Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Lamandau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Lamandau, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Lamandau.

Bosan liburan ke tempat itu-itu saja? Sepertinya Anda harus mengunjungi daerah lain, salah satunya Kalimantan tengah. Provinsi yang satu ini memang terkenal akan keindahan alamnya. Berbagai jenis flora dan fauna bisa Anda temukan di Kalimantan. Tak hanya unggul soal flora dan fauna, Kalimantan juga unggul soal wisata.

Salah satu daerah yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kalimantan adalah Lamandau. Disini, Anda bisa mengisi waktu liburan Anda dengan menikmati berbagai pesona alam yang jarang sekali Anda lihat di sepanjang hidup Anda.

Berbagai tempat wisata yang ada di Lamandau sangatlah beragam. Saat Anda mengunjungi kabupaten Lamandau yang berada di provinsi Kalimantan tengah ini Anda akan di buat terkesima dengan keindahan alam dan tempat wisatanya. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya.

1. Riam Bahu Burung di Kecamatan Bulik Timur

Riam Bahu Burung di Kecamatan Bulik Timur

Image Credit: Facebook.com @Lamandau Tourism

Tempat wisata yang satu ini akan membawa Anda melihat keindahan alam Kalimantan. Untuk dapat menikmati keindahan alam tersebut, Anda membutuhkan sedikit perjuangan karena akses menuju riam bahu burung masih sulit di jangkau. Tempat yang satu ini diberi nama bahu burung bukanlah tanpa sebab karena jika dilihat dari kejauhan atau dari tempat tinggi kawasan riam ini tampak seperti bahu burung. Tak percaya? Saat sampai Anda bisa menuju tempat yang lebih tinggi seperti bukit lalu lihatlah apakah kawasan tersebut tampak seperti bahu burung atau tidak.

Bagi Anda yang ingin menjelajah lebih dalam di area wisata yang satu ini, Anda bisa menuju mata air yang berada di puncak desa.

Untuk mencapai mata air tersebut, Anda harus menempuh medan yang tak mudah. Untuk mencapai tempat wisata riam bahu burung sendiri cukuplah sulit dan memakan waktu. Anda bisa menggunakan 2 jalur yakni sungai dan darat. Jika Anda memilih jalur darat, maka waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai di tempat wisata ini memakan waktu 3 jam. Jika Anda memilih jalur darat, waktu tempuh nya bahkan sampai 5 jam, meskipun Anda menggunakan motor. Semua rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan pemAndangan yang mempesona saat Anda sampai di riam bahu burung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Paling Hits

Lokasi: Nanga Kemujan, Kec. Bulik Timur, Kab. Lamandau.

2. Bukit Sebayan

Bukit Sebayan

Image Credit: Triptrus.com

Jika Anda sedang berlibur di Lamandau tapi tak mengunjungi bukit sebayan, maka liburan Anda akan terasa kurang lengkap.

Wisata yang satu ini terbilang wisata yang sangat unik dan akan membawa pengalaman baru di hidup Anda. Wisata yang satu ini cukup berhubungan dengan magis karena Anda akan mengunjungi tempat yang dipercaya sebagai surga bagi orang yang meninggal. Kepercayaan tersebut adalah kepercayaan dari agama kaharingan yang umum dianut oleh masyarakat dayak tomun.

Nantinya Anda bisa ditemani oleh seorang pemandu yang mengerti betul mengenai bukit sebayan, termasuk peraturan yang harus Anda taati saat berada di daerah ini. Bukit sebayan juga terkenal akan keindahannya. Berbagai bunga seperti bunga sebayan juga dapat Anda temui. Hutan yang masih asri dan dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitar juga akan menambah daya tarik Anda selama berada di bukit sebayan. Jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih 3.5 jam dari ibu kota.

Lokasi: Beginci Darat, Kec. Hulu Sungai, Kab. Ketapang.

3. Rumah Betang Ojung Batu, Rumbang Pirak, serta Rumbang Rongas

Rumah Betang Ojung Batu, Rumbang Pirak, serta Rumbang Rongas

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika Anda penasaran dengan bentuk rumah tradisional yang umum digunakan oleh para penduduk Kalimantan jaman dulu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata terkenal yang satu ini.

Ada tiga rumah betang yang menjadi cagar budaya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Lamandau. yaitu Ojung Batu, ada pula Rumbang Pirak, serta Bintang Timur. Ojung Batu merupakan sebuah rumah betang yang bentuknya memiliki sentuhan modern.

Sementara itu Rumah Betang Rumbang Pirak yakni memiliki bentuk atau ukuran rumah yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Ojung Batu. Rumbang Pirak sendiri berlokasi di tepi sungai. Sedangkan rumah rumbang rongas memiliki bentuk dan model tradisional dan original, tiang rumahnya bahkan terbuat dari kayu asli.

Lokasi: Kudangan, Kec. Delang, Kab. Lamandau.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Air terjun Palikodan, Tambai, dan Rohap

Image Credit: Direview.id

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Palikodan. Ada empat tingkatan pada air terjun. Anda harus melewati berbagai ladang milik warga sekitar untuk bisa sampai di air terjun Tunai. Jika pergi pagi-pagi, Anda bahkan dapat bertukar sapa dengan penduduk yang sedang bekerja. Selanjutnya, jika Anda mau untuk berjalan ke hulu, maka Anda menemukan Air Terjun Rohap. Lokasi air terjun ini sekitar 200 meter dari Air Terjun Tambai.

