Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Kubu Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Kubu Raya? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Kubu Raya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas wilayah sekitar 6.958 km² dengan jumlah penduduk sekitar 518.116 jiwa. Wilayah yang cukup luas ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya pantai dan gunung saja yang menarik, namun juga berbagai situs sejarah dapat memberikan wawasan baru bagi para pengunjung.

Banyak lokasi menarik yang bisa di kunjungi. Kota Kubu Raya memang memberikan nuansa dan rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat lain yang ada di Kalimantan. Tidak hanya alam saja yang indah, namun juga beragam kuliner dan sajian khas Kubu Raya dapat memanjakan lidah Anda. Sebut saja lancang kuning, sale pisang dan kerupuk udang menjadi ciri khas daerah ini.

Agar tidak penasaran lagi dengan destinasi wisata di kota ini silakan saja datang dan nikmati bersama sahabat dan kerabat. Berikut ini ada 10 rekomendasi tempat wisata di Kubu Raya yang terbaru dan terhits untuk dikunjungi.

1. Gunung Ambawang

Gunung Ambawang

Image Credit: Borneoscape.com

Sesuai dengan namanya, gunung ini terletak di daerah Ambawang. Gunung ini dapat dikatakan masih perawan karena belum terjamah oleh tangan manusia sama sekali. Tidak heran jika pesona yang ditawarkan begitu elok nan cantik.

Selain memperlihatkan keelokan dan kecantikan, gunung ini juga menyimpan misteri sejarah yang belum banyak orang tahu akan cerita yang sebenarnya. Beberapa peninggalan tersebut antara lain makam tua suku Dayak, tiang bendera bekas penjajahan serta peninggalan lain yang tidak ada catatan sejarahnya. Jika makin penasaran silakan saja datang ke lokasi ini untuk menuntaskan rasa penasaran.

Lokasi: Sei Bemban, Kec. Kubu, Kab. Kubu Raya.

2. Situs Kerajaan Kubu

Situs Kerajaan Kubu

Image Credit: Trepelin.com

Objek wisata Kubu Raya ini memiiki cerita sejarah yang sangat panjang. Tidak hanya mengenai Kerajaan kubu itu saja, namun juga berbagai cerita mistis yang menjadi kepercayaan setempat. Terdapat beberapa peninggalan berupa masjid Jami Khairussa’ada, makam raja Kubu dan Keraton Adrussiyah.

Sesuai dengan sejarah panjang yang ada dalam situs kerajaan ini. Beragam cerita dari masyarakat juga sangat beragam. Mulai dari cerita lucu hingga cerita mistis yang membuat bulu merinding. Beragam cerita tersebut muncul akibat adanya penduduk dan masyarakat yang masih percaya pada animisme dan dinamisme. Kepercayaan nenek moyang pada saat agama lain belum ada seperti sekarang ini tetap saja membuat penduduk Indonesia merasakan warisan leluhur yang masih digunakan sebagai bahan cerita. Inilah yang membuat acara mistis di stasiun televisi selalu mendapat rating tinggi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Melawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Kubu, Kec. Kubu, Kab. Kubu Raya.

3. Sungai Kapuas Rasau Jaya

Sungai Kapuas Rasau Jaya

Image Credit: Kalbar.antaranews.com

Sungai ini menyimpan sejuta kenangan bagi banyak orang. Di sepanjang sungai terdapat beberapa pemukiman yang disertai dengan beberapa restoran, pasar lokal, restoran dan penginapan. Berbagai makanan khas berderet seperti kereta yang siap kita santap. Apabila ingin membeli buah tangan silakan saja mampir di salah satu toko yang Anda sukai. pilih dan lengkapi buah tangan Anda agar semua orang juga turut mersakan kebahagiaan Anda.

Lokasi: Bintang MAS, Kec. Rasau Jaya, Kab. Kubu Raya.

4. Dermaga Batu Ampar

Dermaga Batu Ampar

Image Credit: Google.com (Zulian Muhammad)

Di sekitar dermaga ini terdapat hutan mangrove yang sangat indah. Terdapat pula beberapa pulau kecil yang turut menghiasi wilayah dermaga ini. Tidak heran jika lokasi ini cocok dijadikan tempat wisata alam yang praktis dan mumpuni. Pasalnya, Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan yang elok namun juga bisa berenang dan memancing di pinggir pantai.

Dermaga Batu Ampar ini terkenal dengan hasil laut yang cukup banyak. Para pemancing yang beruntung bisa mendapatkan udang galah yang bila dimasak akan terasa lezat dan mantap. Bagi Anda yang suka menikmati pemandangan matahri terbit dan tenggelam silakan saja datang ke dermaga ini pada pagi atau sore hari. banyak kenangan yang bisa Anda ambil dari pemadangan ini.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Batu Ampar, Kab. Kubu Raya.

5. Alam Batu Gajah Kubu Raya

Alam Batu Gajah Kubu Raya

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Dusun Teluk Mastura, Desa Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari Pelabuhan Desa Batu dengan menggunakan motor atau mobil. Di tempat ini terdapat sebuah batu hitam dengan tinggi sekitar 40 meter. Itulah mengapa lokasi wisata ini dinamakan Batu Gajah. Dari batu yang besar dan tinggi ini Anda dapat menikmati pemandangan alam dari atas batu tersebut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Mempawah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Alam yang indah tentu akan menawarkan berbagai pemadangan yang indah dan menarik. Hamparan gunung dan tanah yang luas bisa Anda lihat dari ketinggian 40 meter. Tentu angin yang menerpa juga sangat kencang dan tajam. Untuk itu Anda harus tetap waspada saat menikmati alam yang indah tersebut.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Batu Ampar, Kab. Kubu Raya.

