Kalimantan Timur

10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Kutai Barat? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Apakah Anda sedang mencari destinasi wisata terbaik di luar pulau Jawa? Setelah cukup berkeliling di daratan pulau Jawa, pulau Kalimantan cocok untuk dijadikan tujuan selanjutnya. Benar sekali, terdapat beragam tempat wisata populer di sana yang wajib dikunjungi. Mulai dari hamparan laut, pemandangan alam dan tempat-tempat terbaik lainnya.

Salah satu destinasi menarik di pulau Kalimantan adalah Kutai Barat. Tepatnya ada di wilayah Kalimantan Timur. Di sana ada sejumlah wisata baru dan sekarang tengah hits. Travelling ke provinsi Samarinda ini tidak lengkap jika tidak mengunjungi kota Kutai Barat. Menawarkan panorama alam yang luar biasa dan menjadi surga wisata bagi setiap traveler.

Keistimewaan dari tempat wisata di Kutai Barat antara lain keindahan alam yang terjaga, tempatnya menarik, lengkap dari dataran gunung sampai pesisir laut menawarkan pesona terbaik, serta banyak tempat baru yang sedang populer. Beberapa destinasi wisata Kutai Barat terbaru yang tengah hits yang wajib dikunjungi, antara lain:

1. Jantur Mapan

Jantur Mapan

Image Credit: Bombasticborneo.com

Merupakan sebuah air terjun yang dikelilingi tebing bebatuan dan pepohonan hijau. Mempunyai puncak air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras menuju ke sungai Mahakam. Di sekitar air terjun udara tampak segar alami dan cocok untuk refreshing. Untuk sampai ke destinasi ini, Anda akan melewati belasan anak tangga dari kayu ulin. Berkunjung ke air terjun Jantur Mapan tak lengkap jika tidak bermain airnya yang dingin. Terdapat beberapa bebatuan untuk duduk  bersantai sembari menikmati udara sejuk dan keindahan alam sekitar. Cocok juga untuk berburu foto dengan latar belakang keindahan alam.

Sebenarnya, wisata air terjun di sana tidak hanya Jantur Mapan melainkan banyak. Seperti contohnya air terjun jantur Inar, air terjun jantur Mukuq, jantur Manarung, air terjun Tabalas, air terjun Mancangkaw, air terjun Atai, jantur Dora, jantur Sewet, jantur Asam, jantur Emperuq, jantur Tebati, jantur Tebatang dan lainnya. Masing-masing destinasi alam tersebut menawarkan keindahan yang menarik. Air terjun, bebatuan serta deretan pepohonan sekitar menjadi bagian utamanya. Meskipun beda nama dan tempat, air terjun tersebut khas dengan keindahan yang alami.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Balikpapan Lagi Hits Dikunjungi

Wisata air terjun memang memiliki keistimewaannya sendiri. Selain menyuguhkan keindahan alam, wisata air ini juga sering digunakan untuk bermain air. Meskipun sangat dingin, tak lengkap jika tidak menyentuh air terjun tersebut secara langsung.

Lokasi: Jl. Sengkereaq Lacaaq, Linggang Mapan, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat.

2. Danau Jempang

Danau Jempang

Image Credit: Bombasticborneo.com

Danau Jempang ini menghadirkan keindahan alam yang bersahabat. Destinasi ini memiliki luas sekitar kurang lebih 15.000 ha. Biasanya digunakan untuk acara upacara adat yang bernama pelas danau dan secara bersamaan berlangsungnya Ehaq Jempang pada bulan Mei. Pada moment ini terdapat juga acara lomba perahu duyung dan lomba ketinting.

Lokasi: Tanjung Isuy, Kec. Jempang, Kab. Kutai Barat.

3. Danau Aco

Danau Aco

Image Credit: Visitkaltim.id

Merupakan sebuah danau luas yang berada di atas bukit. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam dan udara sejuk alami. Tersedia juga beberapa fasilitas untuk pengunjung berupa perahu karet. Perahu tersebut dapat disewa untuk berkeliling danau.

Selain itu, memancing di danau ini juga bisa. Ada beberapa jenis ikan yang dapat ditemui dan bisa dipancing. Biasanya mereka yang datang untuk memancing memilih tempat yang sedikit lebih jauh dari keramaian. Tujuannya agar kegiatan memancing lebih focus

Lokasi: Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat.

4. Danau Barong

Danau Barong

Image Credit: Youtube.com (Muhammad Furkan)

Selain danau Aco, di Kutai Barat ada danau lain yang tidak kalah populer. Adalah danau Barong yang merupakan salah satu tempat wisata menarik di sana. Bentangan air yang luas dengan lingkungan alam yang asri memberikan kenyamanan tersendiri.

Objek wisata danau Barong ini menawarkan keindahan alam yang bersahabat. Banyak yang datang ke sini untuk sekedar refreshing serta menikmati panorama alam sekitar. Danau yang cukup luas ini pun tak pernah sepi dan selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.  Di pinggiran danau menjadi salah satu favorit para pengunjung untuk bersantai. Bahkan sembari menyantap makanan maunpun minuman.

Lokasi: Melak Ilir, Kec. Melak, Kab. Kutai Barat.

BACA JUGA:  Pulau Kumala, Destinasi Wisata Unik di Tengah Sungai Mahakam

5. Kersik Luway

Kersik Luway

Image Credit: Johntawicenter.blogspot.com

Kersik Luway merupakan sebuah taman yang memiliki luas 50 km persegi. Di tempat ini terdapat tiga jenis anggrek yang diantaranya Anggrek hitam, Erya Vania dan Erya Florida. Di sini terdapat juga kantung semar.,

Tanaman Anggrek hitam di Cagar alam ini berbunga pada akhir November sampai dengan awal April. Suguhan keindahan flora dan fauna pun tersaji dengan begitu menarik. Sebagai salah satu destinasi wisata alam, taman ini juga menyediakan berbagai sumber informasi mengenai tanaman di tempat tersebut.