Lokasi: Nanga Palikodan, Kec. Bulik Timur, Kab. Lamandau.

5. Festival Babukung

Festival Babukung

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Jika Anda berada di Lamandau pada bulan juli, maka Anda harus mengunjungi festival babukung. Festival yang satu ini adalah sebuah ritual adat yang secara rutin digelar oleh masyarakat dayak tomun. Awal mula diadakannya ritual ini adalah agar keluarga yang salah satu anggota keluarganya telah meninggal dunia. babawangan akhirnya dijadikan ritual yang sekaligus dibuat untuk menarik perhatian wisatawan.

Lokasi: Jl. Bukit Hibul Timur, Komplek Perkantoran Bukit Hibul, Nanga Bulik, Kec. Bulik, Kab. Lamandau.

6. Air Terjun Sendang Biru

Air Terjun Sendang Biru

Image Credit: Paketwisata.id

Jika Anda ingin melihat kecantikan alam, maka air terjun sendang biru bisa menjadi pilihan Anda. Objek wisata yang satu ini memiliki akses yang mudah untuk ditempuh. Air terjun sendang biru cukup terkenal sebagai tempat wisata yang selalu memiliki pengunjung yang ingin melihat kecantikannya.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, siapkan kamera Anda untuk mengambil beberapa momen atau keindahan dari air terjun sendang biru.

Lokasi: Sumber Jaya, Kec. Menthobi Raya, Kab. Lamandau.

7. Air Terjun Sukam

Air Terjun Sukam

Image Credit: Triptrus.com

Wisata air terjun lain yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah air terjun sukam. Di sini, Anda bisa melihat sebuah air terjun dengan 37 tingkat. Mata air yang jernih bisa menghilangkan rasa lelah Anda selama perjalanan. Tak hanya melihat air terjun yang cantik, Anda juga akan melihat pemAndangan penuh pesona dari alam di sekitar air terjun sukam. Air terjun ini masih di jaga keasliannya, selain itu tempatnya juga bersih dan sangat nyaman untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

BACA JUGA:  Pantai Swarangan, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

Lokasi: Sekombulan, Kec. Delang, Kab. Lamandau.

8. Batu Batongkat

Batu Batongkat

Image Credit: Dapobud.kemdikbud.go.id

Batu Batungkat yakni sebuah batu besar yang bentuknya seperti sebuah buritan kapal. Batu batongkat ini menjadi sebuah legenda yang terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Menurut mereka batu batongkat adalah bagian dari sebuah kapal yang di tumpaki oleh seorang yang terkena kutuk menjadi batu.

Keunikan lain dari wisata ini adalah Anda diharuskan menggunakan tongkat saat hendak naik ke atas batu, hal ini dilakukan dengan tujuan menghindari kutukan lagi. Menarik bukan? Jangan lupa kunjungi tempat wisata ini ya.

Lokasi: Kubung, Kec. Delang, Kab. Lamandau.

9. Air Terjun Palikodan

Air Terjun Palikodan

Image Credit: Eloratour.wordpress.com

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di landau adalah air terjun palikodan. Bagi Anda yang senang melakukan olah raga arung jeram, berkunjung ke air terjun palikodan adalah pilihan yang sangat tepat. Air di sini begitu jernih, namun aliran airnya cukup deras sehingga sering dijadikan tempat untuk bermain arung jeram. Saat berkunjung ke wisata ini jangan lupa mengajak teman untuk bermain bersama untuk melatih kekompakan kalian.

Lokasi: Palikodan, Kec. Bulik Timur, Kab. Lamandau.

10. Bukit Sampuraga

Bukit Sampuraga

Image Credit: Sitisoekarsih.blogspot.com

Tempat unik yang bisa Anda kunjungi selama di Lamandau adalah Bukit Sampuraga. Bukit ini cukup unik karena bentuknya yang menyerupai pecahan kapal. Bukit ini memiliki kisah legenda sebagai pecahan kapal dari seorang anak yang ternyata durhaka dengan orang tuanya. Anak durhaka tersebut dikutuk oleh sang ibu agar menjadi batu. Legenda yang satu ini sangat dipercayai oleh masyarakat sekitar.

Selama berada di bukit Anda bisa berfoto dengan latar belakang bukit unik ini. Anda juga akan disuguhi berbagai pemandangan cantik apalagi jika senja mulai datang. Obyek wisata ini, Pastikan Anda mengunjungi bukit sampuraga ketika sedang berada di daerah Lamandau.

Lokasi: Karang Besi, Kec. Belantikan Raya, Kab. Lamandau.

Itulah 10 tempat wisata di Lamandau terbaru dan terhits yang harus Anda kunjungi saat berada di sana. Berbagai tempat wisata di atas sangat cocok bagi Anda yang senang akan tantangan dan petualangan karena lokasi beberapa tempat wisata yang cukup sulit dilewati. Jangan lupa mengabadikan setiap momen di tempat wisata yang Anda kunjungi.