Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Kotawaringin Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Kotawaringin Barat, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Kotawaringin Barat adalah sebuah kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Tengah. Ibukota kabupaten ini dikenal dengan nama Pangkalan Bun. Kota yang memiliki panorama dan keindahan alam ini mulai menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasalnya, nuansa dan susasana yang ditawarkan sangat lekat dengan khas Indonesia yang masih alami.

Wilayah kota ini memiliki luas sekitar 10.759 km² , tidak heran jika banyak wisata alam yang bisa dikunjungi plus dengan udara sejuk di sekitarnya. Kotawaringin sendiri berasal dari kata “kuta” yang berarti gapura lebih familiar lagi disebut dengan pintu masuk. Sedangan “waringin” berarti pohon beringin yang memiliki makna pengayoman. Secara keseluruhan Kotawaringin Barat memiliki makna pintu masuk pengayoman dari barat.

Dengan latar belakang yang demikian tidak heran jika kota ini memiliki jumlah penduduk yang begitu banyak. Setidaknya ada sekitar 235.274 jiwa penduduk yang tinggal di kota ini. Dengan semboyan Marunting Batu Aji para penduduk Kotawaringin Barat selalu berusaha menuju kejayaan. Nah, agar tidak penasaran lagi tentang kota ini yuk simak 10 tempat wisata di Kotawaringin Barat berikut ini.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Image Credit: Suarajatim.co.id

Tempat wisata ini hampir mirip dengan tamana nasional pada umumnya. Hanya saja, populasi berbagai spesies monyet lebih mendominasi dibanding hewan lain yang ada di lokasi wisata ini. Sebut saja bekantan, monyet ekor panjang, owa kalimantan, dan orang utan sangat banyak dan beragam. Ada juga berbagai burung langka dan berbagai jenis buaya turut ada di lokasi wisata ini.

Jika ingin ke lokasi silakan saja datang ke Kecamatan Kumai, kemudian naik kapal wisata menyusuri Sungai Sekonyer selama kurang lebih 4 jam. Biasanya, satu kapal bisa mudat 25-50 orang jadi jika datang rombongan akan lebih murah karena sekali sewa hanya dibandrol dengan harga Rp 165.000,- saja.

Lokasi: Sungai Cabang, Kec, Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

2. Taman Wisata Alam Tanjung Keluang

Taman Wisata Alam Tanjung Keluang

Image Credit: Dispar.kotawaringinbaratkab.go.id

Dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi Anda bisa sampai di lokasi ini dengan mudah. Beragam permainan dan hiburan yang bisa Anda lakukan, misalnya membangun istana pasir, berlari dengan ombak dan mencari kerang untuk dimakan.

BACA JUGA:  Pantai Pagatan, Destinasi Favorit Berakhir Pekan di Tanah Bumbu

Tarif masuk ke lokasi juga tidak terlalu mahal, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000,- untuk hari biasa dan Rp. 10.000,- khusus untuk akhir pekan. Apabila Anda ingin naik kelotok, yakni kapal tradisional Kalimantan cukup dengan Rp. 10.000,- untuk beberapa kali putaran.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

3. Pantai Kubu

Pantai Kubu

Image Credit: Ksmtour.com

Pemandangan pantai ini juga tidak jauh berbeda dengan berbagai pantai yang ada di kalimantan. Hanya saja di pantai ini banyak batu karang yang sangat cocok untuk berfoto. Letaknya yang dekat dengan para nelayan membuat berbagai kuliner laut sangat beragam. Tidak hanya ikan, berbagai seafood lain seperti udang, cumi dan kerang juga sangat lezat dan nikmat karena mereka mengolahnya dengan cara yang higienis dan bersih. Bahan utama yang digunakan juga masih segar dan fresh.

Jika Anda hendak ke Pantai Kubu silakan saja datang ke Desa Kubu menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama pada saat akhir pekan.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

4. Bundaran Pancasila

Bundaran Pancasila

Image Credit: Nanikwdy.blogspot.com

Monumen bersejarah ini akan lebih indah jika dilihat pada saat malam hari. Pasalnya, lokasi yang berada alun-alun ini akan lebih ramai pada malam hari. Tidak hanya bisa menikmati tugu yang yang diatasnya ada Garuda Pancasila, namun berbagai wahana lainnya juga turut mewarnai malam di lokasi ini. Berbagai wahana tersebut antara lain kereta mini, odong-odong, taman kota dan berbagai fasilitas untuk fitnes.

Tempat wisata terkenal yang dibangun oleh pemerintah ini diberikan secara gartis bagi siapa saja yang ingin istirahat dan bermain. Tarif yang dikenakan hanya untuk parkir motor dan mobil yang masing-masing senilai Rp. 2000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Lokasi: Madurejo, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat.

5. Istana Kuning

Istana Kuning

Image Credit: Masihnostalgia.blogspot.com

Tempat wisata yang disebut dengan istana kuning ini tidak memancarkan warna kuning sama sekali yang cukup mencolok. Hanya saja, konon dulunya istana ini memiliki sebuah ruang yang dinamakan Dalam Kuning. Menurut sejarah, pada masa pemerintahan kesultanan Kutaringin, bahan kayu yang digunakan untuk membuat istana memang bewarna ini. Hampir keseluruhan istana bewarna kuning sehingga istana tersebut dinamakan Istana Kuning.

