Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Kotawaringin Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Kotawaringin Timur merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Tengah. Ibukota wilayah ini dikenal dengan nama Sampit. Luas kabupaten ini sekitar 16.496 km² yang meliputi daerah gunung, perbukitan, sisanya sebagain besar sungai dan laut. Tidak heran jika wilayah ini memiliki wisata pantai dan sungai yang cukup banyak.

Tidak hanya alam saja yang cukup indah, namun juga cerita sejarah dan budaya tempat ini sangat sarat akan makna. Mulai dari penjajah Belanda hingga Indonesia merdeka, wilayah ini menyimpan berbagai ilmu dan pengetahuan yang sebaiknya terus digali. Indonesia memang memiliki keragaman alam dan budaya yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Dengan berlibur dan berwisata menyusuri bagian dari Indonesia akan membuat kecintaan akan bumi Nusantara makin bertambah.

Jumlah penduduk yang berada diangka 373.842 jiwa ini menunjukkan bahwa kota ini cukup memiliki daya tarik yang membuat orang betah tinggal dan bermukim. Profesi penduduk sekitar yang mayoritas sebagai nelayan ini memiliki kuliner laut yang sangat lezat. Tidak ketinggalan dengan hasil tani dan perkebunan lokasl yang makin menambah keberagaman kuliner di Indonesia. Nah, guna tidak banyak basa-basi lagi yuk simak 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Kotawaringin Timur berikut ini.

1. Pantai Satiruk

Pantai Satiruk

Image Credit: Kalteng.antaranews.com

Untuk sampai ke wisata ini Anda harus menempuh setidaknya satu jam dengan kecepatan standar. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Bisa dikatakan pantai ini masih perwan karena alam yang belum tercemar oleh manusia.

Wisata ini juga menawarkan berbagai wahana yang biasa ada di pantai seperti klotok dan speed boat. Apabila ingin menyewa, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar karena lokasi ini belum banyak penduduk sehingga masyarakat kesulitan jika harus berkendara.

Lokasi: Satiruk, Kec. Pulau Hanaut, Kab. Kotawaringin Timur.

2. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Ksmtour.com

Lokasi wisata ini berada di 80 Km dari arah sampit, atau memakan waktu sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi dengan kecepatan standar. Di pantai ini, Anda akan disajikan berbagai pemandangan elok para nelayan yang lalu lalang mencari ikan. Terutama jika pada malam hari, lokasi ini akan lebih ramai oleh nelayan yang hendak mencari ikan.

BACA JUGA:  Belajar Sejarah ke Museum Balanga Palangkaraya

Di sekitar pantai terdapat banyak penginapan yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau. Sambil menikmati pemandangan pantai, Anda bisa mencicipi aneka kuliner sedap khas masyarakat Sampit. Sajian aneka ikan dan hasil laut seperti udang, kerang dan cumi bisa Anda cicipi dengan nikmat sambil menikmati udara segar.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

3. Susur Sungai Mentaya Sampit

Susur Sungai Mentaya Sampit

Image Credit: Wikipedia.org

Kota Sampit ini masih memiliki segudang wisata yang tidak kalah menarik. Salah satunya dengan susur Sungai Mentaya ini. Dengan berlayar menggunakan kapal kecil, Anda dapat menikmati keindahan Kota Sampit lebih dekat. Saat berlayar, Anda sapat sekaligus melihat pemandangan sekitar sungai. Bisa juga mampir ke beberapa tempat wisata lain seperti perkampungan dekat patung ikan jelawat dan landasan pacu Bandara Haji Asan.

Apabila naik perahu tersebut, Anda bisa sekaligus berhenti di Dermaga Sagonta Kota. Lokasi ini berada di wilayah Baamang Hulu yang tak kalah indah dengan berbagai lokasi sebelumnya. Dapat dikatakan wisata susur sungai ini adalah yang paling populer dikalangan para wisatan, baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

4. Rumah Betang Tumbang Gagu

Rumah Betang Tumbang Gagu

Image Credit: Exploreheartofborneo.com

Situs sejarah yang mendapatkan Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2017 ini memiliki cerita sejarah yang cukup panjang. Sejak dibangun pada beberapa tahun silam, rumah ini menjadi sangat unik dan antik. Situs sejarah yang kini dijadikan tempat wisata terkenal ini menawarkan berbagai pemandangan yang begitu luar biasa.

Meski memakan waktu sekitar 10 jam dari arah kota, akan segera terbayar dengan keindahan alam yang begitu perawan ini. Alam yang belum tersentuh oleh ulah nakal manusia ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling dicari.

Lokasi: Tumbang Gagu, Kec. Antang Kalang, Kab. Kotawaringin Timur.

5. Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur

Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur

Image Credit: Borneonews.co.id

Pemerintah setempat mengelola tempat wisata yang disebut dengan Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur ini. Lokasi wisata yang terletak di Jl. Pramuka ini berdekatan dengan Kawasan Tugu Perdamaian. Meski disebut dengan nama miniatur namun keindahan yang ditawarkan begitu sangat luas. Keragaman adat dan budaya Kotawaringin bisa Anda lihat di sini.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Balikpapan Paling Enak & Murah

Taman luas yang dibangun dengan beragam miniatur budaya ini memberikan ilmu dan wawasan mengenai Kotawaringin. Anda dapat melihat berbegai rumah adat, tempat ibadah dan beberapa keragaman budaya lainnya dari Kotawaringin ini. Tambahan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat wisata ini patut untuk kita jaga bersama sebagai salah satu bentuk kepedulian kita akan Indonesia. Pasalnya, pemasukan dari Taman Mini ini menjadi salah satu dari pemasok APBD.