6. Air Terjun Bidang Bahar

Air Terjun Bidang Bahar

Image Credit: Asramakkr.blogspot.com

Nama lain dari air terjun yakni air terjun Bujang Bahar. Destinasi wisata yang satu ini memiliki keunikan dan keelokan luar biasa. Bentuk air terjun yang tidak seperti model air terjun pada umumnya membuat wisata ini makin menarik.

Lokasi wisata ini terletak di Kaki Gunung Ambawang. Dengan kemiringan 30 derajat membuat lokasi ini tidak mudah untuk dicapai. Setidaknya Anda butuh waktu sekitar 1 jam dengan berjalan kaki untuk bisa mencapai air terjun ini. Apabila fasilitas pendakian lebih dimaksimalkan lagi mungkin waktu perjalanan bisa lebih singkat. Hanya saja hal ini belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Lokasi: Air Putih, Kec. Kub, Kab. Kubu Raya.

7. Sungai Kakap

Sungai Kakap

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Sungai ini berbatasan langsung dengan Laut Natuna dan dekat dengan Pontianak. Sebagai salah satu penyambung antara aut dan ibukota tentu saja ssungai ini memiliki peranan yang sangat penting. tidak hanya digunakan untuk alat transportasi saja, namun sungai ini juga dijadikan sebagai jalur perdagangan antar daerah.

Tidak hanya berperan dalam bisnis dan transportasi, sungai ini juga dapat menawarkan berbagai hiburan dan wisata. Anda dapat menyewa kapal untuk berkeliling atau memancing. Butuh dana sekitar Rp. 250.000,- hingga Rp. 500.000,- untuk dapat menyewa kapal mesin atau klotok. Besarnya biasanya bergantung pada rute dan jarak tempuh.

Lokasi: Sungai Belidak ,Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya.

8. Batu Masjid

Batu Masjid

Image Credit: Pergimulu.com

Hal unik lain yang terdapat pada wisata Kubu Raya ini adalah batu masjid. Disebut dengan batu masjid karena terdapat gugusan batu yang bentuknya menyerupai masjid. Alam secara alami membntuk bangunan itu sehingga terlihat sangat unik dan menarik. Jenis batu yang tersusun itu hanya ada di lokassi ini saja sehingga membuat langka.

BACA JUGA:  Nikmati Keindahan Alam Pantai Kura-Kura di Singkawang

Batu Masjid ini terletak di Kawasan Gunung Ambang. Sayangnya, untuk mencapai lokasi wisata ini cukup sulit karena belum ada akomodasi yang memadai. Apabila menggunakan motor bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dari Sungai Bemban.

Lokasi: Tlk. Pakedai Hulu, Kec. Telok Pa’kedai, Kab. Kubu Raya.

9. Taman Fantasi

Taman Fantasi

Image Credit: Misteraladin.com

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Sungai Raya. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan pontianak. Tidak heran jika iklim di sini lebih panas dibanding lokasi lain yang ada di Kalimantan. Dengan adanya taman fantasi ini cukup mendinginkan masyarakat yang ingin berendam dengan air selama mungkin. Banyak wahana air yang ada di lokasi wisata ini. Ada kolam renang untuk anak, dan untuk dewasa. Ada juga perosotan air dan bola air.

Beragam wahana tersebut bisa Anda mainkan sepuas hati setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 75.000,- Biaya ini sudah mencakup fasilitas yang ada seperti toilet, mushola dan layanan umum lainnya. Kecuali untuk aneka makanan dan jajanan yang ada, Anda harus membayar sesuai dengan nilai yang ditawarkan oleh penjual.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani 2 / Arteri Supadio, Arang Limbung, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya.

10. Pulau Randayan

Pulau Randayan

Image Credit: Sitimustiani.com

Sebuah pulau kecil dengan pemadangan alam yang eksotis ini bisa menjadi salah satu destinasi pilihan selanjutnya. Pantai yang penuh dengan pasir putih bisa Anda nikmati sepanjang hari. Pemandangan bawah laut juga sangat indah. Anda dapat menikmati sambil menyelam atau berenang bebas di laut.

Apabila hendak menginap, Anda bisa memilih paket inap agar lebih murah. Fasilitas yang ditawarkan juga sudah lengkap. Mulai dari kamar yang nyaman, makan dua kali dan pemandu wisata. Harga mulai Rp. 329.000,- hingga Rp. 459.000,- untuk dua hari satu malam. Masih ada paketan gratis BBQ jika Anda bisa mengajak 15 orang untuk ikut menginap bersama.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya.

Inilah 10 tempat wisata di Kabupaten Kubu Raya terbaru dan terhits yang bisa Anda kunjungi. Selain dapat menikmati pemadangan yang indah dan elok, Anda sekaligus dapat belajar mengenai adat, sejarah dan budaya dari alam Kubu Raya ini. Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pelajaran, misalnya ragamnya budaya tidak menjadikan Indonesia harus bermusuhan namun justru harus dijadikan alat pemersatu agar bangsa ini tetap kokoh dan berjaya.