencapai sekitar 60 meter dengan lebar lebih dari 60 meter.

Air terjun ini memancarkan pesona alam yang begitu luar biasa. Anda dapat menikmati beragam keindahan dari sisi mana saja. Nikmati moment kebersamaan dengan sahabat dan keluarga di alam yang terbuka ini sambil menikmati bekal yang sudah Anda siapkan. Jangan lupa abadikan setiap moment dengan foto dan video.

Lokasi: Merayuh, Kec. Air Besar, Kab. Landak.

2. Air Terjun Rombo Katio

Air Terjun Rombo Katio

Image Credit: Wisatasia.com

Lokasi wisata Landak ini dekat dengan pusat kota, yakni Ngabang. Anda hanya butuh 15 menit untuk bisa sampai ke lokasi. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa naik ojek atau naik kendaraan umum lainnya. Lokasinya yang sangat dekat dengan kota tidak menjadikan tempat wisata ini panas dan padat. Justru di tempat ini Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang elok dan memesona.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Bukit Rindu Alam di Singkawang

Terdapat kolam kecil disekitar air terjun yang bisa digunakan untuk berendam. Masyarakat sekitar meyakini bahwa air terjun ini bisa dijadikan terapi kesehatan yang ajaib. Cukup berendam beberapa menit dan menghilangkan segala penat maka setelah itu badan akan terasa lebih segar dan fresh. Anda tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke lokasi wisata ini karena biaya masuknya sangat terjangkau.

Lokasi: Air Terjun Rombo Katio, Kec. Ngabang, Kab. Landak.

3. Goa Tangandu

Goa Tangandu

Image Credit: Wisatasia.com

Terletak di Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar. Destinasi wisata yang satu memiliki keunikan yang jarang ditemui pada berbagai gua pada umumnya. Pasalnya, gua ini memiliki pintu vertikal dan ada air terjunnya. Sungguh, pemadangan yang sangat langka. Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini Anda harus menggunakan tali panjang yang diikat seperti layaknya rafling. Untuk itu sebaiknya Anda mengajak pemandu wisata agar tetap bisa menikmati gua yang indah ini tanpa takut tersesat atau tidak bisa kembali lagi.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalamgua ini, salah satunya yakni mandi atau berenang. Anda juga dapat mengabadikan segala aktivitas di gua ini dengan kamera yang canggih agar pencahayaan dapat terjaga dengan baik. Alam yang terbuka sebenarnya memberikan cahaya yang pas apabila pengambilan gambarnya bisa sesuai dengan momentnya. Hanya saja tidak semua orang bisa mengambil gambar dengan cara yang baik.

Lokasi: Engkangin, Kec. Air Besar, Kab. Landak.

4. Makam Raja Landak

Makam Raja Landak

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang. Lokasi wisata yang satu ini memiliki cerita sejarah yang sangat panjang. Dahulu, kerajaan Landak berdiri tahun 1292 dengan menganut agama Hindu. Gelar raja pada masa tersebut disebut dengan Ratu Sang Nata Pulang Pali. Selama 7 keturunan berlalu barulah pada tahun 1472 hingga Indonesia merdeka berubah menjadi kerajaan Islam. Untuk itu sebutan raja berubah menjadi Raden.

Lokasi: Jl. Pangeran, Raja, Kec. Ngabang, Kab. Landak.

5. Bukit Terinting

Bukit Terinting

Image Credit: Youtube.com (Travedisi)

Bagi Anda yang suka naik gunung, destinasi wisata Bukit Terinting akan sangat cocok menjadi salah satu tujuan pendakian. Berada pada ketinggian 500 mdpl, Anda akan disuguhkan dengan udara dingin dan pemandangan yang begitu luar biasa. Tidak ketinggalan suara aneka satwa liar akan terdengar merdu dan menenangkan.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi wisata ini terletak di Desa Enkangin, Kecamatan Air Besar. Butuh waktu sekitar 6 jam dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi. Untuk itu Anda butuh memiliki stamina yang prima agar dapat menaklukan Bukit Terinting yang indah ini. Apabila ingin melepas lelah sejenak silakan saja mampir ke Air Terjun Terinting guna membasuh wajah atau hanya sekedar melepas lelah.

Lokasi: Sempatung Lawek, Kec. Air Besar, Kab. Landak.

6. Bukit Batu Pakumbang

Bukit Batu Pakumbang

Image Credit: Wisatasia.com

Terletak di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak. Lokasi wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan area panjat tebing. Konturnya yang sangat terjal dan tingkat kesulitan yang cukup sulit akan memicu kecepatan adrenalin Anda. Memiliki pohon yang begitu lebat, besar dan kuat. Pada saat hujan tentu lokasi bukit ini akan terasa lebih licin dan agak susah untuk melakukan pendakian.