Lokasi: Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru/Ketapan, Kab. Kotawaringin Timur.

6. Sampit Waterpark

Sampit Waterpark

Image Credit: Iklansaya1.blogspot.com

Meski sudah memiliki sudah memiliki air yang begitu banyak, Kota Sampit ini masih memiliki wisata modern yang penuh air. Berbagai wahana modern di sini menyajikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung. Tidak hanya itu, beberapa kuliner yang dapat memanjakan lidah juga turut menjadi keragaman tersendiri. Tidak hanya makanna lokal saja yang dijual, namun berbagai makanan cepat saji seperti ayam, burger dan sosis ada juga loh di wisata ini.

Lokasi: Baamang Tengah, Kec. Baamang, Kab. Kotawaringin Timur.

7. Danau Alam Salju

Danau Alam Salju

Image Credit: Syifabadali.blogspot.com

Danau ini sebenarnya tidak ada saljunya sama sekali. Hanya saja, taburan pasir putih yang disertai dengan air danau yang biru membuat danau ini terasa diselumi oleh salju. Itulah mengapa tempat ini disebut dengan danau alam salju karena danau biasa yang bisa tertutupi pasir seperti salju.

Dulunya, lokasi ini dijadikan sebagai tempat pemcingan umum. Seiiring perjalanan waktu, banyak orang yang suka datang dan beberapa ikan juga semakin berkurang. Lama waktu berlalu kemudian lokasi ini dijadikan wisata umum yang penuh dengan wahana air seperti sekarang. Ada beberapa perahu karet, dan bebek air yang bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Pasir Putih, Kec. Mentawa Baru/Ketapan, Kab. Kotawaringin Timur.

8. Pantai Sungai Bakau

Pantai Sungai Bakau

Image Credit: Republika.co.id

Pantai ini sangat unik dan menarik. Rupanya tidak hanya berupa pantai saja, namun juga ada anak sungai yang berada di Pantai Bakau ini sehingga namanya menjadi Pantai Sungai Bakau. Sesuai dengan namanya, tentu saja di sekitar pantai ini terdapat tanaman bakau yang biasanya tumbuh dekat pantai. Anda tidak hanya bisa melihat pemandangan air saja, namun juga berbagai tumbuhan hijau dapat menyejukkan dada dan pandangan.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata Anda hanya dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000,- pada hari biasa sedangkan untuk akhir pekan menjadi Rp. 10.000,- Biaya yang sangat murah dan terjangkau ini tidak akan ada artinya jika Anda sudah melihat keindahan pantai ini lebih dekat.

Lokasi: Kuala Pembuang, Sungai Bakau, Kec. Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan.

9. Wisata Aqui

Wisata Aqui

Image Credit: Youtube.com (Wisata Aqui)

Tempat wisata yang satu ini mirip dengan berbagai waterpark umumnya. Hanya saja Wisata Aqui ini memiliki wahana air yang cukup beragam. Mulai dari kolam renang, perosotan, bom air, air mancur dan beragam lainnya. Wisata ini buka hingga malam, yakni dari jam 08.00 – 22.00, tarifnya pun hanya sekitar Rp. 20.000,- untuk hari biasa dan menjadi Rp. 30.000,- untuk tiap akhir pekan.

Wisata Aqui tergolong murah dan terjangkau mengingat luas area yang bisa menampung hingga 5.000 orang dan area parkir yang cukup luas. Akan lebih semarak lagi jika Anda mengajak sahabat dan keluarga untuk berkunjung ke sini.

Lokasi: Jl. Pramuka, Sawahan, Kec. Mentawa Baru/Ketapan, Kab. Kotawaringin Timur.

10. Taman Jelawat

Taman Jelawat

Image Credit: Borneonews.co.id

Taman ini terletak di tengah kota dengan area parkir yang cukup luas. Taman kota yang satu ini memiliki patung ikan jelawat yang sangat besar. Kemudian di sekitarnya terdapat berbagai tanaman perindang yang dapat membuat suasana menjadi segar. Tidak hanya pemandangan lampu malam saja yang indah, namun pada siang hari udara yang terhempas juga sangat semilir.

Meski tempatnya yang berada di tengah kota, Anda tidak perlu khawatir dengan keindahannya. Jika lapar dan ingin makan Anda cukup berjalan beberapa meter saja sudah menemukan aneka kuliner yang enak dan lezat. Harga mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 50.000,- per porsi, cukup terjangkau deh.

Lokasi: Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru/Ketapan, Kab. Kotawaringin Timur.

Inilah 10 tempat wisata di Kotawaringin Timur yang terbaru dan terhits untuk dikunjungi. Jangan lupa ajak sahabat dan keluarga untuk berkunjung bersama dan menikmati waktu yang penuh kenangan. Biasakan selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ya. Selamat berlibur dan selamat beraktifitas.