Kalimantan Timur

12 Tempat Wisata di Kutai Kartanegara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Kalimantan Timur? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Kutai Kartanegara Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Kutai Kartanegara merupakan salah satu nama sebuah kota di Kalimantan Timur yang disebut-sebut sebagai calon ibukota negara. Mungkin sebagian besar masih asing dengan nama tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa Kutai Kartanegara kaya akan tempat-tempat hits yang wajib dikunjungi. Menjadi tujuan destinasi menarik bagi para traveller.

Beribukota di Tenggarong, Kukar atau Kutai Kartanegara menyuguhkan berbagai panorama wisata menarik. Mulai dari daratan sampai lautan ada. Hadir untuk memanjakan setiap pengunjung dalam refreshing, hunting foto maupun sekedar mencari suasana baru. Sebelum nantinya kota ini makin padat, tak ada salahnya jika mengunjungi wisata terbaik yang kini tengah populer.

Popularitas tempat wisata di Kutai Kartanagara tak lepas dari destinasi baru yang seru. Berikut 12 tempat wisata terbaru di Kutai Kartanegara:

1. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Kumala merupakan sebuah tempat yang berada di delta sungai Mahakam. Tempat ini sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi yang diserbu oleh para wisatawan. Untuk sampai ke pulau ini, pengunjung dapat menggunakan transportasi darat maupun laut.

Area ini menyuguhkan spot yang menarik. Seperti wahana permainan, bangunan luar biasa dan lainnya. Di sana terdapat Sky tower dengan ketinggian 75 meter. Menara tersebut menjadi salah satu favorit para pengunjung. Bahkan menjadi tempat menarik untuk mengabadikan sebuah gambar.

Ketika memasuki pulau Kumala, pengunjung melewati jembatan repo-repo. Di beberapa bagian pagar jembatan tersebut ada tempat khusus untuk memasang gembok cinta atau love padlock.

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

2. Taman Kota Raja

Taman Kota Raja

Image Credit: Familygoers.com

Taman Kota Raja ini berada tepat di samping jembatan Tenggarong. Merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan suasana malam hari dengan adanya cahaya lampu warna warni

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.16, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

3. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai

Image Credit: Triptrus.com

Destinasi ini disebut Bukit Bangkirai karena dikelilingi oleh pepohonan lebat bernama Bangkirai. Mempunyai luas 1.500 ha, tumbuhan tersebut rata-rata hutan ini mempunyai ketinggian 40-50 meter dan sudah ada lebih dari 150 tahun lamanya.

BACA JUGA:  Pulau Kumala, Destinasi Wisata Unik di Tengah Sungai Mahakam

Terdapat satu objek yang menyita perhatian yaitu jembatan yang disebut canopy bridge. Adalah jembatan yang menjadi penghubung antara puncak pohon satu dengan yang lainnya. Hutan ini pun dijadikan media penelitian dan pendidikan terhadap binatang liar. Serta dijadikan sebagai hutan konservasi untuk mengembangkan monumen hutam alam tropika basah. Jembatan yang menyerupai menara pandang raksasa.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

4. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat

Image Credit: Visitkaltim.id

Adalah sebuah nama pantai Amborawang Laut yang disingkat jadi Ambalat. Di sepanjang pantai ini tersaoat barisan pohon pinus yang tumbuh lebat. Pantai dengan luas 3 km ini memiliki warna pasir putih kecoklatan.

Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang masih terjaga dengan baik. Bermain air laut, pasir, maupun bersantai di gazebo tepi pantai.

Lokasi: Amborawang laut, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

5. LADAYA

LADAYA

Image Credit: Mindalubis.com

Ladang Budaya atau Ladaya ini merupakan sebuah tempat wisata seperti kebun binatang mini. Tersedia aneka fasilitas yang bisa dipilih oleh pengunjung seperti mini zoo, taman bermain dan lainnya. Objek satu ini terdapat beberapa hewan khas Kalimantan Timur seperti Burung Merak, Burung Uwa-uwa, Beruang Madu, Burung Enggang dan lainnya.

Tersedia area outbond untuk kegiatan wisata seperti flying fox, tempat berkemah dan lainnya. Area permainan tersebut dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa.

Lokasi: Jln. Bachrin, Jl. H.Djafar Seman, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

6. Danau Semayang

Danau Semayang

Image Credit: Semayangboy.blogspot.com

Danau Semayang ini berada di aliran sungai Mahakam. Dengan luas 13.000 ha, nampak bentangan air yang sangat banyak.

Lokasi: Melintang, Kec. Muara Wis, Kab. Kutai Kartanegara.

7. Wisata Bukit Biru

Wisata Bukit Biru

Image Credit: Jalanwisata.id

Meruapakan salah satu destinasi wisata paling populer di Kutai Kartanegara. Biasanya, para pengunjung mendatangi tempat ini di kala sore menjelang petang untuk menyaksikan keindahan mata hari tenggelam. Di tambah dengan panorama alam sekitar, membuat Bukit Biru selalu menarik untuk dikunjungi.