BACA JUGA:  Pantai Swarangan, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

Masuk ke lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan aneka peninggalan kesultanan Kutaringin yang sangat bersejarah. Berbagai meriam, guci, tombak untuk berburu dan keris turut mewarnai istana ini. Tidak lupa ada 14 lukisan sultan yang pernah memerintah kesultanan Kutaringin pada masa lampau.

Lokasi: Raja, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat.

6. Sungai Arut

Sungai Arut

Image Credit: Borneonews.co.id

Sungai ini memiliki panjang dan luas yang cukup menakjubkan. Hanya dengan uang senilai Rp. 50.000,- saja Anda dapat menyewa sebuah getek yang bisa Anda gunakan untuk menikmati sungai bersama keluarga. Getek ini adalah perahu mesin yang bisa muat 3-6 orang dengan kecepatan yang bisa diatur seperti motor. Apabila Anda belum bisa menggunakan maka akan ada sopir yang bisa mengantar berkeliling.

Tidak hanya melintas dan menimati berbagai keindahan di Sungai Arut ini Anda juga menikmati berbagai kuliner khas yang ada di tepi sungai. Makanan yang menjadi andalan disekitar sungai ini yakni sayur asam kepala ikan dengan sambal lucung. Biasanya, makanan ini tersedia di berbagai rumah makan apung yang ada di sekitar sungai.

Lokasi: Raja Seberang, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin.

7. Desa Dayak Lamandau

Desa Dayak Lamandau

Image Credit: Regional.kompas.com

Desa ini menawarkan berbagai adat dan budaya asli yang masih lestari. Tidak hanya makanan tradisional saja, berbagai rumah dan peralatan yang digunakan oleh penduduk asli juga masih sangat tradisional. Di sini, Anda dapat berinteraksi langsung dengan suku Dayak yang sangat ramah dan santun. Mereka menyambut gembira para wisatawan yang datang ke lokasi. Bersama dengan mereka, Anda dapat berbincang dan mendengar cerita khas dan klasik dari para suku dayak.

Limandau sebenarnya sebuah kabupaten yang bersebelahan dengan Pangkalan Bun. Lokasinya yang belum memiliki bandara sendiri ini masih numpang melalui  Pangkalan Bun apabila hendak berkunjung. Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Paling Hits

Lokasi: Nanga Bulik, Kec. Bulik, Kab. Lamandau.

8. Riam Tapin Bini

Riam Tapin Bini

Image Credit: Adventure-galaxy.com

Kata riam dapat dikatakan sebagai sungai yang memiliki arus deras. Tidak heran jika lokasi wisata yang diberi nama Riam Tapin Bini adalah sungai arus deras yang berada di Tapin Bini. Di sungai ini Anda dapat berenang dan arum jerang bersama dengan sahabat atau keluarga. Dengan arus yang cukup deras ini dapat menambah sensasi adrenalin Anda semakin berdebar.

Lokasi: Tapin Bini, Kec. Lamandau, Kab. Lamandau.

9. Bukit Bolau

Bukit Bolau

Image Credit: Borneonews.co.id

Bukit Bolau ini masih satu wilayah dengan Riam Tapin Bini, lokasinya yang berdekatan membuat Anda lebih leluasa lagi jika hendak melakukan outbond maupun pendakian bersama sahabat. Lokasinya yang cukup terjal membuat bukit ini akan terasa licin apabila turun hujan. Dengan kemiringan 60-80 derajat, bukit ini termasuk agak susah untuk ditklukan. Terutama pada saat musim hujan. Bukit ini juga tumbuh pohon jelatang yang akan membuat gatal tubuh seharian. Jadi Anda harus ekstra hati-hati ya di tempat ini.

Lokasi: Tapin Bini Kec. Lamandau, Kab. Lamandau.

10. Air Terjun Suayap

Air Terjun Suayap

Image Credit: Kobarnews.com

Destinasi wisata ini berada di dalam perusahaan pengelola kelapa sawit. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada petugas. Kemudian Anda akan diberikan kartu pengunjung sehingga bisa leluasa masuk ke lokasi wisata. Air terjun ini sangat indah dan memesona sehingga akan betah berada lama di sana. Air terjun yang sejuk dan udara yang bersih membuat suasana libur Anda makin menyenangkan.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Suayap ini sangat lengkap. Ada toilet yang bersih dan terawat, ada ruang ganti baju dan mushola yang ada di pinggir air terjun. Dengan berlibur bersama keluarga ke lokasi ini Anda dapat menambah semangat apabila kembali bekerja nantinya.

Lokasi: Runtu, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat.

Inilah 10 rekomendasi  tempat wisata di Kotawaringin Barat yang terbaru dan terhits untuk dikunjungi. Nikmati aneka pemandangan yang indah dan damai di Pangkalan Bun ini guna menghilangkan kejenuhan setelah bekerja. Jangan lupa ajak keluarga dan sahabat tercinta untuk bisa memanfaatkan kebersamaan lebih baik lagi. Selamat berlibur dan selamat beraktifitas.