Taman sekaligus cagar alam ini seringkali dijadikan spot foto. Latar belakang taman yang indah menjadi pilihan menarik dalam mengabadikan sebuah gambar. Berbagai pilihan background alam terbaik bisa Anda temukan di sini. Tak sedikit para pengunjung yang datang dan berfoto-foto di sekitar objek wisata.

Lokasi: Sekolaq Darat ,Kec. Sekolaq Darat, Kab. Kutai Barat.

6. Taman Budaya Sendawar

Taman Budaya Sendawar

Image Credit: Rrisendawar.blogspot.com

Merupakan sebuah taman yang dikenal dengan sebutan lamin 6 etnis. Dimana 6 lamin tersebut terdiri dari suku Dayak Ahoeng, suku Dayak Benuaq, suku Dayak Tanjung, suku Dayak Kenyah dan etnis Melayu. Etnis yang berada dekat dari pusat perkantoran pemerintah ini dibangun dengan konsep modern. Biasanya di hari sabtu malam di tempat ini terdapat acara tari-tarian tradisional dari 6 etnis.

Berkunjung ke Taman Budaya Sendawar menjadi salah satu cara menambah wawasan penting. Tempat tersebut bahkan hanya Anda temui di sini. Taman sekaligus area wisata yang menyuguhkan konsep permainan yang berbeda.

Lokasi: Jl. Sendawar Raya, Kec. Barong Tongkok, Kab. Kutai Barat.

7. Barong Tongkok

Barong Tongkok

Image Credit: Facebook.com @CagarBudayaKutaiBarat

Barong Tongkok merupakan sebuah Lamin dari suku Dayak Tunjung. Di sini para pengunjung dapat menyaksikan kegiatan sehari-hari dari suku Dayak tersebut. Aktivitas bersangkutan biasanya membuat kerajinan tangan yang berasal dari rotan. Seperti contohnya tas keranjang atau anjat, tikar rotan atau lampit dan lainnya. Bahan rotan tersebut disulap jadi karya seni yang indah.

Aneka kerajinan kriya dari rotan yang dianyam bisa ditonton tanpa harus membayar. Sebagai pengunjunh, para wisatawan dapat belajar secara langsung untuk membuat kerajinan tangan yang ada. Hasil karya dari rotan tersebut beraneka ukuran dan dimanfaatkan sesuai fungsinya. Pengunjung dapat berkeliling sekaligus menambah wawasan berharga dari masyarakat setempat. Sebab ada banyak hal yang dapat dipelajari. Mulai dari kegiatan sehari-hari, cara menganyam rotan, cara memanfaatkan hasil kerajinan dan lainnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pepas Eheng, Kec. Barong Tongkok, Kab. Kutai Barat.

8. Lamin Tolan

Lamin Tolan

Image Credit: Dapobud.kemdikbud.go.id

Adalah Lamin yang paling tua dengan usia kurang lebih 200 tahun. Satu-satunya Lamin di Kutai Barat yang unik dan asli. Dimana konsep dan kontruksi bangunan ini benar-benar tradisional. Mulai dari lantai rotan, dinding dari kulit kayu, dan lainnya. Memasuki Lamin ini akan terlihat jelas keunikan dan keistimewaannya. Tampak sekali khas Lou atau lamin tradisional yang kaya akan nilai sejarah. Wisata kemari pun bisa menambah nilai pengetahuan yang berharga.

Untuk wisata kunjungan ke Lamin atau Lou di Kalimantan Timur ini memang memberikan kelebihan tersendiri. Terdapat beragam informasi menarik mengenai Lou-lou yang ada di sana. Sebab sebagaimana pun juga, lou atau lamin ada banyak. Beberapa diantaranya seperti lamin Dayak, lamin Eheng, lou Bagun dan lainnya.

Lokasi: Lambing, Kec. Muara Lawa, Kab. Kutai Barat.

9. CIA Wisata

CIA Wisata

Image Credit: Youtube.com (Buhan Kubar)

Merupakan tempat wisata alam terbuka yang dimana pengunjung dapat menggunakan AVP. Kendaraan tersebut membantu para pengunjung agar bisa mengelilingi sekitar tempat wisata layaknya berkelana di hamparan hutan yang luas. Cukup menguji kemampuan berkendara di alam terbuka pastinya. Menantang dan menarik sekali, terutams untuk Anda para penggemar wisata alam yang terbuka.

Lokasi: Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat.

10. Long Pahangai

Long Pahangai

Image Credit: Wartawisata.id

Merupakan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk kegiatan jeram. Sangat menyenangkan terutama bagi penggemar kegiatan arung jeram. Keberanian akan diuji dengan adanya jeram-jeram yang tajam dan menguji adrenalin.

Aliran air pada Long Pagangai terlihat sangat jelas. Sering kali digunakan untuk olahraga arung jeram oleh para pengunjung. Apakah Anda tertarik?

Lokasi: Long Pahangai I, Kec. Long Pahangai Kab. Mahakam Ulu.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Tempat-tempat tersebut menawarkan pesona destinasi wisata yang berbeda-beda. Para pengunjung yang datang bisa menambah informasi terbaru. Sebab berwisata di sini juga disuguhkan info menarik yang tak boleh dilewatkan. Selain tempat-tempat tersebut, masih ada destinasi wisata unggulan di Kutai Barat yang bisa dikunjungi.