BACA JUGA:  Intip Keindahan Hutan Pinus Samboja di Kutai Kartanegara

Tidak hanya di sore hari, pagi atau siang pun Bukit Biru ini didatangi oleh wisatawan. Walaupun terik matahari, akan tetapi suasana di objek wisata ini sangat sejuk. Hal ini karena adanya pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar. Udara terasa sejuk alami dan memberikan kenyamanan lebih bagi setiap wisatawan.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

8. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Image Credit: Wikipedia.org

Objek wisata Museum Mulawarman mempersembahkan warisan budaya dan kaya akan nilai sejarah. Terdapat kurang lebih 5.373 koleksi benda sejarah yang berupa besi, kain, kuningan, kulit kayu dan lainnya. Menurut catatan Museum, koleksi di sini 50 persen terbuat dari bahan organik dan setengahnya lagi bahan anorganik. Adapun untuk alamat Museum ini ada di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Wisata sejarah pun memiliki poin lebih tersendiri. Dimana pengunjung bisa menggali dan mendapatkan beragam informasi menarik di sini. Tidak hanya untuk kalangan pelajar, Museum ini cocok dan bisa dikunjungi oleh umum. Apalagi sejarah sangat penting untuk dipelajari. Tak ada salahnya juga mengkombinasi objek wisata dengan kunjungan ke Museum, bukan?

Lokasi: Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

9. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah Merah

Image Credit: Ksmtour.com

Hamparan pasir putih di Pantai Tanag Merah ini dikelilingi oleh pohon cemara putih yang indah. Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga, berkemah dan bermain air sembari bersantai.

Sama seperti pantai pada umumnya, pengunjung bisa menikmati udara sejuk di sini. Udaranya masih alami dan pantainya juga bersih. Sepanjang jalan pantai menjadi tempat bermain dan bersantai yang menyenangkan. Bahkan sampai sekarang pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar bersantai maupun kemah.

Lokasi: Jl. Samboja – Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

10. Waduk Panji

Waduk Panji

Image Credit: Wikipedia.org

Merupakan salah satu tempat populer yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Objek ini berada sekitar 25 menit dari pusat kota Tenggarong.

BACA JUGA:  Menikmati Keseruan Taman Rekreasi Lembah Hijau di Samarinda

Waduk ini merupakan bendungan yang digunakan untuk kebutuhan pengairan sawah. Termasuk danau buatan yang di sekelilingnya memiliki panorama alam luar biasa. Di pinggir danau ini juga dilengkapi papan kayu dan biasanya dimanfaatkan untuk duduk bersantai maupun mengambil gambar.

Bersantai di pagi ataupun sore hari sangat menyenangkan sebab suasananya rindang dan sejuk. Apalagi dengan adanya pemandangan alam sekitar yang indah, menjadikan setiap pengunjung betah berlama-lama di sini. Nuansa alam begitu terasa dan memberikan kenyamanan sendiri bagi setiap pengunjung.

Lokasi: Jl. Selimpat, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

11. Batu Dinding

Batu Dinding

Image Credit: Genpi.co

Adalah salah satu destinasi di atas permukaan bukit yang indah. Wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona. Layaknya mendaki sebuah puncak, perlu usaha yang ekstra. Namun setelah sampai di puncak Batu Dinding wisatawan dapat menyaksikan panorama alam terbuka di sekitar. Kalimantan Timur untuk bisa menyusuri bukit Batu Dinding ini.

Banyak sekali wisatawan yang datang untuk menjelajahi puncak Bukit Batu ini. Sebagian besar dari mereka datang secara berkelompok dan membawa peralatan pendukung demi keamanan melewati jalur puncak tersebut. Sebab saat menuju ke Batu Dinding ini, para wisatawan mau tidak mau harus melewati bebatuan. Namun ketika sampai di penghujung bukit, semua usaha akan terbayarkan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

12. Wisata Bekantan Sungai Hitam Lestari

Wisata Bekantan Sungai Hitam Lestari

Image Credit: Mongabay.co.id

Merupakan arena wisata yang menawarkan keindahan alam luar. Tepatnya di bantaran sungai yang luas dengan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Terdapat juga beberapa warung apung yang bisa dikunjungi. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri sekitar sungai layaknya berlayar.

Lokasi: Jl. Samboja-Muara Jawa, Samboja Kuala, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

Itulah beberapa tempat wisata terhits di Kutai Kartanagara, Kalimantan Timur yang bisa dijadikan rekomendasi tujuan wisata nanti. Selain tempat-tempat tersebut masih ada destinasi terbaik lainnya. Pastinya bisa menjadi bagian dari objek wisata yang menarik dan tidak membosankan. Apalagi untuk menjangkau area tersebut terbilang cukup mudah dan harga tiket masuknya juga murah.