Bagi Anda yang suka dengan olah raga panjat tebing tentu akan lebih tertantang jika melakukan pendakian pada saat hujan. Jangan lupa bawa bekal yang cukup dan siapkan stamina yang kuat. Ajak sahabat dan keluarga untuk menikmati alam Bukit Batu Pakumbang ini.

Lokasi: Pakumbang, Kec. Sompak, Kab. Landak.

7. Riam Angan Tembawang

Riam Angan Tembawang

Image Credit: Gumayvebry.blogspot.com

Pesona alam Kalimantan memang tidak pernah ada habisnya. Banyak destinasi wisata alam yang masih sangat asri dan alami, salah satunya dengan Riam Angan Tembawang ini. Lokasi wisata ini adalah sebuah sungai besar yang terletak di Desa Angan Tembawang, Kecamatan Jelimpo.

Lokasi: Angan Tembawang, Kec. Jelimpo, Kab. Landak.

8. Makam Juang Mandor

Makam Juang Mandor

Image Credit: Pesona.travel

Sebuah saksi sejarah yang menggambarkan kekejaman Jepang pada masa penjajahan. Terletak di Desa Simpang Kasturi, Kecamatan Mandor. Lokasi wisata ini memberikan kenangan sekaligus pelajaran yang sangat berharga. Menurut sejarah, dahulu masayarkat kota ini dibantai secara kejam dengan menghabisi lebih dari 20.000 jiwa. Jepang ingin mendidik anak usia 12 tahun kebawah dengan pendidikan ala Jepang sehingga sisanya harus mati agar tidak menghalangi. Bagi Jepang, usia dibawah 12 tahun masih mudah diberikan pendidikan dengan cara apapun.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sintang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Guna mengenang peristiwa tersebut maka dekat pemakaman dibangun sebuah monumen yang bertuliskan relief pembantaian tersebut. Peristiwa yang sangat mengerikan tersebut tergambar jelas pada relief yang ada pada dinding monumen. Sungguh sebuah pelajaran yang sangat berharga bahwa Indonesia sekarang sudah merdeka dan hendaknya sebagai generasi muda terus maju dan berjuang tanpa kenal lelah.

Lokasi: Simpang Kasturi, Kec. Mandor, Kab. Landak.

9. Masjid Jami Keraton Ismahayana

Masjid Jami Keraton Ismahayana

Image Credit: Referensi.data.kemdikbud.go.id

Cerita sejarah di Kota Landak ini masih sangat banyak dan beragam. Salah satunya Masjid Jami Keraton Ismahayana ini memiliki kharisma dan keindahan Kerajaan Landak. Pada tahun 1859-1899 Raja Landak ke-21 yakni Abdul Azis Kusuma Akamuddin memindahkan masjid dekat dengan Keraton Ismahayana. Hingga sekarang masjid ini masih sangat cantik dan cukup terawat dengan baik. Meski sudah mengalami beberapa kali pemugaran namun seni dan arsiteknya tidak berubah. Masyarakat setempat merawat masjid ini dengan sangat baik. Di sekitar masjid juga terdapat beberapa benda peninggalan Kerajaan Landak yang masih terawat.

Lokasi: Jl. Pangeran, Raja, Kec. Ngabang, Kab. Landak.

10. Rumah Betang Saham

Rumah Betang Saham

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan adat dan budaya Kota Landak yang masih terpelihara hingga sekarang. Rumah Betang Saham ini dibangun pada tahun 1875 menggunakan kayu ulin dan kayu belian. Rumah adat Suku Dayak Kanayan ini dihuni oleh ratusan keluarga hingga sekarang. Meski sudah berusia lebih dari 100 tahun namun bangunan ini masih kokoh dan kuat melindungi para penghuninya dari panas dan hujan.

Kini Rumah Betang Saham ini menjadi icon dari Kalimantan Barat dan dijadikan sebagai lokasi wisata. Apabila telah tiba musim panen dan musim tanam maka penduduk setempat akan mengadakan upacara adat yang masih dilakukan hingga sekarang. Berbagai kegiatan dari penduduk setempat menjadi incaran para wisatawan asing dan domestik.

Lokasi: Jl. Raya Pahauman – Ngabang, Pahauman, Kec. Sengah Temila, Kab. Landak.

Inilah 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Landak terbaru dan terhits untuk dikunjungi. Manfaatkan wisata ruang terbuka untuk berbagi keceriaan dan kebahagiaan bersama keluarga. Belajar dengan alam sambil memuji kebesaran tuhan tentu akan membuat hati lebih damai dan sejuk. Jangan lupa untuk selalu bersyukur bahwa beragam situs sejarah sudah memberikan bukti bagaimana Indonesia dahulu kala. Merdeka dan bebas itu indah. Selamat berlibur.